Bus medan jakarta yang bagus?

bus medan jakarta yang bagus
Daftar Armada dan Harga Tiket Bus Jakarta Medan Terbaru

  • 1. Sempati Star
  • 2. Antar Lintas Sumatera (ALS)
  • 3. Medan Jaya
  • 4. Putra Pelangi
  • 5. PMTOH

Berapa jam Medan Jakarta naik bus?

Jam Keberangkatan Bus ALS Jakarta Medan, Foto: Pexels/Le Minh. Inilah informasi seputar jam keberangkatan Bus AL S Jakarta Medan yang perlu kalian ketahui. Tiket Bus ALS Jakarta Medan seringkali dicari orang yang tidak memiliki banyak biaya untuk pergi ke Medan dengan pesawat namun ingin melakukan perjalanan menuju Sumatera, karenanya ALS adalah kepanjangan dari Antar Lintas Sumatera.

  1. Jarak kota Jakarta dengan Medan sekitar 1.885 km.
  2. Jika menggunakan bus, kalian bisa menempuh perjalanan sekitar 38 jam alias 1 hari 14 jam.
  3. Siapkan bahan bacaan atau film supaya kalian tidak bosan ya selama di perjalanan.
  4. Sebelum kita mengetahui jadwal bus ALS, ada baiknya kita mengetahui sedikit sejarah mengenai bus.

Dikutip dari buku berjudul Ensiklopedia Transportasi Dunia, Nuri Mentari Dini, (2012:58), konsep angkutan masal seperti bus sudah ada sejak 300 tahun lalu. Awal mula tahun 1662, seorang tokoh Prancis bernama Pascal merintis gerbong untuk penumpang yang pada awalnya ditarik oleh kuda.

  • Istilah cikal bakal angkutan bus akhirnya dikenal pada tahun 1829.
  • George Shillibeer memperkenalkan omni bus yang artinya kendaraan untuk semua.
  • Pada awalnya hanya berbentuk seperti lokomotif yang berjalan di jalan raya.
  • Hingga pada tahun 1920 angkutan bus semakin popular di kawasan Eropa dan Amerika.
  • Bus dianggap lebih efisien dan praktis dalam pengangkutan.

Jam Keberangkatan Bus ALS Jakarta Medan, Foto: Pexels/Nubia Navarro. Inilah jadwal bus ALS Medan yang diambil dari situs resmi Tiket ALS: Bus AT LB-1 AC Toilet Keberangkatan jam 14.00 dari Terminal Pulo Gebang Rp 550.000,-/orang Transit Jakarta 17.00 Bus AT LB-1 AC Toilet Keberangkatan jam 17.00 dari Jl.

  • Raya Bekasi KM 18, Klender Rp 550.000,-/orang Bus AE LB-1 AC Keberangkatan jam 11.00 dari Terminal Pulo Gebang Rp 455.000,-/orang Transit Jakarta 13.00 Bus AE LB-1 AC Keberangkatan jam 13.00 dari Jl.
  • Raya Bekasi KM 18, Klender Rp 455.000,-/orang Bus AT PKU-1 AC Toilet Keberangkatan jam 11.00 dari Terminal Pulo Gebang Rp 550.000,-/orang Transit Jakarta 13.00 Bus AT PKU-1 AC Toilet Keberangkatan jam 13.00 dari Jl.

Raya Bekasi KM 18, Klender Rp 550.000,-/orang Bus AT LT-1 AC Keberangkatan jam 12.00 dari Terminal Pulo Gebang Rp 455.000,-/orang Transit Jakarta 14.30 Bus AT LT-1 AC Keberangkatan jam 14.30 dari Jl. Raya Bekasi KM 18, Klender Rp 455.000,-/orang Jakarta: (021) 4894646, 4895250 Bekasi: (021) 88350419 Whatsapp: 0812 9282 1045 Email: Apabila kalian ingin melakukan pemesanan secara offline juga bisa lho, berikut alamatnya: ALS Jakarta Jl Raya Bekasi KM 18 Kel Jatinegara Kaum Kec Pulo Gadung Jakarta Timur 13930 ALS Bekasi Jl Cut Mutia No 56 Kel Margahayu Kec Bekasi Timur Bekasi 17113 Semoga informasi di atas membantu ya! (Ester)

Berapa harga tiket ALS Medan Jakarta?

Rute Populer & Harga Tiket Bus PO ALS

Rute Kelas AC Toilet Kelas Non-Toilet
Medan – Padang Rp 215.000 Rp 190.000
Medan – Jakarta Rp 500.000 Rp 415.000
Medan – Malang Rp 660.000
Medan – Bandung Rp 540.000 Rp 435.000

Berapa harga tiket bus Sempati Star Jakarta Medan?

JAKARTA, KOMPAS.com – Bus masih menjadi moda transportasi favorit, terutama untuk rute Antar Kota Antar Provinsi (AKAP). Selain harganya yang terjangkau, berbagai Perusahaan Otobus (PO) juga memberikan berbagai tipe kelas yang bisa dipilih oleh penumpang.

Salah satu rute terjauh menggunakan bus AKAP adalah dari Jakarta ke Medan. Pertama bus harus menyeberang dulu dari Pulau Jawa ke Pulau Sumatera. Kemudian dari situ, baru bisa menggunakan Jalan Tol Trans Sumatera. Baca juga: Deretan Kelas Bus AKAP, mulai Ekonomi sampai Sleeper Bus Namun, Jalan Tol Trans Sumatera belum sepenuhnya menghubungkan setiap daerah.

Bus masih harus melewati jalan provinsi yang berkelok dan naik turun bukit. Oleh karena itu, perjalanan dari Jakarta bisa lebih dari satu hari. Berikut ini ada tiga PO bus AKAP dengan trayek Jakarta-Medan yang sudah Kompas.com kumpulkan. Pertama ada PO Antar Lintas Sumatera (ALS), lalu Putra Pelangi dan satu lagi Sempati Star. bus medan jakarta yang bagus DOK. ADIPUTRO Kabin bus AKAP PO ALS Kemudian ada PO Putra Pelangi yang membanderol tiketnya Rp 600.000. Untuk susunan kursinya yaitu dua di kanan dan dua di kiri (2-2) namun belum memiliki leg rest. Fasilitasnya seperti bantal dan selimut juga diberikan untuk penumpangnya.

Baca juga: Jangan Panik, Begini Cara Mengurus SIM yang Hilang Terakhir ada PO Sempati Star yang membanderol tiket Jakarta-Medan Rp 700.000 sampai Rp 820.000. Untuk kelas bus ini, susunan kursinya juga 2-2 namun sudah dilengkapi dengan leg rest, sehingga kaki penumpang bisa lebih rileks selama perjalanan.

Jika ingin melakukan perjalanan ke Medan dengan bus, siapkan uang lebih untuk membeli makanan di restoran bus saat beristirahat. Memiliki perjalanan yang panjang, bus juga sering beristirahat, namun penumpang kadang tidak mendapat servis makan gratis dari PO bus tersebut.

See also:  Kapan ppdb smk jakarta 2021 dimulai?

Berapa harga tiket bus putra pelangi?

JAKARTA, KOMPAS.com – Syarat perjalanan darat kini dibuat lebih ringan, penumpang tidak perlu lagi membawa hasil tes negatif baik antigen maupun PCR selama sudah divaksin sampai dosis kedua atau booster. Hal ini membuat bepergian dengan bus antar kota semakin mudah. bus medan jakarta yang bagus DOK. ADIPUTRO Bus AKAP baru PO sempati Star Memang dari segi waktu, bepergian dengan bus bisa lebih lama daripada naik pesawat. Namun dari segi harga, harga tiket bus bisa lebih ekonomis dan soal kenyamanannya juga relatif baik. Kompas.com sudah mengumpulkan beberapa operator yang melayani trayek Jakarta-Medan.

Setidaknya ada tiga pemain besar di rute tersebut, yakni Antar Lintas Sumatera (ALS), Putera Pelangi, dan Sempati Star. PO ALS menawarkan harga tiket yang paling murah untuk rute tersebut, yakni Rp 415.000 untuk armada AC tanpa toilet. Sedangkan jika mau mendapatkan fasilitas toilet yang ada di kabin, PO ALS juga menyediakannya dan dibanderol Rp 500.000.

Baca juga: Diduga Rem Blong, Bus Tabrak Juru Parkir di Semarang bus medan jakarta yang bagus INSTAGRAM/ANDREW_TRANSPORTATION_GALLERY Bus AKAP baru PO Putra Pelangi Perkasa Kemudian ada PO Putera Pelangi yang menawarkan tiketnya dengan harga Rp 600.000. Fasilitas yang didapatkan seperti AC, bangku 2-2, smoking room, dan toilet. Terakhir ada PO sempati Star yang membanderol tikernya di harga Rp 700.000.

Menjadi yang paling mahal, Sempati Star menawarkan armada premium ditambah bangkunya yang super nyaman. Berikut ini harga tiket bus AKAP Jakarta-Medan: ALS AC tanpa toilet Rp 415.000 ALS AC Toilet Rp 500.000 Putera Pelangi Rp 600.000 Sempati Star Rp 700.000 Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com.

Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Berapa hari dari Medan ke Jakarta naik mobil?

Jakarta – Medan Berapa Jam Naik Mobil, Foto: unsplash/Julentto Photography Berkendara antar kota memang menyenangkan. Apalagi jika bepergian ke luar kota menggunakan kendaraan pribadi. Rasanya lebih leluasa dibandingkan dengan naik kendaraan umum. Salah satunya adalah jika pergi ke Medan dari Jakarta.

  • Jarak yang jauh tentu akan memakan waktu yang tidak sebentar.
  • Sebenarnya Jakarta – Medan berapa jam naik mobil? Untuk mengetahui jawabannya, simak artikel berikut ini.
  • Mengutip dari laman perkotaan.bpiw.pu.go.id/, Kota Medan adalah ibukota Provinsi Sumatera Utara yang merupakan kota terbesar di wilayah timur Pulau Sumatera.

Kota Medan memiliki luas 265,1 km2 dengan bentuk wilayah sebagian besar berupa dataran rendah dengan ketinggian antara 2,5 – 37,5 mdpl. Di Medan juga memiliki banyak tempat wisata terkenal yang bisa anda kunjungi. Tempat wisata tersebut antara lain, Istana Maimun, Rahmat International Wildlife Museum & Gallery, Museum Negeri Sumatera Utara dan juga tidak ketinggalan wisata Danau Toba.

Jakarta – Medan berapa jam naik mobil? Simak jawabannya melalui uraian berikut. Untuk menuju Kota Medan dari Jakarta akan menempuh jarak sekitar 1.900 km. Jarak yang jauh ini bisa memakan waktu sekitar 39 sampai 40 jam. Tentu waktu tempuh tersebut bisa lebih cepat atau bahkan lebih lambat tergantung dari keadaan lalu lintas.Apalagi jika anda menggunakan mobil pribadi, dibutuhkan waktu untuk beristirahat jika hanya mengendarai kendaraan seorang diri.

Selama perjalanan Jakarta – Medan, anda akan melewati sejumlah ruas tol seperti Tol Trans Sumatera dan juga jalan non tol. Selain itu anda juga diharuskan menyebrang melalui penyebrangan Merak – Bakauheni untuk mencapai pulau Sumatera. Biaya yang dikeluarkan untuk perjalanan darat memang cukup banyak.

  1. Mulai dari membayar tarif tol, tiket penyebrangan menggunakan kapal serta ongkos untuk membeli bensin kendaraan.
  2. Namun perjalanan menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil juga lebih nyaman, karena bisa berhenti untuk istirahat kapan saja tidak dibatasi oleh waktu seperti naik bus.
  3. Demikian uraian mengenai waktu tempuh dari Jakarta menuju Medan menggunakan mobil.

Semoga informasi ini membantu anda yang berencana pergi ke Medan dari Jakarta menggunakan kendaraan pribadi. Tetap hati-hati di jalan ya.(Prima)

Berapa lama naik mobil Jakarta ke Medan?

1. Kendaraan Pribadi – Perjalanan mudik dari Jakarta ke Medan dapat menggunakan kendaraan pribadi dengan waktu tempuh sekitar 40 jam bahkan lebih. Perjalanan mudik akan melewati sejumlah ruas Tol Trans Sumatera dan jalan non tol. Perjalanan masih menggunakan jalan non tol lantaran Tol Trans Sumatera belum tersambung seluruhnya.

Tol Jakarta-Tangerang, Tomang IC ke Cikupa: Rp 7.000 Tol Tangerang-Merak, Cikupa ke Merak: Rp 44.000 Tol Bakauheni Utara-Terbanggi Besar, Bakauheni Utara ke Terbanggi Besar: Rp 111.000 Tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung dari Terbanggi Besar: Rp 170.500 Tol Kayu Agung-Palembang dari GT Kayu Agung: Rp 50.000 Tol Pekanbaru-Dumai, dari GT Dumai: Rp 118.500 Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi: Rp 55.500

See also:  Wisata alam yang ada di kota jakarta adalah?

Jika diakumulasi, biaya tol yang dikeluarkar sebesar Rp 556.500 Penyeberangan Merak-Bakauheni Hafidz Mubarak A Foto udara kendaraan pemudik tujuan Sumatera antre memasuki kapal Roro di Dermaga Eksekutif Sosoro Pelabuhan Merak, Banten, Minggu (2/6/2019). Terhitung sejak H-7 hingga H-4 pukul 08.00 jumlah penumpang yang menyeberang dari Pelabuhan Merak ke Pelabuhan Bakauheni Lampung sebanyak 400.309 orang.

Berapa km dari Jakarta ke Medan?

KOMPAS.com – Bagi Anda yang merencanakan perjalanan mudik Lebaran 2022 dari Jakarta ke Medan menggunakan jalur darat, ada beberapa transportasi yang dapat digunakan, yaitu kendaraan pribadi atau bus. Perjalanan dari Jakarta ke Medan akan menempuh jarak sekitar 1.891 km.

Apakah bus ALS ada toilet?

Ekonomi AC non Toilet – Di kelas ini hampir sama dengan kelas Ekonomi AC Toilet hanya saja tidak dilengkapi dengan Toilet. Berikut fasilitas lengkapnya.

AC Musik Toilet Video Karaoke Air Mineral TV Reclining Seat

Baca Juga : Harga Tiket Bus NPM Terbaru

Berapa bangku bus ALS?

Kelas Bus ALS (Antar Lintas Sumatra) – bus medan jakarta yang bagus Bus ALS memiliki enam kelas dengan harga yang terjangkau, yaitu : 1. Super Eksekutif Kelas ini adalah kelas tertinggi dari Bus ALS dengan susunan kursi 2 – 1 yang jumlah kursinya hanya 23 kursi. Adapun fasilitas pendukung dari bus kelas ini :

ACToiletAir MineralPrasmananBantal dan SelimutRest FootReclining SeatVideo KaraokeTVMusik

Namun Bus ALS dengan kelas ini hanya melayani penumpang dengan rute Medan – Pekanbaru dan Medan – Padang saja.2. Executive AC Kelas ini adalah kelas kedua dari Bus ALS dengan susunan kursi 2 – 2 yang jumlah kursinya mencapai 34 sampai 37 kursi. Adapun fasilitas pendukung dari bus kelas ini :

ACToiletAir MineralPrasmananBantal dan SelimutReclining SeatTV

3. Patas AC Kelas ini adalah kelas menengah dari Bus ALS dengan susunan kursi 2 – 2 yang jumlah kursinya mencapai 40 kursi. Adapun fasilitas pendukung dari bus kelas ini :

ACToiletAir MineralPrasmananSelimutReclining SeatTV

4. Ekonomi AC Toilet Kelas ini adalah kelas dimana penumpagnya dari kalangan menengah yang memiliki susunan kursi 2 – 2 yang jumlah kursinya mencapai 45 kursi. Namun anda tidak usah khawatir karena kenyamanan masih diberikan di Bus ALS kelas ini. Adapun fasilitas pendukung dari bus kelas ini :

ACToiletAir MineralReclining SeatVideo KaraokeTVMusik

5. Ekonomi AC Non Toilet Kelas ini adalah kelas yang sama dengan kelas Ekonomi AC Toilet, hanya saja bedanya yang ini tanpa toilet. Dengan fasilitas pendukung seperti berikut ini :

ACAir MineralReclining SeatVideo KaraokeTVMusik

6. Ekonomi Non AC Kelas ini adalah kelas terendah dari Bus ALS ini. Namun tenang, kita juga masih akan diberikan fasilitas yang cukup nyaman. Susunan dari Bus Rosalia Indah kelas ini adalah 3 – 2 yang jumlah kursinya mencapai 45 kursi. Adapun fasilitas pendukung dari bus kelas ini :

Air MineralReclining SeatMusik

Apa itu bus ALS?

JAKARTA, iNews.id – Perusahaan otobus (PO) Antar Lintas Sumatera atau yang lebih dikenal ALS merupakan salah satu PO bus legendaris asal Sumatera Utara. Nama besar ALS tidak hanya menggema di kampung halamannya tapi juga seluruh Indonesia. Dalam perjalanannya, ALS banyak menorehkan sejarah di dunia perbusan Tanah Air.

  • Lantas seperti perjalanan PO ALS hingga sukses sampai sekarang? Dilansir dari berbagai sumber, Kamis (6/7/2022), berikut kisahnya.
  • PO ALS didirikan tujuh saudagar bersaudara yang diiniasi H Sati Lubis di Kotanopan, Mandailing Natal, Sumatera Utara Berawal dari truk untuk membawa hasil bumi, mereka duduk bersama membangun usaha perusahaan angkutan penumpang.

Pada 29 September 1966, PO ALS resmi berdiri dan kini menjadi perusahaan otobus terbesar di Sumatera sekaligus menjadi salah satu yang tertua di Indonesia. PO ALS juga terkenal sebagai bus dengan barang bawaan paling banyak di atasnya dan memiliki trayek terjauh di Indonesia.

  • Trayek terjauh ALS menempuh rute Medan, Sumatera Utara hingga Jember, Jawa Timur.
  • Pada masa awal berdiri, ALS memulai kiprahnya dengan membuka trayek dari Kotanopan ke Medan menggunakan bus Chevrolet C50.
  • Seiring perkembangan bisnis, ALS memindahkan markasnya ke Medan hingga sekarang.
  • ALS pun membuka banyak rute baru dan menjadi salah satu pelopor transportasi penghubung antar kota di Sumatera, meliputi Pekanbaru, Banda Aceh, Bengkulu, Jambi, Palembang, Padang dan Lampung.

Editor : Dani M Dahwilani Halaman : 1 2

Bus NPM Jurusan kemana?

NPM melayani perjalanan ke banyak kota di pulau Sumatra dan Jawa, antara lain Payakumbuh, Padang, Cilegon, Jakarta, Bekasi, Medan, Pekanbaru, Jambi, Bengkulu, Lampung, Bandung, Gunung Medan, dan sebagainya.

Berapa harga tiket bus Aceh Jakarta?

JAKARTA, KOMPAS.com – Salah satu trayek bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) paling jauh yang ada di Indonesia adalah Jakarta – Aceh, Memiliki jarak sekitar 2.500 km, perjalanan dengan bus tentunya bisa memakan waktu dua hari bahkan lebih jika mengalami masalah di tengah jalan.

  • Memang naik bus AKAP dari Jakarta ke Aceh terlihat buang-buang waktu, apalagi dengan adanya pesawat.
  • Namun moda transportasi bus masih dipilih karena bisa memuat barang atau paket yang lebih besar.
  • Hal ini terlihat pada bus-bus AKAP menuju Sumatera biasanya sering membawa paket yang ditutup terpal di atap busnya.
See also:  Wakil indonesia yang menandatangani pengakuan kedaulatan oleh belanda di jakarta?

Paketnya pun beragam, mulai dari barang biasa sampai motor pun bisa diangkut. Baca juga: PO Murni Jaya Naikkan Tarif Bus ke Jateng dan Yogya, Tembus Rp 500.000 bus medan jakarta yang bagus kba.one Bus AKAP PO Putera Pelangi Berikut ini Kompas.com kumpulkan tiga PO bus AKAP yang menawarkan bus dengan trayek Jakarta – Aceh. Tiga PO bus ini diantaranya ada PO PMTOH, Putra Pelangi Perkasa dan Sempati Star. Untuk PO PMTOH, membanderol tiket bus trayek Jakarta – Aceh dengan harga Rp 800.000.

Harga tersebut sudah termasuk kenaikan karena bus terakhir berangkat pada tanggal 30 April 2021 dari Jakarta. “Kan tinggal delapan hari lagi, jadi Rp 800.000 itu sudah naik dari harga normal. Kelasnya AC toilet dengan susunan bangku 2-2,” ucap agen PMTOH kepada Kompas.com, Rabu (21/4/2021). Baca juga: Motor Listrik Anubis Cruisercross Akan Digunakan Tim Paspampres Sedangkan untuk PO Putra Pelangi membanderol tiketnya dengan harga Rp 850.000 untuk kelas eksekutif.

Namun harga tersebut masih tarif normal, karena harganya mulai naik per 25 April 20 persen menjadi Rp 1,2 juta. “Kita terakhir berangkat tanggal 3 Mei 2021, tiket per tanggal 25 April naik 20 persen dari harga normal,” ucap agen Putra Pelangi. Kemudian PO terakhir yang menawarkan bus AKAP dengan trayek Jakarta – Aceh adalah PO Sempati Star.

Sempati Star masih melayani pemberangkatan ke Aceh sampai tanggal 4 Mei 2021. “Tarifnya kalau sebelum tanggal 25 April Rp 880.000. Kalau tanggal 25 April sampai 4 Mei sudah ada kenaikan 20 persen jadi Rp 1,056 juta untuk executive class,” ucap agen Putra Pelangi. Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com.

Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Berapa jam kah perjalanan dari Medan ke Aceh?

Berdasarkan jarak yang ditempuh oleh pengendara ketika melintasi jalan nasional dari Banda Aceh – Medan dapat memakan waktu hingga 10-12 jam.

Berapa lama perjalanan darat Jakarta Medan?

1. Kendaraan Pribadi – Perjalanan mudik dari Jakarta ke Medan dapat menggunakan kendaraan pribadi dengan waktu tempuh sekitar 40 jam bahkan lebih. Perjalanan mudik akan melewati sejumlah ruas Tol Trans Sumatera dan jalan non tol. Perjalanan masih menggunakan jalan non tol lantaran Tol Trans Sumatera belum tersambung seluruhnya.

Tol Jakarta-Tangerang, Tomang IC ke Cikupa: Rp 7.000 Tol Tangerang-Merak, Cikupa ke Merak: Rp 44.000 Tol Bakauheni Utara-Terbanggi Besar, Bakauheni Utara ke Terbanggi Besar: Rp 111.000 Tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung dari Terbanggi Besar: Rp 170.500 Tol Kayu Agung-Palembang dari GT Kayu Agung: Rp 50.000 Tol Pekanbaru-Dumai, dari GT Dumai: Rp 118.500 Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi: Rp 55.500

Jika diakumulasi, biaya tol yang dikeluarkar sebesar Rp 556.500 Penyeberangan Merak-Bakauheni Hafidz Mubarak A Foto udara kendaraan pemudik tujuan Sumatera antre memasuki kapal Roro di Dermaga Eksekutif Sosoro Pelabuhan Merak, Banten, Minggu (2/6/2019). Terhitung sejak H-7 hingga H-4 pukul 08.00 jumlah penumpang yang menyeberang dari Pelabuhan Merak ke Pelabuhan Bakauheni Lampung sebanyak 400.309 orang.

Berapa jam naik bus dari Palembang ke Medan?

Berapa lama waktu yang dibutuhkan dari Medan ke Palembang menggunakan Bis? – Perkiraan waktu tempuh dari Medan ke Palembang adalah sekitar 1H 7J 20m. Perhatikan bahwa bepergian dengan bus lebih lambat dibandingkan dengan mengendarai kendaraan sendiri atau naik taksi.

  1. Tergantung pada kemacetan waktu keberangkatan antara Medan dan Palembang mungkin sangat berbeda.
  2. Biasanya lalu lintas lebih banyak antara pagi hingga sore selama hari kerja daripada selama akhir pekan.
  3. Faktor penting lainnya yang dapat mempengaruhi waktu perjalanan adalah jenis bus itu sendiri.Bus premium atau VIP biasanya lebih cepat karena menggunakan jalan raya dan menghubungi markas ke lebih sedikit stasiun bus (jika ada) dalam perjalanan.

Bus biasanya membuat istirahat pendek 10-30 menit setelah beberapa jam perjalanan terus menerus untuk memungkinkan penumpang menggunakan kamar mandi, menyimpan kudapan dan membiarkan kernet bus dan sopir beristirahat. Beberapa bus premium memiliki toilet di dalam dan pengemudi kedua.Meskipun demikian, biasanya mereka tetap berhenti untuk makan siang sebentar atau mengisi ulang bahan bakar.

Adblock
detector