Dampak urbanisasi yang ditimbulkan di kota jakarta?

dampak urbanisasi yang ditimbulkan di kota jakarta
Hingga kini urbanisasi di Jakarta telah membengkak lebih dari 10 juta jiwa dengan pertambahan penduduk relatif tinggi. Akibatnya telah terjadi kemacetan lalu lintas, pencemaran lingkungan, banjir, dan penggunaan lahan yang tak terkendali.

Apa saja dampak negatif dari urbanisasi?

dampak urbanisasi yang ditimbulkan di kota jakarta Pexels/Quang Nguyen Vinh Dampak urbanisasi bagi wilayah pedesaan. Bobo.id – Teman-teman, masih ingatkah kamu apa yang dimaksud dengan urbanisasi ? Urbanisasi merupakan salah satu bentuk mobilitas penduduk atau perpindahan penduduk. Urbanisasi adalah perpindahan penduduk dari desa menuju kota.

  1. Perpindahan ini dipicu oleh kebutuhan dan pembangunan di kota lebih maju dibanding di desa.
  2. Perpindahan ini bersifat permanen, artinya penduduk berpindah dan menetap di tempat tujuan dalam waktu yang lama.
  3. Maka, tidak jarang kita temukan terjadinya fenomena mudik atau pulang kampung dari wilayah kota ke desa.

Baca Juga: Bentuk-Bentuk Mobilitas Penduduk, Mulai dari Komutasi hingga Migrasi Teman-teman, ternyata adanya urbanisasi ini memberikan dampak bagi wilayah desa maupun kota, lo. Dampak tersebut berupa dampak negatif dan dampak positif. Nah, untuk membahasnya lebih lengkap, mari kita simak penjelasan berikut.

Inilah beberapa contoh dampak positif dan negatif adanya urbanisasi bagi wilayah pedesaan.1. Dampak Positif Urbanisasi bagi Desa a. Meningkatkan Kesejahteraan Penduduk Masyarakat yang berpindah ke kota memiliki tujuan untuk memenuhi kebutuhan dan mendapatkan kemajuan yang tidak ditemukan di desa. Sebagian orang dari desa bahkan belajar ke kota untuk memajukan daerah asalnya di desa.

Ini merupakan dampak positif adanya urbanisasi, sebab masyarakat desa yang tidak berpindah juga merasakan kesejahteraan dan kemajuan dari kota. Misalnya, orang tuamu dahulu berasal dari desa, lalu berpindah ke kota untuk bekerja dan memenuhi kebutuhan.

  • Etika kembali ke desa untuk mudik, orang dari kota akan membagikan informasi, berita, dan kemajuan teknologi ke masyarakat desa.
  • Sehingga teknologi semakin berkembang dan meluas di seluruh aspek kehidupan masyarakat.b.
  • Mendorong Pembangunan di Desa Dari perkembangan teknologi yang pesat, masyarakat pedesaan bisa melakukan pembangunan yang menunjang kemajuan desa.
See also:  Jakarta termasuk jawa apa?

Baca Juga: Apa yang Dimaksud dengan Mobilitas Sosial? Ini Pengertian dan Bentuknya Misalnya, ketika ada orang yang belajar mengenai sistem pembangunan di kota, ia akan kembali ke desa untuk membangun desa lebih baik. Pembangunan tersebut bertujuan untuk kesejahteraan masyarakat desa.

Misalnya membangun resapan air, membangun waduk, membangun pembangkit listrik agar dapat dimanfaatkan kembali oleh masyarakat.2. Dampak Negatif Urbanisasi bagi Desa Selain dampak positif yang dirasakan masyarakat desa, ternyata juga terdapat dampak negatif dari terjadinya urbanisasi. Contohnya sebagai berikut.a.

Kekurangan Sumber Daya Manusia Salah satu dampak negatif adanya urbanisasi adalah desa menjadi kekurangan sumber daya manusia. Ini diakibatkan dari terlalu banyak masyarakat desa yang berpindah ke kota, sehingga orang yang membangun desa semakin sedikit.

Bagaimana dampak urbanisasi bagi manusia sekarang?

1.Timbulnya pengangguran.2.Munculnya tunawisma dan gubuk-gubuk liar di tengah-tengah kota.3.Meningkatnya kemacetan lalu lintas.4.Meningkatnya kejahatan, pelacuran, perjudian, dan bentuk masalah sosial lainnya.

Adblock
detector