Di bawah ini lagu yang berasal dari daerah jakarta adalah?

di bawah ini lagu yang berasal dari daerah jakarta adalah
Lagu Daerah DKI Jakarta: Keroncong Kemayoran – Keroncong Kemayoran juga termasuk salah satu lagu daerah DKI Jakarta. Menurut buku ‘Kumpulan Lagu Daerah’ oleh Thursan Hakim, lagu Keroncong Kemayoran dinyanyikan dengan tempo agak cepat (Allegretto). Berikut ini lirik lagu Keroncong Kemayoran: La-la-la-la-la-la-la Dari mana datangnya lintah? Jiwa manis, indung disayang La-la-la-la-la-la-la-la, oh, darilah sawah Darilah sawah, turun ke kali Dari mana datangnya cinta? Darilah mata, turun ke hati Dari mana datangnya cinta? Darilah mata, turun ke hati La-la-la-la-la-la-la Laju, laju, perahu laju Jiwa manis, indung disayang La-la-la-la-la-la-la-la, oh, laju sekali Laju sekali ke Surabaya Berenang di pinggir kali Dengar keroncong, enak sekali Berenang di pinggir kali Dengar keroncong, enak sekali La-la-la-la-la-la-la Kaulah susah karena tua Jiwa manis, indung disayang La-la-la-la-la-la-la-la, oh, tidaklah sampai Tidaklah sampai saya kemari Cuci-cuci di pinggir sumur Kawan sejati tak akan luntur Cuci-cuci di pinggir sumur Kawan sejati tak akan luntur La-la-la-la-la-la-la Boleh lupa kain dan baju Jiwa manis, indung disayang La-la-la-la-la-la-la-la, oh, janganlah lupa Janganlah lupa kepada saya Keladi dalam almari Yang baik budi, yang saya cari Keladi dalam almari Yang baik budi, yang saya cari Kedondong di atas peti Ini keroncong, mohon berhenti Lagu daerah DKI Jakarta lainnya dapat disimak di halaman berikutnya

Apa nama lagu daerah suku Betawi?

KOMPAS.com – DKI Jakarta atau Daerah Khusus Ibukota Jakarta merupakan provinsi sekaligus ibukota negara Indonesia. DKI Jakarta memiliki penduduk asli sejak jaman dahulu yang disebut dengan Suku Betawi. Suku Betawi memiliki banyak kebudayaan dari mulai nyanyian, tarian, senjata tradisional, bahasa, dan upacara adat.

Lagu Kicir-Kicir

Lirik lagu Kicir-Kicir: Kicir-kicir ini lagunya Lagu lama ya tuan dari Jakarta Saya menyanyi ya tuan memang sengaja Untuk menghibur hati nan duka Burung dara burung merpati Terbang cepat ya tuan suka menyanyi Bialalah kita ya tuan suka menyanyi Badanlah sehat ya tuan hati gembira Buah manga enak rasanya Simanalagi ya tuan paling ternama siapa saya ya tuan rajin bekerja Pasti menjadi warga berguna Makna lagu Kicir-Kicir : Pada lagu Kicir-Kicir terdapat pantun dengan bentuk a-a-a-a dan juga a-b-a-b.

  • Hal ini menunjukkan budaya pantun Melayu yang tumbuh di Suku Betawi.
  • Baca juga: Lagu Tradisional di Bangka Belitung Lagu Kicir-Kicir merupakan sebuah penghibur yang berisikan nasihat dalam menjalani kehidupan.
  • Dalam lagu tersebut disebutkan bahwa manusia harus selalu semangat dan berbahagia dalam menjalani kehidupannya walau sedang dilanda kesulitan.
See also:  Mengapa banjir masih melanda jakarta?

Lagu tersebut juga menasihati pendengarnya agar rajin bekerja dan dapat bermanfaat bagi sesama manusia.

Lagu Ondel-Ondel

Lirik lagu Ondel-Ondel : Nyok, kite nonton ondel-ondel Nyok, kite ngarak ondel-ondel Ondel-ondel ade anaknye Anaknye ngigel ter-iteran Mak bapak ondel-ondel ngibing Ngarak penganten disunatin Goyangnye asyik endut-endutan Nyang ngibing igel-igelan Plak gumbang gumplak plak plak Gendang nyaring ditepak Yang ngiringin nandak pada surak-surak Tangan iseng ngejailin Kepale anak ondel-ondel Taroin puntungan Rambut kebakaran Anak ondel-ondel jejingkrakkan Kepalenye nyale bekobaran Yang ngarak pade kebingungan Disiramin aer comberan Makna lagu Ondel-Ondel: Lagu Ondel-Ondel adalah lagu pengiring budaya ondel-ondel Suku Betawi.

Ondel-ondel adalah sepasang boneka besar (barongan) khas Betawi yang terbuat dari rotan, kayu, dan dihiasi oleh berbagai hiasan. Baca juga: Mengenal Lagu Daerah Jawa Barat Mita Purbasari dan kawan-kawan dalam jurnal Membaca Perubahan Tanda Visual dan Makna pada Ondel-Ondel dalam Perkembangan Masyarakat Betawi (2020), menyebutkan bahwa Ondel-Ondel diarak keliling kampung menjadi simbol sukacita dan pengusiran roh jahat pembawa wabah penyakit.

Lagu Ondel-Ondel berisi kemeriahan saat kedua barungan di arak keliling desa. Bagaimana Ondel-Ondel diiringi oleh berbagai macam tabuhan, bagaimana orang bersorak-sorai mengiringi kedatangannya, dan bagaimana keriuhan yang sering terjadi saat Ondel-Ondel dipertunjukan.

Lagu Kelap Kelip

Lirik lagu Kelap Kelip: Kelap kelip lampu di kapal anak kapal main sekoci Air mata jatuh di bantal, aduh yang dinanti belum kembali Pulau Pandan jauh di tengah di balik Pulau Angsalah Dua Hancur badan di kandung tanah amboi, budi baik terkenang jua Dalam hujan bajuku basah jalan-jalan di pinggir kali Biar kini kita berpisah sayang, lain kali jumpa kembali Makna lagu Kelap Kelip: Lagu Kelap Kelip memiliki makna yang sedih, yaitu penantian seseorang akan pujaan hatinya yang pergi dan belum juga kembali.

See also:  Teater yang berasal dari jakarta?

Lagu lir ilir berasal dari daerah apa?

Makna Lagu Lir-Ilir – Tembang Jawa ini masih kerap dinyanyikan hingga saat ini karena senandungnya yang mendayu-dayu dan liriknya yang berisi nasihat. Makna dari Lagu Lir-Ilir adalah manusia harus bangun dari keterpurukan dan menjauhkan diri dari sifat malas yang ada dalam diri.

  • Dalam lagu ini, diri manusia itu dilambangkan sebagai “tanaman” yang sedang bersemi dan berwarna hijau.
  • Ajakan untuk bangun adalah agar manusia berusaha supaya “tanaman” dalam diri kita dapat tumbuh besar.
  • Apabila “tanaman” dalam diri kita tumbuh besar maka tentu saja manusia akan mendapatkan kebahagiaan layaknya pengantin baru yang tengah berbahagia.

Sementara itu, dalam lirik “cah angon” tersirat makna bahwa diri kita ini sebenarnya mampu membawa orang lain dan dirinya sendiri dalam jalan yang benar. Adapun arti dari “pohon belimbing” dengan buahnya yang berbentuk seperti bintang dengan lima ujung adalah kiasan untuk Rukun Islam yang berjumlah lima.

  • Lirik tersebut memberi gambaran bahwa memanjat pohon belimbing itu licin dan susah, namun sebagai umat Muslim, setiap orang harus tetap berusaha dalam rangka meraih Rukun Islam tersebut.
  • Selanjutnya, makna pakaian yang terkoyak bermakna umat manusia harus selalu memperbaiki iman dalam dirinya supaya kelak dapat siap ketika dipanggil oleh-Nya.

Di akhir lagu, lirik “Mumpung padhang rembulane, mumpung jembar kalangane” mengingatkan kita agar memperbaiki iman dalam diri selagi bulan masih menyinari bumi dan selagi waktu yang kita miliki di dunia masih banyak. Karena menyiratkan arti yang baik, Lagu Lir-ilir juga populer sebagai tembang dolanan dengan maksud untuk memberikan pesan kepada anak-anak.