Dki jakarta merupakan salah satu wilayah yang memiliki potensi bencana?

dki jakarta merupakan salah satu wilayah yang memiliki potensi bencana
Tercatat sebanyak 542 bencana kebakaran di DKI Jakarta sepanjang tahun 2020 Bencana alam adalah peristiwa yang disebabkan oleh faktor alam seperti banjir, kebakaran, tanah longkor, dan lain-lain yang memberikan dampak langsung maupun tidak langsung kepada penduduk.

Bencana alam merupakan peristiwa yang cenderung sulit untuk diprediksi. Peristiwa ini dapat terjadi dimanapun dan kapanpun yang diakibatkan oleh peristiwa alam dan umumnya terjadi tanpa ada campur tangan dari manusia secara langsung. Kejadian bencana alam di DKI Jakarta yang sering terjadi meliputi kebakaran, pohon tumbang, dan banjir.

Bencana alam yang terjadi di DKI Jakarta dapat memberikan kerugian yang berasal dari kerusakan berbagai infrastruktur seperti jalan sampai dengan sarana dan prasarana yang dibutuhkan oleh warga. dki jakarta merupakan salah satu wilayah yang memiliki potensi bencana Sumber: Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi DKI Jakarta Grafik di atas menggambarkan jumlah kejadian bencana alam di DKI Jakarta selama tahun 2020. Bencana kebakaran menjadi bencana yang paling sering terjadi, tercatat sebanyak 542 bencana kebakaran sepanjang tahun 2020.

Dilihat menurut wilayah administrasi, kejadian kebakaran paling banyak terjadi di Jakarta Barat sebanyak 138 bencana kebakaran, disusul oleh Jakarta Timur dan Jakarta Utara masing-masing sebanyak 132 dan 106 bencana kebakaran. Adapun penyebab kebakaran di DKI Jakarta seperti gangguan listrik, kebocoran gas, lilin, puntung rokok, dan lain-lain.

Pada tahun yang sama, bencana terbanyak setelah kebakaran yaitu pohon tumbang sebanyak 123 kejadian. Sebesar 50,41% atau sebanyak 62 kejadian pohon tumbang terjadi di Jakarta Selatan. Jumlah ini disusul oleh Jakarta Pusat dan Jakarta Barat sebanyak 15 kejadian, lalu Jakarta Utara dan Jakarta Timur sebanyak 12 kejadian.

Mengapa wilayah Indonesia rawan terhadap bencana tsunami?

Indonesia merupakan wilayah Sirkum Pasifik – Alasan pertama yang menyebabkan Indonesia menjadi wilayah rawan bencana adalah karena dilalui oleh Sirkum Pasifik atau yang lebih dikenal dengan Cincin Api Pasifik. Sirkum Pasifik adalah sabuk seismik tempat bertemunya banyak lempeng tektonik.

  1. Sirkum pasifik membentuk sekitar 75 persen gunung berapi di dunia.
  2. Dari 452 gunung berapi yang ada di Sirkum Pasifik, sekitar 127-nya berada di wilayah Indonesia.
  3. Dilansir dari National Geographic, 90 persen gempa bumi di dunia berasal dari Sirkum Pasifik.
  4. Sehingga, wilayah Indonesia rentan akan bencana gempa bumi, gunung berapi, juga bencana alam lainnya akibat aktivitas vulkanis.
See also:  Mengapa jakarta menjadi ibu kota indonesia?

Baca juga: Proses Terbentuknya Pegunungan Sirkum Mediterania dan Sirkum Pasifik

Apa itu rob air laut?

KOMPAS.com – Banjir rob adalah banjir di wilayah pantai, terutama karena air laut melimpah ke daratan. Peneliti Utama Astronomi-Astrofisika, Pusat Riset Antariksa BRIN, Thomas Djamaluddin mengatakan, banjir rob itu bukan permasalahan yang hanya terjadi di Indonesia, tetapi memang sudah menjadi masalah global.

Sesungguhnya juga disebut banjir rob, kalau banjir dari daratan tidak terbuang ke laut, karena laut sedang pasang,” kata Thomas dalam diskusi bertajuk ” Banjir Rob di Musim Kemarau “, Kamis (2/6/2022). Baca juga: Banjir Rob di Pemalang Rendam 8 Desa, BMKG: Masih Berpotensi Hujan Sepekan ke Depan Banjir rob ( coastal flooding ) juga merupakan pola fluktuasi muka air laut yang dipengaruhi oleh gaya tarik benda-benda angkasa, terutama oleh bulan dan matahari terhadap massa air laut di bumi.

Banjor rob juga dikenal dengan banjir pesisir, karena sering terjadi di wilayah yang tidak jauh dari pesisir pantai.

Apa saja dampak iklim tropis?

dki jakarta merupakan salah satu wilayah yang memiliki potensi bencana Aleksandar Pasaric/Pexels Hubungan antara jenis bencana alam di Indonesia dengan iklim tropisnya. Bobo.id – Indonesia merupakan salah satu negara beriklim tropis yang memengaruhi kondisi lingkungan dan bencana alam yang terjadi. Mengapa negara Indonesia bisa beriklim tropis? Karena letak Indonesia berada di garis khatulistiwa.

  1. Hatulistiwa adalah sebuah garis khayal yang membentang dan membagi bumi menjadi dua belahan, yaitu belahan kutub utara dan kutub selatan.
  2. Sedangkan negara-negara yang jauh dari garis khatulistiwa mengalami perubahan empat musim.
  3. Namun, iklim tropis di Indonesia ini juga memengaruhi terjadinya beragam jenis bencana alam.

Nah, berikut ini hubungan antara iklim tropis dan jenis bencana alam di Indonesia. Penjelasan Iklim Tropis Ciri iklim tropis yaitu suhu udara sepanjang tahun di wilayah tersebut dapat mencapai sekitar 27 derajat Celcius. Iklim tropis menyebabkan curah hujan di Indonesia tinggi namun juga mendapatkan sinar matahari sepanjang tahun.

  • Oleh sebab itu, tanah di negara beriklim tropis termasuk tanah yang subur dan mendukung pertanian.
  • Baca Juga: Punya Indra Lebih Peka, Ini 4 Hewan yang Bisa Deteksi Bencana Alam Daerah yang dilintasi garis khatulistiwa diketahui lebih banyak memiliki keragaman hayati yang lebih banyak.
  • Di negara yang dekat dengan khatulistiwa, memiliki banyak spesies hewan dan juga hutan yang lebih banyak.
See also:  Mengapa plat nomor jakarta b?

Pergerakan matahari dan angin muson yang berhembus menyebabkan terjadinya dua musim di negara beriklim tropis, yaitu musim kemarau dan musim hujan. Bencana Alam di Indonesia Karena Indonesia berada di wilayah tropis, maka negara ini juga termasuk ke dalam wilayah yang rawan bencana.

Hal tersebut membuat wilayah Indonesia rentan terkena badai, topan, dan juga siklon tropis yang kerap terjadi di wilayah khatulistiwa terutama yang dekat dengan Samudra Pasifik. Dilansir dari National Geographic, para ilmuwan berpendapat bahwa siklon, badai, dan angin topan merupakan fenomena yang sama.

Pembeda di antara ketiga peristiwa tersebut terdapat pada tempat terjadinya. Di wilayah Atlantik dan Pasifik utara, fenomena alam ini disebut badai, atau dalam bahasa Inggris disebut hurricane, Di Pasifik barat laut, badai yang kuat disebut sebagai topan, atau dalam bahasa Inggris yaitu typhoon,

  • Emudian, di barat daya Samudra Hindia, badai-badai tersebut hanya disebut siklon tropis.
  • Baca Juga: BMKG Deteksi Adanya Pertumbuhan Siklon Charlotte, Ini Daftar Wilayah yang Akan Alami Dampaknya Selain itu, kondisi iklim dan cuaca di Indonesia juga menyebabkan besarnya kemungkinan terjadinya bencana hidrometeorologi.

Bencana hidrometeorologi adalah bencana yang diakibatkan oleh parameter-parameter meteorologi. Atau dengan kata lain, bencana hidrometeorologi dipengaruhi oleh hal-hal yang berkaitan dengan meteorologi seperti angin, curah hujan, kelembapan, temperatur.

Adblock
detector