Faktor apa saja yang membuat kota jakarta banjir?

faktor apa saja yang membuat kota jakarta banjir
Penyebab Banjir di Jakarta Barat

  • Lokasi pemukiman penduduk yang berada di dekat aliran sungai.
  • Pembangunan pemukiman, tempat rekreasi, pelabuhan, dan lain-lain di daerah resapan air.
  • Membuang sampah sembarangan.
  • Curah hujan yang tinggi.
  • Konsumsi air tanah yang tinggi.

Meer items

Apa saja yang menjadi faktor penyebab banjir di kota jakarta?

Jumat, 25 Februari 2022 06:42 WIB – faktor apa saja yang membuat kota jakarta banjir Petugas PPSU membersihkan sampah yang menyumbat saluran air saat banjir di Jalan Gunung Sahari, Mangga Dua, Jakarta, Selasa, 18 Januari 2022. Banjir tersebut terjadi karena buruknya drainase di kawasan itu serta tingginya instensitas hujan pada Selasa (18/1) siang.

ANTARA FOTO/Aprillio Akbar TEMPO.CO, Jakarta – Masalah banjir Jakarta masuk dalam pembahasan di forum konsultasi publik penyusunan Rencana Pembangunan Daerah (RPD) DKI Jakarta 2023-2026 pada Rabu lalu. Gubernur DKI Anies Baswedan menyatakan pemerintah perlu menyusun perencanaan dan pengelolaan masa depan Ibu Kota.

“Saat ini Jakarta sedang menyusun langkah hingga tahun 2026,” kata dia dalam keterangan tertulisnya, Rabu, 23 Februari 2022. Dalam rancangan RPD DKI 2023-2026 yang diterima Tempo, salah satu isu yang dibahas adalah wilayah rawan bencana. Dalam dokumen itu tertulis banjir dan kebakaran adalah dua bencana utama bagi Ibu Kota yang frekuensinya tinggi serta berulang.

  1. Bencana banjir menjadi perhatian khusus bagi Jakarta karena memiliki implikasi yang kompleks,” demikian bunyi rancangan tersebut.
  2. Pemerintah DKI menjabarkan sejumlah penyebab banjir.
  3. Penyebab utama adalah curah hujan lokal tinggi, curah hujan tinggi di daerah hulu sungai dan berpotensi menjadi banjir kiriman, rob atau air laut pasang tinggi di daerah pesisir dan kepulauan, serta tingginya sedimentasi akibat erosi.

Penyebab kedua adalah sampah yang menyumbat sungai dan saluran air. Kemudian wilayah resapan air juga berkurang. Hal ini karena didirikannya hunian di lahan basah atau daerah resapan air. “Selain itu, terjadinya banjir di Jakarta juga disebabkan oleh sistem drainase yang tidak berfungsi dengan optimal.” Sarana dan prasarana pengendalian banjir pun masih bermasalah.

See also:  Apa kegunaan carik jakarta mandiri?

1 2 Selanjutnya

Apa penyebab terjadinya banjir di kota-kota besar menurut kalian?

Setelah dikaji secara mendalam dapat dilihat bahwa terdapat 7 (tujuh) penyebab terjadinya banjir, yaitu: Pembangunan yang tidak berwawasan lingkungan; Tidak-adanya pola hidup bersih di masyarakat umum; Tidak adanya sistem perencanaan dan pemeliharaan drainase kota yang baik; Tidak adanya konsistensi pihak berwenang

Mengapa jakarta setiap tahun terjadi banjir?

Jakarta banjir setiap tahun karena pengairan( parit) di jakarta kurang lancar. terjadi banjir tiap thun itu pada musim hujan.

Apa saja yang harus dilakukan supaya jakarta bebas dari banjir?

Jawaban: Membuat sistem selokan yang teratur, mengadakan progam penghijauan besar besaran, bekerja sama dengan negara maju tentang teknologi, memindahkan rumah penduduk yang dibantaran kali ke tempat lebih baik.