Hasil dari ktt gnb ke-10 yang berlangsung di jakarta adalah?

hasil dari ktt gnb ke-10 yang berlangsung di jakarta adalah
KTT GNB ke-10 berlangsung dari 1-6 September di Jakarta. Hasil dari pertemuan ini disebut dengan Pesan Jakarta. Pesan Jakarta membuat beberapa keputusan untuk membentuk tatanan dunia baru yang lebih baik. Salah satunya adalah peningkatan kerja sama ekonomi antara negara Selatan-Selatan dan Utara-Selatan.

Pada KTT GNB berapakah yang diselenggarakan di Jakarta Indonesia?

BERITA LAINNYA – 04 March 2022 – Peran Indonesia dalam Gerakan Non-Blok Perang Dunia II yang berakhir pada tahun 1945 membentuk dua blok yang saling berlawanan, yaitu Blok Barat dan Blok Timur. Blok Barat yang dipimpin oleh Amerika Serikat berideologi liberalis kapitalis, sedangkan Blok Timur yang dipimpin oleh Uni Soviet berideologi sosialis komunis.

  • Eduanya bekerja sama dalam mengalahkan blok poros (Jerman, Jepang, dan Italia) selama Perang Dunia II, tetapi perbedaan ideologi yang dipegang kedua negara tersebut memicu munculnya konflik yang dikenal sebagai Perang Dingin ( Cold War ).
  • Setiap blok berusaha memaksimalkan kekuatannya dengan mengajak negara-negara yang baru merdeka untuk menjadi sekutu.

Meski demikian, beberapa negara memilih untuk tidak memihak ke blok mana pun. Keputusan netral ini lah yang menjadi latar belakang lahirnya Gerakan Non-Blok dengan Indonesia sebagai salah satu negara pelopornya.

Gerakan Non-Blok atau yang disingkat GNB lahir setelah pelaksanaan Konferensi Asia Afrika (KAA) pada tahun 1955. KAA yang berlangsung di Bandung, Indonesia itu dihadiri oleh 29 pemimpin negara berkembang di Asia dan Afrika. Dalam perkembangannya, terdapat lebih dari 120 negara yang bergabung dalam GNB. Jumlah ini setara dengan hampir 2 / 3 negara anggota PBB. Penggunaan istilah “Non-Blok” sendiri diperkenalkan pertama kali oleh Perdana Menteri India, Jawaharlal Nehru ketika berpidato di Colombo, Sri Lanka pada tahun 1954.

Dalam pidatonya, Beliau mengungkapkan lima prinsip yang menjadi pondasi hubungan kerja sama Sino-India. Lima prinsip dengan nama lain Panchsheel ini lah yang berikutnya dipakai sebagai landasan berdirinya GNB. Adapun Panchsheel yang berarti lima pengendali terdiri atas:

  1. Saling menghormati integritas teritorial dan
  2. Perjanjian non
  3. Tidak mengintervensi urusan dalam negeri negara
  4. Kesetaraan dan keuntungan
  5. Berpartisipasi aktif dalam menjaga

GNB tentunya tidak akan berdiri apabila tidak ada tujuan dan hakikatnya. GNB memiliki tujuan agar negara anggotanya dapat memperjuangkan kedaulatan, integritas, nasib, dan kemerdekaannya tanpa campur tangan negara lain. Para anggota juga sepakat untuk menolak segala bentuk imperialisme, kolonisme, neokolonialisme, apartheid, zionisme, dan rasialisme serta tidak berpihak kepada pakta militer blok mana pun.

Apa yang dihasilkan dari KTT Gerakan Non Blok XIII?

Liputan6.com, Kuala Lumpur: Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohammad membuka Konferensi Tingkat Tinggi Gerakan Non-Blok (GNB) tingkat kepala negara di Kuala Lumpur, Senin (24/2). Sebelumnya, mantan Ketua GNB yang juga Presiden Afrika Selatan Thabo Mbeki mempresentasikan laporan KTT GNB XII di Durban, Afrika, lima tahun silam.

  • Baru setelah itu jabatan Ketua GNB diserahkan kepada Mahathir.
  • Dalam pidatonya, Mbeki meminta Irak bekerja sama dengan Tim Inspeksi Senjata Perserikatan Bangsa-Bangsa berkaitan dengan tudingan menyimpan senjata pemusnah massal.
  • Sementara Mahathir menyoroti dominasi negara-negara maju terhadap negara berkembang.
See also:  Apa hubungan piagam jakarta dengan pembukaan uud 45?

KTT kali ini dipastikan akan menghasilkan Deklarasi Kuala Lumpur tentang sikap negara-negara GNB terhadap kondisi dunia. Terutama mengenai rencana serangan Amerika Serikat ke Irak, terorisme, dan kepemilikan senjata pemusnah massal Korea Utara, Sejumlah pimpinan negara anggota GNB akan berbicara di forum ini.

  • Mereka adalah Presiden Kuba Fidel Castro, PM India Atal Behari Vajpayee, dan Presiden Pakistan Musharraf.
  • Pemerintah AS juga dipastikan mengirimkan wakilnya untuk memantau gerakan 116 negara anggota GNB.
  • Sementara Presiden Megawati Sukarnoputri dijadwalkan hadir dalam KTT GNB XIII tingkat kepala negara, Selasa besok.

Namun, menurut juru bicara Departemen Luar Negeri Marty Natalegawa, jadwal itu dapat saja berubah. Megawati mungkin menghadiri KTT sore ini. Rencananya, GNB ini berakhir besok. Setelah itu digelar pertemuan informal negara-negara Organisasi Konferensi Islam.

  1. Dalam forum bisnis sebelumnya, Mahathir mengecam keras sikap Barat terhadap Irak.
  2. Ia menilai rencana serangan AS adalah bentuk kesewenang-wenangan Barat terhadap Islam, Arab, dan orang berjenggot.
  3. Selain mengecam rencana serangan AS, Mahathir juga pernah mengecam Korea Utara yang memiliki senjata pemusnah massal.

Namun, kecaman itu terhadap Korut lebih ringan ketimbang ke AS. Siang ini, menurut rencana, seluruh kepala negara peserta KTT GNB akan diberi kesempatan berpidato. Megawati akan mendapat kesempatan di urutan ke-19. Diperkirakan, Mega akan menjelaskan posisi Indonesia terhadap sejumlah masalah yang dibicarakan dalam KTT, termasuk perlucutan senjata di Irak dan Korea Utara.

  • Pemerintah Indonesia kemungkinan juga akan menolak tegas penggunaan kekuatan unilateral dalam penyelesaian Irak dan Korut.
  • Namun, di sisi lain, RI meminta Irak dan Korut mematuhi mekanisme perlucutan senjata yang disesuaikan prinsip-prinsip dasar dari KTT GNB.
  • Sejauh ini, menyangkut konflik AS-Irak, negara-negara peserta sudah menyepakati isi pernyataan yang akan menjadi deklarasi akhir KTT GNB.

Namun demikian, mereka belum sepaham menyoal kalimat yang akan digunakan dalam Deklarasi Kuala Lumpur. Negara-negara GNB juga yakin suara mereka akan didengar dunia mengingat jumlah anggota GNB yang 2/3 dari anggota PBB.(SID/ZAQ/Tim Liputan 6 SCTV)

Apa yang kamu ketahui tentang Jakarta Massage?

Isi dari Jakarta Message adalah kerja antar negara, dukungan terhadap Palestina, tuntutan mengakhiri diskriminasi rasial di Afrika Selatan, dan penolakan penggunaan senjata nuklir.

KTT Gerakan Non Blok pertama di Beograd tahun 1961 menghasilkan 3 dokumen apa saja dokumen tersebut?

KTT GNB I telah menghasilkan tiga dokumen penting, yaitu: 1. Pernyataan tentang bahaya perang dan tuntutan untuk perdamaian; 2. Deklarasi mengenai prinsip-prinsip Non-Blok, bersama dengan 27 ketentuan persetujuan tentang pemecahan masalah-masalah dunia; 3. Surat bersama kepada Presiden Amerika Serikat J.F.

See also:  Tanaman yang dijadikan lambang dki jakarta adalah?

Dimana lokasi diadakannya konferensi GNB ke-10?

Dalam KTT GNB ke-10 di Jakarta pada tahun 1992, sebagian besar ketidakpastian dan keraguan mengenai peran dan masa depan GNB berhasil ditanggulangi.

Apa sajakah hasil dari KTT 4 GNB?

Hasil Konferensi Tingkat Tinggi Gerakan Non Blok adalah sebagai berikut: 1. KTT I, dilaksanakan di Beograd, Yugoslavia pada 1 – 6 Desember 1961 dengan hasil: a. Gerakan Non Blok bukan organisasi pembentuk blok sendiri.b. Gerakan Non Blok merupakan wadah perjuangan yang tidak bersifat pasif.c.

Gerakan Non Blok mendukung setiap usaha menentang penjajahan dalam segala bentuk baik secara imperialisme, kolonialisme, neokolonialisme, rasialisme, apartheid, serta zionisme.2. KTT III yang dilaksanakan di Lusaka, Zambia pada 10 Oktober 1970 menghasilkan keputusan mengenai kerja sama ekonomi dunia yang ke-3 oleh negara-negara berkembang.3.

KTT IV yang dilaksanakan pada 5 – 9 September 1973 di Aljir, Aljazair dengan keputusan kerja sama ekonomi negara berkembang dan negara maju, serta mengatasi ketegangan politik di Timur Tengah dan Afrika.4. KTT VII dilaksanakan pada September 1982 di New Delhi,India dengan hasil mengenai perbedaan pendapat dalam tubuh Gerakan Non Blok sendiri mengenai Kuba yang ternyata pro Uni Soviet sehingga ketua Gerakan Non Blok akan mengeluarkan Kuba dari Gerakan Non Blok.

KTT GNB dilaksanakan dimana saja?

Pertemuan GNB Negara yang pernah menjadi tuan rumah KTT GNB di antaranya Yugoslavia, Mesir, Zambia, Aljazair, Sri Lanka, Kuba, India, Zimbabwe, Indonesia, Kolombia, Afrika Selatan, dan Malaysia.

KTT Non Blok XIV diselenggarakan dimana?

KTT Nonblok XIV dilaksanakan pada tanggal 11-16 September 2006 di Havana, Kuba. Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah B. – KTT Nonblok XIV dilaksanakan pada tanggal 11-16 September 2006 di Havana, Kuba. Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah B.

Kapan KTT GNB pertama dan dimana tempatnya?

Senin, 19 September 2022 Selasa, 24 Mei 2011 Di baca 2244 kali KTM yang akan dibuka besok (25/5) ini bertemakan ‘Shared Vision on the Contribution of NAM (GNB; red) for the Next 50 Years.’ Pertemuan akan mengkaji perjalanan GNB paska KTT di Sharm El Sheik, Mesir, Juli 2009 lalu.

  • Penyelenggaraan KTM ke-16 ini menjadi istimewa karena bersamaan dengan 50 tahun berdirinya GNB, dimana KTT pertama diselenggarakan pada September 1961 di Beograd, Yugoslavia.
  • GNB sendiri bermula dari sebuah Konferensi Tingkat Tinggi Asia-Afrika di Bandung, tahun 1955.
  • Negara-negara yang tidak berpihak pada blok tertentu mendeklarasikan keinginan mereka untuk tidak terlibat dalam konfrontasi ideologi Barat-Timur.

Sebagai sebuah gerakan negara berkembang yang lahir dan didasari prinsip Dasasila Bandung, GNB diharapkan dapat terus menjadi salah satu wahana politik luar negeri Indonesia, khususnya dalam forum multilateral dalam menggalang solidaritas negara berkembang guna menghadapi tantangan internasional.

  1. TM ke-16 ini akan dihadiri menteri luar negeri dari 118 negara anggota GNB dan 2 negara anggota baru, yaitu Fiji dan Azerbaijan.
  2. Edua negara ini akan dikukuhkan keanggotaannya pada KTM kali ini.
  3. Sebagai tuan rumah, Indonesia juga mengundang 18 negara pengamat, diantaranya Argentina, Bosnia, Brasil, RRT, Serbia, Meksiko, dan Ukraina.
See also:  Nur jenderal voc yang pertama berkedudukan di jakarta adalah?

Akan hadir juga 10 organisasi pengamat, antara lain Uni Afrika, PBB, OKI, Unindo, dan ICRC. Direncanakan 26 negara tamu juga akan datang, diantaranya Amerika Serikat, Jepang, dan Rusia. Dalam kunjungan kerja ke Bali ini, Presiden SBY didampingi, antara lain, Menko Polhukam Djoko Suyanto, Menakertrans Muhaimin Iskandar, dan Mendiknas M Nuh.

Apa yang dimaksud KTT Non Blok?

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas KTT Non-Blok adalah konferensi tingkat tinggi yang dilakukan oleh negara-negara yang menganut prinsip politik tidak terikat oleh salah satu blok.

Apa isi dari Dokumen Brioni?

Dokumen Brioni adalah pernyataan dari presiden Josep Broz Tito (Yugoslavia), Perdana Menteri Jawaharlal Nehru (India), dan Presiden Gamal Abdul Nasser (Mesir) tahun 1956 di Pulau Brioni, Yugoslavia. Dokumen tersebut memuat prinsip-prinsip dasar untuk mempersatukan gerakan NonBlok.

Kapan Indonesia menjadi tuan rumah KTT GNB?

Indonesia menjadi tuan rumah Konferensi Tingkat Tinggi Gerakan Non Blok ( KTT Gerakan Non Blok ) yang ke-10 pada tahun 1992, tepatnya pada tanggal 1–6 September 1992 yang diselenggarakan di Jakarta.

Di manakah KTT Non Blok 14 diselenggarakan?

KTT Nonblok XIV dilaksanakan pada tanggal 11-16 September 2006 di Havana, Kuba. Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah B. – KTT Nonblok XIV dilaksanakan pada tanggal 11-16 September 2006 di Havana, Kuba. Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah B.

KTT GNB dilaksanakan dimana saja?

Pertemuan GNB Negara yang pernah menjadi tuan rumah KTT GNB di antaranya Yugoslavia, Mesir, Zambia, Aljazair, Sri Lanka, Kuba, India, Zimbabwe, Indonesia, Kolombia, Afrika Selatan, dan Malaysia.

Indonesia pernah menjadi tuan rumah dalam KTT GNB ke berapa kapan dan hasilnya apa?

Kelas : X Pelajaran : PPKn Kategori : Gerakan Non Blok Kata Kunci : KTT, Indonesia Indonesia menjadi tuan rumah Konferensi Tingkat Tinggi Gerakan Non Blok (KTT Gerakan Non Blok) yang ke-10 pada tahun 1992, tepatnya pada tanggal 1–6 September 1992 yang diselenggarakan di Jakarta,

  • Onferensi yang diketuai oleh Presiden Soeharto ini membahas isu-isu internasional sebagai berikut: a.
  • Gerakan Non Blok tetap mendukung perjuangan Palestina yang rumusannya terdapat dalam Pesan Jakarta atau Jakarta Message.b.
  • Menyesalkan tindakan Amerika Serikat yang membantu Israel dalam pembangunan permukiman Yahudi di wilayah Palestina.c.

Kegagalan memasukkan masalah sanksi PBB terhadap Irak dan Libya masih membuktikan lemahnya Gerakan Non Blok dalam mengatasi perbedaan pendapat dikalangan anggotanya.

Adblock
detector