Jurusan yang ada di uin jakarta?

jurusan yang ada di uin jakarta
Ilmu Tarbiyah dan Keguruan

  • Pendidikan Agama Islam.
  • Pendidikan Bahasa Arab.
  • Pendidikan Bahasa Inggris.
  • Pendidikan IPS.
  • Pendidikan Matematika.
  • Pendidikan Biologi.
  • Pendidikan Fisika.
  • Pendidikan Kimia.

Meer items

Berapa fakultas di UIN Jakarta?

Siapa diantara kalian, yang saat ini duduk di bangku kelas XII, yang masih bingung memilih perguruan tinggi tujuan? Biar bingungnya tidak berlarut-larut, lebih baik mencari tahu dulu hal-hal berikut: jurusan apa yang kira-kira kalian minati, dan di perguruan tinggi mana jurusan tersebut bisa kalian dapatkan.

Untuk membantu kalian, kali ini kita akan membahas tentang UIN Jakarta. Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah, Jakarta, adalah perguruan tinggi Islam yang bertempat di Ciputat, Tangerang Selatan. Tapi jangan salah, walaupun sebagai perguruan tinggi Islam, UIN Jakarta menyediakan banyak fakultas dan jurusan, seperti ekonomi dan bisnis, sains dan teknologi, serta ilmu kesehatan.

Untuk lebih lengkapnya, yuk kita lihat daftar jurusan dan fakultas yang ada di UIN Jakarta, (Baca juga: Berumur Ratusan Tahun, Ini 10 Universitas Tertua di Dunia ) Program sarjana UIN Jakarta memiliki sebanyak 12 fakultas, yaitu Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Fakultas Adab dan Humaniora, Fakultas Ushuluddin, Fakultas Syariah dan Hukum, Fakultas Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi, Fakultas Dirasat Islamiyah, Fakultas Psikologi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Sains dan Teknologi, Fakultas Ilmu Kesehatan, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, serta Fakultas Kedokteran.

  1. Pendidikan Agama Islam
  2. Pendidikan Bahasa Arab
  3. Pendidikan Bahasa Inggris
  4. Pendidikan IPS
  5. Pendidikan Matematika
  6. Pendidikan Biologi
  7. Pendidikan Fisika
  8. Pendidikan Kimia
  9. Manajemen Pendidikan
  10. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
  11. Pendidikan Guru MI/SD
  12. Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)

Fakultas Adab dan Humaniora terdiri dari jurusan-jurusan berikut.

  1. Bahasa dan Sastra Arab
  2. Sastra Inggris
  3. Tarjamah (Bahasa Arab)
  4. Ilmu Perpustakaan

Fakultas Ushuluddin terdiri dari jurusan-jurusan berikut.

  1. Studi Agama-Agama
  2. Ilmu Alquran dan Tafsir
  3. Ilmu Hadis
  4. Aqidah dan Filsafat Islam
  5. Ilmu Tasawuf

Fakultas Syariah dan Hukum terdiri dari jurusan-jurusan berikut.

  1. Perbandingan Mazhab
  2. Hukum Keluarga Islam (Akhwal Syakhsiyyah)
  3. Hukum Tata Negara (Siyasah)
  4. Hukum Pidana Islam (Jinayah)
  5. Hukum Ekonomi Syariah (Muamalat)
  6. Ilmu Hukum

Fakultas Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi terdiri dari jurusan-jurusan berikut.

  1. Komunikasi dan Penyiaran Islam
  2. Bimbingan Penyuluhan Islam
  3. Manajemen Dakwah
  4. Pengembangan Masyarakat Islam
  5. Kesejahteraan Sosial
  6. Jurnalistik

Sementara itu, Fakultas Dirasat Islamiyah terdiri dari satu jurusan saja, yaitu Jurusan Dirasat Islamiyah. Fakultas Psikologi juga hanya memiliki satu jurusan, yaitu Jurusan Psikologi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis terdiri dari beberapa jurusan sebagai berikut.

  1. Manajemen
  2. Akuntansi
  3. Ekonomi Pembangunan
  4. Perbankan Syariah
  5. Ekonomi Syariah

Fakultas Sains dan Teknologi memiliki jurusan-jurusan berikut.

Berapa biaya kuliah di UIN Jakarta?

Daftar Biaya UIN Jakarta Jalur Mandiri – Ilustrasi Biaya Kuliah. (Foto: delphinmedia by https://pixabay.com) Dikutip dari buku Sosiologi Nusantara: Memahami Sosiologi Integralistik Edisi Pertama yang ditulis oleh Syarifuddin Jurdi (2013: 205), UIN merupakan salah satu perguruan tinggi yang memadukan ilmu religious dengan ilmu pengetahuan.

UKT Kelompok 1: Rp 400.000 UKT Kelompok 2: Rp 1.580.000 – Rp 15.000.000 UKT Kelompok 3: Rp 1.760.000 – Rp 21.000.000 UKT Kelompok 4: Rp 1.970.000 – Rp 27.000.000 UKT Kelompok 5: Rp 2.220.000 – Rp 34.620.000 UKT Kelompok 6: Rp 2.550.000 – Rp 39.810.000 UKT Kelompok 7: Rp 2.930.000 – Rp 45.790.000 UKT Mahasiswa KIP Kuliah: Rp 2.400.000

Biaya UKT kuliah terendah berlaku bagi mahasiswa prodi Pengembangan Masyarakat Islam, yaitu Rp 400.000 (UKT 1) hingga Rp 45.790.000 (UKT 7). Sementara itu, rentang UKT tertinggi berlaku bagi mahasiswa prodi Kedokteran dan Pendidikan Dokter, yaitu Rp 400.000 (UKT 1) hingga Rp 45.790.000 (UKT7).

Berapa biaya asrama UIN Jakarta?

Asrama dan Ma’had – UIN Jakarta memiliki mahasiswa yang berasal dari seluruh penjuru negeri, dari Sumatera hingga Papua. Berangkat dari hal tersebut, UIN Jakarta memberikan fasilitas berupa satu kompleks asrama putra, satu kompleks asrama putri, satu kompleks asrama khusus kedokteran, dan satu kompleks Ma’had al-Jamiah.

Sehingga Quipperian yang merantau tidak perlu khawatir lagi masalah akomodasi bila ingin berkuliah di UIN Jakarta ya? Untuk bisa tinggal di asrama, Quipperian cukup membayar sebesar Rp 3.300.000,- dalam setahun dan gratis bagi penerima beasiswa. Namun karena kamar yang terbatas, maka asrama hanya boleh Quipperian tempati di tahun pertama kuliah saja.

Quipperian masih bisa melanjutkan untuk tinggal di asrama di tahun-tahun berikutnya asal memenuhi kriteria untuk menjadi seorang pembina asrama atau Mudabbir dan Mudabbirah, Satu kamar dihuni oleh empat mahasiswa dan diberi fasilitas berupa kasur dan lemari, kamar mandi, dapur, tempat cuci dan jemuran pakaian, ruang belajar, televisi, serta aula.

  • Selain itu juga terdapat kantin dan petugas keamanan yang siaga 24 jam.
  • Setiap malam, penghuni asrama biasanya memiliki agenda pembinaan dengan mendatangkan dosen-dosen dari UIN Jakarta untuk belajar bersama.
  • Quipperian tertarik untuk menikmati berbagai fasilitas tersebut? Buruan daftar kuliah di UIN Jakarta dan dapatkan informasinya di uinjkt.ac.id,
See also:  Kantor bpjs jakarta utara yang baru?

Penulis: Igman Yuda Pratama

Jalur apa saja untuk masuk UIN Jakarta?

loading. Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta. Foto/Dok/UIN JAKARTA – UIN Jakarta membuka pendaftaran seleksi masuk bagi calon mahasiswa melalui jalur Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Mandiri (SPMB Mandiri) hingga Kamis, 07 Juli 2022, mendatang.

Para calon mahasiswa yang berminat diimbau segera melakukan pendaftaran SPMB Mandiri guna menghindari kepadatan server di hari-hari terakhir pendaftaran. Baca juga: 7.539 Peserta Seleksi Mandiri IPB University Ikuti Ujian Secara Online Kepala Biro Administrasi Akademik Kemahasiswaan dan Kerjasama (BAAKK) Dr.H.

Jaenuddin M.Ag, mengungkapkan UIN Jakarta menetapkan penutupan pendaftaran SPMB Mandiri pada Kamis, 7 Juli 2022, pukul 23.59 WIB. Sedang pencetakan kartu ujian oleh peserta hingga Jumat 08 Juli pukul 23.59 WIB. “Jadi, masih ada waktu beberapa hari bagi para calon mahasiswa yang berminat untuk mendaftar masuk UIN Jakarta melalui jalur SPMB Mandiri.

Jika belum mendaftar, segera mendaftar. Ini jalur seleksi terakhir,” kata Jaenuddin seperti dilansir dari laman resmi UIN Jakarta, Senin (4/7/2022). Baca juga: ITB Dorong Penerapan Konsep Smarter The World Living Lab Kepala Bagian Akademik UIN Jakarta Feni Arifiani MH menambahkan, para calon mahasiswa yang berminat diharap segera mendaftar dan menyelesaikan berbagai administrasi pendaftaran sebelum hari-hari terakhir masa penutupan.

“Untuk menghindari kepadatan server. Segera lakukan pendaftaran jauh-jauh hari,” tambahnya lagi. Lebih jauh, Feni meminta para calon mahasiswa mengoptimalkan peluang di pendaftaran jalur SPMB Mandiri ini. Pasalnya, ini merupakan jalur seleksi terakhir setelah lima jalur seleksi lainnya ditutup.

  • Diketahui, UIN Jakarta menawarkan enam jalur seleksi masuk bagi para calon mahasiswa peminat, yaitu jalur SNMPTN, jalur SPAN-PTKIN, jalur SBMPTN, jalur UM-PTKIN, Jalur SMM PTN-Barat, dan terakhir SPMB Mandiri.
  • Elima jalur seleksi pertama telah ditutup, di mana hasilnya sudah diumumkan atau masih berlangsung proses ujian masuk.

Di jalur SPMB Mandiri, UIN Jakarta memberi peluang bagi lulusan Madrasah Aliyah, Pesantren Mu’adalah, Sekolah Menengah Atas, Sekolah Menengah Kejuruan, dan sederajat lulusan 2020-2022. Selanjutnya, jalur ini menawarkan dua paket sesuai latar belakang pendidikan peserta, yaitu paket IPS dan IPA.

  • Paket IPS diperuntukan bagi seluruh lulusan Madrasah Aliyah, Pesantren Mu’adalah, Sekolah Menengah Atas, Sekolah Menengah Kejuruan, dan sederajat.
  • Sedang Paket IPA diperuntukan bagi lulusan SMA Jurusan IPA, Madrasah Aliyah Jurusan IPA, Pesantren Jurusan IPA, SMK Teknik, SMK Pertanian, SMK Farmasi, SMK Keperawatan, dan SMK Analis.

Selain itu, terdapat beberapa ketentuan khusus pemilihan paket. Ini terutama bagi calon mahasiswa yang mendaftar paket IPA, yaitu lulusan SMK Teknik hanya bisa memilih Prodi Pendidikan Kimia, Pendidikan Fisika, Pendidikan Matematika, Teknik Informatika, Sistem Informasi, Matematika, Kimia, Fisika, dan Teknik Pertambangan.

Apakah kuliah di UIN harus pakai jilbab?

Khusus bagi mahasiswi, dilarang memakai baju dan/atau celana ketat, tembus pandang dan tanpa berjilbab dalam mengikuti kegiatan di kampus.

Jalur mandiri UIN Jakarta bayar berapa?

TRIBUNNEWSBOGOR.COM – Pendaftaran jalur mandiri UIN Jakarta telah ditutup beberapa waktu lalu. Bagi yang sudah mendaftar jalur mandiri UIN Jakarta, uji coba sistem seleksi elektronik akan dilakukan 15 – 16 Juli 2022. Kemudian pelaksanaan ujian sistem seleksi elektronik baru akan dimulai tanggal 20 – 21 Juli 2022.

  1. Setelah melakukan ujian, hasil seleksi akan diumumkan tanggal 5 Agustus 2022.
  2. Peserta yang dinyatakan lolos, wajib melakukan daftar ulang yang dijadwalkan tanggal 6 – 20 Agustus 2022.
  3. Seleksi jalur mandiri UIN Jakarta adalah seleksi terakhir bagi Anda yang ingin masuk kampus islam di kawasan Ciputat ini.

Sambil menunggu jadwal ujian, mencari tahu biaya kuliah jalur mandiri di UIN Jakarta bisa dilakukan. Ini bisa menjadi persiapan apabila nantinya Anda lolos ujian dan diterima sebagai mahasiswa UIN Jakarta atau UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Sebab biaya ini yang nantinya harus Anda keluarkan selama menjadi mahasiswa UIN Jakarta.

Baca juga: Masih Ada Kesempatan, Download Sertifikat SBMPTN 2022 di Sini, Simak Juga Manfaatnya Berikut biaya kuliah UIN Jakarta jalur mandiri Dilansir dari laman resmi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, uang kuliah mengikuti penggolongan UKT tanpa uang pangkal. Kelompok UKT tersebut memiliki variasi biaya yang akan disesuaikan dengan kemampuan orang tua atau wali mahasiswa.

Kelompok UKT dengan biaya terendah adalah kelompok I yaitu Rp 400.000,00 dan UKT dengan biaya tertinggi adalah kelompok VII dari jurusan Kedokteran, yakni Rp 45.790.000. Untuk info lebih lengkap, kamu bisa mengunjungi laman resmi admisi.uinjkt.ac.id/biaya-kuliah.

Berapa uang semester di UIN?

Biaya Kuliah UIN Jakarta 2022 – Biaya kuliah di UIN Jakarta tahun 2022-2023 terdiri atas 7 kelompok UKT dan 1 kelompok KIP Kuliah. Penentuan UKT yakni berdasarkan kemampuan ekonomi mahasiswa atau penanggung biaya kuliah mahasiswa. Berikut tarif UKT tiap kelompok:

UKT Kelompok 1: Rp 400.000UKT Kelompok 2: Rp 1.580.000 – Rp 15.000.000UKT Kelompok 3: Rp 1.760.000 – Rp 21.000.000UKT Kelompok 4: Rp 1.970.000 – Rp 27.000.000UKT Kelompok 5: Rp 2.220.000 – Rp 34.620.000UKT Kelompok 6: Rp 2.550.000 – Rp 39.810.000UKT Kelompok 7: Rp 2.930.000 – Rp 45.790.000UKT Mahasiswa KIP Kuliah: Rp 2.400.000

See also:  Tokoh yang menyetujui dihapuskannya 7 kata pada piagam jakarta adalah?

Biaya kuliah terendah berlaku bagi mahasiswa prodi Pengembangan Masyarakat Islam, yakni UKT1 Rp 400.000 hingga UKT7 Rp 2.930.000 per semester. Sementara itu, rentang UKT tertinggi berlaku bagi mahasiswa prodi Kedokteran dan Pendidikan Dokter, dengan UKT 1 Rp 400.000 hingga UKT7 Rp 45.790.000.

Berapa uang pendaftaran UIN?

Jalur Mandiri UIN Jakarta – SPMB Mandiri adalah seleksi penerimaan mahasiswa baru secara tertulis yang diselenggarakan oleh UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Proses pendaftaran hingga pelaksanaan tes maupun penentuan kelulusan dilaksanakan oleh panitia lokal di lingkungan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dengan biaya pendaftaran Rp 300.000.

Apakah kuliah di UIN harus hafalan?

Rektor menegaskan, salah satu untuk memenuhi kompetensi tersebut, calon sarjana UIN Bandung diwajibkan minimal hafal Alquran zuz 30.

Apakah UIN belajar agama?

Harga Kost di Sekitar UIN Jakarta – Bagi kamu yang berasal dari luar kota atau memang ingin menyewa kos di sekitar UIN Jakarta, kamu bisa mencarinya di daerah Ciputat. Meskipun sudah masuk daerah Tangerang, area ini cukup ramai loh. Itu juga yang membuat harga sewa kos di sini cukup mahal per bulannya.

  1. Rata-rata kos di sekitar UIN Jakarta dimulai dari Rp 800.000 sampai Rp 2 jutaan per bulan.
  2. Namun, kalau kamu mau cari yang lebih terjangkau, bisa juga coba asrama mahasiswa UIN Jakarta.
  3. Yap! UIN Jakarta punya 5 (lima) gedung asrama, yang dibagi menjadi 3 (tiga) gedung asrama putra di daerah Legoso Ciputat dan Pisangan Ciputat, dan 2 (dua) gedung asrama putri di Kertamukti Ciputat dan Legoso Ciputat.

Harganya sangat terjangkau, yaitu Rp 3.500.000 per tahunnya. – UIN Jakarta adalah pilihan terbaik buat kamu yang mau belajar ilmu agama sekaligus ilmu umum. Selagi memperkuat portofolio dan tekad kamu, yuk, belajar bareng Star Master Teacher di Brain Academy, Referensi: Situs resmi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Sumber daring: www.uinjkt.ac.id/ dan https://admisi.uinjkt.ac.id/ (diakses 14-2-2022) Gramedia Blog. Sumber daring: https://www.gramedia.com/pendidikan/universitas/universitas-islam-negeri-syarif-hidayatullah-jakarta-iain-jakarta/ (diakses 14-2-2022) Novriandi, Irman. Fauzia Astuti

Tes mandiri UIN apa saja?

Kelompok ujian SPMB MANDIRI UIN Syarif Hidayatullah melalui SSE terbagi menjadi 2 (dua), yaitu : Kelompok Ujian IPS dengan materi ujian : Tes Kemampuan Dasar terdiri dari Tes Potensi Akademik, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Tes Keislaman terdiri dari Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab, dan.

Kapan pendaftaran UIN Jakarta 2022 dibuka?

Gedung Rektorat, BERITA UIN Online – Penerimaan mahasiswa baru (PMB) UIN Jakarta program S1 tahun akademik 2022/2023 mulai Selasa (3/4/2022) ini dibuka. Seleksi menawarkan 56 program studi (prodi) dengan total kuota sebesar 1.849 kursi. Humas UIN Jakarta dalam keterangan persnya menyebutkan, PMB Mandiri terbuka untuk siswa lulusan SMA/MA/SMK/Pesantren tahun lulus ijazah 2022, 2021, dan 2020.

Siswa yang diterima juga harus memiliki kesehatan prima dengan dibuktikan surat keterangan sehat dari rumah sakit atau puskesmas setempat. Seleksi Mandiri akan dibuka hingga 4 Juli 2022 mendatang. Biaya pendaftaran sebesar Rp 300.000 yang dibayarkan melalui bank mitra, seperti Bank Mandiri, BNI, BRI, BTN, dan Bank Mega Syariah.

Pendaftaran seleksi Mandiri dilakukan secara online di laman https://www.uinjkt.ac.id/, Caranya klik admisi dan kemudian klik daftar dengan memilih SPMB UIN Jakarta serta kembali mengklik daftar, Setelah terbuka, calon peserta selanjutnya terlebih dahulu harus memilih jenjang pendidikan, dalam hal ini dengan mengklik Strata Satu atau S1.

  • Setelah itu calon peserta langsung mengisikan borang pendaftaran secara lengkap sesuai daftar kolom yang disediakan.
  • Jika semua selesai diisi, calon peserta lanjut mengunggah pas foto digital terbaru ukuran 4×6 sentimeter dengan ketentuan background berwarna merah, berpakaian resmi (bukan seragam sekolah), wajah menghadap ke depan, resolusi sekurang-kurangnya 400 x 600 pixels, dan ukuran file maksimum 200 KB dalam format JPEG (*.jpg).

Langkah berikutnya calon peserta mengklik atau mencentang warna kuning untuk mendapatkan kode bayar. Selanjutnya calon peserta membayar ke bank sesuai nominal dengan mengikuti tata cara pembayaran yang diatur oleh pihak bank. Jika pembayaran berhasil dilakukan, calon peserta akan mendapatkan nomor ID dan PIN.

  1. Ode tersebut digunakan guna login dan mengisi finalisasi pendafartaran.
  2. Setelah yakin semua data terisi dengan benar, calon peserta lanjut mencetak kartu kartu peserta atau kartu seleksi.
  3. Seleksi Mandiri akan dilakukan pada 23-28 Juli 2022 secara online melalui aplikasi Sistem Seleksi Elektronik (SSE) UM-PTKIN.

Aplikasi seleksi tersebut dapat diunduh pada 15 Juli 2022. Namun, sebelum ujian dilakukan, peserta akan terlebih dahulu mengikuti ujian simulasi atau uji coba SSE pada 20 – 21 Juli 2022. Sementara pengumuman kelulusan akan dilakukan pada 5 Agustus 2022 secara online,

Apakah di UIN wajib bisa bahasa Arab?

Bahasa Arab, Bahasa Inggris, Alquran, dan Kitab Kuning Wajib Dikuasai Mahasiswa UIN Malang | MalangTIMES.

See also:  Dari stasiun jakarta kota ke kota tua naik apa?

UIN Jakarta Urutan ke berapa?

Gedung Rektorat, BERITA UIN Online — PTKIN-BLU UIN Jakarta berhasil menempati posisi pertama ranking Webometrics 2022 untuk kategori Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) dan Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri (PTKN) di lingkungan Kementerian Agama RI.

Sedang untuk posisi perguruan tinggi nasional, UIN Jakarta menempati urutan ke-25 nasional. Informasi peringkat ini diakses BERITA UIN Online, Selasa (1/2/2022), dari situs resmi Webometrics. Lembaga pemeringkat internasional ini secara resmi memperbarui peringkat web perguruan tinggi dunia, termasuk peringkat perguruan tinggi Indonesia, per Januari 2022.

Dalam rilis resminya, lembaga pemeringkat yang berbasis di Madrid Spanyol ini mencatatkan tiga aspek penilaian UIN Jakarta. Dari aspek Impact Rank, UIN Jakarta mencatatkan skor 2473. Lalu di aspek Opennes Rank mencatatkan skor 1315. Terakhir, aspek Excellence Rank mencatatkan skor 4653.

  1. Dengan skor penilaian di berbagai aspek ini, UIN Jakarta mencatatkan ranking ke-25 di tingkat nasional.
  2. Peringkat ini sekaligus menempatkan UIN Jakarta sebagai perguruan tinggi ranking pertama dalam kategori PTKIN dan PTKN Kementerian Agama RI.
  3. Peringkat Januari ini sekaligus memperbaiki ranking UIN Jakarta pada edisi pemeringkatan Juli 2021.

Pada edisi itu, UIN Jakarta menempati posisi ke-51 nasional dan nomor urut ke-2 pada kategori PTKIN dan PTKN Kementerian Agama RI. Diketahui, Webometrics merupakan suatu perangkat sistem yang berinisiatif untuk mempromosikan dan membuka akses publikasi ilmiah, guna meningkatkan kehadiran akademik dan lembaga-lembaga penelitian di situs web.

Apakah di UIN ada fakultas hukum?

Pilihan Jurusan dan Program Studi – Kuliah di Fakultas Hukum UIN Jakarta berarti kamu bisa memilih dari 8 program studi yang tersedia, baik itu S1 maupun S2. Program S1 tersedia Hukum Keluarga (Ahwal Syakhsiyah), Hukum Ekonomi Syariah, Perbandingan Madzhab, Hukum Pidana Islam (Jinayah), Hukum Tata Negara (Siyasah) dan Ilmu Hukum.

  1. Walaupun berada di bawah UIN, gelar yang akan kamu dapatkan ketika lulus dari semua jurusan tersebut adalah S.H, layaknya lulusan dari fakultas hukum pada perguruan tinggi non Islam.
  2. Jadi, kamu tetap bisa bersaing dengan lulusan hukum lainnya di dunia kerja.
  3. Sedangkan untuk kamu yang ingin melanjutkan hingga ke jenjang S2, di sini tersedia Magister Hukum Ekonomi Syariah dan Magister Hukum Keluarga.

Kedua jenjang magister ini memiliki gelar yang berbeda. Untuk hukum ekonomi syariah gelarnya adalah M.HES sedangkan untuk hukum keluarga adalah M.H. Adapun untuk masa pendidikan, program studi S1 pada Fakultas Hukum UIN Jakarta memerlukan masa tempuh 8 semester atau 4 tahun.

Agribisnis UIN Jakarta Fakultas apa?

Gd. FST, BERITA UIN Online— Program Studi Agribisnis, Fakultas Sains dan Teknologi (FST) UIN Jakarta menggelar stadium general dengan mengusung tema Peran Penyuluh dalam pembangunan Pertanian Indonesia. Acara yang berlangsung di ruang teater Lt.2 FST tersebut digelar pada, Kamis (22/03) lalu.

Hadir sebagai nara sumber pada acara tersebut, Ketua Dewan Pembina Perhimpunan Penyuluh Pertanian Indonesia (PERHIPTANI), Ir Mulyono Machmur MS. Memulai pembicaraannya, Mulyono menyoroti tentang penyuluh pertanian yang saaat ini mendapatkan perhatian dari para petinggi negeri ini. Menko Perekonomian, Chairul Tanjung misalnya, di harian Republika (3/9/2017), menyoroti perlunya penambahan jumlah penyuluh pertanian dalam program memenuhi kebutuhan pangan nasional.

Selain itu, Ketua Komisi Penyuluhan Pertanian Nasional Prof Dr Soemarjo pada harian Kompas (3/9) menyatakan, tenaga penyuluh pertanian jumlahnya semakin menurun diperkirakan tahun 2017 tinggal setengahnya (PP PNS ± 28.000 orang) sedangkan jumlah desa di Indonesia ± 73.000 desa.

Mulyono menambahkan, permasalahan utama penyuluh pertanian di Indonesia bukan hanya jumlahnya yang kurang akan tetapi juga menyangkut kualitas penyuluh yang perlu ditingkatkan. “Rendahnya kualitas penyuluh pertanian sebagai akibat dari kurangnya pelatihan dan rendahnya mutu pendidikan para penyuluh. Hal tersebut berdampak pada proses pembelajaran bagi para petani, penyuluh kurang mendapat respon dari petani dan bahkan penyuluh sering minder berhadapan dengan petani lebih menguasai permasalahan yang dihadapi petani, dengan kondisi seperti ini sangat sulit diharapkan kemampuan penyuluh dapat berperan dalam “Revolusi Mental Petani”,” jelas Mulyono.

Lebih jauh, dirinya mengatakan bahwa revolusi mental petani bukan suatu hal yang mudah karena mental petani sudah berpuluh-puluh tahun dibina dengan situasi yang kurang mendidik. Para petani dimanjakan dengan pembinaan yang bersifat materialistik dan kurang dibina melalui pendampingan yang humanis.

  • Para petani sering diberikan bantuan-bantuan materi yang sifatnya tidak mendidik.
  • Etika petani memerlukan benih unggul oleh pemerintah dibagikan benih secara gratis, bukannya dibimbing bagaimana menghasilkan benih bermutu.
  • Begitupun ketika petani dihadapkan pada masalah kelangkaan pupuk, seharusnya dibimbing bagaimana membuat pupuk alternatif berupa kompos atau bokhasi.

Pemerintah sibuk menyediakan dana subsidi pupuk sebesar Rp 17 triliun,” tandasnya. Dalam kondisi mental sebagaimana dijelaskan sebelumnya, masih menurut Mulyono, peran pemerintah di masa-masa mendatang semakin berat. Perlu dilakukan perubahan-perubahan kebijakan secara holistik sehingga terjadi revolusi mental petani.Penyuluh pertanian mempunyai peran strategis dalam pelaksanaan revolusi mental petani.