Kapan adzan maghrib jakarta?

kapan adzan maghrib jakarta
Jadwal Buka Puasa dan Adzan Maghrib untuk Wilayah Jakarta Kamis 15 April 2021 atau 3 Ramadhan 1442 H Kamis, 15 April 2021 14:20 WIB Penulis: Adya Ninggar P Editor: Citra Agusta Putri Anastasia

Apakah jam 18.00 masih bisa sholat Ashar?

Ilustrasi Sholat. Foto: pixabay.com Ashar merupakan sholat yang dilaksanakan ketika panjang bayangan suatu benda sama dengan tingginya yang merupakan batas akhir sholat Dzuhur. Sholat Ashar wajib dilaksanakan sebelum matahari tenggelam. Sebagaimana tercantum dalam hadits yang dikutip buku Panduan Praktis dan Lengkap Menuju Kesempurnaan Salat (2016) berikut: Diriwayatkan dari Abdullah bin ‘Amr, “Dan waktu Ashar masih tetap ada selama matahari belum menguning.” (HR.

Muslim) Artinya, menguning atau hampir terbenamnya matahari merupakan batas akhir sholat Ashar yang diperbolehkan. Sebab, umat Muslim dilarang melaksanakan sholat ketika matahari hampir terbenam. Jadi, sholat Ashar masih bisa dilaksanakan pada jam 17.30, selama matahari belum hampir terbenam. Namun apabila pada jam 17.30 matahari telah hampir terbenam, sholat Ashar tidak bisa dilaksanakan atau umat Muslim harus mengqadhanya.

Ilustrasi Masjid. Foto: pixabay.com Ketentuan qadha ditetapkan berdasarkan hadits yang dikutip buku Keajaiban Shalat 5 Waktu Bersama Nabi Saw. karya Yanuar Arifin berikut. Jabir bin Abdullah Ra. mengatakan, “Umar bin Khathab pada Perang Khandaq mencaci orang-orang kafir Quraisy.

  1. Ia berkata, ‘Ya Rasulullah! Demi Allah, saya hampir tidak melakukan shalat Ashar hingga matahari terbenam.’ Maka, Rasulullah SAW menjawab, ‘Demi Allah, aku juga belum melakukan shalat Ashar.’ Lalu, kami turun ke Buthhan.
  2. Emudian, Rasulullah SAW berwudhu dan kami pun berwudhu.
  3. Lalu, Rasulullah SAW melakukan shalat Ashar setelah matahari terbenam.

Setelah itu, beliau melakukan shalat Maghrib.” (HR. Muslim) Hukum qadha hanya sah untuk umat Muslim yang mempunyai uzur atau halangan. Seorang Muslim yang dengan sengaja meninggalkan shalat tanpa adanya uzur, maka ia berdosa. Namun, waktu terbenamnya matahari dapat dicek di laman resmi BMKG, karena setiap wilayah di Indonesia berbeda-beda.

Imsak 2022 jam berapa?

Jakarta, CNBC Indonesia – Tak terasa, bulan suci Ramadan sudah memasuki hari ke 20, sejak diumumkan hari pertama puasa Ramadan 1443 Hijriyah (H) pada Minggu 3 April 2022. Kementerian Agama (Kemenag) pun telah merilis jadwal imsakiyah sebagai panduan puasa untuk seluruh wilayah di Indonesia, salah satunya untuk di DKI Jakarta.

See also:  Prasasti yang ditemukan di jakarta utara?

Batas waktu shalat Isya sampai jam berapa?

Suara.com – Waktu sholat Isya dimulai sejak berakhirnya waktu Maghrib. Muncul pertanyaan, kapan batas waktu sholat isya yang benar? Dasar penetapan waktu isya adalah ketetapan dari nash yang menyebutkan bahwa setiap waktu sholat adalah sambung menyambung, hingga masuknya waktu sholat yang berikutnya, kecuali sholat Subuh.

Di antara lima sholat fardhu, sholat Isya memang menjadi sholat yang memiliki waktu terpanjang. Bahkan, tidak sedikit orang yang menunaikan sholat Isya ini jauh dari awal waktunya. Banyak masyarakat awam yang masih bingung, kapan batas waktu sholat Isya yang paling tepat. Kapan batas waktu sholat Isya yang benar? Baca Juga: Bolehkah Makan Sebelum Sholat Idul Adha? Jangan Keliru, Ini Penjelasannya Dari Abi Qatadah bahwa Rasulullah SAW bersabda: “Tidaklah tidur itu menjadi tafrith, namun tafrith itu bagi orang yang belum sholat hingga datang waktu sholat berikutnya”, (HR Muslim).

Waktu yang muhktar (pilihan) untuk sholat Isya adalah sejak masuk waktu hingga 1/3 malam atau tengah malam. Dari Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda: “Seandainya aku tidak memberatkan umatku, aku perintahkan mereka untuk mengakhirkan (menunda) sholat Isya hingga 1/3 malam atau setengahnya.”, (HR Ahmad, Ibnu Majah dan Tirmizi).

Dari Anas bin Malik, bahwa “Rasulullah SAW menunda sholat Isya sampai dengan tengah malam, kemudian barulah beliau sholat”, (Muttafaqun Alaihi). Selain itu, Ibnu Umar juga menyebutkan bahwa Rasulullah SAW bersabda : “Waktu sholat Isya hingga tengah malam”, (HR Muslim dan Nasai). Berdasarkan keterangan di atas maka dapat ditarik kesimpulan, bahwa sholat Isya dapat dikerjakan setelah berakhirnya waktu Maghrib yaitu hilangnya mega merah.

Sedangkan batas akhir sholat Isya yaitu pada saat tengah malam atau menjelang waktu Subuh. Sebenarnya, dalam masalah akhir waktu sholat Isya memang terdapat perselisihan di antara ulama. Tentu saja, untuk menguatkan pendapat yang ada kita harus melihat dari berbagai dalil, lantas mencari manakah pendapat yang terkuat.

  1. Ini berarti, kita pun nantinya tidak hanya sekadar ikut-ikutan apa kata orang.
  2. Nah, berikut ini adalah pembahasan singkat dari kami tentang akhir waktu sholat Isya yang perlu dipahami.
  3. Baca Juga: 7 Hadits Kebersihan yang Perlu Diketahui Umat Muslim Pendapat pertama: Waktu akhir sholat Isya adalah ketika terbit fajar shodiq (masuknya sholat subuh) tanpa ada perselisihan antara Imam Abu Hanifah dan pengikut ulama dari ulama Hanafiyah.
See also:  Kota yang ada di jakarta?

Pendapat ini juga menjadi pegangan ulama Syafi’iyah, namun kurang masyhur di kalangan ulama Malikiyah. Pendapat kedua: Waktu akhir sholat Isya adalah sepertiga malam, di mana ini merupakan pendapat yang masyhur dari kalangan ulama Malikiyah. Pendapat ketiga: Waktu akhir sholat Isya adalah sepertiga malam, di mana ini adalah waktu ikhtiyari (waktu pilihan).

Sholat jam 5 sore apakah boleh?

MALANG TERKINI – Apakah jam 5 sore masih bisa sholat ashar? Apakah jam 17.30 sudah habis waktu ashar? Mari ketahui penjelasannya. Jam 5 sore hingga jam 17.30 sebenarnya masih bisa melakukan sholat ashar, asalkan matahari belum terbenam. Jadi, orang yang sibuk karena pekerjaan atau karena sedang perjalanan masih bisa dan boleh sholat ashar di jam 5 atau 17.30 sore selama matahari belum terbenam.

  1. Baca Juga: Niat dan Bacaan Sholat Jenazah, Lengkap dengan Tata Caranya Namun perlu diketahui bahwa setiap daerah memiliki waktu sholat yang berbeda meskipun berada di zona waktu yang sama.
  2. Meskipun jam 17.30 sore di Surabaya sudah mulai memasuki waktu maghrib, namun di Jakarta masih agak siang dan masih bisa sholat ashar.

Jadi, zona waktu WIB, WITA, atau WIT tidak selalu menunjukkan waktu sholat secara konsisten setiap hari dan setiap daerah. Baca Juga: Niat Sholat Qobliyah Jumat Arab, Latin dan Artinya Karena itu, standar waktu sholat adalah menggunakan standar fikih yang biasanya menggunakan jam matahari dan tanda alam.

Apakah jam setengah 6 masih bisa shalat subuh?

Bolehkah Shalat Subuh Jam 6 Pagi? – Mengutip buku Dahsyatnya Shalat Subuh, shalat fardhu harus dikerjakan di waktu yang sudah ditentukan. Dalam surat An-Nisa ayat 103, Allah berfirman: اِنَّ الصَّلٰوةَ كَانَتْ عَلَى الْمُؤْمِنِيْنَ كِتٰبًا مَّوْقُوْتًا Artinya: “Sesungguhnya salat itu merupakan kewajiban yang waktunya telah ditentukan atas orang-orang mukmin.” (Q.S.

An-Nisa: 103) Merujuk pada buku Berkah Sholat Subuh Berjamaah, waktu shalat adalah perkara yang bersifat baku (taufiqiyyah), Rasulullah SAW menyampaikan penjelasan soal waktu shalat subuh dalam hadits berikut: “Waktu shalat Subuh adalah dari terbit fajar sampai terbit matahari.” (HR. Muslim) Dalam hadits lain pun dijelaskan bahwa Rasulullah bersabda, “Siapa yang mendapatkan satu rakaat shalat Subuh sebelum matahari terbit, maka ia telah mendapati shalat Subuh.” (HR.

Bukhari) Berdasarkan hadits di atas, dapat disimpulkan bahwa waktu shalat subuh berakhir setelah terbitnya fajar atau sekitar pukul 06.05 WIB. Pengecualian bagi mereka yang benar-benar lupa atau tidak sadarkan diri karena pingsan. Namun, mereka tetap harus menyegarakan shalat subuh ketika sudah bangun.

Meski ada keringanan untuk kasus-kasus tertentu, shalat tetap jauh lebih sempurna apabila dikerjakan di awal waktu. Ada banyak keutamaan yang bisa didapat jika menunaikan shalat di awal waktu, seperti yang disabdakan Rasulullah: “Amal yang paling dicintai Allah adalah shalat tepat pada waktunya.” (HR.

Bukhari dan Muslim) Ilustrasi shalat subuh. Foto: Pexels Subuh adalah waktu yang penuh berkah. Hal tersebut tercantum dalam firman Allah yang bunyinya: وَالْفَجْرِۙ ١, وَلَيَالٍ عَشْرٍۙ ٢, وَّالشَّفْعِ وَالْوَتْرِۙ ٣, وَالَّيْلِ اِذَا يَسْرِۚ ٤, هَلْ فِيْ ذٰلِكَ قَسَمٌ لِّذِيْ حِجْرٍۗ٥ Artinya: ” Demi waktu fajar, demi malam yang sepuluh, demi yang genap dna yang ganjil, dan demi malam apabila berlalu.

  1. Apakah pada yang demikian itu terdapat sumpah (yang dapat diterima) oleh (orang) yang berakal?” (Q.S.
  2. Al-Fajr: 1-5) Allah mengagungkan waktu subuh dengan kalimat wal fajr (demi fajar atas waktu Subuh).
  3. Artinya, menjalankan perintah shalat dan amalan atau ibadah lain di waktu subuh memiliki keutamaan yang begitu besar.
See also:  Apa nama pelabuhan yang berada di jakarta?

Keajaiban waktu subuh juga digambarkan dalam Al-Quran saat Allah memusnahkan kaum Nabi Luth yang durhaka di waktu subuh. Allah berfirman: اِنَّ مَوْعِدَهُمُ الصُّبْحُ ۗ اَلَيْسَ الصُّبْحُ بِقَرِيْبٍ ” Sesungguhnya saat jatuhnya azab kepada mereka ialah pada waktu Subuh; bukankah Subuh itu sudah dekat?” (Q.S.

Adblock
detector