Kapan imsak di jakarta?

kapan imsak di jakarta
Jadwal Imsak Kabupaten Kepulauan Seribu Hari Ini – – Imsak: 04.27 – Subuh: 04.37 – Terbit: 05.50 – Duha: 06.18 – Zuhur: 11.54 – Asar: 15.15 – Magrib: 17.51 – Isya: 19.02

Demikian informasi tentang jadwal imsak Jakarta hari ini. Semoga bermanfaat! (kny/imk)

Imsak 2022 jakarta jam berapa?

KONTAN.CO.ID – Jakarta. Jadwal jam imsak puasa Ramadan hari ini, Jumat 29 April 2022 di wilayah Jakarta akan berkumandang kurang dari sejam lagi. Warga Jakarta perlu bergegas makan sahur sebelum jam imsak hari ini tiba. Puasa Ramadan 1443 H pada hari ini, Jumat 29 April 2022 memasuki hari ke-27.

Jadwal sholat dan imsak puasa Ramadan untuk wilayah DKI Jakarta hari ini, Jumat 29 April 2022 sama seperti sehari sebelumnya. Pemerintah menetapkan puasa Ramadan 1443 H dimulai pada hari Minggu, 3 April 2022. Penetapan awal puasa Ramadan berdasarkan hasil sidang isbat yang berlangsung pada Jumat 1 April 2022.

Dengan demikian, hari ini Jumat 29 April 2022 adalah hari ke-27 pelaksanaan ibadah puasa Ramadan 1443 H. Namun, ada juga umat Islam yang menjalani ibadah puasa hari ke-28 pada hari ini Jumat 29 April 2022. Hal ini mengacu pengumuman ormas keagamaan Muhammadiyah bahwa 1 Ramadan 1443 H bertepatan pada hari Sabtu 2 April 2022.

Merujuk data di website Bimas Islam Kementerian Agama, jadwal imsak wilayah DKI Jakarta untuk hari ini, Jumat 29 April 2022 adalah jam 04.26 WIB. Jadwal jam imsak hari ini sama seperti sehari sebelumnya. Sedangkan jadwal buka puasa wilayah DKI Jakarta hari ini Rabu 27 April 2022 adalah pada jam 17.51 WIB.

Jadwal buka puasa hari ini juga sama seperti sehari sebelumnya. Baca Juga: Aturan Diubah, Ini Skema Ganjil Genap di Jalan Tol selama Mudik Lebaran 2022 Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengajak umat muslim menjadikan Ramadan sebagai momentum untuk memperkuat solidaritas dan membersikan residu manusiawi.

“Ramadan adalah momen kita menata dan memperbaiki kualitas diri. Kita dibina dan dididik untuk menjadi muslim yang tunduk dan patuh terhadap perintah Allah. Kita juga dibiasakan untuk membangun solidaritas dengan sesama,” kata Menag Yaqut dilansir dari website Kementerian Agama. Menurutnya solidaritas dengan sesama ini dapat terwujud bila seseorang mampu menghilangkan kesombongan dari dirinya.

Ini merupakan bagian residu manusiawi yang perlu dibersihkan. “Adalah kesombongan ketika menganggap diri kita lah yang paling benar, sementara orang lain selalu salah. Adalah kesombongan ketika menganggap diri kita yang paling jujur, sementara orang lain pasti berlaku curang,” tutur Menag.

Gus Yaqut, begitu ia biasa disapa, berharap masyarakat dapat mengambil hikmah di bulan suci Ramadan untuk membersihkan residu manusiawi tersebut. “Satu bulan ke depan di bulan Ramadan ini, di bulan yang penuh maghfirah, di bulan yang penuh ampunan, di bulan yang penuh hikmah dan pelajaran kita akan ditempa untuk membersihkan residu-residu manusiawi seperti itu,” ujar Gus Yaqut “Kita akan lihat nanti, apakah ibadah-ibadah kita selama di bulan ramadan ini tuntas.

Apakah ibadah kita selama di bulan ramadan ini mampu memetik segala pelajaran yang diberikan langsung oleh Allah SWT kepada kita,” sambungnya. Lebih lanjut, Menag mengungkapkan ini adalah tahun ketiga umat muslim Indonesia menyambut Ramadan di tengah pandemi Covid-19.

Kapan waktu Imsak tiba?

Suara.com – Setiap umat muslim diwajibkan untuk berpuasa selama bulan Ramadhan dari terbit fajar hingga terbenamnya matahari. Sebelum berpuasa, umat muslim disunnahkan untuk makan dan minum atau sahur di malam hari. Lalu bagaimana batas waktu sahur yang benar? Masih banyak orang yang bingung dengan batas waktu sahur yang dianjurkan dalam agama Islam.

Sebenarnya sahur merupakan sunnah Nabi Muhammad SAW ketika menjalankan puasa. Hal ini sebagaimana tercantum dalam hadist riwayat Anas bin Malik. Zaid bin Tsabit berkata: “Kami makan sahur bersama Rasulullah Saw, kemudian (setelah makan sahur) kami berdiri untuk melaksanakan sholat. Aku (Anas bin Malik) berkata: “Berapa perkiraan waktu antara keduanya (antara makan sahur dengan shalat fajar)?” Zahid bin Tsabit berkata: “(seperti waktu yang dibutuhkan untuk membaca) 50 ayat”.

Meski demikian, masih banyak orang yang belum mengetahui batas waktu sahur, apakah berakhir pada waktu Imsak atau saat adzan Subuh? Simak ulasannya berikut ini. Ketua Bidang Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) Asrorun Niam memberikan kejelasan mengenai batas akhir sahur.

Menurut Asrorun, waktu Imsak digunakan sebagai upaya kehati-hatian agar tidak terlewat dalam memulai puasa. Baca Juga: Jadwal Buka Puasa Kota Pagar Alam Sumatera Selatan, Selasa 5 April 2022 Waktu Imsak pada umumnya adalah 10 menit sebelum memasuki waktu Subuh. Waktu Subuh ditandai dengan adzan Subuh yang mana fajar atau matahari mulai terbit.

Allah SWT berfirman dalam Al-Quran Surat Al-Baqarah ayat 187 yang menjelaskan batasan dimulainya puasa atau waktu sahur sebagai berikut. “Dan makan minumlah hingga terang bagimu benang putih dari benang hitam yaitu fajar”. (QS Al-Baqarah: 187). Sementara itu waktu Imsak digunakan sebagai penanda kepada umat muslim untuk segera menghentikan makan dan minum sebelum memasuki waktu subuh.

  • Batas waktu sahur yaitu saat adzan Subuh berkumandang.
  • Meski sudah masuk waktu Imsak, umat muslim masih diperbolehkan untuk makan minum.
  • Meski demikian masih muncul keraguan bagi umat muslim.
  • Dikutip dari hadist riwayat Abu Daud menjelaskan bahwa melanjutkan makan ketika mendengar suara adzan masih diperbolehkan.
See also:  Ppkm mikro jakarta sampai kapan?

Dari Abu Hurairah, Rasulullah Saw bersabda: “Jika salah seorang di antara kalian mendengar adzan sedangkan sendok terakhir masih ada di tangannya, maka janganlah dia meletakkan sendok tersebut hingga dia menunaikan hajatnya hingga selesai.” (HR. Abu Daud).

Apa itu Imsak menurut Islam?

A. Pengertian Imsak – Imsak merupakan waktu dimana dianggap sebagai salah satu penanda bahwa waktu puasa sudah dimulai. Imsak sendiri hanya ada di bulan Ramadhan saja. Oleh karena itu, imsak digunakan sebagai pengingat bahwa waktu sahur telah berakhir. Jika mengutip dari hadist-hadist ataupun ajaran Islam lainnya, maka sesungguhnya masih ada banyak orang yang salah dalam memahami imsak.

  • Sebab, imsak dianggap sebagai penanda dimulainya waktu puasa.
  • Pada kenyataannya, imsak tidak ada di dalam ajaran Islam.
  • Sehingga hal itu hanyalah sebuah istilah yang digunakan untuk membantu kita untuk mengingat bahwa seseorang masih bisa makan untuk beberapa menit lagi sebelum waktu Subuh tiba.
  • Jadi, sebagian besar jadwal imsakiyah yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia memuat selisih waktu imsak dan subuh sekitar 5 hingga 10 menit.

Hal itu sangatlah wajar karena bergantung dengan wilayah dan juga ulama. Adapun ketentuan yang menyatakan bahwa umat muslim masih diizinkan untuk makan atau minum sahur saat imsak yaitu ada di beberapa dalil. Salah satu dalil yang membahas mengenai hal tersebut yaitu: “Jika salah satu dari kamu mendengar adzan, sedangkan ia masih memegang piring (makanan) maka janganlah ia meletakkannya hingga ia menyelesaikan makannya,” HR.

  • Imam Ahmad, Abu Dawud, Hakim dan telah dishahihkan oleh Adz Dzahabi.
  • Selain itu, Imam Al-Mawardi juga menurutkan di dalam kitab Iqna’-nya, yaitu: وزمان الصّيام من طُلُوع الْفجْر الثَّانِي إِلَى غرُوب الشَّمْس لَكِن عَلَيْهِ تَقْدِيم الامساك يَسِيرا قبل طُلُوع الْفجْر وَتَأْخِير (الْفطر) يَسِيرا بعد غرُوب الشَّمْس ليصير مُسْتَوْفيا لامساكمَا بَينهمَا “Waktu berpuasa adalah dari terbitnya fajar kedua sampai tenggelamnya matahari.

Akan tetapi (akan lebih baik bila) orang yang berpuasa melakukan imsak (menghentikan makan dan minum) sedikit lebih awal sebelum terbitnya fajar dan menunda berbuka sejenak setelah tenggelamnya matahari agar ia menyempurnakan imsak (menahan diri dari yang membatalkan puasa) di antara keduanya.” (lihat Ali bin Muhammad Al-Mawardi, Al-Iqnaa’ hal.74).

Tanggal 12 April ramadhan ke berapa?

Hari ini, Selasa ( 12 /4/2022), adalah hari kesepuluh ibadah puasa pada bulan Ramadhan 1443 Hijriah.

Tanggal 22 April puasa ke berapa?

KOMPAS.com- Hari ini, Jumat ( 22 /4/2022), umat Islam memasuki ibadah puasa hari ke-10 Ramadhan 1443 Hijriah.

Hari ini 25 April ramadhan ke berapa?

Hari ini, Senin ( 25 /4), umat Islam memasuki hari ke-23 bulan Ramadan 1443 Hijriah.

Buka Puasa Hari Ini Jakarta 2022 jam berapa?

KONTAN.CO.ID – Jakarta. Segera santap sahur untuk warga DKI Jakarta. Jadwal jam imsak puasa Ramadan hari ini, Kamis 28 April 2022 di wilayah Jakarta lebih cepat semenit dari biasanya. Puasa Ramadan 1443 H pada hari ini, Kamis 28 April 2022 memasuki hari ke-26.

  • Jadwal sholat dan imsak puasa Ramadan untuk wilayah DKI Jakarta hari ini, Kamis 28 April 2022 tak lebih cepat semenit dibandingkan sehari sebelumnya.
  • Pemerintah menetapkan puasa Ramadan 1443 H dimulai pada hari Minggu, 3 April 2022.
  • Penetapan awal puasa Ramadan berdasarkan hasil sidang isbat yang berlangsung pada Jumat 1 April 2022.

Dengan demikian, hari ini Kamis 28 April 2022 adalah hari ke-26 pelaksanaan ibadah puasa Ramadan 1443 H. Namun, ada juga umat Islam yang menjalani ibadah puasa hari ke-27 pada hari ini Kamis 28 April 2022. Hal ini mengacu pengumuman ormas keagamaan Muhammadiyah bahwa 1 Ramadan 1443 H bertepatan pada hari Sabtu 2 April 2022.

Merujuk data di website Bimas Islam Kementerian Agama, jadwal imsak wilayah DKI Jakarta untuk hari ini, Kamis 28 April 2022 adalah jam 04.26 WIB. Jadwal jam imsak hari ini lebih cepat semenit dibandingkan sehari sebelumnya. Sedangkan jadwal buka puasa wilayah DKI Jakarta hari ini Rabu 27 April 2022 adalah pada jam 17.51 WIB.

Jadwal buka puasa hari ini juga sama seperti sehari sebelumnya. Baca Juga: Cara Daftar Vaksin Booster Kimia Farma 2022, Cek Tanggal dan Persyaratannya Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengajak umat muslim menjadikan Ramadan sebagai momentum untuk memperkuat solidaritas dan membersikan residu manusiawi.

  • Ramadan adalah momen kita menata dan memperbaiki kualitas diri.
  • Ita dibina dan dididik untuk menjadi muslim yang tunduk dan patuh terhadap perintah Allah.
  • Ita juga dibiasakan untuk membangun solidaritas dengan sesama,” kata Menag Yaqut dilansir dari website Kementerian Agama.
  • Menurutnya solidaritas dengan sesama ini dapat terwujud bila seseorang mampu menghilangkan kesombongan dari dirinya.
See also:  Banyaknya susunan kata yang dapat dibentuk dari kata jakarta adalah?

Ini merupakan bagian residu manusiawi yang perlu dibersihkan. “Adalah kesombongan ketika menganggap diri kita lah yang paling benar, sementara orang lain selalu salah. Adalah kesombongan ketika menganggap diri kita yang paling jujur, sementara orang lain pasti berlaku curang,” tutur Menag.

Gus Yaqut, begitu ia biasa disapa, berharap masyarakat dapat mengambil hikmah di bulan suci Ramadan untuk membersihkan residu manusiawi tersebut. “Satu bulan ke depan di bulan Ramadan ini, di bulan yang penuh maghfirah, di bulan yang penuh ampunan, di bulan yang penuh hikmah dan pelajaran kita akan ditempa untuk membersihkan residu-residu manusiawi seperti itu,” ujar Gus Yaqut “Kita akan lihat nanti, apakah ibadah-ibadah kita selama di bulan ramadan ini tuntas.

Apakah ibadah kita selama di bulan ramadan ini mampu memetik segala pelajaran yang diberikan langsung oleh Allah SWT kepada kita,” sambungnya. Lebih lanjut, Menag mengungkapkan ini adalah tahun ketiga umat muslim Indonesia menyambut Ramadan di tengah pandemi Covid-19.

Apakah imsak batas waktu sahur?

Penjelasan MUI soal batas waktu makan sahur – Ketua Bidang Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) Asrorun Niam memberikan penjelasan mengenai batas akhir makan sahur. Menurutnya, waktu imsak yang kerap digunakan di Indonesia adalah upaya kehati-hatian agar tidak terlewat dalam memulai puasa.

Untuk antisipasi agar kita tidak terlewat, masih makan ketika Subuh, maka kita sudah mulai meninggalkan larangan puasa di waktu imsak,” kata Niam saat dihubungi Kompas.com, Minggu (3/4/2022). Baca juga: Hukum Ngupil dan Mengorek Telinga Saat Bulan Ramadhan, Batalkan Puasa atau Tidak? Umumnya, waktu imsak berlangsung 10 menit sebelum masuk waktu Subuh.

Ia menjelaskan, waktu puasa adalah mulai terbitnya fajar hingga tenggelamnya matahari. Dengan demikian, batas waktu makan sahur adalah saat memasuki waktu Subuh yang ditandai dengan azan. Baca juga: Profesi yang Diperbolehkan Tidak Berpuasa Ramadhan, Siapa Saja Mereka?

Apakah boleh minum saat adzan?

JAKARTA, celebrities.id – Tak lengkap rasanya menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan, namun tidak melaksanakan santap sahur. Beberapa dari kita mungkin terlambat untuk bangun sahur karena ketiduran. Lalu bolehkah makan dan minum saat adzan subuh sudah berkumandang? Apakah puasanya sah atau tidak? Menjawab pertanyaan tersebut, Buya Yahya menjelaskan bahwasanya apabila terdengar suara adzan subuh, namun masih dilanjutkan dengan makan dan minum, maka puasanya termasuk tidak sah.

Sebab, kata Buya, apabila adzan subuh sudah berkumandang itu artinya sudah tidak diperbolehkan lagi untuk makan maupun minum. “Karena Anda mendengar adzan masih minum maka puasa Anda tidak sah. Sebab, kapan Anda tahu adzan subuh tiba gak boleh makan dan minum lagi,” ucap Buya Yahya dalam video yang diunggah di kanal YouTube pribadinya, Senin (25/4/2022).

Meskipun dianggap tidak sah, kata Buya Yahya, wajib hukumnya menahan untuk tidak makan maupun minum layaknya orang yang sedang berpuasa. Hal ini sebagai bentuk penghormatan terhadap bulan Ramadhan.

Apakah boleh sahur jam 1 malam?

LiputanKendalTerkini.com – Bolehkah makan sahur jam 1 malam merupakan perkara yang dapat terjawab dengan adanya penjelasan dari penceramah asal Cirebon Buya Yahya, Penceramah Yahya Zainul Ma’arif atau dikenal Buya Yahya terangkan batas-batas waktu sahur seperti ini yang dapat menjelaskan bolehkah makan sahur jam 1 malam.

  • Selain terangkan hal yang dapat memaparkan bolehkah makan sahur jam 1 malam, Buya Yahya juga terangkan hukum makan sahur,
  • Sebagaimana dilansir dari Kanal YouTube Al-Bahjah TV berdasarkan video pada 14 April 2022, Buya Yahya batas mulai dan batas akhir makan sahur,
  • Baca Juga: Makan Sahur Sebelum Berpuasa Termasuk Amalan dengan Hukum Seperti Ini, Ungkap Buya Yahya Sahur ternyata dapat dimulai dari sejak adzan Maghrib, waktu boleh makan dan berakhir hingga masuk waktu Subuh,

“Sahur itu waktunya terbentang mulai dari adzan Maghrib, boleh makan maksudnya, sampai masuk waktu Subuh,” terang Buya Yahya, Batas waktu sahur adalah sebelum Subuh tiba dan tolok ukurnya bukanlah adzan Subuh, Ada atau tidak ada adzan Subuh selama sudah masuk waktu Subuh maka berakhirlah waktu sahur,

Apakah jam 5 pagi masih bisa sahur?

‘Silakan Anda makan dan minum, batasnya adalah saat fajar,’ ujar Ustadz Adi Hidayat dikutip dari Youtube Sirathal Mustaqim.

See also:  Apa penyebab banjir di jakarta?

Apakah waktu imsak masih boleh makan dan minum?

Lumajang, NU Online Jatim KH Ahmad Qusyairi, Wakil Rais Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Lumajang menjelaskan bahwa ketika waktu imsak masuk hal itu belum masuk waktu puasa, maka masih diperbolehkan melakukan hal seperti makan dan minum. Meskipun begitu, menurut Kiai Qusyairi, seseorang haruslah tetap memperhatikan waktu yang ada dengan sungguh-sungguh. Tidak boleh sembrono, jangan hanya mengandalkan siaran imsak yang biasa disiarkan di masjid atau mushala. “Jadi lihat jadwal imsakiyah, jamnya dicocokkan, artinya dia harus berijtihad di situ. Maka, Kiai Qusyairi menyayangkan jika hal itu masih dipermasalahkan suatu golongan dengan mengatakan hal itu tidak diajarkan pada zaman Rasulullah. “Ini inisiatif Ulama kita sebagai solusi kepada umat, jangan hanya bisanya membid’ah-bid’ahkan saja,” tandasnya.

Apakah waktu imsak sampai adzan subuh?

kapan imsak di jakarta Jadwal Imsakiyah 1434H. ©2013 Play.google.com Merdeka.com – Waktu imsak menjadi sesuatu yang penting diketahui terutama di bulan Ramadhan. Jadwal imsakiyah ini sangat diperlukan untuk mengenali awal masuknya waktu subuh ketika sedang melaksanakan sahur. Namun dalam masyarakat pada umumnya, terdapat perbedaan dalam mengartikan waktu imsak ini. Sebagian masyarakat menilai bahwa waktu dimulainya berpuasa adalah di saat waktu fajar kedua (fajar shodiq) atau ketika adzan subuh tiba. Sebagiannya lagi berpandangan bahwa waktu imsak merupakan waktu pertanda bahwa waktu sahur telah habis dan pada saat itu pula mereka mulai berpuasa.

Apakah jam 5 pagi masih bisa sahur?

‘Silakan Anda makan dan minum, batasnya adalah saat fajar,’ ujar Ustadz Adi Hidayat dikutip dari Youtube Sirathal Mustaqim.

Apakah boleh sahur sebelum jam 3?

PORTAL PURWOKERTO – Bagaimana hukum sahur jam 1 malam ? Ustadz Adi Hidayat menjelaskan waktu sahur yang paling tepat dan bagaimana manfaatnya untuk tubuh. Menurut Ustadz Adi Hidayat, waktu sahar itu 20-30 menit menjelang fajar atau menjelang subuh. “Kalau sekarang subuh 4.36 maka waktu sahar ini adalah jam 4.06.

Semua aktivitas yang dikerjakan pada waktu sahar ini disebut dengan sahur. Jadi baik itu makan, minum semua aktivitas itu disebut dengan sahur,” ujar Ustadz Adi Hidayat, Lebih lanjut ia mengatakan jika makan sahur dianjurkan di waktu yang sah. Baca Juga: Jawaban Bolehkah Sahur Jam 5 Pagi dari Buya Yahya, Perhatikan Hal Ini Jika Ingin Puasa Anda Sah “Makanlah kalian di waktu sah.

Jadi waktu yang sah yang dimaksud ini adalah waktu sahar. Jadi kalau jam 3, setengah 3 itu belum sahur. Sama kalau sahur jam 10 jam 11 malam itu belum juga masuk waktu sahur,” kata dia dikutip dari Youtube Generasi Hijrah. Menurut Ustadz Adi Hidayat waktu sahur yang tepat juga akan memberikan dampak kekuatan pada tubuh dan sejumlah manfaat.

Apakah masih boleh minum saat imsak?

HARIAN HALUAN – Sebelum menjalankan ibadah puasa, umat muslim dianjurkan makan sahur terlebih dahulu. Hal ini sesuai dengan sunah dan kebiasaan Nabi Muhammad SAW. Lalu masih bolehkah makan dan minum jika waktu imsak tiba? Ustadz Abdul Somad (UAS) dalam tayangan Youtube Lentera Iman Official, Selasa (20/4/2021) membahas tentang hal tersebut.

Imsak itu sendiri merupakan penanda 10 menit sebelum dimulai Puasa Ramadan atau 10 menit sebelum adzan salat Subuh. “Dua kali saya puasa di Maroko tak ada imsak. Kami makan aja terus. Makan, makan, makan. Pas sedang makan, Allahu akbar Allahu Akbar (azan subuh),” ujar UAS. Baca Juga: Masih Bolehkah Sahur jika Telat Bangun dan Azan Subuh Sudah Berkumandang? Ustadz Adi Hidayat Beri Penjelasan “Macam mana ini? Kalau ditelan, batal.

Kalau dimuntahkan, sayang. Mantap!” lanjutnya. Itu artinya, imsak bukan penanda tidak boleh makan dan minum. Apabila sudah memasuki waktu imsak, UAS menganjurkan agar membersihkan mulut dan gigi, kemudian membaca ayat Alquran. “Jadi nanti waktu azan mulut sudah bersih,” tegasnya.

Kapan jadwal puasa 2022?

Jadwal Puasa Ramadan 2022 – Kewajiban puasa Ramadan termaktub dalam Al-Qur’an surat Al Baqarah ayat 183. Allah SWT berfirman: يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِيْنَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُوْنَۙ – ١٨٣ Artinya: “Wahai orang-orang yang beriman! Diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.” Berdasarkan hasil sidang isbat yang digelar Kementerian Agama (Kemenag) pada Jumat (1/4/2022) lalu, jadwal puasa Ramadan 2022 ditetapkan dimulai pada Minggu, 3 April 2022. Puasa Ramadan 2022 ini akan berlangsung selama satu bulan dan berakhir saat masuk waktu Syawal. Adapun, pemerintah akan menggelar sidang isbat untuk menentukan 1 Syawal 1443 H pada 1 Mei 2022 mendatang. Sementara itu, Muhammadiyah telah resmi menetapkan 1 Syawal 1443 H atau Idul Fitri jatuh pada hari Senin, 2 Mei 2022. Jadwal Puasa Syawal 2022>>>

Adblock
detector