Kapan jakarta international stadium selesai?

kapan jakarta international stadium selesai
Kontraktor – Stadion ini dikerjakan oleh BUMD yakni PT. Jakarta Propertindo dengan estimasi pembangunan 2,5 tahun yang diharapkan selesai pada akhir 2021, dimana pembangunannya akan dimulai 2-3 minggu setelah kick-off atau sekitar bulan April 2019. Adapun biaya pembangunan sebesar 5 triliun dengan pembiayaan tahun 2019 dianggarkan sebesar 900 miliyar rupiah sisanya menggunakan dana pemulihan pembangunan nasional.

Kapan Jakarta International Stadium rampung?

Liputan6.com, Jakarta – BUMD DKI Jakarta, PT Jakarta Propertindo (Jakpro) menargetkan pembangunan Jakarta International Stadium (JIS) rampung dan siap dibuka pada April 2022. Saat ini, konstruksi telah mencapai 98 persen.

Kapan jadi stadion JIS?

JIS memang belum dibuka secara resmi. PT Jakarta Propertindo (Jakpro), selaku pemegang proyek JIS, memundurkan Grand Launching JIS dari 25 Juni 2022 ke Juli 2022.

Jakarta International Stadium milik siapa?

Ilustrasi. Pembangunan JIS melalui kepemimpinan empat gubernur sebelum diperkenalkan kepada publik pada April 2022. (Foto: AFP/ADEK BERRY) Jakarta, CNN Indonesia – Jakarta International Stadium ( JIS ) memiliki sejarah panjang sebelum diresmikan kepada publik pada April 2022.

  1. Pembangunan stadion di Tanjung Priok, Jakarta Utara, ini melewati empat kepemimpinan Gubernur DKI Jakarta,
  2. Berdasarkan catatan, empat Gubernur DKI Jakarta memiliki peran masing-masing dalam pembangunan JIS.
  3. Proyek ini bermula pada 2008 saat Jakarta dipimpin Fauzi Bowo (Foke).
  4. Lahan yang kini menjadi JIS dulunya merupakan kawasan Taman Bersih Manusia Wibawa (BMW) dengan luas total 66,6 hektare.

Kawasan itu merupakan aset Pemerintah Provinsi DKI Jakarta yang berasal dari utang penyediaan lahan fasilitas sosial dan fasilitas umum tujuh perusahaan swasta. Pemprov DKI pun menggusur bangunan-bangunan liar di kawasan tersebut pada 24 Agustus 2008.

  1. Selanjutnya, Pemprov DKI berencana membangun stadion bertaraf internasional di Taman BMW itu.
  2. Namun, rencana itu terhambat karena sengketa lahan.
  3. Rencana pembangunan stadion itu pun menguap.
  4. Emudian, di era kepemimpinan Joko Widodo (Jokowi), rencana pembangunan stadion itu kembali terdengar.
  5. Apalagi, saat itu Pemprov DKI Jakarta menggusur Stadion Lebak Bulus dan mengubahnya menjadi depo mass rapid transit (MRT) fase 1 Lebak Bulus-Bundaran Hotel Indonesia.

Pemprov DKI pun mencari lahan untuk membangun stadion pengganti Lebak bulus. Kala itu, Taman BMW menjadi salah satu alternatif pengganti Stadion Lebak Bulus. Pada 28 Mei 2014, Jokowi yang saat itu masih menjadi orang nomor satu di Jakarta merencanakan pembangunan stadion internasional tersebut.

Saat itu, Jokowi menegaskan pembangunan harus segera dimulai. “Karena ini kalau tidak segera dikerjakan, tidak segera dimulai, dan kita tidak berani memutuskan ya stadion ini tidak akan mulai-mulai terus karena masih menunggu, menunggu. Menurut saya tidak seperti itu,” kata Jokowi. Jokowi mengklaim Pemprov DKI sudah mengurus bukti kepemilikan tanah dan mengajukan gugatan sengketa lahan.

Saat perencanaan itu, Jokowi juga menunjukkan dua sertifikat yang menandakan bahwa lahan di Taman BMW merupakan milik Pemprov DKI. Namun, pembangunan stadion bertaraf internasional tersebut tak kunjung terealisasi. Kemudian, pada 2017, Djarot Saiful Hidayat yang saat itu memimpin DKI Jakarta kembali merencanakan pembangunan stadion di Taman BMW.

Apakah Jakarta International Stadium milik Persija?

KOMPAS.com – DKI Jakarta kini punya stadion bertaraf internasional selain Stadion Gelora Bung Karno (GBK). Stadion tersebut bernama Jakarta International Stadium (JIS). Stadion tersebut baru saja diresmikan di bulan April 2022 lalu. Stadion ini dianggap menjadi pengganti Stadion Lebak Bulus yang merupakan kandang Persija.

Namun jangan keliru menganggap JIS sebagai milik Persija. Dalam sejarahnya, JIS berdiri di atas lahan yang dulunya merupakan kawasan Taman Bersih Manusia Wibawa (BMW). Taman seluas 66,6 hektare merupakan aset Pemerintah Provinsi DKI Jakarta yang kemudian diperuntukan sebagai rencana pembangunan stadion bertaraf internasional.

Hal itu turut dijelaskan dalam Peraturan Gubernur Nomor 14 Tahun 2019. Dalam Pasal 3 berbunyi “Pemerintah Daerah mengembangkan Kawasan Olahraga Terpadu pada lahan pengganti stadion lebak bulus seluas 265.335,99 m2 (dua ratus enam puluh lima ribu tiga ratus tiga puluh lima koma sembilan sembilan meter persegi) di Jalan RE Martadinata/Sunter Permai Kelurahan Papanggo, Kecamatan Tanjung Priok, Kota Administrasi Jakarta Utara”.

  • Baca juga: Wagub DKI Tegaskan JIS Dibangun untuk Kegiatan Olahraga Pembangunannya sendiri dilakukan oleh PT Jakarta Propertindo (Jakpro) yang merupakan salah satu BUMD Pemprov DKI Jakarta.
  • Pemprov DKI Jakarta menugaskan PT Jakarta Propertindo (Jakpro) untuk memimpin pembangunan sekaligus pengelolaannya.

Stadion BMW dibangun selama tiga tahun, yakni mulai tahun 2019 hingga 2021. Anggarannya berasal dari penyertaan modal daerah (PMD) Pemprov DKI Jakarta kepada PT Jakpro. PMD yang dikucurkan untuk membangun Stadion JIS yakni Rp 900 miliar pada tahun 2019.

Kemudian Rp 1,182 triliun di tahun 2020 dan Rp 2,464 triliun di tahun 2021 yang dananya berasal dari pinjaman (Pemulihan Ekonomi Nasional). Total semuanya Rp 4,546 triliun dengan skema PMD multiyears atau tahun jamak. Sehingga bisa dipastikan Stadion JIS dimiliki oleh Pemprov DKI dan dikelola oleh PT Jakpro.

Stadion JIS sendiri diperuntukkan bagi siapapun yang ingin berlatih. Tak hanya Persija, Timnas Indonesia di bawah PSSI juga akan menggunakannya. Kerjasama antara PSSI bersama PT Jakarta Propertindo (JakPro) sendiri telah tertuang dalam perjanjian kerja sama yang dibuat pada Rabu, 18 Agustus 2021 lalu terkait penggunaan JIS.

  • Mengutip dari postingan akun instagram @jakintstadium, JIS adalah salah satu stadion bola terbesar yang ada di Indonesia dengan kapasitas mencapai 82.000 penonton JIS sendiri punyai keunikan yaitu memiliki trek joging atau sky view deck.
  • Biasanya kalau di stadion bola lainnya trek joging ada di sebelah persis dengan lapangan tapi di JIS joging trek ada di paling atas.

Panjang trek jogingnya sekitar 800 meter dengan jarak lebar trek 3,5 meter dan tinggi dari atas tanah mencapai sekitar 72 meter. Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join.

See also:  Tuliskan tiga tempat wisata sejarah yang ada di jakarta?

Apakah stadion JIS sudah selesai?

Suara.com – Pembangunan Jakarta International Stadium sudah selesai 99 persen lebih hingga pekan ke-144. Hal itu dipastikan Manajer Proyek Jakarta International Stadium ( JIS ), Arry Wibowo. Pembangunan masih terus berproses, khususnya pada tahap memperapih akses dan area lanskap, hingga proses penyempurnaan lainnya pada daftar pekerjaan yang ada (final checklist).

  1. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berencana melaksanakan peresmian (grand launching) stadion tersebut pada Juni 2022.
  2. Sekarang sudah pekan ke-144, ‘progres’ 99,58 persen,” kata Arry saat dikonfirmasi wartawan di Jakarta Utara, Senin.
  3. Baca Juga: Prakiraan Cuaca Jakarta 14 Juni 2022: Cuaca Jakarta Barat, Jakarta Selatan, dan Jakarta Timur Kurang Bersahabat Tanggal pastinya hingga kini belum diungkapkan pihak terkait.

Namun berdasarkan informasi yang dihimpun ANTARA, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta berencana menutup Hajatan ke-495 dengan upacara penutupan (closing ceremony) bersamaan dengan peresmian JIS pada 25 Juni 2022. Sejumlah penyanyi ternama di Indonesia direncanakan hadir untuk turut menyemarakkan acara tersebut.

  • Mengenai acara Puncak HUT DKI Ke-495 di JIS tersebut akan diinformasikan lebih lanjut oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.
  • Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pada 19 April lalu memastikan bahwa Persija akan bermain di JIS dan legenda “Macan Kemayoran” Persija Jakarta Bambang Pamungkas (Bepe) yang menjadi penendang awal.

Baca Juga: Prakiraan Cuaca Jakarta Selasa 14 Juni: Siang Sebagian Besar Wilayah DKI Hujan “Nanti ketika peresmian JIS dilakukan, kami akan mengundang Persija untuk main dan ‘kick off’-nya nanti oleh Bepe,” kata Anies kepada wartawan di JIS, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Selasa (19/4) malam.

Berapa biaya stadion JIS?

Jakarta – Jakarta International Stadium (JIS) menjadi buah bibir belakangan ini. Musababnya, adalah karena JIS dinilai PSSI tak layak untuk laga FIFA Matchday Timnas Indonesia VS Curacao pada 27 September nanti. Menarik untuk menyimak, berapa biaya pembangunan JIS yang jadi stadion kebanggaan warga Jakarta ini? Dari catatan detikcom, JIS dicanangkan pembangunannya sejak zaman Gubernur Fauzi Bowo.

Proyek kemudian maju mundur di era Gubernur Joko Widodo dan Gubernur Basuki T Purnama. Proyek kemudian dilanjutkan pada 2019 oleh Gubernur Anies Baswedan yang kemudian diresmikan pada Juli 2022. Pembangunan stadion JIS dilaporkan menelan biaya hingga Rp 5 triliun. JIS berkapasitas 82.000 penonton dan bertipe stadion sepakbola modern.

Stadion ini tak akan memiliki lintasan atletik. Stadion yang terletak di bilangan Jakarta Utara ini bakal memiliki tribun tiga tingkat yaitu lower tribun, middle tribun dan upper tribun. PT Jakarta Propertindo (JakPro) mengungkap biaya perawatan dan operasional Jakarta International Stadium (JIS) mencapai Rp 60 miliar per tahun.

Direktur Utama PT JakPro Widi Amanasto menjelaskan rincian kebutuhan pemeliharaan operasional JIS tersebut. “Per tahunnya sekitar Rp 50-an (miliar), Rp 60-50 (miliar) itu adalah biaya seperti pemeliharaan, operasional house keeping, security, mechanical, electrical,” kata Widi dalam rapat dengan Komisi E DPRD DKI Jakarta, Selasa (28/6).

Simak video ‘Heboh PSSI Sebut JIS Tak Layak, Jakpro Ungkap 10 Poin Standar FIFA’: (zlf/zlf)

Kenapa JIS tidak dipakai Persija?

kapan jakarta international stadium selesai MOCHAMAD HARY PRASETYA/BOLASPORTCOM Pagar Stadion JIS roboh sebelum laga Persija Jakarta kontra Chonburi FC digelar BOLASPORT.COM – Jakarta International Stadium ( JIS ) dipastikan belum bisa dipakai oleh Persija Jakarta sebagai markas di Liga 1 2022-2023 ini.

  • PT Liga Indonesia Baru (LIB) memang belum meloloskan stadion termegah di Indonesia itu untuk digunakan di Liga 1 musim ini.
  • Hal ini karena Jakarta International Stadium ( JIS ) memang dinilai belum memenuhi syarat verifikasi.
  • PT LIB bahkan menilai JIS masih memerlukan beberapa hal untuk diperbaiki demi bisa dipakai buat kompetisi selevel Liga 1,

Baca Juga: Jadwal Pekan Kedua Liga 1 2022/2023 – Persib vs Madura United, Arema FC vs PSIS, Persija vs, LIB sebelumnya memang telah memeriksa langsung JIS, tetapi ada catatan yakni terkait alur keluar dari stadion ataupun masuknya ke stadion itu sendiri.

Penyelenggara kompetisi ini memang memeriksa secara rinci terkait stadion karena PT LIB tak ingin kejadian buruk seperti di Stadion Gelora Bandung Lautan Api terulang lagi. Seperti diketahui, saat Piala Presiden 2022 berlangsung pendukung Persib Bandung membludak saat hendak masuk ke stadion hingga adanya korban.

Belajar dari kejadian itu, PT LIB lebih hati-hati lagi, sehingga beberapa venue pun masih memiliki beberapa catatan untuk diperbaiki.

Apakah Persija tidak punya stadion?

Stadion Gelora Bung Karno – Persija diketahui pindah ke Stadion Utama Gelora Bung Karno. SUGBK sendiri punya kenangan manis bagi Persija di tahun 2001 maupun 2018. Karena di stadion itu Persija memastikan gelar juara. Terutama di 2018 beberapa kali Persija menggunakan SUGBK, mereka sulit dihentikan.

Apa stadion Terbesar di Dunia?

Jakarta – Camp Nou adalah stadion sepakbola terbesar di Eropa dengan kapasitas nyaris 100 ribu kursi. Bakal seperti apa jika ada stadion dengan 1 juta kursi? Kapasitas resmi Camp Nou, markasnya Barcelona, disebut GiveMeSport berada pada angka 99.364. Jumlah itu adalah yang paling besar buat sebuah laga sepakbola di Eropa.

  1. Masih lebih unggul ketimbang Stadion Wembley (91 ribu kursi).
  2. Predikat stadion terbesar dunia, untuk beragam ajang olahraga, saat ini dimiliki oleh Rungrado 1st of May Stadium di Pyongyang, Korea Utara.
  3. OperaNews menyebut kapasitasnya ada di angka 114 ribu.
  4. Lantas, bagaimana jika ada sebuah stadion dengan kapasitas 1 juta kursi? Menurut ESPN, hal itulah yang diproyeksikan seorang seniman Amerika Serikat, Paul Pfeiffer – paling tidak lewat sebuah konsep pemodelan.

Model stadion berkapasitas 1 juta kursi yang dibuat Paul Pfeiffer ini sejatinya bukanlah hal yang benar-benar baru. Media Spanyol Marca juga sudah pernah melaporkannya pada tahun 2020. Namun, penampakan stadion dengan kapasitas 1 juta kursi ini tetap bikin terkesima, apalagi jika membayangkan ada di deretan kursi bagian-bagian atas! Nah, kalau stadionnya saja berkapasitas 1 juta kursi, kira-kira lokasi parkir stadion bakal menampung seberapa banyak kendaraan dan akan seluas apa ya? (krs/aff)

See also:  Dokter tht yang bagus di jakarta utara?

Apa beda JIS dan GBK?

LAROS MEDIA – Jakarta International Stadium ( JIS ) dan Gelora Bung Karno ( GBK ) merupakan stadion yang terkenal dan berdiri dengan kokoh di Indonesia. GBK merupakan stadion kebanggan Indonesia yang telah menjadi saksi bagi pergelaran acara-acara penting.

  • Sementara itu, JIS merupakan stadion yang berstandar FIFA yang baru saja dibangun dan diresmikan oleh Gubernur DKI Jakarta yaitu Anies Baswedan.
  • Baca Juga: Benarkah Ada Ruang Gelap dibalik Kemewahan JIS? Simak Kisah Pilu yang diungkap Oleh Warga DKI Jakarta Baik JIS maupun GBK, kedua stadion tersebut sama-sama penting kedudukannya di hati masyarakat Indonesia, namun antara JIS dan GBK siapakah yang lebih hebat dan unggul ? Berikut ini merupakan 5 perbedaan antara JIS dan GBK yang dilansir oleh Laros Media dari channel YouTube GoodStadium Official.

– Tinggi Stadion JIS lebih tinggi dari GBK, dimana hal tersebut terlihat dari potongan kedua stadion tersebut. Baca Juga: Tribun Pembatas JIS Jebol Saat Grand Launching: Karena Penonton Atau Kualitasnya yang Buruk?

Berapa sewa JIS?

Harga Sewa JIS – JIS Stadion yang terletak di bilangan Jakarta Utara berkapasitas 82.000 penonton dan bertipe stadion sepakbola modern. Dan memiliki memiliki tribun tiga tingkat yaitu lower, middle, dan upper. Tak tanggung, untuk menyewa satu stadion seluas 221 ribu meter persegi ini ditaksir hingga miliar rupiah.

  • Dalam sebuah pernyataan menyebutkan bahwa untuk menyewa stadion ini harus merogoh kocek hingga Rp1 miliar.
  • Namun JIS juga memiliki dua lapangan latihan berstandar internasional yang dapat disewa oleh publik.
  • Harga sewa JIS untuk lapangannya berkisar mulai dari Rp2 juta – hingga Rp6,2 juta.
  • Tingginya harga sewa JIS yang ditawarkan itu bukan tanpa alasan.

Pasalnya stadion yang dibangun dengan standar internasional ini memiliki biaya perawatan dan operasional per tahun mencapai kisaran Rp50 hingga Rp60 miliar. Bahkan biaya pembangunan untuk JIS sendiri telah menghabiskan biaya yang sangat besar yaitu sebesar Rp4,5 triliun.

Dari mana dana JIS?

www.minews.id, Selasa, 14 Desember 2021 Pembangunan Jakarta International Stadium (JIS) ternyata bukan dari uang pajak rakyat, melainkan dana Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN). Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan sebelumnya mengaku dana PEN dari pemerintah pusat itu melalui PT Sarana Multi Infrastruktur untuk membiayai enam proyek termasuk Taman Ismail Marzuki (TIM) dan Jakarta Internasional Stadium (JIS).

Dana PEN yang telah cair sebesar Rp3,26 triliun dari BUMN di tahun lalu tersebut juga untuk meningkatkan infrastruktur pengendalian banjir, selain itu peningkatan layanan air minum, peningkatan infrastruktur pengelolaan sampah, peningkatan infrastruktur transportasi, juga kegiatan transformasi digital serta proyek pengembangan dan pengelolaan ekosistem provinsi cerdas dan kota cerdas.

“Lalu peningkatan infrastruktur pariwisata dan kebudayaan (revitakusasi TIM) serta peningkatan infrastruktur olahraga (pembangunan JIS),” ujar Anies. Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta dari Partai Gerindra, Mohammad Taufik sepakat pinjaman dana PEN digunakan untuk pengerjaan proyek yang sudah ditetapkan anggarannya sebelum Covid-19.

  1. Anggaran pendapatan dan belanja daerah perubahan (APBD-P) 2020 sebesar Rp 63,23 triliun, mengalami penurunan sebesar Rp 24,72 triliun dari APBD murni 2020 yang ditetapkan sebelumnya yaitu Rp 87,95 triliun.
  2. Penurunan itu dipicu karena adanya refucosing anggaran untuk penanganan Covid-19 di Ibu kota.
  3. Namun warga mengimbau agar Pemprov DKI Jakarta mengoreksi usulan alokasi untuk beberapa pembangunan infrastruktur dari PEN.

Karena menurut warga isinya dianggap tidak sesuai untuk pembangunan gedung dan stadion. Anggota Badan Anggaran (Banggar) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta, Jhonny Simanjuntak menilai anggaran PEN sebaiknya digunakan untuk menggratiskan warga Jakarta untuk memperoleh vaksin Covid-19.

  1. Jhonny juga mengungkapkan bahwa dana PEN sebaiknya digunakan untuk program yang bersifat langsung karena kondisi masyarakat yang mengalami kesulitan ekonomi selama berbulan-bulan.
  2. Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 23 Tahun 2020, PEN merupakan rangkaian kegiatan untuk pemulihan perekonomian nasional bagian dari kebijakan keuangan negara yang dilaksanakan pemerintah untuk mempercepat penanganan pandemi Covid-19 karena membahayakan perekonomian nasional.

Program PEN seharusnya untuk melindungi, mempertahankan, juga meningkatkan kemampuan ekonomi para pelaku usaha dalam menjalankan bisnisnya. Program PEN ini juga mempunyai beberapa asas yakni:

Asas keadilan sosial, Sebesar-besarnya kemakmuran rakyat, Mendukung Pelaku Usaha, Menerapkan kaidah-kaidah kebijakan yang penuh kehati-hatian, serta-tata kelola yang baik, transparan, akseleratif, adil, dan akuntabel sesuai dengan ketentuan peraturan perundang- undangan, Tidak menimbulkan moral hazard, Adanya pembagian biaya dan risiko antar pemangku kepentingan sesuai tugas dan kewenangan masing-masing. ( Indah Suci Raudlah )

Siapa klub terkaya di Indonesia?

Bola.com, Jakarta Persija Jakarta Saat ini menempati posisi teratas di daftar klub sepak bola terkaya di Liga 1 Indonesia. Tim berjuluk Macan Kemayoran itu memiliki nilai pasar mencapai 108.8 Miliar Rupiah berdasarkan situs trannsfermarkt. Skuad mahal dan mewah yang dimiliki Persija Jakarta diantaranya di isi dengan beberapa nama rekrutan terbarunya, adalah Ondrej Kudela, Hanno Behrens, dan pemain yang punya harga pasar tertinggi di klub adalah Michael Krmencik yang memiliki nilai pasar hingga 26 Miliar Rupiah.

  1. Selain pemain asing dengan harga pasar tinggi, Persija Jakarta juga memiliki beberapa pemain lokal yang harganya juga bersaing, diantaranya adalah sang kapten Andritany, dan dua penyerang sayapnya Osvaldo Haay dan Riko Simanjuntak.
  2. Pada kompetisi Liga 1 Indonesia banyak tim sepak bola yang masuk dalam daftar klub sepakbola dengan total kekayaan yang tinggi.

Faktor yang memengaruhi tim bisa menjadi salah satu klub sepak bola terkaya di Liga 1 Indonesia adalah dari nilai pasarnya. Selain Persija Jakarta, ada beberapa kontestan Liga 1 Indonesia lainnya yang punya nilai kekayaan tertinggi. Berikut ini adalah daftar klub sepak bola terkaya di Liga 1 Indonesia.

See also:  7 kata yang dihilangkan dalam piagam jakarta terdapat pada sila?

Apa nama stadion terbesar di Indonesia?

1. Jakarta International Stadium (JIS) Stadion dengan kapasitas 82.000 kursi ini mulai dibangun dan diresmikan pembukaannya pada 2022.

Apakah Persebaya sudah punya stadion sendiri?

Stadion – Stadion Gelora Bung Tomo adalah sebuah stadion serbaguna di Surabaya, Indonesia yang merupakan bagian dari kompleks olahraga Surabaya Sport Center, Stadion ini dibuka pada 6 Agustus 2010. Keseluruhan komplek olahraga sedang dibangun. Stadion ini digunakan untuk pertandingan sepak bola dan menjadi basis baru bagi Persebaya Surabaya, menggantikan Stadion Gelora 10 November,

Apa beda JIS dan GBK?

LAROS MEDIA – Jakarta International Stadium ( JIS ) dan Gelora Bung Karno ( GBK ) merupakan stadion yang terkenal dan berdiri dengan kokoh di Indonesia. GBK merupakan stadion kebanggan Indonesia yang telah menjadi saksi bagi pergelaran acara-acara penting.

  • Sementara itu, JIS merupakan stadion yang berstandar FIFA yang baru saja dibangun dan diresmikan oleh Gubernur DKI Jakarta yaitu Anies Baswedan.
  • Baca Juga: Benarkah Ada Ruang Gelap dibalik Kemewahan JIS? Simak Kisah Pilu yang diungkap Oleh Warga DKI Jakarta Baik JIS maupun GBK, kedua stadion tersebut sama-sama penting kedudukannya di hati masyarakat Indonesia, namun antara JIS dan GBK siapakah yang lebih hebat dan unggul ? Berikut ini merupakan 5 perbedaan antara JIS dan GBK yang dilansir oleh Laros Media dari channel YouTube GoodStadium Official.

– Tinggi Stadion JIS lebih tinggi dari GBK, dimana hal tersebut terlihat dari potongan kedua stadion tersebut. Baca Juga: Tribun Pembatas JIS Jebol Saat Grand Launching: Karena Penonton Atau Kualitasnya yang Buruk?

Dari mana dana JIS?

www.minews.id, Selasa, 14 Desember 2021 Pembangunan Jakarta International Stadium (JIS) ternyata bukan dari uang pajak rakyat, melainkan dana Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN). Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan sebelumnya mengaku dana PEN dari pemerintah pusat itu melalui PT Sarana Multi Infrastruktur untuk membiayai enam proyek termasuk Taman Ismail Marzuki (TIM) dan Jakarta Internasional Stadium (JIS).

Dana PEN yang telah cair sebesar Rp3,26 triliun dari BUMN di tahun lalu tersebut juga untuk meningkatkan infrastruktur pengendalian banjir, selain itu peningkatan layanan air minum, peningkatan infrastruktur pengelolaan sampah, peningkatan infrastruktur transportasi, juga kegiatan transformasi digital serta proyek pengembangan dan pengelolaan ekosistem provinsi cerdas dan kota cerdas.

“Lalu peningkatan infrastruktur pariwisata dan kebudayaan (revitakusasi TIM) serta peningkatan infrastruktur olahraga (pembangunan JIS),” ujar Anies. Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta dari Partai Gerindra, Mohammad Taufik sepakat pinjaman dana PEN digunakan untuk pengerjaan proyek yang sudah ditetapkan anggarannya sebelum Covid-19.

Anggaran pendapatan dan belanja daerah perubahan (APBD-P) 2020 sebesar Rp 63,23 triliun, mengalami penurunan sebesar Rp 24,72 triliun dari APBD murni 2020 yang ditetapkan sebelumnya yaitu Rp 87,95 triliun. Penurunan itu dipicu karena adanya refucosing anggaran untuk penanganan Covid-19 di Ibu kota. Namun warga mengimbau agar Pemprov DKI Jakarta mengoreksi usulan alokasi untuk beberapa pembangunan infrastruktur dari PEN.

Karena menurut warga isinya dianggap tidak sesuai untuk pembangunan gedung dan stadion. Anggota Badan Anggaran (Banggar) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta, Jhonny Simanjuntak menilai anggaran PEN sebaiknya digunakan untuk menggratiskan warga Jakarta untuk memperoleh vaksin Covid-19.

  • Jhonny juga mengungkapkan bahwa dana PEN sebaiknya digunakan untuk program yang bersifat langsung karena kondisi masyarakat yang mengalami kesulitan ekonomi selama berbulan-bulan.
  • Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 23 Tahun 2020, PEN merupakan rangkaian kegiatan untuk pemulihan perekonomian nasional bagian dari kebijakan keuangan negara yang dilaksanakan pemerintah untuk mempercepat penanganan pandemi Covid-19 karena membahayakan perekonomian nasional.

Program PEN seharusnya untuk melindungi, mempertahankan, juga meningkatkan kemampuan ekonomi para pelaku usaha dalam menjalankan bisnisnya. Program PEN ini juga mempunyai beberapa asas yakni:

Asas keadilan sosial, Sebesar-besarnya kemakmuran rakyat, Mendukung Pelaku Usaha, Menerapkan kaidah-kaidah kebijakan yang penuh kehati-hatian, serta-tata kelola yang baik, transparan, akseleratif, adil, dan akuntabel sesuai dengan ketentuan peraturan perundang- undangan, Tidak menimbulkan moral hazard, Adanya pembagian biaya dan risiko antar pemangku kepentingan sesuai tugas dan kewenangan masing-masing. ( Indah Suci Raudlah )

Apa stadion Terbesar di Dunia?

Jakarta – Camp Nou adalah stadion sepakbola terbesar di Eropa dengan kapasitas nyaris 100 ribu kursi. Bakal seperti apa jika ada stadion dengan 1 juta kursi? Kapasitas resmi Camp Nou, markasnya Barcelona, disebut GiveMeSport berada pada angka 99.364. Jumlah itu adalah yang paling besar buat sebuah laga sepakbola di Eropa.

  • Masih lebih unggul ketimbang Stadion Wembley (91 ribu kursi).
  • Predikat stadion terbesar dunia, untuk beragam ajang olahraga, saat ini dimiliki oleh Rungrado 1st of May Stadium di Pyongyang, Korea Utara.
  • OperaNews menyebut kapasitasnya ada di angka 114 ribu.
  • Lantas, bagaimana jika ada sebuah stadion dengan kapasitas 1 juta kursi? Menurut ESPN, hal itulah yang diproyeksikan seorang seniman Amerika Serikat, Paul Pfeiffer – paling tidak lewat sebuah konsep pemodelan.

Model stadion berkapasitas 1 juta kursi yang dibuat Paul Pfeiffer ini sejatinya bukanlah hal yang benar-benar baru. Media Spanyol Marca juga sudah pernah melaporkannya pada tahun 2020. Namun, penampakan stadion dengan kapasitas 1 juta kursi ini tetap bikin terkesima, apalagi jika membayangkan ada di deretan kursi bagian-bagian atas! Nah, kalau stadionnya saja berkapasitas 1 juta kursi, kira-kira lokasi parkir stadion bakal menampung seberapa banyak kendaraan dan akan seluas apa ya? (krs/aff)

Apa nama stadion terbesar di Indonesia?

1. Jakarta International Stadium (JIS) Stadion dengan kapasitas 82.000 kursi ini mulai dibangun dan diresmikan pembukaannya pada 2022.