Kapan jakarta lahir?

kapan jakarta lahir
Mensen zoeken ook naar Manilla 24 juni 1571 Jogjakarta 7 oktober 1756

Jakarta lahir tahun berapa?

Jakarta – Hari Ulang Tahun Jakarta 2022 jatuh pada Rabu, 22 Juni 2022. Tahun ini, Jakarta berusia 495 tahun. Apa alasan HUT Kota Jakarta diperingati setiap tanggal 22 Juni? Tanggal 22 Juni 1527 ditetapkan sebagai tanggal berdirinya Kota Jakarta berdasarkan waktu terjadinya penaklukan Sunda Kelapa oleh Fatahillah dan pasukannya.

Berapa usia kota Jakarta?

JAKARTA, KOMPAS.com – Hari ini, Rabu (22/6/2022), merupakan hari ulang tahun (HUT) DKI Jakarta yang ke-495. Jakarta yang menjadi ibu kota negara dan menjadi pusat pemerintahan semenjak era kolonial Belanda kini hampir berusia lima abad. Kendati demikian, sejatinya penetapan tanggal ulang tahun Jakarta baru diresmikan sekitar tahun 1956 oleh Wali Kota Jakarta Sudiro yang mengemban jabatan tersebut pada 1953-1960.

Baca juga: HUT Jakarta 2022, Pemprov DKI Gratiskan Tarif MRT, Transjakarta, dan LRT Sejarawan dari Universitas Indonesia (UI) Bondan Kanumoyoso mengungkap, berdasarkan catatan, ada dua pakar yang mengusulkan tanggal ulang tahun Jakarta. Mereka adalah Hoesein Djajadiningrat, yang mengusulkan tanggal 17 Desember, dan Soekanto, yang mengusulkan tanggal 22 Juni, menjadi hari jadi Ibu Kota.

Pilihan akhirnya jatuh pada 22 Juni. Tanggal 22 Juni dipilih sebab beberapa catatan sejarah menyebutkan pada 22 Juni 1527 merupakan tanggal istimewa karena waktu itu pasukan Fatahillah berhasil mengusir Portugis dari daratan Sunda Kelapa (Jakarta dulu).

  • Di saat yang bersamaan dirayakan pula hari besar kegamaan umat Islam, yakni Maulid Nabi Muhammad.
  • Hanya saja, menurut Bondan, penetapan tanggal oleh Soekanto merupakan interpretasi atau perkiraan karena tidak ditemukan dokumen yang memuat hal tersebut secara pasti.
  • Baca juga: Rayakan HUT Jakarta, Masuk Museum Besok Gratis! Jakarta pun mengalami banyak pergantian nama sejak era pra-kolonialisme hingga merdeka seperti sekarang.
See also:  Kepulauan seribu jakarta apa?

Berikut sejumlah nama kota Jakarta sejak sebelum Indonesia merdeka.1. Sunda Kelapa (Abad ke-14) Sunda Kelapa dulunya adalah pelabuhan besar milik kerajaan Pajajaran yang ramai dikunjungi oleh para pedagang dari berbagai belahan dunia untuk saling bertukar komoditas.2.

  • Jayakarta (22 Juni 1527) Setelah mengalahkan Kerajaan Sunda dan membatalkan pembangunan benteng Portugis, nama Sunda Kelapa diganti menjadi Jayakarta oleh Fatahillah dan Syarif Hidayatullah dari Kerajaan Demak.3.
  • Batavia (1621) Bertahan hingga 1942, nama Batavia disematkan oleh Belanda dengan pemerintahan bernama Stad Batavia.4.

Jakarta Tokubetsu Shi (1942) Dalam rangka menghilangkan semua jejak Belanda, Jepang mengganti nama Batavia dengan nama Jakarta Tokubetsu Shi 5. Djakarta/Jakarta (1949) Memasuki masa Indonesia merdeka, Menteri Penerangan Republik Indonesia Serikat (RIS), Arnoldus Mononutu menegaskan bahwa nama Ibu Kota adalah Jakarta dan menghapus nama Batavia.6.

  1. Daerah Khusus Ibukota Jakarta (1961) Sebelum menjadi DKI Jakarta, posisi Jakarta masih menjadi bagian dari Provinsi Jawa Barat.
  2. Status Jakarta kemudian ditingkatkan menjadi Daerah Tingkat Satu yang dipimpin gubernur.
  3. Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com.
  4. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join.

Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sebelum Jakarta Apa?

‘Kalau nggak salah itu sampe tujuh kali ya, Jakarta ganti nama. Pertama, namanya Kalapa, kemudian Sunda Kalapa, kemudian Jayakarta, kemudian Jaketra, kemudian Batavia, kemudian Jakurata, kemudian Jakarta,’ kata JJ Rizal, seperti dikutip dari IDN Times.

Berapa kali Jakarta ganti nama?

adjar.id – Adjarian, sepanjang sejarah zaman kerajaan, kolonial, hingga kemerdekaan, Kota Jakarta sudah pernah berganti nama hingga 13 kali, lo. Yap! Hal ini tidak lain dipengaruhi oleh sejarah dan penguasaan. Contohnya saja, saat masih dipegang oleh Kerajaan Sunda, Jakarta bernama Sunda Kelapa, kemudian berubah menjadi Jayakarta saat dikuasai Portugis.

See also:  Museum yang gratis di jakarta?

Apa nama asli Jakarta?

“Jakarta” beralih ke halaman ini. Untuk DKI, lihat Jakarta,

Daerah Khusus Ibukota Jakarta

  • Sunda Kelapa
  • Jayakarta
  • Batavia
  • Jakarta Raya
Ibu kota negara Indonesia
DKI Jakarta
Dari atas, searah jarum jam: Jakarta malam hari, Museum Nasional Indonesia, Stadion Gelora Bung Karno, Monas, Stasiun Jakarta Kota, Istana Merdeka dan Museum Fatahillah,

Adblock
detector