Kapan pemutihan pajak kendaraan 2021 jakarta?

kapan pemutihan pajak kendaraan 2021 jakarta
Bisnis.com, JAKARTA – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memberikan keringanan pajak kendaraan bermotor (PKB) berupa pemutihan denda pajak dan diskon PKB sampai dengan hari ini, Jumat (31/12/2021). Program pemutihan denda PKB ini pun sudah berlangsung dari tanggal 14 Desember 2021, dan diatur dalam Peraturan Gubernur Nomor 104/2021 tentang Insentif Fiskal.

  • Dalam beleid itu sanksi denda keterlambatan pajak dihapus, seperti BPHTB, Reklame, PBB, dan PKB.
  • Dalam aturan tersebut ada penghapusan sanksi administratif berupa bunga yang timbul akibat keterlambatan pembayaran pokok pajak diberikan kepada wajib Pajak yang melakukan pembayaran pokok PKB untuk tahun pajak sebelum 2021 dan tahun pajak 2021.

Jadi pemilik kendaraan bermotor tidak perlu membayar denda jika terlambat bayar pajak, dan cukup membayar pokoknya saja. Tidak hanya penghapusan denda keterlambatan, Pemprov DKI Jakarta juga memberi keringanan pokok PKB bagi pemilik kendaraan bermotor.

  • Bagi wajib pajak yang membayar pokok PKB untuk tahun pajak sebelum 2021 pada periode 14 s.d.31 Desember 2021 mendapatkan keringanan pokok sebesar 5 persen.
  • Pokok PKB tahun 2021 diberikan keringanan sebesar 5 persen bagi wajib pajak yang membayar pada periode 14 s.d.31 Desember 2021.

Terakhir, masih diberikan keringanan sebesar 50 persen untuk pokok pajak penyerahan kepemilikan kendaraan bermotor kedua dan seterusnya bagi wajib pajak yang membayar Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBN-KB) pada periode Agustus–Desember 2021. Berikut daftar lokasi pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor di DKI Jakarta.

Unit Pelayanan Pemungutan PKB & BBN-KB Jakarta Timur.

Kantor Bersama Samsat Jakarta Timur, Jl.D.I. Panjaitan Kav.55, Jatinegara, Jakarta Timur 13410.

Unit Pelayanan Pemungutan PKB & BBN-KB Jakarta Pusat.

Kantor Bersama Samsat Jakarta Utara & Pusat, Jl. Gunung Sahari No.13, Pademangan, Jakarta Utara 14420.

Unit Pelayanan Pemungutan PKB & BBN-KB Jakarta Utara.

Kantor Bersama Samsat Jakarta Utara & Pusat, Jl. Gunung Sahari No.13, Pademangan, Jakarta Utara 14420.

Unit Pelayanan Pemungutan PKB & BBN-KB Jakarta Selatan.

Komplek Gedung Polda Metro Jaya, Jl. Jendral Gatot Subroto, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan 12110.

Unit Pelayanan Pemungutan PKB & BBN-KB Jakarta Barat.

Kantor Bersama Samsat Jakarta Barat, Jl. Daan Mogot KM.13, Cengkareng, Jakarta Barat 11720. Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini : Pajak Samsat Konten Premium Nikmati Konten Premium Untuk Informasi Yang Lebih Dalam

Kapan pemutihan pajak kendaraan 2022 DKI Jakarta?

KONTAN.CO.ID – JAKARTA. Bagi pemilik kendaraan yang belum membayar pajak kendaraan, informasi ini sangat penting diketahui. Pasalnya, sejumlah daerah di Indonesia masih memiliki program pemutihan pajak kendaraan bermotor yang masih berlaku di bulan Agustus 2022 ini.

Dengan adanya program pemutihan ini, maka salah satu keuntungan pemilik kendaraan yang menunggak pajak adalah tak dikenakan sanksi administratif maupun denda. Apakah wilayah DKI Jakarta ikut menggelar pemutihan pajak kendaraan 2022? Sayangnya, wilayah ibukota DKI Jakarta tidak menggelar pemutihan pajak.

Melansir Kompas.com, berikut 8 daerah di Indonesia yang masih menerapkan program pemutihan pajak kendaraan: 1.Pemutihan pajak kendaraan bermotor Jawa Timur Dikutip dari Kompas.com, 3 Juli 2022, Pemerintah Provinsi Jawa Timur mengadakan program pemutihan pajak kendaraan bermotor mulai 1 April hingga 30 September 2022.

  • Sebelumnya, jangka waktu pemutihan ini diterapkan hingga 30 Juni, namun kemudian diperpanjang oleh Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa.
  • Bagi yang akan melakukan pemutihan pajak, insentif yang diberikan berupa pemutihan sanksi administrasi PKB dan BBNKB.
  • Selain itu juga terdapat pembebasan bea balik nama (BBN) kedua dan seterusnya.

Baca Juga: Bank Banten dan Pemprov Banten Launching Penghapusan Denda Pajak Kendaraan Bermotor 2. Pemutihan pajak kendaraan bermotor Jawa Barat Bagi warga Jawa Barat, program pemutihan pajak kendaraan bermotor (PKB) juga masih diberlakukan. Pemutihan pajak kendaraan bermotor bagi warga Jawa Barat diberlakukan dari 1 juli 2022 hingga 31 Agustus 2022.

Bebas Denda PKB Bebas BBNKB II Bebas Tunggakan PKB Tahun ke-5 Diskon pajak kendaraan bermotor Diskon BBNKB I Program Pembebasan BBNKB II bisa dimanfaatkan oleh masyarakat yang melakukan proses balik nama penyerahan kedua dan seterusnya.

Adapun pembebaasan tunggakan PKB tahun ke-5 diberikan kepada pemilik kendaraan yang menunggak lebih dari 5 tahun.3. Pemutihan pajak kendaraan bermotor Bali Pemerintah Provinsi Bali juga menggelar pemutihan pajak kendaraan bermotor mulai 4 April 2022 hingga 31 Agustus 2022.

Program ini sesuai dengan Peraturan Gubernur Bali Nomor 63 Tahun 2021 dan Peraturan Gubernur Bali Nomor 42 Tahun 2022. Program pemutihan pajak di Bali ini akan memberikan pembebasan bunga dan denda pembayaran PKB dan BBNKB II. Baca Juga: Jasa Raharja Bentuk Sekretariat Pembinaan Samsat Satu Atap 4. Pemutihan pajak kendaraan bermotor Kalimantan Utara Provinsi Kalimantan Utara juga tengah memberikan program pemutihan pajak kendaraan bermotor.

Program ini didasarkan pada Keputusan Gubernur Kalimantan Utara Nomor 188.44/KK.237/2022 tentang Pemberian Pembebasan Pokok Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor terhadap Kendaraan Bermotor Yang Terdaftar di Provinsi Kalimantan Utara dan Kendaraan Mutasi ke Wilayah Provinsi Kalimantan Utara.

See also:  Bagaimana mengatasi kemacetan di jakarta?

Kapan pemutihan pajak kendaraan 2022 jakarta selatan?

Jakarta – Di beberapa provinsi saat ini masih memberlakukan relaksasi pemutihan denda pajak kendaraan bermotor (PKB). Relaksasi ini bisa dimanfaatkan masyarakat untuk membayar pajak kendaraan yang telat. Masing-masing daerah ini memiliki kebijakan sendiri terkait pemutihan pajak kendaraan tersebut.

  • Ada yang membebaskan denda pajak, diskon pajak, sampai diskon dan bebas bea balik nama kendaraan.
  • Berikut update wilayah yang menerakan pemutihan denda pajak kendaraan bermotor: 1.
  • Jawa Barat Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Jawa Barat kembali memberlakukan program pemutihan pajak kendaraan bermotor.

Program Pemutihan Pajak Kendaraan Tahun 2022 di Jawa Barat berlangsung dari 1 Juli sampai 31 Agustus 2022. Program Pemutihan Pajak Kendaraan Tahun 2022 di Jawa Barat meliputi Bebas Denda PKB; Bebas BBNKB II; Bebas Tunggakan PKB Tahun ke-5; Diskon Pajak Kendaraan Bermotor; dan Diskon BBNKB I.

Pembebasan Denda Pajak Kendaraan Bermotor diberikan kepada seluruh masyarakat Jawa Barat yang terlambat melakukan Proses Pembayaran. Selanjutnya, Pembebasan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor ke-2 (BBNKB II) dapat dimanfaatkan oleh masyarakat yang melakukan proses Balik Nama Kendaraan Bermotor Penyerahan Kedua dan seterusnya di wilayah Provinsi Jawa Barat.

Sementara Pembebasan Tunggakan PKB tahun ke-5 diberikan kepada Wajib Pajak yang memiliki kewajiban tunggakan pajak lebih dari 5 tahun. Pemprov Jawa Barat juga menyediakan diskon pajak kendaraan bermotor. Pengurangan sebagian Pokok Pajak Kendaraan Bermotor, dengan ketentuan pembayaran sebagai berikut: 1.

  1. Pembayaran 0 (nol) sampai 30 (tiga puluh) hari sebelum jatuh tempo, pengurangan sebesar 2% (dua persen); 2.
  2. Pembayaran 31 (tiga puluh satu) hari sampai dengan 60 (enam puluh) hari sebelum jatuh tempo, pengurangan sebesar 4% (empat persen); 3.
  3. Pembayaran 61 (enam puluh) hari sampai dengan 90 (sembilan puluh) hari sebelum jatuh tempo, pengurangan sebesar 6% (enam persen); 4.

Pembayaran 91 (sembilan puluh) hari sampai dengan 120 (seratus dua puluh) hari sebelum jatuh tempo, pengurangan sebesar 8% (delapan persen); 5. Pembayaran 121 (seratus dua puluh) hari sampai dengan 180 (seratus delapan puluh) hari sebelum jatuh tempo, pengurangan sebesar 10% (sepuluh persen).

  1. Selanjutnya, ada juga Diskon BBNKB I.
  2. Ini adalah pengurangan sebagian Pokok Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor atas penyerahan Pertama, sebesar 2,5%.2.
  3. Jawa Timur Pemerintah Provinsi Jawa Timur masih memberlakukan program pemutihan pajak.
  4. Pemutihan pajak kendaraan di Jawa Timur berlaku sampai 30 September 2022.

Sebelumnya, program ini dijadwalkan berlaku pada 1 April sampai 30 Juni 2022. Namun, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa kembali memperpanjang program pemutihan pajak kendaraan ini. Pemutihan pajak ini dapat dinikmati oleh wajib pajak yang ingin mengurus Pajak Kendaraan Bermotor (PKB), Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB) dan pajak lainnya tanpa sanksi administrasi.3.

Apakah DKI Jakarta masih ada pemutihan pajak kendaraan?

MOTOR Plus-online.com – Asyik program pemutihan pajak motor sampai akhir Desember 2022, apakah DKI Jakarta termasuk? Buruan diurus ke Samsat terdekat karena program pemutihan pajak motor masih berlaku. Bahkan di beberapa daerah, pemutihan pajak motor berlaku sampai akhir tahun 2022 nanti.

Jadi tunggu apalagi, pemilik motor yang pajaknya sudah mati bisa diurus ke Samsat terdekat. Banyak keuntungan dari program pemutihan pajak motor ini. Sayangnya untuk DKI Jakarta tidak menggelar program pemutihan pajak motor seperti daerah lainnya. Dengan adanya program pemutihan ini, maka salah satu keuntungan pemilik kendaraan yang menunggak pajak adalah tak dikenakan sanksi administratif maupun denda.

Melansir Kompas.com, berikut 8 daerah di Indonesia yang masih menerapkan program pemutihan pajak motor : Baca Juga: Tinggal 6 Hari Lagi Pemutihan Pajak Kendaraan Bebas Denda dan Diskon PKB Sampai 50 Persen 1.Pemutihan pajak motor Jawa Timur

    Pajak telat 5 tahun berapa?

    Bila lalai melakukannya, Anda bisa dikenakan denda bahkan hukuman pidana. Sesuai dengan Undang-undang (UU) Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Pasal 288 ayat (1), denda maksimal keterlambatan memperpanjang STNK 5 tahunan adalah Rp 500 ribu dan pidana penjara maksimal 2 bulan.

    Pemutihan pajak sampai bulan berapa?

    Rabu, 3 Agustus 2022 16:16 WIB – kapan pemutihan pajak kendaraan 2021 jakarta Ilustrasi: Layanan pengurusan STNK dan Pajak Kendaraan Bermotor Mandiri Tunas Finance. (ANTARA TEMPO.CO, Jakarta – Pada Agustus 2022 ini, sejumlah daerah di Indonesia masih memberikan keringanan pajak dengan menghadirkan program pemutihan pajak kendaraan bermotor.

    Eringanan pajak ini diberikan seperti bebas sanksi administratif atau denda bagi wajib pajak yang menunggak pembayaran pajak. Tempo mencatatkan masih ada 6 daerah di Indonesia yang masih memberikan relaksasi pemutihan pajak kendaraan bermotor, Masyarakat yang belum pajak diharapkan dapat memanfaatkan program ini untuk memudahkan pembayaran pajak kendaraannya.

    Berikut enam daerah yang masih memberlakukan pemutihan pajak kendaraan bermotor: 1. Jawa Barat Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Jawa Barat menghadirkan program pemutihan pajak dari 1 Juli hingga 31 Agustus 2022. Keringanan yang dihadirkan dari program ini adalah bebas denda PKB, bebas BBNKB II, bebas tunggakan PKB tahun kelima, diskon pajak kendaraan bermotor dan diskon BBNKB I.2.

    1. Jawa Timur Pemerintah Jawa Timur menghadirkan program pemutihan pajak kendaraan bermotor hingga 30 September 2022.
    2. Euntungan yang diberikan dari program pemutihan pajak ini adalah penghapusan denda pajak kendaraan bermotor dan juga denda BBNKB.3.
    3. Alimantan Tengah Pemerintah Kalimantan tengah menghadirkan program pemutihan pajak sesuai dengan Peraturan Gubernur Kalimantan Tengah Nomor 8 Tahun 2022.

    Program ini telah berlangsung sejak 17 Mei dan akan berakhir pada 17 Agustus 2022. Adapun keuntungan yang diberikan dari program pemutihan pajak ini adalah pembebasan denda, keringanan tunggakan PKB, pembebasan pokok dan denda BBNKB II, serta pembebasan progresif ketiga dan seterusnya.4.

    1. Alimantan Utara Pemprov Kalimantan Utara menghadirkan program pemutihan pajak kendaraan bermotor berdasarkan Keputusan Gubernur Kalimantan Utara Nomor 188.44/K.237/2022.
    2. Program ini berlaku hingga 30 September 2022.
    3. Eringan yang diberikan dari program pemutihan pajak ini hanya berupa pembebasan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB II).

    Sementara tidak ada pembebasan denda keterlambatan pembayaran pajak.5. Bali Program pemutihan pajak kendaraan juga diberikan oleh Pemprov Bali. Keuntungan yang diberikan berupa penghapusan Bunga dan denda pembayaran PKB dan BBNKB II, yang berlaku hingga 31 Agustus 2022.6.

    1. Sulawesi Selatan Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Pemprov Sulawesi Selatan memberikan program pemutihan pajak kendaraan bermotor untuk kendaraan angkutan umum.
    2. Endaraan angkutan umum atas nama probadi akan mendapatkan keringanan berupa penghapusan denda pajak kendaraan.
    3. Program ini tidak berlaku untuk angkutan umum dengan pelat nomor hitam.

    Insentif ini hanya diberikan bagi kendaraan angkutan umum seperti pete-pete. Baca : Pemutihan Pajak Kendaraan di Jawa Barat, Catat Tanggal dan Ketentuannya Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto,

    Kapan pemutihan pajak mobil?

    Kamis, 04 Agustus 2022 – 12:21 WIB loading. Pemutihan pajak kendaraan kembali diberlakukan di sejumlah wilayah Indonesia. Foto DOK SINDOnews A A A JAKARTA – Pemutihan pajak kendaraan kembali diberlakukan di sejumlah wilayah Indonesia. Sekadar informasi, pemutihan pajak kendaraan ini merupakan program pemerintah daerah untuk meringankan beban denda bagi wajib pajak yang telat membayar pajak kendaraannya.

    1. Pada dasarnya, pajak kendaraan wajib dibayarkan oleh pemilik kendaraan.
    2. Hanya saja, terkadang ada sebagian orang yang terlupa atau sengaja tidak membayar besaran pajak dikenakan.
    3. Baca juga : Pemprov DKI Berikan Keringanan Pajak Kendaraan Bermotor dan Hapus Sanksi Program pemutihan pajak ini menjadi kesempatan bagi pemilik kendaraan yang menunggak pajaknya.

    Dengan program ini, pengendara akan terbebas dari denda yang seharusnya dibayarkan akibat keterlambatan pembayaran. Dari sekian daerah yang menyelenggarakan program ini, salah satu diantaranya adalah provinsi Jawa Barat. Pemutihan pajak kendaraan diselenggarakan sejak 1 Juli hingga 31 Agustus 2022 mendatang.

    1. Lantas, syarat apa sajakah yang diperlukan untuk bisa mengikuti program ini?.
    2. Dilansir dari situs Bapenda Jabar, berikut syarat dan langkah pemutihan pajak kendaraan : 1.
    3. Syarat Pemutihan Pajak Kendaraan -STNK Asli -E-KTP Asli -SKKP/SKPD Terakhir -BPKB Asli (Khusus wilayah Polda Metro Jaya atau khusus pembayaran pajak 5 tahunan/ganti plat nomor) -Kendaraan dihadirkan di Samsat sesuai domisili pemilik kendaraan (khusus pembayaran pajak 5 tahunan/ganti plat nomor) -Bukti hasil cek fisik kendaraan (khusus pembayaran pajak 5 tahunan/ganti plat nomor) Baca juga : Ini Daftar Biaya Pajak Pelat Nomor Cantik Kendaraan 2.

    Langkah Pemutihan Pajak Kendaraan -Pertama, pemilik kendaraan wajib mempersiapkan terlebih dahulu dokumen persyaratan yang tertera di atas. -Setelah itu, silahkan datang ke Samsat. Lalu, kunjungi loket pendaftaran dan dapatkan formulirnya. -Selanjutnya, Anda diharuskan untuk melakukan cek fisik kendaraan terlebih dahulu (khusus pajak 5 tahunan atau ganti plat).

    • Lanjut, datangi loket progresif untuk melakukan pengecekan kepemilikan kendaraan bermotor.
    • Emudian, serahkan semua kelengkapan persyaratannya di loket pendaftaran.
    • Setelahnya, petugas akan menetapkan besaran pajak dan SWDKLLJ dan menetapkan besaran PNBP STNK dan TNKB(khusus pajak 5 tahunan/ganti plat) melalui pencetakan NPPKB.

    -Berikutnya, lakukan pembayaran di loket yang disediakan. -Terakhir, silahkan ambil SKPD/SKKP yang diregister serta STNK (khusus pajak 5 tahunan) atau STNK yang telah disahkan (daftar ulang tahunan) di loket penyerahan. -Selesai. Demikian ulasan mengenai syarat dan langkah pemutihan pajak kendaraan.

    Kapan biasanya pemutihan pajak kendaraan jakarta?

    Banyak Wajib Pajak (WP) yang menanyakan mengenai Program Pemutihan Pajak Kendaraan Tahun 2022 yang berlangsung dari 1 Juli sampai 31 Agustus 2022. Apa saja pertanyaannya? Silakan cek dibawah ini ya.1. Q: Apa saja yang kena Diskon atau bebas Denda? A: Program Pemutihan Pajak Kendaraan Tahun 2022 meliputi :

    Bebas Denda PKB; Bebas BBNKB II; Bebas Tunggakan PKB Tahun ke-5; Diskon Pajak Kendaraan Bermotor; Diskon BBNKB I.

    2. Q: Kapan Jangka Waktu Program Berlangsung? A: Program Pemutihan Pajak Kendaraan Tahun 2022 berlaku untuk pembayaran dari tanggal 01-Juli-2022 s.d.31-Agustus-2022.3. Q: Apakah Denda SWDKLLJ dari PT.Jasa Raharja juga dibebaskan? A: Ya, Bebas Denda Tunggakan SWDKLLJ untuk tahun lalu dan tahun-tahun sebelumnya, namun untuk Pokok dan Denda SWDKLLJ Tahun berjalan tetap dikenakan dengan maksimal pengutipan sebanyak 5 tahun.4.

    • Q: Kalo E-KTP masih dalam proses apakah bisa ikut Program Triple Untung Plus? A: Untuk E-KTP yang masih dalam proses pembuatan, dapat diganti dengan Surat Keterangan dari Instansi yang berwenang (Disdukcapil).5.
    • Q: Gimana caranya kalau cek pajak Mobil/Motor saya? A: Lewat Aplikasi SAMBARA (Samsat Mobile Jawa Barat) yang bisa diunduh di Playstore.

    Setelah terinstal di HP, kemudian klik Fitur Layanan “Info PKB dan Kode Bayar”. Masukkan Nomor Polisi Kendaraan dan Warna TNKB (Untuk Pribadi pilih “HITAM”, untuk Pemerintah pilih “MERAH” dan untuk Angkutan Umum pilih “KUNING”).6. Q: Kalau BPKB saya masih di leasing apakah bisa balik nama? A: Bisa saja, Dengan berkoordinasi dengan pihak Leasingnya dan mengajukan permohonan peminjaman dokumen BPKB untuk melakukan Proses BBN.7.

    Q: Kalau mau balik nama ke wilayah samsat yang berbeda gimana caranya? A: Lakukan proses mutasi (cabut berkas dan cek fisik kendaraan di samsat awal terdaftar). Setelah berkas dan proses administrasi selesai tinggal cek fisik dan mendaftar di Samsat tujuan.8. Q: Kalo Saya baru beli motor seken, pajak baru telat seminggu, maksudnya sekalian bayarnya Agustus berikut balik nama.

    Brarti kalo ikut program ini, saya hanya bayar pajak tahunan saja ya, biaya balik nama ga ada? Tapi KTP asli pemilik motor sebelumnya ga ada, ada fotocopy saja. A: Tidak ada denda pajak, Untuk Biaya BBNKB II dibebaskan tetapi tetap membayar pajak tahunan dan PNBP.

    Syarat balik nama: Ektp pemilik baru, stnk, bpkb, kwitansi jual beli bermaterai. Kendaraan dihadirkan untuk cek fisik (Masih dalam 1 Wilayah Samsat, apabila ada perbedaan Wilayah Samsat pada alamat yang tertera pada STNK dan alamat KTP tujuan harus dilakukan mutasi).9. Q: Biaya progresif ga ada ya min? A: Biaya Progresif hanya dikenakan jika kita memiliki lebih dari satu untuk jenis kendaraan bermotor yang sama berdasarkan Nama dan Alamat yang Sama.

    Untuk memastikan itu dapat dicek di aplikasi SAMBARA.10. Q: Apabila saya memiliki kendaraan second (progresif ke-3) dan belum dilakukan BBN apabila mengikuti program ini apakah status progresif saya jadi berubah menjadi progresif ke-1? Saya hanya memiliki 1 kendaraan saja.

    Kapan pemutihan pajak mobil jakarta?

    Pemutihan pajak ini sudah berjalan sejak 1 April hingga 30 September 2022, dan dikhususkan untuk pembebasan BBNKB II dan seterusnya.

    Kapan rencana pemutihan pajak kendaraan jakarta?

    Kamis, 04 Agustus 2022 – 12:21 WIB loading. Pemutihan pajak kendaraan kembali diberlakukan di sejumlah wilayah Indonesia. Foto DOK SINDOnews A A A JAKARTA – Pemutihan pajak kendaraan kembali diberlakukan di sejumlah wilayah Indonesia. Sekadar informasi, pemutihan pajak kendaraan ini merupakan program pemerintah daerah untuk meringankan beban denda bagi wajib pajak yang telat membayar pajak kendaraannya.

    1. Pada dasarnya, pajak kendaraan wajib dibayarkan oleh pemilik kendaraan.
    2. Hanya saja, terkadang ada sebagian orang yang terlupa atau sengaja tidak membayar besaran pajak dikenakan.
    3. Baca juga : Pemprov DKI Berikan Keringanan Pajak Kendaraan Bermotor dan Hapus Sanksi Program pemutihan pajak ini menjadi kesempatan bagi pemilik kendaraan yang menunggak pajaknya.

    Dengan program ini, pengendara akan terbebas dari denda yang seharusnya dibayarkan akibat keterlambatan pembayaran. Dari sekian daerah yang menyelenggarakan program ini, salah satu diantaranya adalah provinsi Jawa Barat. Pemutihan pajak kendaraan diselenggarakan sejak 1 Juli hingga 31 Agustus 2022 mendatang.

    Lantas, syarat apa sajakah yang diperlukan untuk bisa mengikuti program ini?. Dilansir dari situs Bapenda Jabar, berikut syarat dan langkah pemutihan pajak kendaraan : 1. Syarat Pemutihan Pajak Kendaraan -STNK Asli -E-KTP Asli -SKKP/SKPD Terakhir -BPKB Asli (Khusus wilayah Polda Metro Jaya atau khusus pembayaran pajak 5 tahunan/ganti plat nomor) -Kendaraan dihadirkan di Samsat sesuai domisili pemilik kendaraan (khusus pembayaran pajak 5 tahunan/ganti plat nomor) -Bukti hasil cek fisik kendaraan (khusus pembayaran pajak 5 tahunan/ganti plat nomor) Baca juga : Ini Daftar Biaya Pajak Pelat Nomor Cantik Kendaraan 2.

    Langkah Pemutihan Pajak Kendaraan -Pertama, pemilik kendaraan wajib mempersiapkan terlebih dahulu dokumen persyaratan yang tertera di atas. -Setelah itu, silahkan datang ke Samsat. Lalu, kunjungi loket pendaftaran dan dapatkan formulirnya. -Selanjutnya, Anda diharuskan untuk melakukan cek fisik kendaraan terlebih dahulu (khusus pajak 5 tahunan atau ganti plat).

    -Lanjut, datangi loket progresif untuk melakukan pengecekan kepemilikan kendaraan bermotor. -Kemudian, serahkan semua kelengkapan persyaratannya di loket pendaftaran. -Setelahnya, petugas akan menetapkan besaran pajak dan SWDKLLJ dan menetapkan besaran PNBP STNK dan TNKB(khusus pajak 5 tahunan/ganti plat) melalui pencetakan NPPKB.

    -Berikutnya, lakukan pembayaran di loket yang disediakan. -Terakhir, silahkan ambil SKPD/SKKP yang diregister serta STNK (khusus pajak 5 tahunan) atau STNK yang telah disahkan (daftar ulang tahunan) di loket penyerahan. -Selesai. Demikian ulasan mengenai syarat dan langkah pemutihan pajak kendaraan.