Kapan ulang tahun jakarta 2022?

kapan ulang tahun jakarta 2022
JAKARTA, KOMPAS.com – Hari ini, Rabu (22/6/2022), merupakan hari ulang tahun (HUT) DKI Jakarta yang ke-495. Jakarta yang menjadi ibu kota negara dan menjadi pusat pemerintahan semenjak era kolonial Belanda kini hampir berusia lima abad. Kendati demikian, sejatinya penetapan tanggal ulang tahun Jakarta baru diresmikan sekitar tahun 1956 oleh Wali Kota Jakarta Sudiro yang mengemban jabatan tersebut pada 1953-1960.

  1. Baca juga: HUT Jakarta 2022, Pemprov DKI Gratiskan Tarif MRT, Transjakarta, dan LRT Sejarawan dari Universitas Indonesia (UI) Bondan Kanumoyoso mengungkap, berdasarkan catatan, ada dua pakar yang mengusulkan tanggal ulang tahun Jakarta.
  2. Mereka adalah Hoesein Djajadiningrat, yang mengusulkan tanggal 17 Desember, dan Soekanto, yang mengusulkan tanggal 22 Juni, menjadi hari jadi Ibu Kota.

Pilihan akhirnya jatuh pada 22 Juni. Tanggal 22 Juni dipilih sebab beberapa catatan sejarah menyebutkan pada 22 Juni 1527 merupakan tanggal istimewa karena waktu itu pasukan Fatahillah berhasil mengusir Portugis dari daratan Sunda Kelapa (Jakarta dulu).

Di saat yang bersamaan dirayakan pula hari besar kegamaan umat Islam, yakni Maulid Nabi Muhammad. Hanya saja, menurut Bondan, penetapan tanggal oleh Soekanto merupakan interpretasi atau perkiraan karena tidak ditemukan dokumen yang memuat hal tersebut secara pasti. Baca juga: Rayakan HUT Jakarta, Masuk Museum Besok Gratis! Jakarta pun mengalami banyak pergantian nama sejak era pra-kolonialisme hingga merdeka seperti sekarang.

Berikut sejumlah nama kota Jakarta sejak sebelum Indonesia merdeka.1. Sunda Kelapa (Abad ke-14) Sunda Kelapa dulunya adalah pelabuhan besar milik kerajaan Pajajaran yang ramai dikunjungi oleh para pedagang dari berbagai belahan dunia untuk saling bertukar komoditas.2.

Jayakarta (22 Juni 1527) Setelah mengalahkan Kerajaan Sunda dan membatalkan pembangunan benteng Portugis, nama Sunda Kelapa diganti menjadi Jayakarta oleh Fatahillah dan Syarif Hidayatullah dari Kerajaan Demak.3. Batavia (1621) Bertahan hingga 1942, nama Batavia disematkan oleh Belanda dengan pemerintahan bernama Stad Batavia.4.

Jakarta Tokubetsu Shi (1942) Dalam rangka menghilangkan semua jejak Belanda, Jepang mengganti nama Batavia dengan nama Jakarta Tokubetsu Shi 5. Djakarta/Jakarta (1949) Memasuki masa Indonesia merdeka, Menteri Penerangan Republik Indonesia Serikat (RIS), Arnoldus Mononutu menegaskan bahwa nama Ibu Kota adalah Jakarta dan menghapus nama Batavia.6.

Daerah Khusus Ibukota Jakarta (1961) Sebelum menjadi DKI Jakarta, posisi Jakarta masih menjadi bagian dari Provinsi Jawa Barat. Status Jakarta kemudian ditingkatkan menjadi Daerah Tingkat Satu yang dipimpin gubernur. Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join.

Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

See also:  Apa hubungan piagam jakarta dengan pembukaan uud tahun 1945?

Ulang Tahun Jakarta pada tanggal berapa?

KONTAN.CO.ID – Sejarah ulang tahun Jakarta ternyata dapat ditelusuri sejak masa penjajahan Belanda. Hari Ulang Tahun DKI Jakarta atau HUT Jakarta yang ke-495 tahun jatuh pada Rabu, 22 Juni 2022. Tahun ini, Pemprov DKI Jakarta mengambil tema “Jakarta Hajatan” untuk HUT DKI Jakarta 2022.

Slogan yang digunakan adalah “Celebrate Jakarta: Kolabotasi, Akselerasi, dan Elevasi”. Seperti diketahui, Daerah Khusus Ibu Kota Jakarta (DKI Jakarta) adalah ibu kota negara dan kota terbesar di Indonesia. Jakarta terletak di pesisir bagian Barat laut Pulau Jawa. Jakarta memiliki luas sekitar 664,01 km² (lautan: 6.977,5 km²), dengan penduduk berjumlah 10.557.810 jiwa (2019).

Wilayah metropolitan Jakarta (Jabodetabek) yang berpenduduk sekitar 28 juta jiwa, merupakan metropolitan terbesar di Asia Tenggara atau urutan kedua di dunia. Dahulu Jakarta pernah dikenal dengan beberapa nama di antaranya Sunda Kelapa, Jayakarta, dan Batavia.

Tanggal 22 Juni memperingati hari apa?

Penetapan Hari Ulang Tahun Jakarta Dikutip dari situs Unkris, Rabu ( 22 /6/2022), pada masa kolonial, Belanda memperingati hari jadi Kota Batavia tiap akhir Mei sejak 1619, setelah Gubernur Jenderal Jan Pieterszoon Coen menaklukkan Jayakarta.

Acara Ultah Jakarta dimana?

Jakarta, Beritasatu.com – Rangkaian acara HUT ke-495 DKI Jakarta yang dimulai sejak 24 Mei 2022 bakal berakhir pada puncak acara malam ini, Sabtu (25/6/2022). Puncak perayaan HUT Jakarta akan digelar di Jakarta International Stadium (JIS), ikon baru Jakarta, sore hingga malam mulai pukul 15.00 WIB hingga 21.00 WIB.

Acara yang akan dimeriahkan oleh sejumlah artis kondang ini juga diramaikan dengan bazaar dan pertunjukan laser. Berikut ini informasi lengkap puncak peringatan HUT ke-495 DKI Jakarta yang bertema “Jakarta Hajatan” Waktu: Di gelar pada Sabtu, 25 Juni 2022, acara in terdiri dari dua bagian yakni pukul 15.00-18.00 WIB secara off air dan 19.00-21.00 WIB on air,

Acara secara on air disiarkan antara lain melalui streaming Youtube Pemprov DKI Jakarta. Tempat: Lokasi yang dipakai adalah ikon baru Jakarta nan modern, yakni Jakarta International Stadium (JIS), di Jalan RE Martadinata, Kelurahan Papanggo, Tanjung Priok, Jakarta Utara. kapan ulang tahun jakarta 2022 Foto udara umat Islam melaksanakan Salat Idultitri 1443 H di kawasan Jakarta International Stadium (JIS), Jakarta, Senin, 2/ Mei 2022. Lokasi ini sudah pernah digunakan untuk beberapa kegiatan antara lain turnamen International Youth Championship (IYC) 2022 di mana juaranya adalah Barcelona U-18 yang mengalahkan Atletico U-18 1-0.

Acara paling akbar adalah ketika ribuan orang melaksanakan salat Id pada Lebaran 2022. Pertunjukan: Selain konser musik, terdapat berbagai tontonan menarik seperti laser show atau pertunjukan sinar laser yang spektakuler maupun video mapping yang disebut bakal menghadirkan pengalaman hi-tech berkelas.

Dinas Kebudayaan DKI Jakarta juga mengirimkan 60 penari terbaik untuk memeriahkan acara ini. Artis: Acara yang bakal dipandu oleh Choky Sitohang dan Astrid Tiar ini bakal menampilkan deretan artti ternama sepeti band Padi Reborn, Ungu, dan Wali. Juga bakal tampil penyanyi senior Reza Artamevia, dan artis lain seperti Mahalini, Lea Simanjuntak, Saykoji, maupun Kojek.

  1. Tidak ada nama penyanyi Indonesia yang berkarier di Amerika, Rich Brian dan Niki.
  2. Eduanya sempat disebut bakal diundang untuk tampil di acara ini.
  3. Tiket: Sebanyak 20.000 warga Jakarta bisa menyaksikan langsung di JIS secara gratis.
  4. Menurut Sekretaris Perusahaan PT JakLingko Indonesia Ahmad Rizalmi, tiket dibagikan secara gratis merupakan dukungan PT JakLingko Indonesia dalam rangka memeriahkan HUT ke-495 DKI Jakarta.
See also:  Fakultas yang ada di uin jakarta?

Cara mendapatkannya melalui aplikasi JakLingko di Google Play atau App Store kemudian memilih fitur BaBe di aplikasi tersebut dan mengeklik logo Jakarta International Stadium. kapan ulang tahun jakarta 2022 Warga Jakarta menyerbu tempat penukaran tiket malam puncak Jakarta Hajatan ke-495 di pintu barat Jakarta International Stadium (JIS), Jumat, 24 Juni 2022. Melakui cara itu warga dapat memilih zona kursi serta tribun yang diinginkan dengan catatan satu akun maksimal untuk empat tiket.