Kapan ulang tahun jakarta?

kapan ulang tahun jakarta
JAKARTA, KOMPAS.com – Hari ini, Rabu (22/6/2022), merupakan hari ulang tahun (HUT) DKI Jakarta yang ke-495. Jakarta yang menjadi ibu kota negara dan menjadi pusat pemerintahan semenjak era kolonial Belanda kini hampir berusia lima abad. Kendati demikian, sejatinya penetapan tanggal ulang tahun Jakarta baru diresmikan sekitar tahun 1956 oleh Wali Kota Jakarta Sudiro yang mengemban jabatan tersebut pada 1953-1960.

Baca juga: HUT Jakarta 2022, Pemprov DKI Gratiskan Tarif MRT, Transjakarta, dan LRT Sejarawan dari Universitas Indonesia (UI) Bondan Kanumoyoso mengungkap, berdasarkan catatan, ada dua pakar yang mengusulkan tanggal ulang tahun Jakarta. Mereka adalah Hoesein Djajadiningrat, yang mengusulkan tanggal 17 Desember, dan Soekanto, yang mengusulkan tanggal 22 Juni, menjadi hari jadi Ibu Kota.

Pilihan akhirnya jatuh pada 22 Juni. Tanggal 22 Juni dipilih sebab beberapa catatan sejarah menyebutkan pada 22 Juni 1527 merupakan tanggal istimewa karena waktu itu pasukan Fatahillah berhasil mengusir Portugis dari daratan Sunda Kelapa (Jakarta dulu).

Di saat yang bersamaan dirayakan pula hari besar kegamaan umat Islam, yakni Maulid Nabi Muhammad. Hanya saja, menurut Bondan, penetapan tanggal oleh Soekanto merupakan interpretasi atau perkiraan karena tidak ditemukan dokumen yang memuat hal tersebut secara pasti. Baca juga: Rayakan HUT Jakarta, Masuk Museum Besok Gratis! Jakarta pun mengalami banyak pergantian nama sejak era pra-kolonialisme hingga merdeka seperti sekarang.

Berikut sejumlah nama kota Jakarta sejak sebelum Indonesia merdeka.1. Sunda Kelapa (Abad ke-14) Sunda Kelapa dulunya adalah pelabuhan besar milik kerajaan Pajajaran yang ramai dikunjungi oleh para pedagang dari berbagai belahan dunia untuk saling bertukar komoditas.2.

  • Jayakarta (22 Juni 1527) Setelah mengalahkan Kerajaan Sunda dan membatalkan pembangunan benteng Portugis, nama Sunda Kelapa diganti menjadi Jayakarta oleh Fatahillah dan Syarif Hidayatullah dari Kerajaan Demak.3.
  • Batavia (1621) Bertahan hingga 1942, nama Batavia disematkan oleh Belanda dengan pemerintahan bernama Stad Batavia.4.

Jakarta Tokubetsu Shi (1942) Dalam rangka menghilangkan semua jejak Belanda, Jepang mengganti nama Batavia dengan nama Jakarta Tokubetsu Shi 5. Djakarta/Jakarta (1949) Memasuki masa Indonesia merdeka, Menteri Penerangan Republik Indonesia Serikat (RIS), Arnoldus Mononutu menegaskan bahwa nama Ibu Kota adalah Jakarta dan menghapus nama Batavia.6.

  • Daerah Khusus Ibukota Jakarta (1961) Sebelum menjadi DKI Jakarta, posisi Jakarta masih menjadi bagian dari Provinsi Jawa Barat.
  • Status Jakarta kemudian ditingkatkan menjadi Daerah Tingkat Satu yang dipimpin gubernur.
  • Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com.
  • Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join.

Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Ulang tahun jakarta 2022 tanggal berapa?

‘ Jakarta Hajatan hadir sebagai branding baru untuk HUT DKI Jakarta pada tahun 2022. Branding ini bersifat berkelanjutan dari tahun ke tahun pada setiap perayaan HUT Jakarta,’ ujar dia di Balairung, Balai Kota DKI, Jakarta Pusat, Senin, 22 Mei 2022.

Ulang tahun jakarta sampai tanggal berapa?

Hari Ulang Tahun (HUT) ke-495 DKI Jakarta jatuh pada hari ini (22/6). Sejumlah rangkaian acara HUT DKI Jakarta 2022 digelar hingga puncaknya 25 Juni mendatang. (CNN Indonesia/Safir Makki) Jakarta, CNN Indonesia – Hari Ulang Tahun (HUT) ke-495 DKI Jakarta jatuh pada Rabu ini (22/6).

Sejumlah rangkaian acara HUT DKI Jakarta 2022 pun digelar sejak 24 Mei sampai 25 Juni mendatang. Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Marullah Matali mengatakan peringatan hari ulang tahun DKI Jakarta ini dilakukan mulai dari upacara ziarah di Taman Makan Pahlawan (TMP) sampai konser di Tamar Ismail Marzuki (TIM).

“Rangkaian acara Jakarta Hajatan ke-495 diisi berbagai acara, antara lain upacara ziarah TMP, upacara peringatan HUT ke-495 Kota Jakarta, plus Jakarta Concert di TIM,” kata Marullah di Balai Kota, Jakarta. Selain itu, ada juga upacara Rapat Paripurna DPRD DKI Jakarta dan peluncuran akbar (grand launching) Jakarta International Stadium (JIS) pada hari ini.

Ada apa di tanggal 22 Juni?

Perubahan Nama Jakarta dari Masa ke Masa – Di bawah kepemimpinan Jepang, nama Batavia berubah. Dalam ‘Jakartaku, Jakartamu, Jakarta Kita’ (1987) karya lasmijah Hardi, nama Batavia diganti sebagai Jakarta Tokubetsu Shi. Nama tersebut berasal dari bahasa Jepang yang berarti ‘jauhkan perbedaan’, pada 8 Desember 1942.

Pada 1945, selepas Jepang menyerah pada sekutu dan proklamasi kemerdekaan Indonesia dikumandangkan, nama Jakarta Tokubetsu Shi kembali berganti menjadi Jakarta dan ditetapkan sebagai ibu kota Republik Indonesia. Pada 22 Juni 1956, di masa pemerintahan Walikota Jakarta Sudiro (1952-1960), nama Jakarta kembali dikukuhkan.

Sebelumnya, Jakarta masuk dalam Provinsi Jawa Barat. Pada 1959, Jakarta yang sempat menjadi Kota Praja di bawah walikota diubah menjadi Daerah Tingkat Satu yang dipimpin oleh gubernur. Gubernur pertamanya adalah Soemarno Sosroatmodjo. Pada 1961, status Jakarta diubah menjadi Daerah Khusus Ibu Kota (DKI).

See also:  Salah satu kesenian yang menjadi ikon kota jakarta adalah?

Kenapa ulang tahun Jakarta tanggal 22 Juni?

Jakarta – Hari Ulang Tahun Jakarta 2022 jatuh pada Rabu, 22 Juni 2022. Tahun ini, Jakarta berusia 495 tahun. Apa alasan HUT Kota Jakarta diperingati setiap tanggal 22 Juni? Tanggal 22 Juni 1527 ditetapkan sebagai tanggal berdirinya Kota Jakarta berdasarkan waktu terjadinya penaklukan Sunda Kelapa oleh Fatahillah dan pasukannya.

HUT Jakarta 495 tanggal berapa?

JAKARTA, KOMPAS.com – Hari ini, Rabu (22/6/2022) merupakan hari lahir ke-495 Pemprov DKI Jakarta. Sejumlah rangkaian acara akan digelar di pusat pemerintahan Ibukota. Dilansir dari akun instagram resmi Pemprov DKI Jakarta @dkijakarta, terdapat empat rangkaian acara yang akan digelar.

Acara pertama yaitu upacara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-495 yang akan dihadiri oleh seluruh jajaran Pemprov DKI Jakarta termasuk Gubernur DKI Anies Baswedan dan Wakil Gubernur DKI Ahmad Riza Patria. Baca juga: Tarif Transjakarta Hanya Rp 1 Saat HUT Ke-495 Jakarta Besok, Royaltrans Tetap Rp 20.000 Upacara akan digelar di sisi selatan Monumen Nasional, tepatnya di Plaza Selatan, atau sisi yang baru saja direvitalisasi oleh Pemprov DKI Jakarta.

Acara kemudian akan dilanjutkan dengan Sidang Paripurna peringatan HUT Ke-495 DKI Jakarta di DPRD DKI. Sidang Paripurna yang akan digelar di Kebon Sirih, di kantor DPRD Ruang Sidang Paripurna dan akan dihadiri oleh 106 anggota Dewan. Acara dilanjutkan dengan rapat kerja Gubernur Anies bersama para pimpinan wilayah penyangga Bogor, Tangerang, Depok, Bekasi, Puncak dan Cianjur (Jabodetabekpunjur).

Acara kemudian ditutup dengan malam resepsi yang akan diselenggarakan di Balairung Balai Kota Provinsi DKI Jakarta. Baca juga: HUT Jakarta 2022, Pemprov DKI Gratiskan Tarif MRT, Transjakarta, dan LRT Di luar Balai Kota, akan diadakan beragam acara seperti malam puncak di Pekan Raya Jakarta (PRJ), Kemayoran.

Begitu juga pementasan ondel-ondel yang akan diselenggarakan di Perkampungan Betawi Jagakarsa dan Taman Ismail Marzuki Cikini. Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join.

Berapa tahun kota Jakarta?

Suara.com – Sebagian masyarakat ternyata belum tahu bahwa Hari Ulang Tahun Jakarta diperingati setiap tanggal 22 Juni. Maka dari itu pengetahuan tentang sejarah Jakarta perlu diketahui. Tahun 2022 ini, Jakarta berusia 495 tahun. Penasaran, apa alasan HUT Kota Jakarta diperingati setiap tanggal 22 Juni? Simak ulasan tentang sejarah Jakarta dan asal-usul ulang tahun Jakarta 22 Juni di bawah ini, yuk! HUT Jakarta 22 Juni Tanggal 22 Juni 1527 telah ditetapkan sebagai tanggal berdirinya Kota Jakarta berdasarkan waktu terjadinya penaklukan Sunda Kelapa oleh Fatahillah dan pasukannya.

  • Nama Sunda Kelapa kemudian diganti menjadi Jayakarta, dan peristiwa inilah yang diperingati sebagai hari ulang tahun Jakarta.
  • Baca Juga: Sejarah Jakarta, 5 Kali Ganti Nama Mulai dari Sunda Kelapa Lantas, bagaimana Jakarta lahir dari Sunda Kelapa menjadi Daerah Khusus Ibukota? Mari simak sejarah singkat Jakarta yang telah dirangkum dari berbagai sumber berikut ini.

Sejarah Jakarta Nama Jakarta diketahui mengalami beberapa kali perubahan berdasarkan periode penguasanya. Merujuk Buku Sejarah Kota Jakarta 1950-1980, sejarah Jakarta bermula dari sebuah kota pelabuhan Sunda Kelapa yang pada saat itu wilayahnya masih dikuasai oleh Kerajaan Hindu Pajajaran.

Di masa itu, Sunda Kelapa menjadi pusat perdagangan dan menjadi kota sibuk sampai memikat bangsa Portugis di Malaka. Kemudian pada 1552 atas perintah Gubernur Malaka, bangsa Portugis sebagai pendatang asing mulai masuk ke Sunda Kelapa. Niat para bangsa Portugis itu adalah untuk meminta izin membangun benteng dekat muara Sungai Ciliwung, di mana rencana pembangunan benteng tersebut kemudian berhasil mendapatkan restu.

Namun ketika bangsa Portugis kembali lagi pada 1527, Sunda Kelapa lantas beralih kekuasaan ke Pangeran Fatahillah, Berlanjut tentang sejarah Jakarta, perpindahan kekuasaan Sunda Kelapa ke tangan Fatahillah justru memicu pertempuran di antara keduanya.

Ulang tahun Jakarta 2022 Gratis apa saja?

Bagikan : Layanan Transjakarta, LRT, dan MRT gratis untuk merayakan Hari Ulang Tahun ( HUT ) DKI Jakarta ke-495 pada Rabu (22/6).

25 Juni 2022 memperingati hari apa?

KOMPAS.com – Tanggal 25 Juni 2022 jatuh pada hari Sabtu. Tanggal 25 Juni diperingati sebagai hari pelaut internasional, Selain itu, tanggal 25 Juni juga diperingati sebagai hari lain. Berikut peringatan dan perayaan yang jatuh pada tanggal 25 Juni 2022:

24 Juni memperingati hari apa?

Memperingati Hari Bidan Nasional 24 Juni 2022.

Tanggal 30 September itu hari apa?

Bisnis.com, JAKARTA – Tanggal merah pada September menjadi hari yang paling di nanti. Setiap tahunnya, terdapat beberapa perayaan hari nasional yang bisa dirayakan setiap bulannya. Untuk diketahui, keputusan terkait tanggal merah yang memperingati hari libur nasional termaktub dalam Surat Keputusan Bersama (SKB) Menteri Agama (Nomor 375 Tahun 2022), Menteri Ketenagakerjaan (Nomor 1 Tahun 2022), dan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Nomor 1 Tahun 2022).

  1. Lantas, adakah tanggal merah di bulan September 2022? Merujuk pada SKB 3 menteri tersebut, tidak terdapat tanggal merah di bulan september 2022 ini.
  2. Masyarakat hanya dapat merasakan hari libu di akhir pekan.
  3. Hanya saja, terdapat beberapa hari peringatan nasional yang sarat akan sejarah seperti salah satunya adalah memperingati peristiwa G30SPKI yang jatuh pada tanggal 30 September.
See also:  Sekolah mana saja yang sudah tatap muka di jakarta?

Pada 30 September diperingati sebagai bentuk mengenang pengorbanan para pahlawan yang gugur dalam peristiwa pemberontakan Gerakan 30 September Partai Komunis Indonesia. G30SPKI adalah sebuah peristiwa yang pecah sebagai bentuk kudeta antara partai komunis terhadap para jenderal di Indonesia.

Kejadian tersebut merenggut nyawa 7 pahlawan revolusi yang gugur pada peristiwa itu. Selain memperingati perjuangan para pahlawan revolusi menghadapi pemberontakan G30SPKI, bulan september juga memiliki banyak peringatan hari nasional lainnya. Berikut daftar peringatan dan hari nasional pada bulan September 2022.

• 1 September: Hari Polisi Wanita • 3 September: Hari Palang Merah Indonesia • 4 September: Hari Pelanggan Nasional • 8 September: Hari Pamong Praja • 9 September: Hari Olah Raga Nasional • 11 September: Hari Radio Republik Indonesia • 14 September: Hari Kunjung Perpustakaan • 17 September: Hari Perhubungan Nasional • 17 September: Hari Palang Merah Nasional • 24 September: Hari Tani Nasional • 26 September: Hari Statistik Nasional • 27 September: Hari Bhakti Pos dan Telekomunikasi • 28 September: Hari Kereta Api • 29 September: Hari Sarjana Indonesia • 30 September: Hari Peringatan Pemberontakan G30S/PKI.

Apa nama pertama kota Jakarta?

KOMPAS.com – Sebagai Ibu Kota Indonesia, Jakarta memang menarik banyak minat masyarakat untuk tinggal menetap ataupun liburan di daerah tersebut. Nama Jakarta sendiri juga sudah sangat familier di telinga orang-orang Indonesia. Namun, untuk asal muasal namanya, mungkin banyak yang belum mengetahuinya.

  • Adapun Jakarta memang sudah berkali-kali berubah nama, mulai dari Sunda Kelapa hingga Batavia,
  • Dilansir dari Bobo Grid, Senin (6/6/2022), nama pertamanya pada abad ke-14 adalah Sunda Kelapa.
  • Dulunya daerah tersebut dikuasai Pakuan Pajajaran dan wilayah kekuasaanya masih berpusat di sekitar Bogor.
  • Baca juga: Menginap di Museum Sambil Belajar Coding di Jakarta, Ini Harganya Adapun nama Sunda Kelapa diberikan oleh bangsa Eropa yang mulai berdatangan ke wilayah Nusantara pada zaman dahulu.

Sunda Kelapa mulai berkembang sejak bangsa Portugis melakukan perjanjian dengan Kerajaan Pakuan Pajajaran untuk membangun perkantoran dan perumahan yang dilengkapi benteng pada 21 Agustus 1522. Sayangnya, perjanjian antara bangsa Portugis dengan Kerajaan Pakuan Pajajaran malah membuat Kesultanan Cirebon tak terima.

22 Juni ulang tahun siapa?

Sejarah Ulang Tahun Jakarta Tanggal 22 Juni – Dilansir dari laman resmi Suku Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Jakarta Pusat, adanya hari ulang tahun Jakarta melalui penetapan Sudiro, Wali Kota Jakarta yang menjabat pada periode 1953-1958. Ia menyadari perlu ada perbedaan peringatan ulang tahun Kota Jakarta dengan perayaan berdirinya Batavia yang dibentuk oleh Belanda.

Untuk itu, Sudiro bersama sejumlah ahli sejarah seperti Mohamad Yamin, Sukanto, serta wartawan senior Sudarjo Tjokrosiswoyo meneliti bersama kapan Jakarta didirikan oleh Fatahillah. Kala itu Sudiro mempunyai keyakinan jika tahunnya itu 1527. Namun terkait hari, tanggal, dan bulan lahirnya Kota Jakarta masih dipertanyakan.

Kemudian, Sudiro menyerahkan naskah yang berjudul ‘Dari Jayakarta ke Jakarta’ kepada Dewan Perwakilan Kota Sementara untuk dibahas. Melalui naskah tersebut, Sudiro menduga bahwa 22 Juni 1527 adalah hari yang paling dekat pada dibangunnya Kota Jayakarta oleh Fatahillah.

Kenapa ulang tahun Jakarta?

KOMPAS.com – Hari ulang tahun Kota Jakarta diperingati setiap tahunnya pada tanggal 22 Juni. Tanggal tersebut diambil dari peristiwa penaklukan Sunda Kepala yang dikuasai Portugis oleh Fatahillah pada 22 Juni 1527. Pada tahun 2022 ini, Jakarta tengah merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) yang ke-495.

  • Ota Jakarta merupakan salah satu wilayah terpenting di Indonesia, karena saat ini masih berstatus sebagai ibu kota negara.
  • Oleh sebab itu, Kota Jakarta diubah menjadi Daerah Khusus Ibukota (DKI) pada 1961.
  • Sebelum bernama Jakarta, kawasan tersebut dahulu sempat memiliki nama Sunda Kelapa, Jayakarta dan Batavia,

Lantas, bagaimana sejarah asal-usul Kota Jakarta? Baca juga: Kado HUT ke-495 Jakarta, Kembalinya Kehidupan Sebelum Pandemi.

Ulang tahun Jakarta apakah Ancol gratis?

JAKARTA, KOMPAS.com – Tingginya animo masyarakat, membuat tiket gratis masuk kawasan wisata Ancol habis serbu warga. Dilansir dari website www.ancol.com, tiket gratis masuk Ancol spesial HUT ke-495 DKI Jakarta tidak lagi dapat dipesan karena telah habis.

See also:  Tempat wisata di jakarta yang jarang dikunjungi?

Diketahui, dalam rangka menyambut HUT Jakarta, PT Taman Jaya Ancol mengadakan promo tiket gratis masuk kawasan wisata Ancol. Baca juga: HUT Jakarta 2022, Pemprov DKI Gratiskan Tarif MRT, Transjakarta, dan LRT Tiket gratis masuk Ancol hanya berlaku pada waktu kunjungan tanggal 22 Juni 2022, mulai pukul 06.00 sampai 18.00 WIB.

Adapun tiket masuk gratis ini sudah bisa ditukarkan pada tanggal 15-21 Juni 2022, dengan syarat sebagai berikut: • Wajib melakukan reservasi maksimum H-1 sebelum kunjungan ke Ancol. • Tiket gratis spesial HUT DKI Jakarta hanya bisa didapatkan di situs web resmi Ancol.

  • Tiket gratis ini bisa didapatkan mulai tanggal 15 sampai 21 Juni 2022.
  • Tiket gratis berlaku untuk kunjungan tanggal 22 Juni 2022, pukul 06.00–18.00 WIB.
  • Satu orang hanya dapat klaim maksimal dua tiket gratis.
  • Tiket gratis belum termasuk tiket masuk kendaraan dan unit rekreasi (Dufan, Sea World, Ocean Dream Samudra, dan Atlantis).

• Kuota terbatas, hanya 3.500 per hari. Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Jakarta hajatan dimana?

JAKARTA, KOMPAS.com – Puncak rangkaian acara hari ulang tahun (HUT) ke-495 DKI Jakarta, “Malam puncak Jakarta Hajatan ke-495” digelar di Jakarta International Stadium ( JIS ), Tanjung Priok, Jakarta Utara, pada Sabtu (25/6/2022). Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang hadir dalam acara itu mengatakan, perayaan tersebut dihadiri oleh hampir 70.000 pengunjung dari berbagai wilayah di Jakarta dan sekitarnya.

  1. Belum pernah kita mengadakan event dengan pengunjung sebanyak ini.
  2. Biasanya 5.000 pengunjung, kali ini yang hadir hampir 70.000,” kata Anies disambut sorak penonton,
  3. Baca juga: Hadiri Malam Puncak Jakarta Hajatan, Anies: Anda Orang Pertama yang Rasakan JIS Hampir Penuh Ocha (18) salah satu penonton, mengatakan sengaja datang dari Kebon Jeruk untuk merasakan sensasi menonton konser di stadion anyar di Jakarta ini.

“Ke sini datang berempat. Naik transjakarta tadi bareng-bareng dari siang. Sengaja mau liburan, nonton konser dengan suasana baru,” kata Ocha selepas acara. “Soalnya baru pertama kali menginjakkan kaki di JIS, ternyata tempatnya megah banget. Bagus juga buat foto-foto,” lanjut dia.

Ocha mengatakan, sangat menantikan penampilan Mahalini dalam acara tersebut. “Saya mau lihat Mahalini, nge-fans banget saya. Kalau artis-artis lain suka juga, tapi jarang dengerin lagunya. Mungkin karena sudah beda generasi. Salut juga, Mahalini bisa satu panggung sama penyanyi senior,” ungkap Ocha. Baca juga: Malam Puncak Jakarta Hajatan ke-495 Digelar di JIS Sore Ini Selain Ocha, Rahmat (25) mengaku senang dapat hadir di acara tersebut.

Ia mengatakan menikmati setiap penampilan yang dibawakan para musisi. “Puas banget nonton di sini. Tempatnya bagus, bersih, sound -nya mantap. Setiap penampilan saya ikut bernyanyi. Merinding setiap penonton ikut nyalain flash light dan bernyanyi bareng,” kata Rahmat.

  1. Baca juga: Pengunjung Malam puncak Jakarta Hajatan ke-495 Berdatangan Gunakan Berbagai Transportasi Rahmat berharap, ia memiliki kesempatan untuk bisa kembali mampir ke dalam JIS.
  2. Baik itu untuk menonton konser, maupun perhelatan olahraga.
  3. Semoga bisa ke sini lagi.
  4. Dan semoga, saat satang ke sini, keadaan gedungnya masih bagus dan terawat,” harap Rahmat.

Sementara itu, situasi di dalam JIS tampak meriah. Kursi penonton yang digunakan di dalam stadion, hampir seluruh kursi penuh terisi hingga tribun teratas. Baca juga: Pemprov DKI Sediakan 20.000 Tiket Gratis di Malam Puncak Jakarta Hajatan di JIS Acara dibuka dengan penampilan tari-tarian tradiosional khas Betawi dengan sentuhan modern.

Kemudian penampilan musik dari grup band Ungu pun mengawali rangkaian pemusik pembuka acara tersebut. Selain Ungu, grup band Wali dan Padi Reborn juga turut hadir memanaskan suasana. Selain grup band, penyanyi Saykoji, Reza Artamevia, dan Mahalini, tak kalah memancing semangat para penonton di stadion.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Indonesia tahun ini ulang tahun yang ke berapa?

Gunungsitoli (18/08/2022), Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2022 Kota Gunungsitoli dilaksanakan di Lapangan Merdeka, Rabu (17/08/2022). Bertindak selaku Inspektur Upacara Wali Kota Gunungsitoli Ir. Lakhomizaro Zebua dan Pembaca Teks Proklamasi Ketua DPRD Kota Gunungsitoli Yanto.

kapan ulang tahun jakarta kapan ulang tahun jakarta kapan ulang tahun jakarta kapan ulang tahun jakarta kapan ulang tahun jakarta kapan ulang tahun jakarta kapan ulang tahun jakarta kapan ulang tahun jakarta kapan ulang tahun jakarta kapan ulang tahun jakarta kapan ulang tahun jakarta kapan ulang tahun jakarta kapan ulang tahun jakarta kapan ulang tahun jakarta kapan ulang tahun jakarta kapan ulang tahun jakarta kapan ulang tahun jakarta kapan ulang tahun jakarta kapan ulang tahun jakarta kapan ulang tahun jakarta kapan ulang tahun jakarta kapan ulang tahun jakarta kapan ulang tahun jakarta kapan ulang tahun jakarta kapan ulang tahun jakarta kapan ulang tahun jakarta kapan ulang tahun jakarta kapan ulang tahun jakarta kapan ulang tahun jakarta kapan ulang tahun jakarta kapan ulang tahun jakarta kapan ulang tahun jakarta kapan ulang tahun jakarta kapan ulang tahun jakarta kapan ulang tahun jakarta kapan ulang tahun jakarta kapan ulang tahun jakarta kapan ulang tahun jakarta kapan ulang tahun jakarta

Adblock
detector