Kemukakan isi piagam jakarta yang dihasilkan oleh panitia sembilan?

kemukakan isi piagam jakarta yang dihasilkan oleh panitia sembilan
Isi dari Piagam Jakarta adalah ketuhanan dengan kewajiban menjalankan syariat Islam bagi pemeluk-pemeluknya, kemanusiaan yang adil dan beradab, persatuan Indonesia, kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan / perwakilan, serta keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

Apa hasil kerja Panitia Sembilan itu?

Pembentukan Piagam Jakarta oleh Panitia Sembilan

kemukakan isi piagam jakarta yang dihasilkan oleh panitia sembilan freepik/natanaelginting Mempelajari proses dibentuknya Piagam Jakarta yang kemudian menjadi dasar negara Indonesia. Bobo.id – Kali ini, teman-teman akan belajar materi PPKN kurikulum merdeka kelas 1 SMP, tentang Piagam Jakarta yang merupakan hasil kerja Panitia Sembilan.

Pada materi ini, akan dijabarkan proses pembuatan, isi hingga perubahan yang ada pada Piagam Jakarta. Pertama, kita perlu mengenali dulu tentang Panitia Sembilan dan juga Piagam Jakarta. Panitia Sembilan merupakan sebuah panitia kecil bentukan Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI).

Panitia kecil ini terbentuk pada saat BPUPKI melakukan sidang pertama untuk mempersiapkan kemerdekaan Indonesia yang berlangsung pada 29 Mei hingga 1 JUni 1945. Salah satu hasil dari sidang itu adalah perlunya dibuat sebuah dasar negara, yang kemudian dilimpahkan pada Panitia Sembilan,

  1. Panitia Sembilan ini terdiri dari sembilan tokoh penting dan berpengaruh selama proses memperjuangkan kemerdekaan.
  2. Sembilan tokoh itu adalah Soekarno, Mohammad Hatta, K.H.A.
  3. Wahid Hasyim, Kahar Muzakir, A.A.
  4. Maramis, Abikusno Tjokrosujoso, Achmad Soebardjo, Agus Salim, dan Muhammad Yamin.
  5. Esembilan tokoh itupun membuat merumuskan Piagam Jakarta yang menjadi dasar terbentuknya Pancasila sebagai dasar negara Indonesia.

Berikut akan dijelaskan proses terbentuknya Piagam Jakarta hingga berbagai perubahan yang ada di dalamnya. Proses Pembuatan Piagam Jakarta Baca Juga: Tergabung dalam Panitia Sembilan, Ini 9 Tokoh Perumus Isi Pancasila Seperti dijelaskan sebelumnya, bahwa ada sembilan tokoh yang merancang terbentuknya Piagam Jakarta yang menjadi cikal dari Pancasila.

See also:  Jelaskan apa yang dimaksud dengan piagam jakarta?

Sebelum dibentuknya panitia kecil tersebut, beberapa anggota dari BPUPKI sudah memberikan beberapa usulan Ada tiga tokoh yang memberikan ususan tentang berbagai nilai yang bisa dijadikan dasar negara yang terdiri dari lima butir dan kemudian disebut dengan Pancasila. Tiga tokoh itu adalah Muhammad Yamin yang memberikan ususan pada tanggal 29 Mei 1945, Soepomo yang memberikan pendapat pada 30 Mei 1945, serta Soekarno yang menyerahkan usulan pada 1 Juni 1945.

Tiga usulan tersebut kemudian menjadi dasar dari Panitia Sembilan bekerja membentuk dasar negera. Dari hasil diskusi, terbentuklah sebuah naskah rancangan untuk pembukaan hukum dasar, yang kemudian oleh Muhammad Yamin diberi nama Piagam Jakarta. Berikut Isi dari Piagam Jakarta Bahwa sesungguhnya kemerdekaan itu ialah hak segala bangsa, dan oleh sebab itu maka penjajahan di atas dunia harus dihapuskan, karena tidak sesuai dengan perikemanusiaan dan perikeadilan.

Adblock
detector