Kepulauan seribu jakarta apa?

kepulauan seribu jakarta apa
Gugusan kepulauan. Kepulauan Seribu merupakan gugusan kepulauan yang terletak di sebelah utara Jakarta, tetapi kebanyakan berada di prairan utara Kabupaten Tangerang. Meskipun memakai nama ‘Seribu’, bukan berarti pulau-pulau di dalam gugusan kepualaun itu berjumlah seribu.

Apakah Kepulauan Seribu masuk Jakarta?

Geografis – Pemerintah Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu merupakan salah satu wilayah administrasi di bawah Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Secara geografis letak Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu pada posisi antara 106º19’30” – 106º44’50” Bujur Timur dan 5º10’00” – 5º57’00” Lintang Selatan.

Total luas wilayah Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu adalah 4.745,62 km2 yang terdiri dari 8,76 km2 daratan, 4.690,85 km2 dan 46 km2, terdiri lebih dari 110 buah pulau. Pemerintahan Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu dibagi ke dalam 2 Kecamatan, yaitu Kecamatan Kepulauan Seribu Utara dan Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan.

Adapun jumlah kelurahan di Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu adalah 6 Kelurahan, yaitu Kelurahan Pulau Kelapa, Kelurahan Pulau Harapan, Kelurahan Pulau Panggang, Kelurahan Pulau Tidung, Kelurahan Pulau Pari dan Kelurahan Pulau Untung Jawa. Wilayah Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu memiliki perbatasan sebelah utara dengan Laut Jawa / Selat Sunda, sebelah timur dengan Laut Jawa, sebelah selatan dengan Kota Administrasi Jakarta Utara dan sebelah barat dengan Laut Jawa / Selat Sunda.

Apakah Kepulauan Seribu termasuk Jakarta Utara?

Sejarah – Sebelum menjadi kabupaten, wilayah Kepulauan Seribu merupakan salah satu kecamatan di Kota Administrasi Jakarta Utara, Pusat pemerintahan kabupaten ini terletak di Pulau Pramuka yang mulai difungsikan sebagai pusat pemerintahan kabupaten sejak tahun 2003.

  1. Terdapat dua Kecamatan di Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu yakni Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan dan Kecamatan Kepulauan Seribu Utara,
  2. Ecamatan Kepulauan Seribu Selatan membawahi tiga kelurahan yaitu Kelurahan Pulau Tidung, Kelurahan Pulau Pari, dan Kelurahan Pulau Untung Jawa.
  3. Ecamatan Kepulauan Seribu Utara membawahi tiga kelurahan juga yaitu Kelurahan Pulau Kelapa, Kelurahan Pulau Harapan, dan Kelurahan Pulau Panggang.

Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu mempunyai jumlah penduduk sebanyak 29.230 jiwa ( 2020 ), yang tersebar di sebelas pulau-pulau kecil berpenghuni. Kesebelas pulau tersebut di antaranya Pulau Untung Jawa, Pulau Pari, Pulau Lancang Besar, Pulau Tidung Besar, Pulau Tidung Kecil, Pulau Pramuka, Pulau Panggang, Pulau Harapan, Pulau Kelapa, Pulau Kelapa Dua, dan Pulau Sebira,

Selain pulau-pulau berpenghuni, terdapat pula beberapa pulau yang dijadikan sebagai pulau wisata, seperti Pulau Bidadari, Pulau Onrust, Pulau Kotok Besar, Pulau Puteri, Pulau Matahari, Pulau Sepa, dan sebagainya. Di wilayah kabupaten ini terdapat pula sebuah zona konservasi berupa taman nasional laut bernama Taman Nasional Kepulauan Seribu (TNKS).

Sebagai daerah yang sebagian besar wilayahnya merupakan perairan dan di dalamnya juga terdapat zona konservasi, maka tidaklah mengherankan bilamana pengembangan wilayah kabupaten ini lebih ditekankan pada pengembangan budidaya laut dan pariwisata. Dua sektor ini diharapkan menjadi prime-mover pembangunan masyarakat dan wilayah Kabupaten Administratif Kepulauan Seribu.

  • Jakarta sebagai Ibu kota Negara Republik Indonesia, mempunyai peranan yang penting dalam mendukung penyelenggaraan Pemerintahan Negara Republik Indonesia.
  • Untuk itu dalam membangun masyarakat Jakarta yang sejahtera dan mewujudkan citra Bangsa Indonesia, Jakarta dalam penyelenggaraan pemerintahannya diberikan kedudukan sebagai Daerah Khusus Ibu kota Negara Republik Indonesia Jakarta.

Wilayah Provinsi Daerah Khusus Ibu kota Jakarta dibagi dalam Kotamadya dan Kabupaten Administrasi. Otonomi Provinsi Daerah Khusus Ibu kota Jakarta diletakkan pada lingkup Provinsi dan dilaksanakan berdasarkan asas Desentralisasi, Dekonsentrasi, dan Tugas Pembantuan.

Kotamadya dan Kabupaten Administrasi merupakan wilayah administrasi dan bukan Daerah Otonomi. Sejak diundangkannya Undang-undang Nomor 34 Tahun 1999 tentang Pemerintahan Provinsi Daerah Khusus Ibu kota Negara Republik Indonesia Jakarta, Kabupaten Administrasi yang merupakan bagian dari Administrasi Pemerintah di Provinsi Daerah Khusus Ibu kota Jakarta belum terbentuk.

Sesuai dengan Pasal 32 Undang-undang Nomor 34 Tahun 1999, Kecamatan Kepulauan Seribu yang merupakan bagian dari Kotamadya Jakarta Utara ditingkatkan statusnya menjadi Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu dengan maksud untuk meningkatkan pelayanan dan kesejahteraan masyarakat, serta pengelolaan Kepulauan Seribu yang terdiri atas 110 Pulau dalam segala aspek antara lain kelestarian lingkungan, konservasi sumber daya alam, ekonomi, kesejahteraan rakyat dan sosial budaya.

Pulau Seribu dimana sih?

Taman Nasional Kepulauan Seribu
Taman Nasional Laut Kepulauan Seribu
IUCN Kategori II ( Taman Nasional )
Peta Taman Nasional Kepulauan Seribu
TN Laut Kepulauan Seribu Lokasi di Pulau Jawa
Letak Laut Jawa, Indonesia
Kota terdekat Jakarta
Koordinat 5°44′44″S 106°36′55″E  /  5.74556°S 106.61528°E Koordinat : 5°44′44″S 106°36′55″E  /  5.74556°S 106.61528°E
Luas 107,489 hektare (265,61 ekar)
Didirikan 10 Oktober 1982
Pengunjung 777.008 (tahun 2019 )
Pihak pengelola Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan
Situs web tnlkepulauanseribu,net
See also:  Tempat makan yang ada private room di jakarta?

Taman Nasional Kepulauan Seribu adalah kawasan pelestarian alam bahari di Indonesia yang terletak kurang lebih 45 km sebelah utara Jakarta,

Bagaimana cara pergi ke Pulau Seribu?

Direktori Wisata – Pelabuan Muara Angke menjadi salah satu tempat menuju wisata di ke Pulauan Seribu yang murah meriah. Kepulauan Seribu jaraknya tidak begitu jauh dari Teluk Jakarta. Perjalanan menuju Kepulauan Seribu bisa ditempuh dengan naik kapal kayu dari pelabuhan Muara Angke. kepulauan seribu jakarta apa Jika ingin menuju Muara Angke dengan kendaraan umum, maka kita bisa naik Busway dan turun di Pluit atau bisa juga dari Grogol. Karena dari Grogol ada angkutan umum (Angkot) merah dengan nomor B 01 dengan rute Grogol-Muara Angke. Angkutan umum ini juga melewati halte Busway Pluit.

  • Ada banyak kapal kayu yang merupakan Kapal Penyeberangan Masyarakat bersandar di dermaga pelabuhan Muara Angke.
  • Masing-masing kapal melayani rute ke beberapa Pulau besar di kepulauan seribu.
  • Seperti Pulau Tidung, Pulau Pramuka juga Pulau Harapan.
  • Pada hari libur pelabuhan Muara Angke ini akan penuh sesak.

Sebagian besar dari orang-orang yang memenuhi pelabuhan ini adalah mereka yang akan pergi ke Pulau Seribu. Perlu sedikit perjuangan untuk bisa sampai ke kapal. Kapal-kapal ini berjajar hingga 4 kapal ke samping. Sehingga kami harus melompat dari satu kapal ke kapal lain agar bisa sampai ke kapal yang kami tumpangi. kepulauan seribu jakarta apa Untunglah kami masuk ke dalam kapal lebih dahulu dibanding yang lain.

Berapa harga masuk Pulau Seribu?

Harga Tiket Pulau Seribu ( Tiket Masuk dan Tiket Perjalanan) Untuk biaya harga tiket masuk pulau seribu terbaru, masih dikatakan tergolong cukup murah yakni mulai Rp 25 ribu.

Kenapa di sebut pulau seribu?

Kepulauan Seribu Mengapa dinamakan Kepulauan Seribu ? Kepulauan Seribu berada di Indonesia tepatnya berada di Provinsi Jakarta. Kepulauan seribu dinamakan Kepulauan seribu karena Pulau pada Kepulauan Seribu berjumlah banyak. Kerena itulah dinamakan Kepulauan Seribu. Semoga membantu ^_^

Pulau Seribu Selat apa?

Bermacam-macam pulau di Indonesia terdiri dari berbagai macam kebudayaan, salah satunya kebudayaan Pulau Seribu, Pulau Seribu terletak di selat jawa yaitu selat yang menghubungkan pulau Sumatera dan pulau jawa. Lokasi lebih tepatnya dekat dengan Jakarta dan Banten.

  • Pulau seribu dinamakan demikian karena terdiri dari beberapa pulau-pulau kecil yang tersebar.
  • Pulau seribu juga terdiri dari gugusan pulau yang tergabung dibawah naungan DKI Jakarta.
  • Pulau seribu terkenal akan keindahan pulau dan lautnya.
  • Banyak wisatawan yang menghabiskan liburan di pulau seribu untuk menikmati keindahan bawah laut yang memiliki terumbu karang dan ikan-ikan yang menarik.

Tak jarang wisatawan mancanagera juga turut tertarik mengunjungi pulau seribu untuk menyaksikan keindahan alamnya. Selain itu akses menuju pulau seribu tidak sulit sehingga wisata di pulau seribu tetap ramai diminati, Bukan hanya wisatanya, kebudayaan Pulau Seribu juga menarik.

Meskipun berdekatan dengan Jakarta dan beberapa daerah lainnya, kebudayaan di pulau ini khas dan berbeda jauh terutama dari segi logat bicara. Logat bicara dan kosakatanya jauh berbeda dengan daerah di Jakarta. Hal ini disebabkan oleh campuran etnis dari berbagai suku di Indonesia yang bermukim di pulau seribu.

Kebudayaan di pulau Seribu memang patut untuk dipelajari lebih jauh mulai dari asal usulnya hingga karakteristiknya. Ada banyak sekali hal lain yang berkaitan dengan kebudayaan Pulau Seribu yang akan dijelaskan dibawah ini.

Apakah perbedaan Kepulauan Seribu dengan wilayah lain di daerah jakarta?

Jawaban: Kepulauan seribu adalah wilayah DKI Jakarta yang berbentuk kepulauan,dibanding wilayah jakarta yg lainnya yg tergabung menjadi satu. Kepulauan seribu ini terdiri dari gugusan pulau – pulau kecil. Jika jakarta maju dengan sektor industri dan jasanya, kepulauan seribu ini adalah daerah wisata.

Dimana letak pulau panggang?

Pulau Panggang adalah suatu pulau dan juga merupakan kelurahan di kecamatan Kepulauan Seribu Utara, Kabupaten Kepulauan Seribu, Jakarta, Indonesia.

Pulau Pramuka kelurahan Apa?

Pulau Pramuka

Geografi
Provinsi DKI Jakarta
Kabupaten Kepulauan Seribu
Kecamatan Kepulauan Seribu Utara
Kelurahan Pulau Panggang

Apa mata pencaharian penduduk di Kepulauan Seribu?

Demografi dan Potensi Makro – Pulau-pulau pemukiman yang ada di wilayah Kecamatan Kepulauan Seribu Utara termasuk dalam Daerah Penyangga TN Kepulauan Seribu. Penduduk daerah penyangga TN Kepulauan Seribu per bulan Februari 2020 berjumlah 15.565 jiwa (4643 KK), bermukim di Pulau Pemukiman yaitu Pulau Panggang, Pulau Pramuka, Pulau Kelapa, Pulau Kelapa Dua, dan Pulau Harapan.

Mata pencaharian pokok masyarakat adalah nelayan tangkap 70,99 %, utamanya nelayan tangkap. Penangkapan ikan di kawasan TN Kepulauan Seribu oleh nelayan lokal menggunakan alat tradisional berupa pancing dan bubu, serta sebagian kecil nelayan menggunakan jaring. Jenis jaring yang digunakan oleh masyarakat terdiri dari jaring dasar dan jaring payang.

See also:  Berikut pernyataan yang benar tentang piagam jakarta adalah?

Namun saat ini masih ditemukan segelintir nelayan masih menggunakan jaring muroami (jaring yang tidak ramah terumbu karang), racun potasium sianida dan atau bahan peledak, Berdasarkan kriteria kegiatan budidaya perikanan berupa kondisi fisik geofisik (keterlindungan, kedalaman perairan, dan substrat dasar laut), oceanografis (kecepatan arus) dan kualitas air (kecerahan dan salinitas), kapasitas Kepulauan Seribu untuk pengembangan budidaya perikanan laut seluas 904,17 ha, diantaranya 622,49 ha (66 %) dalam kawasan Taman Nasional Kepulauan Seribu.

Apakah pulau seribu buka 2021?

Jakarta – Turunnya level PPKM DKI Jakarta ke level 2 diikuti dengan pembukaan kembali tempat wisata seperti Kepulauan Seribu, Ini syarat berkunjung ke sana. Hal itu pun diketahui lewat unggahan di laman Instagram Disparekraf DKI Jakarta seperti dikutip detikTravel, Sabtu (30/10/2021).

Pembukaan kembali wisata Pulau Seribu turut disertai dengan sejumlah aturan dan prokes yang harus ditaati. “Pariwisata Kepulauan Seribu telah dibuka kembali. Perhatikan poin penting sebelum berwisata ke Kepulauan Seribu ya, pastikan teman-teman telah divaksin, mengunduh aplikasi peduli lindungi/Jaki, dan melampirkan hasi negatif test antigen/PCR sebagai syarat perjalanan.

Tetap bijak dalam berwisata, terapkan protokol kesehatan dimanapun teman-teman berada,” bunyi informasinya. Kabar itu juga dibenarkan oleh Kepala Seksi Pengawasan Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DKI Jakarta Iffan saat dikonfirmasi, Jumat (22/10/2021).

Bagaimana keadaan air tawar di Pulau Seribu?

Pada umumnya air tawar di pulau-pulau Kepulauan Seribu mempunyai kadar garam (NaCl) yang tinggi (airnya asin) sehingga airnya tidak dapat diminum. Tetapi ada beberapa pulau yang mempunyai sumber air tawar diantaranya ialah P. Tidung, P. Elang, P. Kelapa, P.

Berapa biaya ke Pulau Tidung?

Itinerary Paket Wisata Pulau Tidung 3D2N Via Kaliadem Muara Angke –

Uraian Kegiatan
HARI PERTAMA

  • 06.00-06.30 WIB: Sudah berkumpul di pelabuhan kaliadem muara angke, kapal berangkat menuju pulau tidung pukul 08.00 WIB.
  • 08.00 WIB: Kapal berangkat menuju pulau tidung.
  • 10.30 WIB: Tiba di pelabuhan pulau tidung langsung menuju homestay untuk check-in (dipandu tour guide), setelah sampai di homestay istirahat sejenak sambil menikmati welcomedrink.
  • 11.00-12.00 WIB: Makan siang.
  • 12.00-13.00 WIB: Istirahat sejenak.
  • 13.00-15.00 WIB: Bersepeda ke pantai jembatan cinta.
  • 15.00-16.00 WIB: Bersepeda ke pantai saung cemara.
  • 16.00-17.00 WIB: Kembali ke homestay.
  • 17.00-18.00 WIB: Hunting sunset di pantai tanjung barat (saung sunset).
  • 18.00-19.00 WIB: Makan malam.
  • 19.00-21.00 WIB: Istirahat sejenak.
  • 21.00 WIB: Acara bebas.

HARI KEDUA

  • 05.30-07.30 WIB: Hunting sunrise di pantai jembatan cinta & lanjut ke pantai saung cemara.
  • 07.30-08.30 WIB: Sarapan pagi.
  • 08.30-11.00 WIB: Snorkeling di perairan/laut pulau tidung kecil & pulau payung.
  • 11.00-12.00 WIB: Mampir ke pantai jembatan cinta, bermain banana boat bagi yang booking paket lengkap (setelah selesai kembali ke homestay).
  • 12.00-13.00 WIB: Makan siang.
  • 13.00-15.00 WIB: Istirahat sejenak.
  • 15.00-17.00 WIB: Bersepeda ke pantai saung cemara.
  • 17.00-18.00 WIB: Hunting sunset.
  • 18.00-19.00 WIB: Makan malam.
  • 19.00-21.00 WIB: Istirahat sejenak, menunggu waktu barbeque tiba.
  • 21.00 WIB: Barbeque time s/d selesai.

HARI KETIGA

  • 06.00-06.30 WIB: Sarapan pagi.
  • 06.30-07.30 WIB: Siap packing.
  • 07.30-08.00 WIB: Berkumpul di pelabuhan pulau tidung.
  • 08.00 WIB: Kapal berangkat menuju Jakarta.

Note: Perubahan bisa saja terjadi sesuai kondisi di lapangan.

Foto: instagram.com/wirapribadi) Paket Wisata Pulau Tidung 2D1N Via Muara Angke, Harga Paket Mulai Dari Rp.325.000/orang.

Pulau Bidadari naik apa?

Keunikan Pulau Bidadari mungkin sudah tidak asing bagi warga yang tinggal di Jakarta atau sekitarnya. Pasalnya obyek wisata satu ini sudah menjadi salah satu tempat wisata yang sering dikunjungi masyarakat Jakarta dan sekitarnya. Letak Pulau Bidadari yang tidak jauh dari pelabuhan Marina Ancol atau Muara Angke, membuatnya sering dikunjungi.

  1. Biasanya Pulau Bidadari akan ramai dikunjungi wisatawan pada akhir pekan atau saat liburan.
  2. Pulau Bidadari yang memiliki luas daratan sekitar 6 hektar ini memang mudah dicapai.
  3. Anda hanya perlu menaiki boat melalui Pelabuhan Marina Ancol atau naik perahu dari Muara Angke untuk bisa mencapainya.
  4. Tidak sulit dan tidak memerlukan biaya besar untuk mengunjungi Pulau Bidadari, apalagi jika Anda bertempat tinggal di Jakarta.

Untuk Anda yang tengah berkunjung ke Jakarta, tak ada salahnya memasukkan Pulai Bidadari sebagai destinasi kunjungan wisata. Karena pulau satu ini memiliki keindahan pantai yang mampu menghilangkan penat Anda. Selain memiliki panorama alam yang indah, Pulau Bidadari juga memiliki keunikan-keunikan lain yang membuat pulau ini berbeda dari pulau lainnya.

Beberapa keunikan Pulau Bidadari inilah yang membuat banyak wisatawan mau meluangkan waktu untuk datang dan menghabiskan masa liburan mereka di pulau satu ini. Nah, sebelum berkujung ke pulau cantik ini ada baiknya Anda memiliki informasi mengenai apa saja keunikannya. Jadi, ketika datang ke sana Anda bisa langsung mengunjungi tempat-tempat unik ini dan memutuskan apakah tempat-tempat itu memang sesuai dengan yang dikatakan orang-orang.

Berikut adalah 5 keunikan dari Pulau Bidadari yang wajib Anda ketahui.

Berapa harga ke pulau Pari?

Itinerary Paket Wisata Pulau Pari 3D2N Via Kaliadem Muara Angke –

Uraian Kegiatan
HARI PERTAMA

  • 06.00-06.30 WIB: Sudah berkumpul di pelabuhan kaliadem muara angke, kapal berangkat menuju pulau pari pukul 08.00 WIB.
  • 08.00 WIB: Kapal berangkat menuju pulau pari.
  • 09.45 WIB: Tiba di pelabuhan pulau pari langsung menuju homestay untuk check-in (dipandu tour guide), setelah sampai di homestay istirahat sejenak sambil menikmati welcomedrink.
  • 11.00-12.00 WIB: Makan siang.
  • 12.00-13.00 WIB: Istirahat sejenak.
  • 13.00-16.00 WIB: Bersepeda ke pantai perawan.
  • 16.00-17.00 WIB: Kembali ke homestay.
  • 17.00-18.00 WIB: Bersepeda ke LIPI (hunting sunset).
  • 18.00-19.00 WIB: Makan malam.
  • 19.00-21.00 WIB: Istirahat sejenak.
  • 21.00 WIB: Acara bebas.

HARI KEDUA

  • 05.30-07.30 WIB: Bersepeda ke pantai perawan (hunting sunrise).
  • 07.30-08.30 WIB: Sarapan pagi.
  • 08.30-11.00 WIB: Snorkeling di perairan/laut pulau pari.
  • 11.00-12.00 WIB: Bermain banana boat bagi yang booking paket lengkap, setelah selesai kembali ke homestay.
  • 12.00-13.00 WIB: Makan siang.
  • 13.00-17.00 WIB: Istirahat sejenak, lalu lanjut jalan-jalan ke pantai bintang.
  • 17.00-18.00 WIB: Hunting sunset.
  • 18.00-19.00 WIB: Makan malam.
  • 19.00-21.00 WIB: Istirahat sejenak, sambil menunggu waktu barbeque tiba.
  • 21.00 WIB: Barbeque time s/d selesai.

HARI KETIGA

  • 05.30-07.30 WIB: Hunting sunrise di pantai perawan.
  • 07.30-08.30 WIB: Sarapan pagi.
  • 08.30-09.30 WIB: Siap packing.
  • 09.30-10.00 WIB: Berkumpul di pelabuhan pulau pari.
  • 10.00-11.00 WIB: Kapal berangkat menuju jakarta.

Note: Perubahan bisa saja terjadi sesuai kondisi di lapangan.

Foto: instagram.com/wirapribadi) Paket Wisata Pulau Tidung 2D1N Via Muara Angke, Harga Paket Mulai Dari Rp.325.000/orang.

Apakah perbedaan Kepulauan Seribu dengan wilayah lain di daerah jakarta?

Jawaban: Kepulauan seribu adalah wilayah DKI Jakarta yang berbentuk kepulauan,dibanding wilayah jakarta yg lainnya yg tergabung menjadi satu. Kepulauan seribu ini terdiri dari gugusan pulau – pulau kecil. Jika jakarta maju dengan sektor industri dan jasanya, kepulauan seribu ini adalah daerah wisata.

Dimana letak pulau panggang?

Pulau Panggang adalah suatu pulau dan juga merupakan kelurahan di kecamatan Kepulauan Seribu Utara, Kabupaten Kepulauan Seribu, Jakarta, Indonesia.

Pulau Pramuka kelurahan Apa?

Pulau Pramuka

Geografi
Provinsi DKI Jakarta
Kabupaten Kepulauan Seribu
Kecamatan Kepulauan Seribu Utara
Kelurahan Pulau Panggang

Berapa jumlah pulau yang ada di Kepulauan Seribu?

Kecilnya penduduk di Kepulauan Seribu bukan berarti layanannya ikut tertinggal. REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan menyampaikan gagasannya di acara DariPendopo lewat akun channel Youtube pribadinya. Kali ini, Anies membahas tentang Kabupaten Kepulauan Seribu yang masih tertinggal dengan Jakarta daratan.

  • Anies tampil dari pendopo rumahnya di kawasan Lebak Bulus, Jakarta Selatan.
  • Dia menyampaikan gagasan dan kebijakannya sebagai gubernur DKI dengan latar gambar Pangeran Diponegoro.
  • Mungkin ada yang berpikir ini yang namanya Kepulauan Seribu itu berapa sih pulaunya? Ada berapa di Kepulauan Seribu itu? Mungkin boleh jadi tebakan ini sebetulnya, kalau Anda bisa tebak berapa pulau di Kepulauan Seribu itu?” kata Anies mengawali pemaparannya di Jakarta, Sabtu (11/12) malam WIB.

Dia menyebut, ada orang yang menjawab 1.000 pulau sehingga dinamakan Kepulauan Seribu. “Namanya memang Kabupaten Kepulauan Seribu, tapi jumlah pulaunya 110 pulau, dan dari 110 pulau itu yang berpenduduk ada 11 pulau. Jadi totalnya kalau kita menghitung yang harus kita layani ada 11 pulau kira-kira sekitar 7.000 kepala keluarga, yang kalau dihitung jumlahnya ada 27 ribu orang penduduk di kawasan ini,” ucap Anies.

  1. Menurut dia, jumlah penduduk Kabupaten Kepulauan Seribu jika dibandingkan dengan kecamatan di Jakarta daratan maka rasionya sangat kecil.
  2. Meski begitu, kata Anies, kecilnya penduduk bukan berarti kecilnya layanan yang diberikan Pemprov DKI, dan bukan berarti tertinggal.
  3. Justru di situlah letak tantangannya.

Republik ini tidak pernah didirikan hanya untuk tempat-tempat yang padat penduduk, Republik ini didirikan untuk siapa saja yang ada di Nusantara, yang nature-nya adalah kepulauan. Jika di Ibu Kota kawasan kepulauan tertangani dengan baik maka kita sedang mengirimkan pesan kepada seluruh penduduk di kepulauan mana pun di Republik ini bahwa ini adalah soal waktu saja, semua akan tertangani,” kata Anies.

Adblock
detector