Kongres pemuda kedua yang diadakan di jakarta berlangsung pada tanggal?

kongres pemuda kedua yang diadakan di jakarta berlangsung pada tanggal
KOMPAS.com – Kongres Pemuda II dilaksanakan pada tanggal 27 Oktober hingga 28 Oktober 1928 di Jakarta, dipimpin oleh Soegondo Djojopoespito dari Perhimpunan Pelajar Pelajar Indonesia (PPPI). Kongres ini dibagi menjadi tiga rapat umum, di mana pada rapat kedua, Kongres Pemuda II membahas masalah pendidikan.

Kapan Kongres Pemuda ke 2 dilaksanakan dan apa hasilnya?

Kongres Pemuda II, yang diadakan pada tanggal 27-28 Oktober 1928 dipimpin oleh Soegondo Djojopoespito dari PPPI (Perhimpunan Pelajar-Pelajar Indonesia), menghasilkan keputusan penting yang disebut sebagai Sumpah Pemuda.

Apa isi kongres pemuda 2 pada tahun 1928?

Isi Sumpah Pemuda dan Maknanya – Kami putra dan putri Indonesia, mengaku bertumpah darah yang satu, tanah Indonesia. Kami putra dan putri Indonesia, mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia. Kami putra dan putri Indonesia, menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia.

Pada tanggal 28 Oktober 1928 telah dilaksanakan Kongres Pemuda II dimana hasilnya dikatakan sebagai perjuangan bangsa Indonesia karena?

Peristiwa pengikran Sumpah Pemuda menjadi momentum penting bagi sejarah bangsa Indonesia. Melalui pengikraran Sumpah Pemuda rasa kedaerahan melebur menjadi semangat persatuan demi merahi cita-cita kemerdekaan. Para pemuda melakukan berbagai upaya melawan dominasi bangsa-bangsa asing melaluai organisasi modern.

Sebutkan kapan peristiwa Kongres Pemuda 1 dan 2 berlangsung?

kongres pemuda kedua yang diadakan di jakarta berlangsung pada tanggal Mufid Majnun/unsplash Contoh soal dan pembahasan materi Sumpah Pemuda. Bobo.id – Pada pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan kelas 8 SMP, teman-teman mulai mempelajari materi tentang Sumpah Pemuda, Nah, untuk memudahkan teman-teman memahami materi ini, mari simak contoh soal dan pembahasan berikut.1.

  1. Sebutkan kapan peristiwa Kongres Pemuda I dan II berlangsung? Pembahasan: Kongres Pemuda I berlangsung di Jakarta, pada 30 April hingga 2 Mei 1926.
  2. Pada Kongres Pemuda I ini, pemuda-pemudi Indonesia membicarakan pentingnya persatuan bangsa bagi perjuangan menuju kemerdekaan.
  3. Selanjutnya Kongres Pemuda II dilaksanakan pada 27-28 Oktober 1928, yang menghasilkan Sumpah Pemuda.

Pada peristiwa Kongres Pemuda inilah lagu kebangsaan Indonesia Raya pertama kali diperdengarkan. Kemudian lagu Indonesia Raya dipublikasikan pertama kali tahun 1928 melalui media cetak surat kabar Sin Po. Baca Juga: Contoh Soal dan Pembahasan Materi Penerapan Energi dan Gaya Listrik 2.

Sebutkan nilai-nilai luhur yang terdapat dalam semangat Sumpah Pemuda. Pembahasan: – Mengutamakan kepentingan bangsa di atas kepentingan pribadi atau golongan. – Menjunjung tinggi persatuan dan kesatuan. – Sikap cinta tanah air. – Menghargai dan menerima perbedaan.3. Sebutkan organisasi kepemudaan yang aktif pada masa perjuangan dan jelaskan secara singkat.

Pembahasan: – Trikoro Dharmo Baca Juga: Contoh Soal dan Pembahasan Materi tentang Perubahan Bentuk Benda Trikoro Dharmo merupakan organisasi pemuda kedaerahan pertama di Indonesia. Organisasi ini dididirikan di Gedung Stovia pada 7 Maret 1915. Secara umum, Trikoro Dharmo bertujuan untuk mempersatukan pemuda Jawa, Sunda, Madura, Bali, dan Lombok.

  • Perhimpunan Pelajar-Pelajar Indonesia (PPPI) PPPI dibentuk tahun 1925 oleh para mahasiswa Sekolah Tinggi Hukum, dan mulai diresmikan bulan September tahun 1926.
  • PPPI diketuai oleh Soegondo Djojopoepito dan mempunyai tujuan memperjuangkan Indonesia agar merdeka dari penjajahan.
  • Jong Indonesia/Pemuda Indonesia Jong Indonesia berdiri pada tahun 1927 di Bandung, yang didirikan oleh para pelajar Indonesia yang baru saja pulang dari luar negeri.
See also:  Toko emas di jakarta yang bagus?

– Jong Sumatranen Bond Jong Sumatranen Bond merupakan organisasi pemuda yang didirikan pada 2 Desember 1917 di STOVIA. Baca Juga: Contoh Soal dan Pembahasan tentang Renang Gaya Punggung dan Dasar-Dasar Penyelamatan Diri di Air, Materi PJOK Kelas 6 SD Organisasi ini berasal dari Sumatra dan memiliki tujuan berjuang melawan penjajah melalui jalur pendidikan.

Kapan diadakan kongres pemuda 2 brainly?

TRIBUNNEWS.COM – Simak kunci jawaban Buku Tematik Tema 7 Kelas 5 SD/MI Subtema 1 Pembelajaran 4 halaman 52, 53 dan 54 berikut ini. Satu dari beberapa soal yakni Kapan Kongres Pemuda dilaksanakan? dan Di manakah Kongres Pemuda dilaksanakan? Kunci jawaban di artikel ini berfungsi sebagai pembanding jawaban dari orang tua maupun anak terhadap materi yang telah dipelajari sebelumnya.

  1. Sebaiknya, orang tua dan anak membaca terlebih dahulu setiap soal dan mencoba mengerjakan terlebih dahulu sebelum melihat kunci jawaban ini.
  2. Baca juga: Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 4 Halaman 70 72 73 74 76 Subtema 2 Pembelajaran 4 Bacaan Halaman 51 – 52 Ayo Membaca Peristiwa Sumpah Pemuda 1928 Selama zaman penjajahan Belanda, Kongres Pemuda Indonesia diselenggarakan tiga kali.

Kongres Pemuda Indonesia I berlangsung di Jakarta pada tanggal 30 April – 2 Mei tahun 1926 diikuti oleh semua organisasi pemuda. Namun, Kongres Pemuda Indonesia I belum dapat menghasilkan keputusan yang mewujudkan persatuan seluruh pemuda. Kongres Pemuda Indonesia I merupakan persiapan Kongres Pemuda Indonesia II.

Ongres Pemuda Indonesia II berlangsung di Jakarta pada tanggal 27 – 28 Oktober. Pusat penyelenggaraan kongres tersebut di Gedung Indonesische Club di Jl. Kramat Raya 106, tetapi keseluruhan sidang diselenggarakan di tiga tempat. Pemuda bekerja keras mempersiapkan segala sesuatu yang diperlukan, termasuk menyusun panitia kongres.

Pada malam penutupan tanggal 28 Oktober 1928, Kongres Pemuda Indonesia II mengambil keputusan sebagai berikut.a. Menerima lagu “Indonesia Raya” ciptaan W.R. Supratman sebagai lagu kebangsaan Indonesia.

See also:  Tempat yang lagi hits di jakarta?

Dimanakah rapat pertama kongres pemuda 2 dilaksanakan?

Pelaksanaan – Kongres dilaksanakan di tiga gedung yang berbeda dan dibagi dalam tiga kali rapat. Rapat pertama, Sabtu, 27 Oktober 1928, diadakan di Gedung Katholieke Jongenlingen Bond (KJB), Waterlooplein (sekarang Lapangan Banteng ). Dalam sambutannya, ketua PPPI Sugondo Djojopuspito berharap kongres ini dapat memperkuat semangat persatuan dalam sanubari para pemuda.

  1. Acara dilanjutkan dengan uraian Muhammad Yamin tentang arti dan hubungan persatuan dengan pemuda.
  2. Menurutnya, ada lima faktor yang bisa memperkuat persatuan Indonesia, yaitu sejarah, bahasa, hukum adat, pendidikan, dan kemauan.
  3. Rapat kedua, Minggu, 28 Oktober 1928, kongres diadakan di Gedung Oost-Java Bioscoop, membahas masalah pendidikan.

Kedua pembicara, Poernomowoelan dan Sarmidi Mangoensarkoro, berpendapat bahwa anak harus mendapat pendidikan kebangsaan, harus pula mendapat keseimbangan antara pendidikan di sekolah dan di rumah. Anak juga harus dididik secara demokratis. Pada rapat penutupan di gedung Indonesische Clubgebouw di Jalan Kramat Raya 106, Sunario menjelaskan pentingnya nasionalisme dan demokrasi selain gerakan kepanduan,

  • Ramelan mengemukakan, gerakan kepanduan tidak bisa dipisahkan dari pergerakan nasional.
  • Gerakan kepanduan sejak dini mendidik anak-anak disiplin dan mandiri: hal-hal yang dibutuhkan dalam perjuangan.
  • Sebelum kongres ditutup diperdengarkan lagu Indonesia Raya karya Wage Rudolf Supratman yang dimainkan dengan biola saja tanpa syair, atas saran Sugondo kepada Supratman.

Lagu tersebut disambut dengan sangat meriah oleh peserta kongres. Kongres akhirnya ditutup dengan mengumumkan rumusan hasil kongres. Oleh para pemuda yang hadir, rumusan itu diucapkan sebagai Sumpah Setia,

Kapan kongres pemuda pertama?

KOMPAS.com – Kongres Pemuda adalah pertemuan nasional yang pernah diselenggarakan dua kali di Jakarta. Kongres Pemuda I dilaksanakan pada tanggal 30 April hingga 2 Mei 1926 di Kawasan Lapangan Banteng, Jakarta. Dalam kongres ini, dibahas beberapa persoalan, mulai dari pembentukan badan pusat, gagasan persatuan, peran wanita, peran agama, serta peran bahasa untuk mencapai Indonesia merdeka.

Siapakah Ketua Kongres Pemuda pada tanggal 28 Oktober 1928?

Jakarta – Soegondo Djojopoespito memiliki peran penting dalam terbentuknya Sumpah Pemuda. Dia merupakan Ketua Kongres Pemuda II dan sekaligus pendiri Perhimpunan Pelajar Pelajar Indonesia (PPPI). Sumpah Pemuda ini kemudian diperingati setiap tahunnya di tanggal 28 Oktober.

Siapakah Ketua Kongres Pemuda II pada tanggal 28 Oktober *?

Sumber –

  1. ^ Ensiklopedia Indonesia, Sugondo Djodjopuspito, Volume 3
  2. ^ Drs.M. Soenyata Kartadarmadja: Sugondo Djodjopuspito, Hasil Karya dan Pengabdiannya, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Proyek Dokumentasi Sejarah Nasional 1982/1983
  3. ^ Sunaryo Joyopuspito: Soegondo Djodjopoespito, Tokoh Pemuda 1928, Museum Sumpah Pemuda 2011
  4. ^ Data silsilah keluarga Soegondo Djodjopuspito
  5. ^ Soegondo Djojopuspito: Ke arah Kongres Pemuda II, Media MUDA No.6 & 7 tahun I, November 1973
  6. ^ Suwarsih Djojopuspito, Manusia Bebas, PT Djambatan 1975
  7. ^ Soebagio IN, Surat yang dikirim oleh Sugondo Djojopuspito, Majalah TEMPO 06 Mei 1978
See also:  Seni teater yang berasal dari daerah jakarta adalah....?

Apa isi dari Kongres Pemuda 1 dan 2?

Hasil keputusan Kongres Pemuda I adalah mempersatukan berbagai organisasi pemuda hingga merencanakan Kongres pemuda II. Sementara itu, hasil keputusan Kongres Pemuda II adalah dukungan terhadap persatuan Indonesia dan perkumpulan pemuda Indonesia dan membentuk organisasi Indonesia Muda.

mempersatukan berbagai organisasi pemuda, memajukan paham persatuan Indonesia, mempererat hubungan antarorganisasi pemuda, dan merencanakan Kongres pemuda II.

Sementara itu, Kongres Pemuda II diadakan pada 27-28 Oktober 1928 di Batavia. Adapun hasil dari Kongres Pemuda II di antaranya adalah menyatakan dukungan terhadap persatuan Indonesia dan perkumpulan pemuda Indonesia yang tercermin dalam Sumpah Pemuda. Selain itu, dibentuk organisasi Indonesia Muda sebagai fusi dari berbagai organisasi pemuda.

Apa hasil Kongres Pemuda Indonesia 1 di Jakarta?

Hasil Kongres Pemuda I adalah: 1. Mengusulkan agar semua perkumpulan pemuda bersatu dalam organisasi pemuda Indonesia.2. Mengakui dan menerima cita-cita untuk mewujudkan persatuan Indonesia (meskipun dalam hal ini masih belum jelas).3. Adanya upaya untuk menghilangkan pandangan adat, sifat kedaerahan yang kolot, dan sebagainya.4.

Apa sajakah keputusan yang dihasilkan dalam kongres pemuda 2?

Hasil keputusan Kongres Pemuda I adalah mempersatukan berbagai organisasi pemuda hingga merencanakan Kongres pemuda II. Sementara itu, hasil keputusan Kongres Pemuda II adalah dukungan terhadap persatuan Indonesia dan perkumpulan pemuda Indonesia dan membentuk organisasi Indonesia Muda.

mempersatukan berbagai organisasi pemuda, memajukan paham persatuan Indonesia, mempererat hubungan antarorganisasi pemuda, dan merencanakan Kongres pemuda II.

Sementara itu, Kongres Pemuda II diadakan pada 27-28 Oktober 1928 di Batavia. Adapun hasil dari Kongres Pemuda II di antaranya adalah menyatakan dukungan terhadap persatuan Indonesia dan perkumpulan pemuda Indonesia yang tercermin dalam Sumpah Pemuda. Selain itu, dibentuk organisasi Indonesia Muda sebagai fusi dari berbagai organisasi pemuda.

Apa hasil keputusan dari Sumpah Pemuda?

Yang dimaksud dengan ‘ Sumpah Pemuda ‘ adalah keputusan Kongres Pemuda Kedua yang diselenggarakan dua hari, 27—28 Oktober 1928 di Batavia (kini bernama Jakarta). Keputusan ini menegaskan cita-cita akan ‘tanah air Indonesia’, ‘bangsa Indonesia’, dan ‘bahasa Indonesia’.