Mengapa kota besar seperti jakarta sering mengalami banjir?

mengapa kota besar seperti jakarta sering mengalami banjir
Banjir Bandang – Banjir Bandang ( Air Bah ) adalah Banjir yang datang secara tiba-tiba dengan laju yang sangat cepat dengan volume air yang banyak dan sangat berbahaya. Bahaya yang disebabkan karena banjir bandang tentunya karena banjir jenis ini akan menyapu dengan keras yang ada didepanya sehingga akan hanyut bersama dengan air banjir yang datang.

  1. Pada banyak kasus, banjir bandang berpotensi lebih besar untuk menelan korban jiwa dikarenakan terjadinya yang tidak sempat diprediksi sebelumnya.
  2. Curah hujan yang deras dan berlangsung lama tanpa henti biasa menjadi faktor utama yang mempengaruhi penyebab terjadinya banjir bandang.
  3. Pada dasarnya banjir bandang seperti banjir biasa yaitu dikarenakan genangan air yang tidak mampu diserap oleh tanah sekitar lokasi kejadian.

Bedanya banjir bandang merupakan air banjir yang mengalir dari wilayah tinggi ke wilayah lebih rendah dengan volume air yang cukup tinggi sehingga menghasilkan aliran arus air deras dan berbahaya. Banjir bandang mampu membawa dan menghanyutkan manuisa serta benda benda yang berukuran besar seperti kendaraan bermotor hingga mobil tentunya jika benda berat tersebut terbawa arus dan menabrak rumah akan hancur, sedangkan jika menabrak manusia bisa menyebabkan luka parah hingga kematian secara langsung.

Contoh yang paling umum wilayah yang sering terkena banjir yaitu kota Jakarta. Banjir bandang yang terjadi di Ibu Kota Indonesia ini disebabkan karena luapan volume air dari sungai. Tentunya sungai yang kotor karena sampah dan kedalaman sungai yang dangkal menyebabkan banjir bandang lebih mudah terjadi.

Selain kota Jakarta, kota Bandung, Semarang dan berbagai kota lainnya masih sering mengalami bencana banjir. Tetapi untuk belakangan ini pemerintah sudah serius dalam menangani banjir dan juga penyebabnya sehingga masalah banjir diharapkan bisa diminimalisir.

See also:  Mall di jakarta kapan dibuka kembali?

Apa yang menyebabkan kota besar seperti Jakarta sering mengalami banjir?

1. Kebiasaan Buruk Membuang Sampah Sembarangan –

Adblock
detector