Mengapa masyarakat jakarta sebaiknya menggunakan alat transportasi umum?

mengapa masyarakat jakarta sebaiknya menggunakan alat transportasi umum
Jawaban: karena jika seluruh masyarakat jakarta menggunakan alat transportasi pribadi, itu akan menyebabkan semakin maraknya kemacetan.

Kenapa kita harus menggunakan transportasi umum?

JAKARTA – Kendaraan angkutan umum pernah melegenda di tanah air. Angkutan kereta api, bus kota, mini bus hingga oplet pernah merajai jalanan di semua ruas jalan kota besar di tanah air. Mau ke pasar, ke sekolah, ke tempat kerja, bertandang ke sanak saudara hingga mudik lebaran angkutan umum menjadi pilihannya.

Maka tidak heran jika terminal-terminal bus dan angkutan kota termasuk wilayah yang padat lalu lintasnya. Era penggunaan transportasi umum mulai bergeser ketika kepemilikan kendaraan roda empat dan kendaraan roda dua bertambah luar biasa setiap tahunnya. Demikian juga dengan jaringan jalan yang kian mulus serta bahar bakar minyak (BBM) yang terjangkau harganya karena kesejahteraan masyarakat yang terus meningkat, baik di perkotaan maupun di pedesaan.

Namun pertambahnya jumlah kendaraan pribadi yang melampaui batas telah menimbulkan banyak persoalan, khususnya di perkotaan. Kemacetan mulai muncul dimana-mana, terbatasnya lahan parkir kendaraan juga menimbulkan masalah tersendiri, polusi udara yang mencemari lingkungan kian mengkhawatirkan, demikian juga dengan tingkat kematian yang disebabkan oleh kecelakaan lalu lintas juga meningkat pesat.

  1. Pemerintahan Presiden Jokowi sejak awal memerintah mendapatkan amanat dari rakyat telah memikirkan jauh hari persoalan-persoalan mendasar yang disebabkan oleh meningkatnya jumlah kendaraan pribadi.
  2. Bukan hanya kemacetan yang menguras energi, waktu dan biaya BBM yang hilang percuma di tengah jalan, juga menurunnya efisiensi dan produksitivitas masyarakat akibat dari kemacetan yang ditimbulkan oleh begitu banyaknya kendaraan yang mengaspal di jalan.

Langkah meningkatkan pembangunan infrastruktur jalan memang terus digalakkan, demikian juga dengan pembangunan jalan bebas hambatan/jalan tol, jalan layang, underpass, serta rekayasa sosial lalu lintas, serta pembangunan moda transportasi kereta api, pengadaan dan pengembangan bus umum, dan lain sebagainya.

See also:  Dki jakarta sebagai satuan pemerintahan yang bersifat khusus?

Belajar dari Negara Lain Beberapa negara maju barangkali dapat dijadikan contoh pengembangan transportasi umum yang diminati oleh masyarakatnya. Mayoritas penduduknya menggunakan transportasi umum untuk bepergian ke berbagai tujuan. Transportasi umum di beberapa negara maju tersebut sangat populer karena biaya/ongkosnya murah, lebih cepat sampai karena memiliki akses jalan khusus, dan memiliki jangkauan luas ke pelosok kota.

Belum lagi jaringan kereta api dan jaringan jalan yang terintegrasi dengan baik yang terhubung dengan moda-moda lainnya ke berbagai kota. Jaringan moda transportasi bus dan trem yang menghubungan penduduk dari pinggiran kota menuju pusat kota atau sebaliknya, sehingga dapat menekan tingkat kemacetan yang biasa terjadi di jam-jam tertentu di kota-kota negara tersebut.

Mengapa masyarakat Indonesia harus beralih ke kendaraan umum?

Pertama, dengan beralihnya masyarakat kepada kendaraan umum, tentu akan berdampak positif dalam mengurangi kemacetan di jalan raya, lalu lintas pun lebih tertata rapi dan tidak sumpek dengan kendaraan pribadi sebagai sumber kemacetan.

Apa Kelebihan transportasi umum dibandingkan transportasi pribadi?

Kelebihan dan Kekurangan Transportasi Umum – Kalau kamu memilih transportasi umum untuk melakukan aktivitas sehari-hari keuntungan yang akan kamu dapatkan adalah:

Lebih murah daripada transportasi pribadiOrang dari semua kelompok umur dan orang yang tidak memiliki SIM dapat bepergianMengurangi kemacetanPunya peluang lebih kecil untuk melanggar peraturan lalu lintasKamu jadi lebih sehat karena jalan kaki lebih banyakAkan mengurangi polusiMenghilangkan fobia bepergian sendirian dengan orang asing

Tapi, ada juga nih kekurangan jika kamu harus naik transportasi umum selama merantau dan jadi anak kost. Kekurangannya yaitu:

Harus cari kost yang dekat dengan halte MRT, halte busway, atau stasiun KRLHarus bangun pagi dan mengikuti jam transportasi tersebut.Rawan akan pencurianHarus mempelajari rute transportasi umum

See also:  Tuliskan rumusan dasar negara yang terdapat dalam piagam jakarta?

Mengapa menggunakan alat transportasi umum bisa mengurangi kemacetan?

Jawaban. Alasan mengapa transportasi umum dapat mengurangi kemacetan di kota kota besar adalah karena jika masyarakat di kota besar memakai kendaraan pribadinya sendiri-sendiri, maka akan semakin banyak kendaraan di jalan raya, sehingga jalanan akan padat dan menjadi macet.

Apa Keuntungan dari alat transportasi?

Jawaban: > Mengurangi kemacetan. Banyaknya pengguna jalan yang menggunakan kendaraan pribadi saat mudik, rentan menimbulkan kemacetan. > Menghemat biaya. > Membuat Anda bisa bersosialisasi. semoga membantu ya, maaf kalo salah ya Penjelasan: jangan lupa follow aku ya

Apakah manfaat yang didapatkan masyarakat dari adanya berbagai sarana transportasi?

Transportasi memiliki dua fungsi utama, yaitu: Membantu perpindahan arus manusia dan barang ke berbagai wilayah. Dukungan transportasi yang baik membuat kehidupan bernegara menjadi lebih optimal karena seluruh kebutuhan dapat terpenuhi. Manusia bisa berpindah tempat dengan cepat karena dukungan transportasi.

Mengapa menggunakan transportasi umum dapat dikatakan sebagai upaya menghemat energi?

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID – Simak pembahasan soal latihan berikut ini. Berikut kunci jawaban Tema 6 untuk kelas 3 SD/MI. Subtema 4 pembelajaran 4 halaman 177, 178, 179, dan 180 buku tematik mengenai Penghematan Energi. Sejumlah soal ada dalam buku Tema 6 Subtema 4 Pembelajaran 4 Kelas 3 SD Buku Siswa Tematik Terpadu Kurikulum 2013 edisi revisi 2018 halaman 177 sampai 180.

Ada empat subtema dalam buku tematik kelas 3 SD Tema 6 yang berjudul Energi dan Perubahannya. Masuk pada subtema 4, siswa kelas 3 SD akan belajar mengenai Penghematan Energi. • Cara Menghemat Listrik Lengkap Kunci Jawaban Tema Tema 6 Kelas 3 Halaman 153 154 159 160 Ayo Membaca (Halaman 176-177) Setiap hari Udin dan Edo berangkat ke sekolah.

Keduanya ke sekolah dengan berjalan kaki. Siti dan Dayu ke sekolah juga berjalan kaki. Ada juga teman Udin ke sekolah naik sepeda. Bersepeda atau berjalan kaki bersama teman merupakan kegiatan yang menyenangkan. Bersepeda menghemat energi bahan bakar minyak.

  • Arena berjalan dan bersepeda tidak membutuhkan bahan bakar minyak.
  • Menggunakan transportasi umum termasuk menghemat bahan bakar minyak.
  • Penggunaan transportasi umum mengurangi penggunaan kendaraan pribadi.
  • Semakin banyak orang menggunakan transportasi umum, semakin banyak penghematan bahan bakar minyak.
See also:  Kapan masuk sekolah tatap muka di jakarta?

Isilah titik-titik berikut berdasarkan bacaan di atas!

Apa dampak bagi lingkungan jika sebagian besar orang lebih memilih menggunakan angkutan umum daripada kendaraan pribadi?

Jawaban: Maka Jalanan akan lebih mudah diakses kendaraan umum,karena kurangnya masyarakat yang memakai kendaraan pribadi dan lebih memilih kendaraan umum sebagai alat transportasi,dan juga mengurangi polusi udara dan kecelakaan lalu lintas berkurang. Semoga Membantu! Maaf Jika Ada Yang Salah:)

Apa kekurangannya jika kita menggunakan alat transportasi umum?

Berikut beberapa kelebihan dan juga kelemahan dari transportasi umum yang murah atau gratis yaitu: Kelebihan yang dimiliki

  • Kita dapat menghemat biaya pengeluaran kita.
  • Kita berperan kedalam pengurangan polusi udara.
  • Membantu masyarakat kurang mampu dalam melakukan perjalanan.
  • Bermanfaat ketika situasi sedang hujan.
  • Mengurangi kemacetan di jalan dibandingkan dengan menggunakan kendaraan pribadi

Kelemahan yang dimiliki

  • Banyak orang yang menaikinya sehingga terkadang kita harus berebutan.
  • Terkadang supir belum profesional
  • Kenyamanan belum tentu terjamin.
  • Banyak orang yang merokok sehingga terkadang adanya asap rokok.
  • Cepat penuh di hari tertentu.
Adblock
detector