Mengapa sila pertama pada piagam jakarta di rubah?

mengapa sila pertama pada piagam jakarta di rubah
Alasan Perubahan Sila Pertama – Alasan perubahan sila pertama Piagam Jakarta sebagaimana disebutkan di atas adalah demi kepentingan bangsa dan negara yang memiliki berbagai suku bangsa serta agama. Kalimat perubahan ini mencerminkan bahwa bangsa Indonesia menjunjung tinggi toleransi.

  1. Sehingga, perubahan itu turut memperlihatkan komitmen para pendiri bangsa dalam mewujudkan persatuan dan kesatuan.
  2. Mengutip arsip berita detikEdu, rumusan sila pertama dalam Piagam Jakarta memang sempat menuai kritik.
  3. Beberapa tokoh perwakilan dari Indonesia Timur menyampaikan keberatan mengenai butir kesatu tersebut.

Alasannya, Indonesia tidak hanya dari kalangan umat muslim saja. Inilah yang jadi salah satu latar belakang perubahan sila pertama Pancasila. Disebutkan pula dalam buku Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan oleh Rahmanuddin Tomalili, Pancasila bukan suatu sistem nilai yang sifatnya teoretis, melainkan dekat dengan kehidupan warga negara Indonesia.

Pada awalnya sila pertama Pancasila dalam naskah Piagam Jakarta yang belum diubah menjadi seperti sekarang ini berbunyi?

Makna Perubahan Sila Pertama Piagam Jakarta | Pendidikan Kewarganegaraan SMP

Kesimpulan – Piagam Jakarta merupakan sebuah dokumen penting dan bersejarah bagi bangsa Indonesia. Piagaam Jakarta merupakan awal dari terbentunyab pembukaan UUD 1945. Namun, sebelum Piagama Jakarta ini disahkan, terjadi perubahan pada sila pertama yang berbunyi “Ketuhanan dengan kewajiban menjalankan syariat Islam bagi pemeluk-pemeluknya” menjadi “Ketuhanan Yang Maha Esa”.