Operasi hidung di jakarta yang bagus?

operasi hidung di jakarta yang bagus
Vragen en antwoorden Een vraag stellen V: Bisa suntik injeksi keloid? (Geen antwoorden) Alle vragen bekijken (38)

Berapa tarif operasi hidung?

Tip Rhinoplasty ( Operasi Ujung Hidung ) mulai Rp12.000.000.6. Nose Reduction ( Operasi Mengecilkan Hidung ) mulai Rp12.000.000.7. Nose Alar Reduction ( Operasi Mengecilkan Cuping Hidung ) mulai Rp12.000.000.8. Contouring Nose Bone ( Operasi Kontur Tulang Hidung ) mulai Rp7.000.000.

Berapa biaya operasi hidung mancung?

Seluk-beluk Operasi Plastik – Jakarta – Untuk memperbaiki penampilan sehingga terlihat lebih menarik, operasi plastik menjadi pilihan sebagian orang. Merogoh kocek lebih dalam pun harus dilakukan untuk menjalani prosedur ini. Berjuta-juta rupiah harus dikeluarkan demi mendapat hidung yang lebih mancung.

  1. Rata-rata biayanya tujuh sampai dua puluh lima juta.
  2. Hidung sendiri memakan biaya Rp 7 juta,” kata dr.
  3. Aditya Wardana, SpBP, dokter dari Divisi Bedah Plastik, Departemen Ilmu Bedah FKUI/RSCM, saat dihubungi detikHealth dan ditulis pada Rabu (6/3/2013).
  4. Sedangkan untuk rekonstruksi payudara, bahan implan padatnya memakan biaya sekitar Rp 9-10 juta.

Total implan dan pengoperasian secara menyeluruh untuk payudara dapat menghabiskan biaya Rp 25 juta rupiah. “Semua itu tergantung waktu yang dihabiskan dalam pengerjaannya,” sambung dr Adit. Jadi semakin lama maka akan semakin mahal biayanya. Berpa lama waktu yang diperlukan untuk melakukan operasi ini? “Biasanya sekitar empat sampai enam jam jika organ yang dioperasi memiliki kerumitan tinggi (rekonstruksi),” terang dr Adit.

Apa efek samping operasi hidung?

Jakarta (ANTARA) – Operasi hidung (rhinoplasty) adalah bedah yang dilakukan untuk mengubah bentuk hidung atau memperbaiki fungsinya. Dikutip dari Healthline, operasi hidung bisa dilakukan atas dasar ingin memperindah penampilan, tapi bisa juga dilakukan atas dasar kesehatan, yakni masalah pernapasan yang berhubungan dengan hidung atau kerusakan bentuk hidung akibat cacat lahir atau benturan.

  1. Perubahan dalam operasi hidung meliputi perubahan ukuran, sudut, menegakkan batang hidung, membentuk ujung hidung dan menyempitkan lubang hidung.
  2. Seseorang harus menunggu hingga tulang hidung tumbuh sempurna bila ingin menjalani prosedur ini demi kecantikan.
  3. Namun, operasi untuk memperbaiki gangguan pernapasan bisa dilaksanakan ketika pasien masih belia.

Semua operasi, termasuk operasi hidung, punya risiko seperti pendarahan atau reaksi anestesia. Operasi hidung bisa meningkatkan risiko kesulitan pernapasan, mimisan, hidung terasa kebal, hidung asimetris dan luka. Kadang kala ada pasien yang kurang puas dengan hasil operasi pertama.

Jika ingin melakukan bedah revisi, pasien harus menunggu hidung betul-betul sembuh sebelum masuk lagi ke ruangan operasi. Waktu yang dibutuhkan bisa mencapai setahun. Operasi hidung bisa dilakukan di rumah sakit atau kantor dokter. Biasanya pasien bisa langsung pulang tanpa harus dirawat di rumah sakit.

Dokter akan memberi bius total atau lokal. Bius total membuat pasien betul-betul tak sadarkan diri selama operasi, sementara bius lokal hanya membuat wajah pasien mati rasa. Setelah bius bekerja, dokter akan membuat sayatan di antara atau di dalam lubang hidung, lalu memisahkan kulit dari tulang rawan dan mulai membentuknya.

Jika hidung baru butuh sedikit tambahan tulang rawan, dokter mungkin mengambilnya dari telinga atau bagian dalam hidung. Cangkok tulang bisa dipilih bila kebutuhannya lebih banyak. Baca juga: Orang Indonesia paling suka operasi mancungkan hidung Prosedur ini berlangsung antara satu hingga dua jam, lebih lama bila operasinya sulit.

Setelah operasi, dokter akan memasangkan pelindung hidung untuk sepekan pertama. Pelindung ini membantu bentuk hidung baru tetap terjaga sembari luka operasi sembuh. Akan ada pembengkakan dan memar di sekitar mata yang bakal membaik pada hari ketiga. Namun efek samping itu bisa berlangsung hingga dua pekan.

  1. Untuk mengurangi pendarahan dan pembengkakan, pasien sebaiknya beristirahat dengan posisi kepala lebih tinggi dari dada.
  2. Bentuk baru dari hidung akan terlihat sempurna setelah pasien betul-betul sembuh.
  3. Pasien harus menghindari aktivitas berat selama tiga hingga enam pekan setelah operasi, misalnya berenang dan berlari.

Juga diasarankan untuk tidak membuat ekspresi wajah yang membutuhkan banyak gerak seperti tersenyum dan tertawa lebar. Tahan dulu untuk memakai kacamata karena dokter melarang untuk meletakkan kacamata di bagian hidung beberapa pekan setelah operasi. Meski operasi hidung relatif aman dan tergolong prosedur mudah, proses penyembuhannya butuh banyak waktu.

Apakah operasi hidung itu permanen?

Persiapan Sebelum Menjalani Operasi Hidung – Operasi hidung akan mengubah bentuk hidung secara permanen dan dapat menimbulkan berbagai risiko. Oleh karena itu, Anda perlu menginformasikan tujuan operasi dan bentuk hidung seperti apa yang diharapkan. Nantinya, dokter juga akan melakukan pemeriksaan guna menentukan teknik operasi hidung yang tepat.

Berapa harga operasi plastik Lucinta Luna?

Suara.com – Lucinta Luna berbagi cerita mengenai operasi plastiknya baru-baru ini. Kepada Sarwendah, Lucinta Luna mengungkap bagian tubuh mana yang telah diubah. “Mata, jidat, hidung, bibir, kuping, rahang, fat transfer, sama sexyline,” tutur Lucinta Luna dalam tayangan di kanal YouTube The Onsu Family pada Minggu (21/8/2022). Lucinta Luna Biaya operasi mata Lucinta Luna rupanya mencapai Rp 100 juta. “Karena ini (mata) bener-bener detail, paling lama karena dibentuk sama lemak nggak tau berapa cc,” terang LucintaLuna Baca Juga: Lucinta Luna Diduga Nangis Akibat Bentuk Hindungnya, Warganet: Produk Gagal Enggak Sih? Hanya untuk mata saja, Lucinta Luna harus menjalani operasi selama 3 jam. Lucinta Luna Awalnya dalam sepekan, Lucinta Luna menjalani operasi sampai 3 kali, lalu 4 kali, dan yang terakhir hanya sekali. Sementara itu, biaya operasi untuk leher utamanya pita suara Lucinta Luna diungkap hampir sama besarnya dengan harga mic milik Bertrand Peto.

See also:  Tempat spa yang bagus dan murah di jakarta?

Berapa lama sembuh dari operasi hidung?

Selain berfungsi untuk penciuman dan pernafasan, hidung memiliki fungsi penting untuk tampilan wajah Anda.

Apakah boleh operasi hidung dalam islam?

SOLOPOS.COM – ilustrasi (istimewa) Tentang Islam diasuh oleh H. Muhammad Amir, S.H., C.N., Ketua Majelis Pembina Yayasan Pendidikan Islam Al Mukmin Ngruki, Sukoharjo. Tentang Islam juga dimuat di subrubrik Ustaz Menjawab Khazanah Keluarga Harian Umum Solopos, setiap Jumat.

  1. Solopos.com, SOLO — Mengubah ciptaan Allah agar memiliki tampilan fisik lebih sempurna tidak dibenarkan dalam agama.
  2. Namun, bagaimana jika seorang istri diperintahkan suami untuk operasi plastik? Promosi Dukung UMKM Binaan BUMN Go Online, Tokopedia Daftarkan 2.000 NIB Seorang ibu rumah tangga di Baki, Sukoharjo merasa bimbang.

Mengingat ada pula kewajiban istri untuk mematuhi perintah suami. Bagaimana penjelasan ustaz mengenai hal ini? Simak ulasan ustaz berikut ini yang pernah dimuat di Harian Umum Solopos edisi Jumat (2/1/2015). Pertanyaan Assalamu’alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh.

Pak Ustaz, saya ibu rumah tangga berusia 35 tahun. Saya punya dua orang anak. Suami bekerja mapan, punya rumah, punya mobil. Saya bertempat tinggal di Perumahan Gentan Permai, Baki, Sukoharjo. Pada akhir Desember 2014 suami saya mendapat bonus dari bank yang nilainya katanya lumayan. Mungkin suami saya terpengaruh karyawati bawahannya yang cantik-cantik dan hidungnya mancung-mancung sehingga suami saya menyuruh saya agar di tahun baru ini saya ke dokter ahli kecantikan agar hidung pesek saya dioperasi, biar lebih mancung, lebih cantik, dan tidak pesek lagi.

Pertanyaan saya Pak Ustaz, bagaimana hukumnya, menurut Islam, perempuan yang melakukan operasi plastik terhadap hidung yang pesek? Demi menuruti kehendak suami, apakah saya berdosa apabila operasi plastik saya lakukan pada tahun baru ini? Saya masih bimbang dan ragu, mohon solusi yang terbaik bagi saya agar suami puas tapi tidak berdosa di hadapan Allah SWT.

Mohon dijawab secepatnya. Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh. Ustaz Menjawab Wa’alaikumsalam warahmatullaahi wabarakaatuh. Ibu Marina yang dirahmati Allah, suami adalah pemimpin rumah tangga. Memang seharusnya seorang istri harus tunduk dan taat terhadap suami. Akan tetapi, perlu ibu ketahui bahwa istri harus tunduk dan taat selama perintah suami itu baik dan tidak bertentangan dengan syariat Islam.

Kalau perintah sang suami jelas-jelas bertentangan dengan ajaran dan hukum Islam maka istri harus memberi tahu suami bahwa perintah itu melanggar kaidah-kaidah Islam. Contoh, dalam Alquran Surat An Nisa’ ayat: 119 Allah SWT melarang manusia mengubah organ tubuh yang sifatnya permanen dan diubah (dioperasi) sehingga menjadi bentuk yang tak sesuai dengan aslinya.

Berapa biaya operasi hidung tulang rawan?

Rhinoplasty Prosedur mempercantik hidung dengan menggunakan implan dan tulang rawan ini di Indonesia ditarif kisaran Rp18 juta-Rp25 juta.

Apakah implan hidung bisa bertahan seumur hidup?

Jum’at, 27 November 2020 – 17:15 WIB loading. foto / dok istimewa A A A JAKARTA – Prosedur implan dilakukan untuk mengubah bentuk wajah agar terlihat lebih proporsional. Prosedur ini diprediksi akan kembali menjadi tren karena pengaruh media sosial. Menurut Dokter Bedah Plastik dari Ultimo Clinic dr.

  1. Enrina Diah, Sp.BP-RE, KKF, Implan ada yang terbuat dari silikon padat yang memang dibuat untuk memperbaiki bentuk hidung,dagu dan pipi.
  2. Implan bisa bertahan seumur hidup jika dilakukan dengan benar.
  3. Alternatif untuk hidung dengan menggunakan tulang rawan.
  4. Untuk dagu dengan menggunakan tulang dagu pasien sendiri,” ujar Enrina saat wawancara via WhatsApp pada Jumat (27/11).

Baca juga : Tribute To Barli Asmara Warnai JFW 2021 Dokter Enrina menambahkan, Implan diprediksi masih menjadi tren kecantikan. Hal itu karena memang dengan era media sosial, sehingga banyak orang yang ingin memperbaiki penampilan. “Hidung dan dagu merupakan area sentral wajah yg menjadi perhatian saat interaksi sosial,” ujar Dokter Enrina.

  • Sebelumnya, salah satu Make Up Artist (MUA) ternama Indonesia Bubah Alfian mengejutkan warganet berkat penampilan barunya.
  • Hidung dan dagunya tampak lebih proporsional, berbeda dari penampilannya yang dulu.
  • Pada siaran langsung yang dibagikannya di akun Instagram pribadinya pada Selasa (24/11) MUA langganan artis itu mengaku bahwa ia melakukan implan untuk mengubah bentuk hidung dan dagunya yang dirasanya kurang proporsional.

Bubah menjelakan bahwa dia awalnya melakukan suntik filer agar bentuk hidungnya lebih proporsional. Sayangnya, bukan mendapat hasil yang diinginkan, filler yang dilakukannya sebulan sekali itu justru membuat hidungnya tampak lebih bulat dan besar. Merasa bingung dengan kondisinya, make up artist penyanyi Rossa ini berkonsultasi dengan penyanyi sekaligus dokter bedah plastik, Tompi.

See also:  Yang merupakan lagu daerah dki jakarta adalah?

Dokter Tompi menyarankan dirinya untuk melakukan implan dan membersihkan bekas filler. Baca juga : Didiet Protonema Berpulang, Ari Lasso: Its a Big Loss for Me Sayangnya Implan pertama ini tidak cocok dan ditolak oleh tubuh Bubah. Akhirnya dokter Tompi memberi saran untuk melakukan implan dengan menggunakan tulang iga atau tulang telinga.

“Implan tidak cocok sama saya, dokter Tompi menyarankan saya menggunakan tulang iga atau tulang telinga,” kata Bubah. Ternyata implan dengan menggunakan tulang telinga jauh lebih baik dan cocok untuk Bubah. Merasa puas, Bubah juga melakukan implan pada bagian dagunya. Booking Liburan Bayarnya Belakangan + Diskon s.d Rp100.000.


<h2>Apakah boleh tidur miring setelah operasi hidung?</h2>
<p> Jakarta – Operasi plastik kini menjadi suatu opsi tersendiri bagi para wanita yang ingin memperbaiki penampilannya. Demi tampil prima dan menambah rasa percaya diri, banyak orang yang rela melakukan operasi dan menahan sakit hingga hasil operasi plastik mulai terlihat. </p>
<ul>
<li>Mereka yang menjalani operasi plastik dan harus melalui masa pemulihan tidak boleh sembarangan dalam melakukan aktivitas.</li>
<li>Misalnya saja saat menjalani rhinoplasty, satu hari setelah operasi tidak boleh tidur dengan posisi miring karena dikhawatirkan implannya akan bergeser.</li>
<li>Masa pemulihan ini berbeda-beda tergantung dari tipe prosedur bedah plastik yang dilakukan.</li>
</ul>
<p> Blogger kecantikan populer Indonesia, Stella Lee, yang menjalani operasi hidung, mengungkapkan, dia butuh waktu hingga satu bulan untuk akhirnya bisa kembali beraktivitas normal. “Bisa pakai makeup setelah dua minggu operasi tapi wajah masih bengkak. Kurang lebih satu bulan sudah bisa beraktivitas normal dan dalam 3 sampai 6 bulan hasilnya sudah bisa terlihat,” kata Stella yang menjalani operasi di sebuah klinik di Korea Selatan pada 2015, dalam perbincangan melalui email kepada Wolipop. </p>
<p>Ditambahkan Yuki, wanita lainnya yang menjalani operasi plastik penyempitan cuping hidung, dalam satu minggu setelah operasi bekas tindakan operasi sudah mulai mengering dan benang jahitan pun bisa dilepas. Namun hal itu bukan berarti pembengkakan di area hidung juga ikut menghilang. “Seminggu setelah operasi bisa lepas jahitan tapi ujung hidung masih bengkak dan bekas luka di sisi-sisi cuping hidung masih terlihat, termasuk di bagian bawah hidung,” papar Yuki ketika dihubungi Wolipop, Sabtu (21/5/2016).</p>
<p> Ia mengaku tidak bisa melakukan gerakan yang menuntutnya untuk menunduk karena hidungnya masih terasa kebas dan nyeri yang cukup mengganggu hingga satu bulan lamanya. Tetapi perlahan-lahan rasa nyeri tersebut mulai menghilang dengan sendirinya. “Sekarang ini sudah hampir sembilan bulan pasca operasi dan ujung hidung masih terus mengecil.</p>
<h4>Apa yang menyebabkan hidung pesek?</h4>
<p> Hidung pesek adalah bentuk hidung dengan jembatan tulang hidung yang rendah atau lebih rata dari umumnya. Penyebab hidung pesek bisa berupa kondisi genetik, kecelakaan, atau infeksi. Hidung pesek mungkin juga dapat menyebabkan beberapa masalah kesehatan, termasuk sinus kronis.</p>
<h3>Implan hidung terbuat dari apa?</h3>
<p> JawaPos.com – Perempuan tentu ingin tampil cantik dan sempurna. Mereka akan merasa lebih cantik lagi jika memiliki hidung yang mancung sempurna. Meski struktur hidung orang Indonesia berbeda dengan ras kaukasoid yang memiliki hidung mancung alami, tetap ada solusi perawatan kecantikan untuk mewujudkan impian tersebut. </p>
<p>Salah satu jenis operasi plastik yang paling populer di dunia, termasuk Indonesia, adalah rhinoplasty atau operasi untuk memancungkan hidung. Di Amerika Serikat, pada tahun 2011 tercatat ada 244 ribu rhinoplasty yang dilakukan. Tidak mengherankan memang, karena hidung merupakan bagian terdepan wajah yang tentu sangat memengaruhi tampilan seseorang secara menyeluruh.</p>
<p> “Rhinoplasty merupakan tindakan bedah rekonstruksi yang dilakukan untuk memperbaiki bentuk estetik dan fungsi hidung,” ujar dokter senior spesialis bedah plastik dari Rumah Sakit Khusus Bedah (RSKB) Bina Estetika, dr. Sidik Setiamihardja, SpB, SpBP, kepada JawaPos.com, Senin (2/9). </p>
<blockquote><p>Secara anatomis, hidung tersusun dari tulang, tulang rawan, dan kulit. Dalam melakukan prosedur rhinoplasty untuk tujuan estetik, dokter dapat memodifikasi satu atau seluruh bagian hidung. Persiapan Rhinoplasty Langkah 1 Sebelum melakukan tindakan rhinoplasty, dokter terlebih dahulu mempertimbangkan fitur wajah pasiennya sehingga mendapatkan bentuk yang benar-benar diinginkan pemilik hidung. </p></blockquote>
<p> Hal ini akan menentukan teknik apa yang akan digunakan. Langkah 2 Menginformasikan segala kemungkinan baik dari dokter maupun pasien penting dilakukan untuk meningkatkan rasa percaya diri baik dari sisi pasien maupun dokter dalam melakukan tindakan. Dokter dapat menginformasikan tindakan apa saja yang dilakukan, lamanya tindakan operasi hingga pada tahap pemulihan pasca operasi, risiko tindakan, dan komplikasi yang mungkin terjadi. </p>
<blockquote><p>Langkah 3 Foto hidung sebelum operasi sangat penting dilakukan. Sebelum operasi dilakukan, pasien difoto dari arah depan, arah miring kiri dan kanan, samping kiri dan kanan, dan dari bawah. Pengambilan gambar ini bertujuan untuk menilai simetrisitas, porporsi hidung, melihat ada tidaknya kelainan, menentukan teknik operasi, dan lain-lain. </p></blockquote>
<p> Langkah 4 Biaya yang ditawarkan untuk prosedur rhinoplasty cukup bervariasi, bergantung pada teknik operasi, biaya alat dan fasilitas rumah sakit, serta jenis obat yang digunakan pasien. Langkah 5 Penggunaan material tambahan (implan) untuk membentuk hidung, umumnya menggunakan bahan sintetik atau diambil dari bagian tubuh pasien.</p>
<div style=

Apakah hidung bisa mancung dengan sendirinya?

Berbagai Cara Memancungkan Hidung – Ada anggapan bahwa mencubit hidung bisa membuatnya tampak lebih mancung. Padahal, hingga saat ini, belum ada penelitian yang membenarkan tindakan tersebut. Jika dilakukan terus-menerus, kebiasaan mencubit justru dikhawatirkan menimbulkan cedera hidung.

Apakah operasi plastik itu sakit?

Operasi plastik kerap jadi pilihan untuk mempercantik penampilan. Namun, waspadai beberapa efek samping dan bahaya dari operasi plastik berikut ini. Operasi plastik seringkali dipandang sebagai cara instan untuk meraih penampilan rupawan. Dalam waktu singkat, pisau bedah diyakini efektif untuk memperbaiki ketidaksempurnaan yang ada di tubuh.

Namun, seperti dua sisi mata uang, operasi plastik juga memiliki sisi gelapnya. Bahaya operasi plastik itu nyata dan bisa sangat merugikan. Saat memutuskan untuk menjalani tindakan operasi plastik, Anda juga harus siap dengan efek sampingnya. Pemulihan akibat operasi plastik bervariasi, bisa singkat atau butuh waktu lama.

Bahaya operasi plastik tentu akan diminimalkan oleh dokter. Semakin terlatih dokter yang mengerjakannya, maka operasi plastik itu akan semakin minim efek samping. Kendati begitu, ada baiknya Anda tetap menambah pengetahuan seputar dampak operasi plastik.

Hal ini untuk mempersiapkan diri Anda terhadap berbagai kemungkinan kondisi pasca operasi. Berikut daftar efek samping operasi plastik yang mungkin bisa dialami. Semua operasi, termasuk bedah plastik, dapat menimbulkan rasa sakit atau nyeri. Salah satu bedah plastik yang diyakini menimbulkan rasa sakit luar biasa adalah abdominoplasty atau tummy tuck,

Bedah ini merupakan jenis operasi yang bertujuan untuk mengencangkan perut. Lalu, tindakan lain yang berisiko menyebabkan nyeri adalah breast augmentation, Tindakan ini merupakan jenis operasi plastik yang bertujuan untuk membesarkan payudara. Nyeri disebabkan oleh bahan yang digunakan untuk menambah ukuran payudara.

Apa yang menyebabkan hidung pesek?

Hidung pesek adalah bentuk hidung dengan jembatan tulang hidung yang rendah atau lebih rata dari umumnya. Penyebab hidung pesek bisa berupa kondisi genetik, kecelakaan, atau infeksi. Hidung pesek mungkin juga dapat menyebabkan beberapa masalah kesehatan, termasuk sinus kronis.

Apa yang menyebabkan hidung menjadi besar?

Pembesaran konka disebabkan oleh banyak sekali faktor, tetapi yang paling sering adalah rhinitis alergi. Selain hal tersebut, pembesaran juga dapat dipicu oleh karena obat – obatan tertentu, perubahan hormonal, asap, debu, udara dingin, dan lain sebagainya.

Apakah boleh operasi hidung dalam islam?

SOLOPOS.COM – ilustrasi (istimewa) Tentang Islam diasuh oleh H. Muhammad Amir, S.H., C.N., Ketua Majelis Pembina Yayasan Pendidikan Islam Al Mukmin Ngruki, Sukoharjo. Tentang Islam juga dimuat di subrubrik Ustaz Menjawab Khazanah Keluarga Harian Umum Solopos, setiap Jumat.

  1. Solopos.com, SOLO — Mengubah ciptaan Allah agar memiliki tampilan fisik lebih sempurna tidak dibenarkan dalam agama.
  2. Namun, bagaimana jika seorang istri diperintahkan suami untuk operasi plastik? Promosi Dukung UMKM Binaan BUMN Go Online, Tokopedia Daftarkan 2.000 NIB Seorang ibu rumah tangga di Baki, Sukoharjo merasa bimbang.

Mengingat ada pula kewajiban istri untuk mematuhi perintah suami. Bagaimana penjelasan ustaz mengenai hal ini? Simak ulasan ustaz berikut ini yang pernah dimuat di Harian Umum Solopos edisi Jumat (2/1/2015). Pertanyaan Assalamu’alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh.

  • Pak Ustaz, saya ibu rumah tangga berusia 35 tahun.
  • Saya punya dua orang anak.
  • Suami bekerja mapan, punya rumah, punya mobil.
  • Saya bertempat tinggal di Perumahan Gentan Permai, Baki, Sukoharjo.
  • Pada akhir Desember 2014 suami saya mendapat bonus dari bank yang nilainya katanya lumayan.
  • Mungkin suami saya terpengaruh karyawati bawahannya yang cantik-cantik dan hidungnya mancung-mancung sehingga suami saya menyuruh saya agar di tahun baru ini saya ke dokter ahli kecantikan agar hidung pesek saya dioperasi, biar lebih mancung, lebih cantik, dan tidak pesek lagi.

Pertanyaan saya Pak Ustaz, bagaimana hukumnya, menurut Islam, perempuan yang melakukan operasi plastik terhadap hidung yang pesek? Demi menuruti kehendak suami, apakah saya berdosa apabila operasi plastik saya lakukan pada tahun baru ini? Saya masih bimbang dan ragu, mohon solusi yang terbaik bagi saya agar suami puas tapi tidak berdosa di hadapan Allah SWT.

  1. Mohon dijawab secepatnya.
  2. Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.
  3. Ustaz Menjawab Wa’alaikumsalam warahmatullaahi wabarakaatuh.
  4. Ibu Marina yang dirahmati Allah, suami adalah pemimpin rumah tangga.
  5. Memang seharusnya seorang istri harus tunduk dan taat terhadap suami.
  6. Akan tetapi, perlu ibu ketahui bahwa istri harus tunduk dan taat selama perintah suami itu baik dan tidak bertentangan dengan syariat Islam.

Kalau perintah sang suami jelas-jelas bertentangan dengan ajaran dan hukum Islam maka istri harus memberi tahu suami bahwa perintah itu melanggar kaidah-kaidah Islam. Contoh, dalam Alquran Surat An Nisa’ ayat: 119 Allah SWT melarang manusia mengubah organ tubuh yang sifatnya permanen dan diubah (dioperasi) sehingga menjadi bentuk yang tak sesuai dengan aslinya.

Adblock
detector