Pelabuhan laut yang paling besar di jakarta adalah?

pelabuhan laut yang paling besar di jakarta adalah
Jakarta – DKI Jakarta yang bersisian langsung dengan Laut Jawa memiliki cukup banyak pelabuhan. Tanjung Priok di Jakarta Utara merupakan pelabuhan terbesar dan tersibuk di Tanah Air. Pelabuhan memiliki peran penting dalam roda ekonomi sebuah negara. Yakni, sebagai simpul dalam jaringan transportasi sesuai dengan hierarkinya, pintu gerbang kegiatan perekonomian, tempat kegiatan alih moda transportasi, penunjang kegiatan industri dan/atau perdagangan, tempat distribusi, produksi, dan konsolidasi muatan atau barang, dan mewujudkan Wawasan Nusantara dan kedaulatan negara.

Sementara itu, sesuai fungsinya pelabuhan dibagi menjadi dua, yakni pemerintahan dan pengusahaan. Nah, Jakarta memiliki cukup banyak pelabuhan. Merujuk situs resmi Pejabat Pengelola dan Informasi Daerah DKI Jakarta, pelabuhan di Jakarta ada 22. Sebanyak 12 pelabuhan di Jakarta Utara dan sisanya berada di Kepulauan Seribu.

Sebanyak 22 pelabuhan di DKI Jakarta itu memiliki fungsi yang berbeda-beda sesuai dengan status atau hierarki pelabuhan. Sepuluh pelabuhan yang ada di Jakarta itu adalah: 1. Pelabuhan Tanjung Priok 2. Pelabuhan Kalibaru 3. Pelabuhan Muara Baru 4. Pelabuhan Sunda kelapa 5.

  1. Pelabuhan Marunda 6.
  2. Pelabuhan Muara Angke Kaliadem 7.
  3. Pantai Mutiara 8.
  4. Pelabuhan Marina Ancol 9.
  5. Pelabuhan Pangkalan Pasir Kalibiru 10.
  6. Pelabuhan Cakung Drain Cilincing 11.
  7. Pelabuhan Kamal Muara 12.
  8. Pelabuhan Muara Angke Perikanan Pelabuhan Tanjung Priok berstatus sebagai pelabuhan utama.
  9. Merujuk keterangan dari peraturan pemerintah nomor 61 tahun 2009 tentang pelabuhan, pelabuhan utama adalah pelabuhan yang fungsi pokoknya melayani kegiatan angkutan laut dalam negeri dan internasional, alih muat angkutan laut dalam negeri dan internasional dalam jumlah besar, dan sebagai tempat asal tujuan penumpang dan/atau barang, serta angkutan penyeberangan dengan jangkauan pelayanan antarprovinsi.
See also:  Kepulauan seribu jakarta apa?

Tanjung Priok memiliki lima terminal, yakni Jakarta International Container Terminal I (JICT I), Jakarta International Container Terminal II (JICT II), Terminal Petikemas Koja (TPK Koja), Mustika Alam Lestari (MAL), dan Multi Terminal Indonesia (MTI).

  1. Sementara itu, Pelabuhan Kalibaru, Muara Baru, Sunda Kelapa, dan Marunda merupakan pelabuhan pengumpul.
  2. Artinya, pelabuhan yang fungsi pokoknya melayani kegiatan angkutan laut dalam negeri, alih muat angkutan laut dalam negeri dalam jumlah menengah, dan sebagai tempat asal tujuan penumpang dan/atau barang, serta angkutan penyeberangan dengan jangkauan pelayanan antarprovinsi.

Pelabuhan utama dan pelabuhan pengumpul ini dikelola oleh kementerian. Pelabuhan Sunda Kelapa di Jakarta Utara Foto: Pradita Utama Adapun Pelabuhan Muara Angke, Mutiara, Marina Ancol, Pangkalan Pasir Kalibiru, dan Cakung Drain Cilincing merupakan pelabuhan pengumpan regional.

Apa saja pelabuhan di Indonesia yang besar dan tersibuk?

Pelabuhan merupakan tempatnya kapal-kapal bersandar baik untuk penumpang maupun peti kemas. Anda pasti tahu kalau Indonesia adalah Negara kepulauan yang sebagian besarnya adalah perairan. Sehingga setiap sudut pulau di Indoensia memiliki pelabuhan untuk kapal-kapal tersebut untuk bersandar.

Pernah terpikir untuk naik kapal laut atau kapal pesiar? Atau Anda sama sekali tidak pernah datang atau naik kapal dari pelabuhan? Sayang bila Anda sama sekali tidak pernah merasakannya, padahal di Indonesia yang merupakan Negara kepulauan ini, pelabuhan adalah satu dari jalur perekonomian baik nasional maupun internasional.

Karena pelabuhan di Indonesia ada beberapa yang menjadi pelabuhan tersibuk dan mungkin tak pernah tidur dalam 24 jam. Mungkin Anda berpikir lebih cepat menggunakan pesawat atau kereta api untuk menikmati pemandangan, sehingga Anda akan lebih memilik ke stasiun ataupun bandara.

Tapi tidak ada salahnya bila Anda akan liburan dan memiliki waktu yang banyak untuk menggunakan kapal laut atau ferry untuk menyeberang menuju tempat Anda berlibur. Berikut ini ada beberapa pelabuhan di Indonesia yang besar dan tersibuk. Pelabuhan Tanjung Priok Pelabuhan yang terletak di Jakarta Utara ini melayani kapal penumpang dan peti kemas, Tanjung Priok merupakan pelabuhan tersibuk nomor satu di Indonesia.

Ini terlihat dari saat mudik atau libur tahun baru banyak masyrakat yang menggunakan kapal laut untuk mudik. Tak hanya itu, bila Anda memasuki kawasan pelabuhan Tanjung Priok, Anda juga akan melihat peti kemas yang akan di angkut melalui kapal penumpang atau peti kemas. pelabuhan laut yang paling besar di jakarta adalah Pelabuhan Tanjung Perak Pelabuhan tersibuk nomor dua di Indonesia ini terletak di Surabaya, Jawa Timur. Di pelabuhan ini, Anda akan takjub dengan terminal dan kapal pesiar yang bersandar di salah satu dermaganya. Dikatakan tersibuk, karena Tanjung Perak juga memiliki letak yang strategis untuk perdaganga ke Indonesia Timur.

  • Pelabuhan Merak Pelabuhan yang menjadi jalur penyebrangan kapal ferry menuju pulau Sumatera ini juga menjadi pelabuhan tersibuk.
  • Di Merak, Anda akan melihat bus, kendaraan pribadi, masyarakat yang akan menumpang kapal ferry untuk menyeberang ke Sumatera melewati Selat Sunda.
  • Pelabuhan yang memiliki 6 dermaga ini setiap harinya melayani perajalanan kapal ferry sebanyak 50 perjalanan ke Bakauheni.
See also:  Kapan mulai psbb jakarta?

Pelabuhan Bakauheni Pelabuhan yang terletak di ujung selatan pulu Sumatera ini tepatnya di Lampung, menjadi salah satu pelabuhan tersibuk sebagai jalur penyeberangan. Tak hanya menyeberangkan orang, pelabuhan terbesar dengan fasilitas yang lengkap ini juga menjadi pelabuhan yang mengirimkan barang dari Sumatera menuju pulau Jawa.

Apakah Makassar termasuk pelabuhan laut?

Selain termasuk dalam kategori salah satu pelabuhan utama di Indonesia, Pelabuhan Soekarno-Hatta Makassar merupakan pelabuhan laut terbesar di Sulawesi dan tertinggi dalam melayani penumpang di antara pelabuhan lain yang ada di Indonesia. Video Player is loading.