Pemutihan pajak kendaraan jakarta sampai kapan?

pemutihan pajak kendaraan jakarta sampai kapan
BATAM, DDTCNews – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepulauan Riau menggelar pemutihan denda pajak kendaraan bermotor (PKB) tahap II mulai 20 September hingga 30 November 2022. Dirlantas Polda Kepulauan Riau Kombes Pol Tri Yulianto mengatakan digelarnya pemutihan tahap II bertujuan untuk meningkatkan kepatuhan pemilik kendaraan dalam membayar PKB.

Semoga masyarakat Kepri dapat memanfaatkan momentum yang baik ini guna membantu meningkatkan pendapatan daerah yang nantinya dapat dimanfaatkan dalam mendukung kelancaran pembangunan di wilayah Kepulauan Riau,” ujar Tri, dikutip Sabtu (17/9/2022). Tak hanya menggelar pemutihan PKB, Pemprov Kepulauan Riau juga memberikan fasilitas pembebasan bea balik nama kendaraan bermotor bekas atau BBN 2.

Selanjutnya, terdapat pula fasilitas keringanan pokok tunggakan PKB sebesar 30%, lebih rendah ketimbang sebelumnya. Pada 1 Juli hingga 31 Agustus 2022, keringanan pokok tunggakan PKB yang diberikan sebesar 50%. Wajib pajak yang memiliki tunggakan PKB selama 7 tahun perlu memanfaatkan fasilitas ini.

Pasalnya, pemerintah berencana untuk melakukan penghapusan data registrasi kendaraan bermotor yang STNK-nya mati selama 2 tahun atau lebih. Sesuai dengan Pasal 74 UU 22/2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ), kendaraan yang telah dilakukan penghapusan data registrasi tidak bisa diregistrasi ulang sehingga akan berstatus bodong dan bisa disita.

Kebijakan ini diharapkan dapat meningkatkan kepatuhan para pemilik kendaraan dalam membayar PKB. Pasalnya, tunggakan PKB di Indonesia telah mencapai Rp100 triliun dan tingkat kepatuhan pembayaran PKB tercatat hanya sebesar 50%. (sap)

Kapan pemutihan pajak 2022 DKI Jakarta?

PRFMNEWS – Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) DKI Jakarta menerapkan program pemutihan pajak dengan menghapus sanksi denda administrasi sejumlah pajak daerah pada tahun 2022 ini. Jadwal pemberlakuan pemutihan pajak termasuk penghapusan pajak motor dan biaya balik nama motor ini berlangsung selama tiga bulan mulai tanggal 15 September sampai 15 Desember 2022.

  1. Daftar sanksi denda administrasi yang dihapus dalam program pemutihan pajak 2022 ini disampaikan Bapenda DKI Jakarta melalui cuitan di akun Twitter resmi mereka pada 14 September 2022.
  2. Baca Juga: Info 27 Lokasi Vaksin Covid-19 di Kota Bandung Hari Ini Kamis 15 September 2022 Tujuan program pemutihan pajak Bapenda DKI Jakarta 2022 ini selama periode tersebut bertujuan membantu para wajib pajak melunasi kewajiban perpajakan dan pemulihan ekonomi di ibukota.

Kebijakan penghapusan denda pajak ini tertuang dalam Surat Keputusan (SK) Kepala Bapenda DKI Nomor 1588 tahun 2022. Mengutip keterangan di Twitter Bapenda DKI, kebijakan pemutihan pajak 2022 berlaku untuk penghapusan bunga atas keterlambatan pembayaran pokok meliputi jenis: pajak hotel, restoran, parkir, hiburan.

Baca Juga: Viral Kasus Penganiayaan 3 Mahasiswa UIN Bandung, Pelaku Diduga Pukul Korban di Tempat Parkir Kemudian, Pajak Bahan Bakar Kendaraan Bermotor (PBBKB), Pajak Kendaraan Bermotor (PKB), Pajak Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB), Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB), pajak reklame dan pajak air tanah.

Editor: Rifki Abdul Fahmi

Kapan pemutihan pajak kendaraan di DKI Jakarta?

Pemutihan Pajak Kendaraan Bermotor DKI Jakarta

KONTAN.CO.ID – Jakarta. Program pemutihan pajak kendaraan bermotor, baik mobil dan motor akhirnya berlaku di Jakarta mulai hari ini Kamis 15 September 2022. Masyarakat sebaiknya segera memanfaatkan program pemutihan pajak kendaraan bermotor di Jakarta 2022 ini untuk menghemat biaya pajak.

  • Program pemutihan pajak kendaraan di Jakarta 2022 ditunggu banyak orang.
  • Pasalnya, daerah lain seperti Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur sudah lebih dahulu menggelar pemutihan pajak kendaraan 2022.
  • Dalam program pemutihan pajak ini, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan menghadirkan program penghapusan sanksi administrasi pajak daerah terhadap beberapa jenis pajak yang berlaku mulai besok, 15 September 2022 sampai 15 Desember 2022.

Kebijakan tersebut tertuang dalam Surat Keputusan Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Provinsi DKI Jakarta Nomor 1588 Tahun 2022 tentang Penghapusan Sanksi Administrasi Pajak Daerah. Kepala Bapenda Provinsi DKI Jakarta Lusiana Herawati menyatakan, salah satu instrumen pajak yang menikmati program ini ialah Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) dan Pajak Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB).

Ami imbau kepada seluruh wajib pajak untuk dapat segera memenuhi kewajiban perpajakannya dengan memanfaatkan kebijakan penghapusan sanksi administrasi tahun 2022 ini, agar wajib pajak terbantu dalam melunasi kewajiban perpajakannya,” kata dia dalam keterangan resmi, Selasa (14/9/2022). “Sekaligus, upaya dalam membantu pemulihan ekonomi DKI Jakarta,” lanjut Lusiana.

See also:  Apa latar belakang perubahan rumusan dasar negara pada piagam jakarta?

Baca Juga: Pemutihan Pajak Kendaraan Jateng 2022, Ada Penghapusan Pokok Pajak Mobil & Motor Lebih jauh, kebijakan penghapusan sanksi administrasi pajak daerah dalam program pemutihan pajak Jakarta 2022 sebagai berikut : 1) Penghapusan sanksi administrasi pajak daerah diberikan kepada wajib pajak yang melakukan pembayaran pokok pajak daerah dan/atau telah melunasi pokok pajak daerah mulai 15 September sd 15 Desember 2022.2) Sanksi administrasi pajak daerah yang dihapuskan sebagaimana dimaksud meliputi jenis pajak sebagai berikut :

Pajak Hotel Pajak Restoran Pajak Hiburan Pajak Parkir Pajak Bahan Bakar Kendaraan Bermotor (PBBKB) Pajak Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB) Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB) Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) Pajak Reklame Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan (PBB-P2) Pajak Air Tanah (PAT)

3) Penghapusan sanksi administrasi, diberikan atas: 1. Sanksi administrasi berupa bunga yang timbul akibat keterlambatan pembayaran pajak terutang dan/atau setoran masa yang telah melewati jatuh tempo pembayaran untuk jenis :

Pajak Hotel Pajak Restoran Pajak Hiburan Pajak Parkir Pajak Bahan Bakar Kendaraan Bermotor (PBBKB) Pajak Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB) Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB) Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) Pajak Reklame Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan (PBB-P2) Pajak Air Tanah (PAT)

2. Sanksi administrasi berupa bunga yang tercantum dalam Surat Tagihan Pajak Daerah (STPD) yang tidak atau kurang dibayar untuk jenis :

Pajak Hotel Pajak Restoran Pajak Hiburan Pajak Parkir Pajak Bahan Bakar Kendaraan Bermotor (PBBKB) Pajak Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB) Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB) Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) Pajak Reklame Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan (PBB-P2) Pajak Air Tanah (PAT)

3.

Kapan pemutihan pajak kendaraan 2022?

JAKARTA, KOMPAS.com – Program pemutihan pajak kendaraan bermotor masih berlaku di sejumlah wilayah. Beberapa di antaranya akan segera berakhir pada 30 September 2022. Sebelum berakhir, wajib pajak diimbau untuk memanfaatkan program tersebut, sehingga dapat membayarkan pajak kendaraan bermotor ( PKB ) tanpa dikenai denda administrasi.

Baca juga: Update Harga BBM Pertamina, Shell, BP, dan Vivo September 2022 Perlu diketahui, program yang berlaku di tiap wilayah umumnya tidak sama. Berikut ini rincian program pemutihan denda pajak kendaraan bermotor yang masih berlaku: 1. Jawa Timur Sebelumnya berlaku hingga 30 Juni 2022, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa memperpanjang periode program tersebut hingga akhir bulan ini, 30 September 2022.

Sejumlah program yang bisa dimanfaatkan oleh wajib pajak, di antaranya adalah pemutihan sanksi administrasi PKB, bea balik nama kendaraan bermotor (BBNKB), pembebasan bea balik nama (BBN) kedua, dan seterusnya.2. Kalimantan Utara Berlaku sejak 1 April 2022 hingga 30 September 2022, program di Kalimantan Utara dikhususkan untuk BBNKB II dan seterusnya. pemutihan pajak kendaraan jakarta sampai kapan SHUTTERSTOCK/Abm p.poed Ilustrasi STNK, jika hilang ini cara mengurus dan biayanya.3. Kalimantan Timur Di Kalimantan Timur, program masih berlaku hingga 31 Oktober 2022. Berikut ini program yang diberlakukan selama periode tersebut:

Diskon 2 persen untuk pembayaran 0-30 hari sebelum jatuh tempo Diskon 4 persen untuk pembayaran 31-60 hari sebelum jatuh tempo Diskon pokok PKB yang menunggak 4 tahun ke atas hanya membayar PKB terhitung 3 tahun. Bebas denda administrasi Bebas pajak progresif Bebas BBNKB II dan seterusnya Pembebasan denda SWDKLLJ tahun sebelumnya

4. Nusa Tenggara Barat Berlangsung sejak 1 Agustus 2022 hingga 31 Oktober 2022, sejumlah keuntungan yang bisa dimanfaatkan selama program di antaranya adalah bebas denda PKB, bebas tunggakan di atas 5 tahun, dan diskon PKB sampai 50 persen. Baca juga: Toyota Kijang Innova Hybrid Lulus Uji Tipe, Siap Diluncurkan? 5.

DKI Jakarta Program pemutihan denda PKB di DKI Jakarta baru berlangsung sejak 15 September 2022 hingga 15 Desember 2022 mendatang. Program yang bisa dimanfaatkan adalah pemutihan pajak kendaraan bermotor dan BBNKB.6. Sumatera Selatan Berlangsung hingga 31 Desember 2022, program yang bisa dinikmati adalah pembebasan BBNKB kedua dan penghapusan denda serta bunga pajak kendaraan bermotor dan BBNKB.

Namun perlu diketahui, program ini tidak berlaku untuk kendaraan baru. Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join.

Apakah tahun 2022 ada pemutihan pajak kendaraan?

KOMPAS.com – Sejumlah daerah di Indonesia masih memiliki program pemutihan pajak kendaraan bermotor yang masih berlaku di bulan Agustus 2022 ini. Dengan adanya program pemutihan ini, maka salah satu keuntungan pemilik kendaraan yang menunggak pajak adalah tak dikenakan sanksi administratif maupun denda.

See also:  Dari jakarta ke pelabuhan merak naik apa?

Kapan pemutihan pajak 2022?

Surabaya, NU Online Jatim Program Pemutihan Pajak Daerah akhirnya diperpanjang hingga tanggal 15 Desember 2022 oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa. Program ini sebenarnya sudah dimulai sejak 1 April 2022 sampai akhir Juni 2022. Namun, program tersebut kemudian diperpanjang selama 92 hari hingga tanggal 30 September 2022. Plt Kepala Bapenda Jawa Timur Abimanyu Ponco Atmojo Iswinarmo menjelaskan, setelah melihat minat masyarakat terhadap program tersebut cukup tinggi, maka Gubernur Jawa Timur kemudian memperpanjang kembali program tersebut sampai tanggal 15 Desember 2022.

  • Awalnya akan berakhir pada tanggal 30 September 2022, namun diperpanjang lagi sampai 15 Desember 2022, bersamaan dengan pembebasan Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) bagi kendaraan jenis Mikrolet dan Ojek Online,” kata Abimanyu dikutip ngopibareng.id, Ahad (18/09/2022).
  • Untuk diketahui, dalam program tersebut terdapat beberapa layanan yang dapat dinikmati masyarakat, yakni pembebasan Bea Balik Nama (BBN) dan sanksi keterlambatan Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB).

Program pembebasan PKB 100 persen khusus kendaraan mikrolet dan ojek online diharap benar-benar dimanfaatkan dengan sebaik mungkin. Berdasarkan data Dispenda Jatim, ada 7.921 mikrolet yang terdaftar di Samsat Jawa Timur. Sedangkan untuk ojek Online tercatat ada 24.271 kendaraan. “Khusus di Jember di Jember, ada 273 kendaraan mikrolet dan 1.425 ojek online,” jelas Abimanyu. Sementara hingga 16 September, sudah ada 2.140.217 kendaraan wajib pajak berkontribusi melalui Program pemutihan tersebut.

  • Dengan total intensif yang diberikan mencapai Rp167 miliar.
  • Lebih lanjut Abimanyu mengungkapkan, program tersebut juga menarik kendaraan luar Provinsi Jawa Timur untuk mendaftar sebagai objek pajak di Jawa Timur.
  • Saat ini sudah ada 20.390 wajib pajak dari luar daerah yang mendaftar sebagai objek pajak di Jawa Timur.

“Ini menjadi bukti bahwa minat masyarakat terhadap program Gubernur Jawa Timur terkait pemutihan pajak cukup tinggi. Masyarakat antusias memanfaatkan program Gubernur itu,” pungkasnya.

Apakah Jakarta ada pemutihan pajak kendaraan?

Jakarta – DKI Jakarta kembali menggelar program pemutihan pajak kendaraan bermotor (PKB). Pemutihan denda pajak kendaraan mulai berlaku hari ini, Kamis (15/9/2022). Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) DKI Jakarta mengumumkan program pemutihan ini. Adapun pemutihan yang berlaku di DKI Jakarta yaitu penghapusan sanksi administrasi PKB dan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor.

Dikutip dari Instagram resmi Bapenda DKI Jakarta, penghapusan sanksi administrasi berlaku untuk bunga yang timbul akibat keterlambatan pembayaran yang telah melewati jatuh tempo; bung yang tercantum dalam STPD yang tidak/kurang dibayar; dan denda yang timbul akibat keterlambatan pendaftaran. Kebijakan pemutihan denda pajak kendaraan ini tertuang dalam SK Kepala Badan No.1588 Tahun 2022.

Program ini berlaku untuk periode pembayaran pokok 15 September sampai 15 Desember 2022. Kepala Bapenda DKI Lusiana Herawati mengatakan, program pemutihan ini diberlakukan untuk membantu para wajib pajak menyelesaikan kewajiban perpajakan dan pemulihan ekonomi Ibu Kota.

Agar wajib pajak dapat terbantu dalam melunasi kewajiban perpajakannya sekaligus upaya dalam membantu pemulihan ekonomi DKI Jakarta,” kata Lusiana dikutip Antara. Menurutnya, program pemutihan denda pajak kendaraan tersebut sebagai upaya pemulihan ekonomi nasional karena pandemi COVID di DKI, percepatan target penerimaan, serta stimulus kepada wajib pajak.

Simak Video ” Ingat! DKI Jakarta Punya Program Pemutihan Pajak Kendaraan ” (rgr/lth)

Apa itu pemutihan pajak kendaraan?

KONTAN.CO.ID – Jakarta, Program pemutihan pajak kendaraan tahun 2022 di Jawa Timur diperluas. Pemerintah Provinsi Jawa Timur memberikan insentif baru berupa pembebasan pajak kendaraan bermotor (PKB) dalam program pemutihan pajak kendaraan 2022. Pemutihan pajak kendaraan adalah program pemerintah untuk meringankan tanggung jawab membayar denda bagi wajib pajak yang telat atau tidak membayar pajak.

  1. Pembayaran pajak kendaraan bermotor (PKB) adalah kewajiban dari pemilik kendaraan selaku wajib pajak, yang dibayarkan setiap tahun maupun lima tahunan.Selama masa pemutihan, wajib pajak hanya perlu membayar pokok PKB tanpa harus pusing memikirkan denda.
  2. Rencana awal, program pemutihan pajak kendaraan di Jawa Timur dibuka mulai 1 April dan berlaku hingga 30 Juni 2022.

Pemutihan pajak kendaraan 2022 di Jawa Timur antara lain berlaku untuk sanksi administrasi PKB dan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB), serta pembebasan BBNKB kedua dan seterusnya. Pemutihan pajak ini berlaku untuk seluruh wajib pajak kendaraan di dalam maupun di luar provinsi Jawa Timur.

  • Lalu, Pemerintah Provinsi Jawa Timur memperpanjang program pemutihan pajak kendaraan.
  • Pemerintah Provinsi Jawa Timur memperpanjang program pemutihan pajak kendaraan hingga 92 hari ke depan sampai 30 September 2022.
  • Baca Juga: Pemutihan Pajak DKI Jakarta 2022, Selain Kendaraan, Denda Pajak Daerah Juga Dihapus Terbaru, pemutihan pajak kendaraan Jawa Timur 2022 memberikan pembebasan PKB 100% untuk dua jenis kendaraan.
See also:  Bsd jakarta apa?

Gratis PKB dalam pemutihan pajak kendaraan Jawa Timur 2022 ini berlaku untuk angkutan umum, mikrolet dan ojek oline. Pemutihan pajak kendaraan Jawa Timur 2022 gratis PKB mikrolet dan ojek online ini berlaku mulai 19 September 2022. Masyarakat dapat memanfaatkan pemutihan pajak kendaraan Jawa Timur 2022 gratis PKB mikrolet dan ojek online hingga 15 Desember 2022.

Selain gratis PKB, pemutihan pajak kendaraan Jawa Timur 2022 juga memberikan bebas bea balik nama (BBN) II dan seterusnya. Selain itu, bebas sanksi administrasi PKB dan BBNKB. Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dalam akun Instagram resminya mengajak warga Jatim untuk memanfaatkan program pemutihan pajak kendaraan 2022 tersebut.

“Bagi wajib pajak yang memiliki kendaraan angkutan umum orang jenis mikrolet dan ojek online, segera urus pajak tahunan ke kantor bersama samsat untuk mendapatkan pembebasan pajak kendaraan bermotor nol rupiah,” tulis akun Instagram Khofifah.ip. Khofifah menambahkan, pemutihan pajak kendaraan Jawa Timur 2022 gratis PKB mikrolet dan ojek online ini untuk menjaga stabilitas ekonomi di tengah upaya pengendalian inflasi.

KTP, STNK dan bukti sebagai ojek online Pembatasan PKB 100% berlaku di Samsat Induk

Diberitakan sebelumnya, pemutihan pajak kendaraan di Jawa Timur berlaku sejak 1 April 2022.

Pajak mati 7 tahun apakah bisa diperpanjang?

‘Enggak bisa (registrasi ulang atau perpanjang, setelah STNK mati ). Sudah dihapus datanya,’ ucap Dirregident Korlantas Polri Brigjen Pol Yusri Yunus kepada Kompas.com, Rabu (3/8/2022).

Berapa biaya ganti plat 5 tahunan?

Untuk STNK 5 tahunan baru, biayanya sebesar Rp200.000. Untuk STNK 5 tahunan perpanjang, biayanya sebesar Rp200.000. Untuk pengesahan STNK, Anda perlu mengeluarkan biaya sebesar Rp50.000 per tahun.

Berapa denda telat bayar pajak motor 3 tahun?

Ilustrasi. Informasi bahwa denda telat bayar pajak satu hari sama saja dihitung satu tahun penuh tidak benar, ada rumus tertentu untuk menghitungnya. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono) Jakarta, CNN Indonesia – Satu, dua hal atau bahkan lebih bisa jadi alasan Anda telat membayar pajak kendaraan,

  • Namun mesti diingat jika tak dibayar sesuai tanggal berarti Anda kena denda yang diakumulasikan setiap tahun.
  • Telat membayar pajak berarti Anda sedang menabung denda, ini bisa menyulitkan ketika tiba saatnya penggantian STNK lima tahunan karena harus dibayar semuanya jika masih mau menggunakan kendaraan itu.

Perlu diketahui perhitungan denda pajak mobil memiliki angka berbeda-beda. Itu tergantung dari berapa lama seseorang tak bayar pajak hingga jenis kendaraan yang dimiliki. Saat ini masih ada saja informasi salah yang beredar di masyarakat, yaitu terlambat satu hari membayar pajak sama saja dihitung telat satu tahun.

  1. Denda pajak mobil besarnya 25 persen per tahun.
  2. Namun bagaimana cara mengetahui berapa denda pajak yang harus dibayarkan jika terlambat hanya tiga bulan atau sembilan bulan? Untuk memulai perhitungan, cek berapa lama Anda tidak membayar pajak mobil.
  3. Jika sudah, Anda harus mulai memperhitungkan denda yang wajib dibayarkan sejak awal.

Denda telat bayar pajak mobil dihitung dari jumlah denda Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) ditambah denda Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan (SWDKLLJ). Rumusnya sebagai berikut:

Denda keterlambatan 2 hari – 1 bulan = PKB x 25 persenDenda keterlambatan 2 bulan = PKB x 25 persen x 2/12 + denda SWDKLLJDenda keterlambatan 3 bulan = PKB x 25 persen x 3/12 + denda SWDKLLJDenda keterlambatan 6 bulan = PKB x 25 persen x 12/12 + denda SWDKLLJDenda keterlambatan 1 tahun = PKB x 25 persen x 12/12 + denda SWDKLLJDenda keterlambatan 2 tahun = 2 x PKB x 25 persen x 12/12 + denda SWDKLLJDenda keterlambatan 3 tahun = 3 x PKB x 25 persen x 12/12 + denda SWDKLLJ

Contohnya, PKB mobil Anda adalah 3.000.000 kemudian Anda telat lebih dari dua bulan membayar pajak. Berarti perhitungannya 3.000.000 x 25 persen x 2/12 + denda SWDKLLJ (maksimal) sebesar 100.000. Hasil dari perhitungan di atas berarti denda Anda Rp134.500. (ryh/fea/bac)

Adblock
detector