Rasuna said jakarta apa?

rasuna said jakarta apa
Banyak yang mengetahui Rasuna Said merupakan nama jalan di Jakarta. Padahal, penyebutan nama jalan itu memiliki arti dan sejarah tersendiri.2 hari lalu Rasuna Said merupakan seorang wanita pejuang kemerdekaan hak-hak wanita dari Padang. Atas kiprah dan perjuangannya, Rasuna Said dinobatkan sebagai pahlawan nasional.

Apa itu HR Rasuna Said?

Liputan6.com, Jakarta Google Doodle hari ini Rabu (14/9/2022) menampilkan gambar pejuang kemerdekaan dan emansipasi wanita di Tanah Air, yaitu Rasuna Said, Hal ini sebagai bagian dari memperingati hari lahir ke 112 tahun pejuang hak-hak wanita tersebut.

” Rasuna Said adalah seorang aktivis dan pembicara publik yang menginspirasi, seperti yang digambarkan dalam #GoogleDoodle hari ini. Dia dikenang sebagai Singa betina gerakan kemerdekaan Indonesia,” tulis akun Twitter @GoogleDoodles dikutip Rabu (14/9/2022). Memiliki nama lengkap Hajjah Rangkayo Rasuna Said, wanita kelahiran 14 September 1910 tersebut merupakan seorang pejuang kemerdekaan Indonesia yang telah menerima penghargaan sebagai pahlawan nasional Indonesia dari pemerintah.

HR Rasuna Said merupakan pejuang yang dengan gigih memperjuangkan persamaan hak antara laki-laki dan perempuan, sama seperti apa yang dilakukan oleh Ibu Kartini. HR Rasuna Said sendiri dikenal sebagai sosok yang berkemauan keras dan memiliki pengetahuan yang luas.

HR Rasuna Said mengenyam pendidikan Islam di pesantren semasa kecil. Saat masa sekolah ini, dirinya pernah menjadi satu-satunya santri perempuan. Sejak saat itu, Rasuna Said sangat memperhatikan kemajuan dan pendidikan bagi kaum perempuan. Selanjutnya ia memulai perjuangannya untuk membela kaum perempuan dengan bergabung di Sarekat Rakyat sebagai sekretaris cabang.

Selanjutnya dia pun menjadi anggota Persatuan Muslim Indonesia. Berkat kemampuan serta cara berpikirnya yang kritis, HR Rasuna Said sempat ditangkap dan dipenjara oleh pemerintah Belanda pada tahun 1932 lantaran dianggap menentang Belanda.cPada masa penjajahan Jepang, Rasuna Said merupakan salah satu pendiri organisasi pemuda Nippon Raya.

  • Selanjutnya dalam karir politiknya, HR Rasuna Said pernah menjabat sebagai DPR RIS dan kemudian menjadi anggota Dewan Pertimbangan Agung sejak tahun 1959 sampai meninggal.
  • Rasuna Said diangkat sebagai salah satu pahlawan nasional berdasarkan Surat Keputusan Presiden R.I.
  • No.084/TK/Tahun 1974 tanggal 13 Desember 1974.
See also:  Jakarta memiliki pakaian tradisional yang disebut?

Untuk mengenang jasanya dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia, nama HR Rasuna Said pun kini diabadikan sebagai salah satu nama jalan protokol di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan. Situasi terkini lalu lintas di Rasuna Said. Jelang pelepasan jenazah Presiden ke-3 RI, BJ Habibie dari rumah duka di Kuningan, Jakarta Selatan.

Apa yang dimaksud dengan Jalan HR Rasuna Said?

Apakah Anda bersedia berpartisipasi dalam penelitian pengguna untuk Wikipedia dengan imbalan? Lengkapi formulir untuk didaftarkan ke daftar peserta kami. Anda akan dihubungi secara berkala dengan kesempatan untuk berpartisipasi dalam studi penelitian bagi Wikipedia. Penampakan Jl. HR Rasuna Said sebelum dimulainya pembangunan LRT Jabodebek, Jalan HR Rasuna Said atau Jalan Rasuna Said adalah nama salah satu jalan utama Jakarta dan juga merupakan pusat bisnis atau disebut Financial District (Poros Sudirman-Thamrin-Kuningan).

  • Setiabudi, Setiabudi, Jakarta Selatan
  • Guntur, Setiabudi, Jakarta Selatan
  • Karet, Setiabudi, Jakarta Selatan
  • Karet Kuningan, Setiabudi, Jakarta Selatan
  • Kuningan Timur, Setiabudi, Jakarta Selatan
  • Kuningan Barat, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan

Jalan ini dilalui oleh TransJakarta Koridor 6 dan merupakan jalur akses menuju Mega Kuningan, Jalan ini juga dilalui oleh jalur LRT Jabodebek Jalur Cawang-Dukuh Atas, Di jalan ini terdapat Komisi Pemberantasan Korupsi, Kemeterian Kesehatan Republik Indonesia, dan beberapa gedung Kedutaan Besar,

Siapa saja cucu HR Rasuna Said?

Perjuangan politik dimulai Rasuna saat beraktivitas di Sarekat Rakyat REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Masyarakat Jakarta pasti tidak asing dengan nama Jalan HR Rasuna Said yang terletak di sepanjang Kuningan hingga Setiabudi, Jakarta Selatan. Nama ini diambil dari wanita pejuang kemerdekaan asal Sumatra Barat.

  • Rasuna yang bernama lengkap Hajjah Rangkayo Rasuna Said lahir pada 14 September 1910 di Maninjau, Agam, Sumatra Barat.
  • Wanita yang selalu meng gunakan kerudung ini tak hanya berjuang untuk kemerdekaan bangsa Indonesia tetapi juga untuk emansipasi wanita.
  • Rasuna mendapatkan pendidikan sedari kecil.
  • Ia memang dikenal dengan kecintaannya kepada ilmu pengetahuan.
See also:  Mengapa dilakukan perubahan terhadap rumusan ketuhanan dalam piagam jakarta?

Pendidikan dasar Rasuna dihabiskan di SD Maninjau. Setelah itu ia melanjutkan ke Diniyah School di Padangpanjang. Kecerdasan Rasuna sudah bisa terlihat saat ia bersekolah. Ia dipercaya mengajar kelas di bawahnya meskipun ia masih pelajar. Tak hanya pendidikan umum, Rasuna juga menimba ilmu agama di Pesantren Ar Rasyidiyah.

Usai menamatkan Diniyah School, Rasuna mengabdi menjadi pengajar di almamaternya. Tak banyak saat itu, Muslimah yang menempuh pendidikan hingga tingkat lanjut. Rasuna ingin memajukan pendidikan bagi seorang wanita. Selain pendidikan, ia juga tertarik dengan politik. Ia ingin agar wanita saat itu juga melek politik.

Dalam pandangan agama, bangsa, dan politik, Rasuna banyak di pe ngaruhi gurunya H Abdul Karim Amrullah, ayahanda HAMKA. Hingga akhir perjuangannya landasan berpikirnya sela lu menggunakan pemikiran dari Abdul Karim. Perjuangan politik dimulai Rasuna saat beraktivitas di Sarekat Rakyat sebagai sekretaris.

  1. Emudian, dia bergabung sebagai anggota di Persatuan Muslim Indonesia.
  2. Rasuna Said juga ikut mengajar di sekolah-sekolah yang didirikan Persatuan Muslimin Indonesia (PERMI).
  3. Emudian, dia mendirikan Sekolah Thawalib di Padang, dan memimpin Kursus Putri dan Normal Kursus di Bukit Tinggi Saat terjun dalam dunia politik, Rasuna dikenal dengan kemahirannya ber pi dato.

Isi pidato yang disam pai kannya selalu tajam menyangkut pe nindasan pemerintah Belanda ketika tahun 1930. Akibat pidato yang menyinggung Belanda, Rasuna akhirnya ditangkap dan dipenjara tahun 1932 di Semarang. Rasuna Said juga tercatat sebagai wanita pertama yang terkena hukum Speek Delict yaitu hukum kolonial Belanda yang menyatakan bahwa siapa pun dapat dihukum karena berbicara menentang Belanda.

  • Rasuna Said sempat ditangkap bersama teman seperjuangannya Rasimah Ismail.
  • Setelah keluar dari penjara, Rasuna Said meneruskan pendidikannya di Islamic College pimpinan KH Mochtar Jahja dan Dr Kusuma Atmaja.
  • Pada 1935 Rasuna menjadi pemimpin redaksi Majalah Raya.
  • Arena ruang gerak yang dibatasi Belanda, Rasuna Said pindah ke Medan dan mendirikan sekolah pendidikan khusus wanita Perguruan Putri.
See also:  Piagam jakarta yang disetujui pada tanggal 22 juni 1945 berisi?

Dia juga menerbitkan majalah Menara Putri yang membahas seputar pentingnya peran wanita, kesetaraan antara pria, wanita, dan keislaman. Pada masa pendudukan Jepang, Rasuna Said ikut serta sebagai pendiri or gani sasi pemuda Nippon Raya di Padang.

Adblock
detector