Sampai kapan ppkm jakarta?

sampai kapan ppkm jakarta
JAKARTA, KOMPAS.com – Pemerintah pusat kembali memperpanjang pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 1 di DKI Jakarta untuk mencegah penyebaran Covid-19. Berdasarkan Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 42 Tahun 2022 tentang PPKM pada Kondisi Covid-19 di Wilayah Jawa dan Bali, PPKM di Jakarta diperpanjang sejak 6 September hingga 3 Oktober 2022.

  1. Gubernur DKI Jakarta untuk wilayah Kabupaten/Kota dengan kriteria level satu,” demikian isi Inmendagri tersebut.
  2. Baca juga: PPKM Diperpanjang, Ini Daftar Pintu Masuk Pelaku Perjalanan Luar Negeri PPKM ini berlaku di semua wilayah Jakarta, yakni Kepulauan Seribu, Jakarta Barat, Jakarta Timur, Jakarta Selatan, Jakarta Utara, dan Jakarta Pusat.

Selain Jakarta, wilayah Bodetabek juga masih menerapkan PPKM level 1. Direktur Jenderal Bina Administrasi Wilayah Kemendagri Syafrizal mengatakan, pemerintah kembali memperpanjang PPKM walaupun kondisi Covid-19 dalam seminggu terakhir mengalami tren penurunan.

  • Seluruh wilayah Indonesia berstatus PPKM level 1 pada perpanjangan kali ini.
  • Baca juga: Saat BBM Murah Revvo 89 Diburu Warga, Pagi Stok Lenyap, Tersedia Lagi Malam dengan Harga Lebih Mahal.
  • Penetapan level 1 di seluruh wilayah berdasarkan pertimbangan dan masukan dari para pakar dengan mempertimbangan kondisi faktual di lapangan.

“Hasil asesmen PPKM kali ini dan berdasarkan pertimbangan para ahli masih ditetapkan seluruh daerah di Indonesia berada di level 1,” kata Syafrizal dikutip dari keterangan tertulis, Selasa. Adapun pada PPKM level 1 diatur bahwa perusahaan diperbolehkan untuk melaksanakan work form office (WFO) dengan jumlah pegawai 100 persen.

Baca juga: Hari Ini, Serikat Buruh Demo Tolak Kenaikan Harga BBM di DPR Pukul 10.00 Pasar rakyat dan pusat perbelanjaan atau mal juga diperbolehkan beroperasi 100 persen hingga pukul 22.00 WIB. Begitu pula dengan rumah ibadah diperbolehkan untuk beroperasi 100 persen. Kemudian, bioskop juga diperbolehkan beroperasi 100 persen dan hanya pengunjung dengan kategori hijau di aplikasi PeduliLindungi yang diperbolehkan masuk.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

PPKM Jakarta diperpanjang sampai kapan?

Foto: Wilayah Jabodetabek kembali berstatus PPKM level 2 (CNBC Indonesia/ Muhammad Sabki) Jakarta, CNBC Indonesia – Pemerintah kembali memperpanjang masa pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) seluruh Indonesia terhitung mulai 5 Juli hingga 1 Agustus 2022.

See also:  What to do in jakarta this weekend?

Eputusan perpanjangan PPKM dituangkan dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) 33/2022 dan 34/2022 tentang PPKM Jawa-Bali dan Luar Jawa-Bali yang diteken Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian. Direktur Jenderal Bina Administrasi Wilayah Kementerian Dalam Negeri Safrizal ZA mengemukakan dalam perpanjangan PPKM kali ini, ada beberapa daerah yang statusnya terpaksa kembali naik menjadi level 2, salah satunya DKI Jakarta.

“Akhir-akhir ini kita melihat adanya peningkatan kasus covid-19 dikarenakan adanya penyebaran varian BA.4 dan BA.5. Beberapa daerah terpaksa harus dinaikkan menjadi Level 2,” kata Safrizal dalam keterangan resmi. Selain DKI Jakarta, status sejumlah wilayah aglomerasi di Jawa-Bali juga naik menjadi level 2.

  1. Mulai dari Kota Tangerang, Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang Selatan, Kota Bogor, Kota Bekasi, Kota Depok, Kabupaten Bogor, Kabupaten Bekasi, dan Kabupaten Sorong.
  2. Dengan menggunakan indikator transmisi komunitas untuk melakukan asesmen pemerintah daerah dalam pelaksanaan PPKM, saat ini untuk Jawa Bali terdapat 114 daerah dengan status PPKM Level 1, menurun dari pelaksanaan Inmendagri sebelumnya yaitu 128 daerah.

Sedangkan jumlah daerah dengan status Level 2 meningkat menjadi 14 daerah, dari yang sebelumnya tidak ada satupun daerah yang berada di Level 2. Dalam pelaksanaan PPKM Luar Jawa Bali, kondisinya masih sama yaitu 385 daerah berstatus PPKM Level 1, dan hanya 1 daerah berstatus PPKM Level 2.

  • Namun ada pergantian daerah yang berada di Level 2 yang sebelumnya adalah Kabupaten Teluk Bintuni, beralih menjadi Kabupaten Sorong.
  • Masyarakat dihimbau untuk tidak panik dengan adanya kenaikan kasus ini karena kasus omicron varian BA.4 dan BA.5 memiliki masa puncak kasus yang lebih cepat dibanding varian sebelumnya.

“Studi Kementerian Kesehatan menunjukkan bahwa puncak kasus Covid-19 varian BA.4 dan BA.5 sekitar 30% – 50% lebih rendah dari kasus varian omicron, yang disertai dengan gejala ringan. Sehingga masyarakat tidak perlu panik, namun tanpa mengurangi kewaspadaan dalam menerapkan protokol Kesehatan yang ketat, khususnya memakai masker di ruangan yang tertutup (indoor)” tegas Safrizal.

Sekarang DKI Jakarta PPKM level berapa?

PPKM Diperpanjang Sampai 29 Agustus 2022 – Dilansir Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 40 Tahun 2022 tentang PPKM COVID-19 di Wilayah Jawa-Bali, Jakarta masuk ke dalam PPKM level 1. Hal ini berlaku per tanggal 16 Agustus-29 Agustus 2022. PPKM diperpanjang kembali oleh pemerintah. Perpanjangan ini berlaku untuk PPKM Jawa-Bali, termasuk Jakarta. (Foto: Infografis detikcom/Denny)

See also:  Teater rakyat yang berasal dari jakarta kecuali?

Apakah akan ada PPKM lagi bulan Juli?

JAKARTA, KOMPAS.com – Pemerintah resmi memperpanjang pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat ( PPKM ) di seluruh Indonesia pada 7 Juni hingga 4 Juli 2022. Perpanjangan ini menyasar PPKM di Jawa-Bali ataupun PPKM di luar Jawa-Bali. Direktur Jenderal Bina Administrasi Kewilayahan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Syafrizal ZA mengatakan, perpanjangan PPKM tersebut ditegaskan melalui Instruksi Menteri Dalam Negeri ( Inmendagri ) Nomor 29 Tahun 2022 untuk pengaturan PPKM di Jawa Bali dan Inmendagri Nomor 30 Tahun 2022 untuk pengaturan PPKM di Luar Jawa Bali.

  • Eduanya berlaku sejak 7 Juni hingga 4 Juli 2022,” ujar Syafrizal dalam siaran persnya, Selasa (7/6/2022).
  • Baca juga: Satgas: RI Tetap Terapkan PPKM untuk Pengendalian Covid-19 Menurut Syafrizal, dalam perpanjangan PPKM kali ini hanya satu kabupaten yang masih berada di Level 2.
  • Ita patut bersyukur setelah lebih dari dua tahun berjibaku dengan penanggulangan Covid-19, di perpanjangan PPKM kali ini kita lihat kondisinya semakin membaik.

Seluruh daerah (128 kabupaten/kota) di Jawa Bali berada di PPKM Level 1,” jelasnya. “Sedangkan untuk daerah di luar Jawa Bali, 385 kabupaten/kota berada di PPKM Level 1, dan hanya satu kabupaten yaitu Kabupaten Teluk Bintuni yang masih berada di Level 2,” lanjutnya.

  • Selain itu, pada perpanjangan kali ini tidak ada kabupaten/kota baik di Jawa-Bali maupun di luar Jawa-Bali yang berada di Level 3 dan Level 4.
  • Lebih lanjut Syafrizal menjelaskan bahwa asesmen pemerintah daerah dalam perpanjangan PPKM kali ini dilakukan dengan menggunakan indikator transmisi komunitas pada indikator penyesuaian upaya kesehatan masyarakat dan pembatasan sosial dalam penanggulangan pandemi Covid-19 yang ditetapkan oleh Menteri Kesehatan.

Baca juga: Epidemiolog Sebut PPKM Tetap Dibutuhkan meski Aktivitas Warga Sudah Dilonggarkan Adapun konsekuensi daerah yang telah ditetapkan berada di Level 1 berarti kegiatan masyarakat bisa beroperasi normal dengan kapasitas maksimal 100 persen di berbagai sektor.

Namun, saya tetap dan selalu mengimbau walaupun relaksasi kebijakan penggunakan masker telah dikeluarkan, masyarakat tetap harus waspada terhadap potensi-potensi yang dapat menyebabkan penularan Covid-19,” tegas Syafrizal. Selain itu, dalam pengaturan PPKM kali ini juga dilakukan relaksasi kebijakan terhadap pembatasan pintu masuk bagi pelaku perjalanan internasional, termasuk penentuan gerbang perjalanan udara bagi jemaah haji yang menunaikan ibadahnya di tahun 2022.

See also:  Tokoh muhammadiyah yang termasuk dalam penandatanganan piagam jakarta adalah?

Khusus untuk pintu masuk udara, Inmendagri kali ini diselaraskan dengan Surat Edaran Satgas Nasional Covid-19 Nomor 19 tentang Protokol Kesehatan Perjalanan Luar Negeri pada Masa Pandemi Covid-19. Baca juga: Puan Minta Pemerintah Siapkan Strategi Matang jika Cabut PPKM Sehingga, di dalam Inmendagri kali ini diperinci untuk pintu masuk perjalanan luar negeri melalui jalur udara, yaitu Bandara Soekarno-Hatta, Bandara Juanda, Bandara Ngurah Rai, Bandara Hang Nadim, Bandara Raja Haji Fisabilillah, Bandara Sam Ratulangi, Bandara Zainuddin Abdul Madjid, Bandara Kualanamu, Bandara Sultan Hasanuddin, dan Bandara Internasional Yogyakarta.

Kenapa PPKM Level 2 dibatalkan?

PPKM Jawa-Bali Level 1: Tingkat Kematian Akibat COVID-19 Rendah – Selain dari kasus COVID-19 yang menunjukkan grafik landai, PPKM level 2 batal karena tingkat rawat inap dan kematian akibat Corona terpantau rendah dan terkendali. Sehingga, Kemendagri memutuskan untuk merevisi level PPKM wilayah aglomerasi Jabodetabek menjadi level 1.

Apa itu PPKM Level 3?

PPKM Level 3 Artinya Apa: Ada Sejumlah Pembatasan Terbaru – Dalam PPKM Level 3 di Jabodetabek ini, pemerintah memberlakukan pembatasan terbaru. Adapun sejumlah daftar pembatasan terbaru PPKM Level 3 adalah sebagai berikut:

Industri orientasi ekspor dan domestik dapat terus beroperasi 100 persen dengan minimal 75% karyawan sudah mendapatkan vaksinasi dosis kedua.Jam operasional Supermarket hingga pukul 21.00 dengan maksimal pengunjung 60%Jam operasional Pasar Raya hingga pukul 20.00 dengan maksimal pengunjung 60%Jam operasional Mall hingga pukul 21.00 dengan aturan sebagai berikut:Pengunjung maksimal 60%Anak dengan usia kurang dari 12 tahun minimal vaksin dosis pertamaTempat bermain dan hiburan anak dapat dibuka dengan kapasitas maksimal 35% serta wajib menyertakan bukti vaksin.Warteg dan Lapak jajan diperbolehkan beroperasi hingga pukul 21.00 dengan kapasitas maksimal 60%Restoran atau kafe bisa beroperasi hingga pukul 21.00 dengan kapasitas maksimal 60%Bioskop diperbolehkan beroperasiTempat ibadah buka dengan kapasitas maksimal 50%Fasilitas umum dengan kapasitas maksimal 25%Kegiatan seni budaya dengan kapasitas maksimal 25%

PPKM Level 3 artinya apa sudah diketahui. Simak halaman selanjutnya untuk mengetahui info terbarunya. Simak Video: Yuk! Simak Aturan Baru PPKM Level 3, Dari Mal sampai Warteg