Sebuah tarian tradisional yang berasal dari betawi jakarta?

sebuah tarian tradisional yang berasal dari betawi jakarta
Jakarta – Tarian Betawi jadi salah satu peninggalan budaya yang wajib dilestarikan. Ada banyak jenis tarian Betawi yang perlu kamu tahu. Mulai dari tari ondel-ondel hingga topeng. Tarian tradisional bisa dikatakan sebagai bagian dari identitas bangsa. Namun adanya budaya asing yang masuk bisa membuat tarian ini semakin terlupakan.

Tarian Betawi sangat erat dengan alunan irama musik tradisional. Sehingga jika tarian ini ditinggalkan tentu seni musik Betawi juga lambat laun akan terlupakan juga. Berikut ini beberapa jenis tarian Betawi apa saja yang perlu kamu ketahui: 1. Tari Topeng Betawi Tari Topeng Betawi merupakan seni hasil gabungan dari seni drama, nyanyian, dan tarian.

Kombinasi ketiganya menjadi alasan tarian topeng sering dikataan sebagai tarian teather. Tarian ini sering dipamerkan saat acara pernikahan hingga khitanan. Gerakannya yang luwes membuat tarian ini sangat enak dilihat. Apalagi alunan musiknya sangat cocok dikombinasikan dengan gerakan sang penari. Tarian Betawi yang harus dilestarikan. Foto: Rifkianto Nugroho 2. Tari Yapong Tarian Yapong ini pertama kali diciptakan oleh Bagong Kusudiardjo pada tahun 1975. Tarian ini selalu ada dan tak pernah absen ketika peringatan ulang tahun kota Jakarta. Nama Yapong, diambil dari bunyi lagu ‘ya ya ya’ yang dipadukan dengan suara suara musik ‘pong pong pong’ sehingga disebut dengan Yapong.

Iringan musiknya dihasilkan dari Rebana Biang, Rebana Ketimpring, dan Rebana Hadroh.3. Tari Japin Betawi Tari Japin atau Tari Zapin Betawi merupakan campuran dari tarian Melayu yang dipengaruhi oleh kebudayaan Arab. Kata Zapin dalam tarian ini berasal dari bahasa Arab yaitu Zafana yang artinya bertandak atau menari.

Keunikan dari tarian Betawi ini tidak berpusat pada kepala tetapi langkahan kaki. Diiringi dengan musik vokal yang dibawakan oleh para penyanyi pria dan wanita untuk membawakan lagu melodi. Kostum penari japin pria biasanya memakai kopiah sebagai hiasan kepala, baju kampret, celana batik, sarung, dan selendang.4. Tarian Betawi yang bernilai seni tinggi. Foto: Grandyos Zafna 5. Tari Cokek Tari Cokek ini disebut sebagai tarian interaktif antara penari dan penonton. Sang penari membelitkan selendang ke penonton dan penonton pun dilarang menolak ajakan untuk menari bersama. Hampir sama dengan Tari Sirih Kuning, Tari Cokek juga diiringi dengan musik gambang kromong.

See also:  Apa arti dari greater jakarta?

Apa nama tarian adat DKI Jakarta?

Nasional Berikut Tari Tradisional Khas Jakarta atau Betawi Tribratanews.polri.go.id – Daerah Ibukota Jakarta merupakan ibu kota Indonesia yang terletak di Pulau Jawa. Jakarta adalah salah satu kota terpadat di wilayah Asia Tenggara. Sebagai ibu kota Indonesia, Jakarta menjadi pusat berbagai hal dan datangnya berbagai perantauan dari berbagai daerah.

Hal inilah yang menjadikan Jakarta tempat yang memiliki keragaman tinggi. Sabtu, (14/5/22). Meskipun banyak pendatang ke Jakarta, budaya asli masih dipertahankan. Orang Jakarta asli disebut dengan orang Betawi. Beberapa budaya Betawi masih memiliki pamor di kalangan orang Jakarta, baik asli maupun pendatang.

Berikut akan membahas tentang tari tradisional asal Jakarta atau Betawi. Berikut Tari Tradisional Khas Jakarta atau Betawi 1. Tari Cokek Tari Cokek adalah tari pergaulan khas Jakarta yang menjadi salah satu bentuk pencampuran antara kebudayaan Betawi dengan unsur China dan sudah ada sejak awal abad ke-20.

Musik pengiring pada tari tradisional ini merupakan kesenian Betawi yang ditarikan dengan iringan musik gambang kromong. Pada masa sekarang, tari ini juga diiringi oleh orkestra biasa. Orkestra biasa juga biasa digunakan untuk mengiringi pertunjukan tarian, seperti tari Sembah Nyai, Sirih Kuning, dan sebagainya.2.

Tari Japin Betawi Tari Japin Betawi merupakan wujud dari perpaduan berbagai budaya yang ada di Jakarta, khususnya campuran dari tarian Melayu yang dipengaruhi budaya Arab. Kostum yang digunakan oleh tarian ini menggunakan kerudung yang merupakan busana khas Melayu.

  1. Tari ini bersifat edukatif sehingga digemari oleh banyak orang.3.
  2. Tari Lenggang Nyai Tari Lenggang Nyai merupakan tari tradisional Betawi yang terinspirasi dari cerita perjuangan Nyai Dasimah dalam memperjuangkan kebebasannya.
  3. Gerakan dalam tarian ini melambangkan semangat dan kelincahan dari Nyai Dasimah.4.
See also:  Kapan ganjil genap berlaku lagi di jakarta?

Tari Nandak Ganjen Tari Nandak Ganjen adalah tari tradisional asal Betawi atau Jakarta yang diciptakan oleh Entong Sukirman, salah satu putra Bapak Kisam Jiun, pimpinan kelompok topeng Betawi Ratna Timur di Jakarta Timur. Tarian ini memiliki makna sebagai bentuk ungkapan sukacita dan kebebasan oleh kaum muda.

  • Tarian ini dibawakan oleh remaja putri Betawi yang beranjak dewasa.5.
  • Tari Ngarojeng Tari Ngarojeng adalah tari tradisional yang diadaptasi dari musik Ajeng, yaitu musik gamelan atau tetabuhan.
  • Musik Ajeng sendiri biasanya digunakan dalam mengiringi upacara penganten Betawi dalam upacara adat pernikahan.

Tarian Ngarojeng pertama kali dipertunjukan pada Festival tari se Jawa dan Bali pada tahun 1981/1982 di Semarang.6. Tari Ondel-Ondel Tari Ondel-ondel adalah tarian khas Betawi yang sangat populer dan dijadikan sebagai salah satu daya tari wisata ke Jakarta.

Apa keunikan tari cokek Betawi?

Jumat, 19 Februari 2016 09:06 Penampilan Tari Cokek Tangerang, Banten (Foto: kabupatentangerangkita.com) MerahPutih Budaya – Tari Cokek termasuk jenis tari-tarian yang lazim dipertunjukan masyarakat Banten di kawasan Tangerang, Tarian Cokek pertama kali diperkenalkan seorang tuan tanah keturunan Tionghoa, Tan Sio Kek.

Menurut kisahnya, Tan Sio Kek kerap menyelenggarakan pesta di kediamannya dan mengundang orang para musisi dari daratan Cina dengan membawa alat musik dari negara asalnya. Alat musik yang dimainkan musisi dari Cina yakni Rebab Dua Dawai, selain itu ketiga musisi itu memainkan alat tradisional Tangerang seperti Seruling, Gong dan kendang.

Untuk meramaikan suasana, Tan Sio Kek menampilkan tiga perempuan menari mengikuti alunan musik dari para musisi. Para tamu yang menghadiri pesta itu menyebut penari-penari sebagai Cokek. Namun, ada meyakini Cokek itu nama dari salah satu anak buah Tan Sio Kek.

Sejak saat itu masyarakat Tangerang, Banten mulai kenal Tari Cokek. Tarian Cokek biasanya dimainkan oleh sepuluh orang penari wanita, dan tujuh orang laki-laki pemegang gamang kromong, alat musik yang mengiringinya. Tari Cokek merupakan jenis tarian khas yang berasal dari daerah Tangerang yang pada awalnya berkembang di daerah betawi.

Di daerah Tangerang, tari Cokek biasanya dimainkan sebagai pertunjukkan hiburan saat warga Cina benteng menyelenggarakan acara, khususnya acara pernikahan. Oleh warga Tionghoa di Tangerang, Tari Cokek disebut sebagai tari penyambutan tamu. Berikut gerakan dan musik Tari Cokek yang diperlombakan di Tangerang: Keunikan Tari Cokek terlihat pada gerakan tubuh penarinya yang bergerak perlahan-lahan sehingga mudah untuk diikuti oleh penonton.

  1. Gerakan tarian tari Cokek ini kemudian akan dilanjutkan dengan ajakan pada para penonton untuk ikut bergabung menari.
  2. Ajakan pada para penonton itu dilakukan dengan cara mengalungkan selendang ke leher sambil menariknya maju ke depan atau ke panggung.
  3. Ajakan itu umumnya ditujukan kepada pemuka masyarakat atau orang kaya yang hadir pada acara itu.
See also:  Inti dari kongres kedua yang dilaksanakan di jakarta adalah?

Proses menari bersama ini dilakukan berdekatan antara penari dengan penonton, tetapi tidak saling bersentuhan. Selain gerakannya yang pelan dan mudah diikuti, keunikan lainnya pada tarian ini adalah pada busana penarinya. Biasanya busana yang dipakai para penari adalah kebaya yang terbuat dari kain sutra yang memiliki warna mencolok, yaitu berwarna hijau, merah, kuning, dan ungu dan warna kain ini akan bertambah mencolok ketika terkena pancaran sinar lampu.

Anggrek Jadi Motif Khas Batik Tangerang Selatan Rekreasi Keluarga di Hutan Kota Jombang Tangerang Selatan Berburu Daging Kodok di Pasar Lama Tangerang Prilly Sukses Hibur Warga Tangerang Wow, Tangerang Pesta Salju untuk Pertama Kalinya

Travel Selasa, 05 Juli 2022 09:33 Travel Rabu, 01 Desember 2021 22:33 Travel Senin, 02 Mei 2022 20:02 Tradisi Minggu, 28 Agustus 2022 12:03 Travel Jumat, 11 Februari 2022 08:02 Travel Kamis, 25 Agustus 2022 09:03 Travel Selasa, 05 Juli 2022 09:33 Travel Rabu, 01 Desember 2021 22:33 Travel Senin, 02 Mei 2022 20:02 Tradisi Minggu, 28 Agustus 2022 12:03 Travel Jumat, 11 Februari 2022 08:02 Travel Kamis, 25 Agustus 2022 09:03

Adblock
detector