Sekarang ulang tahun jakarta yang ke berapa?

sekarang ulang tahun jakarta yang ke berapa
JAKARTA, KOMPAS.com – Hari ini, Rabu (22/6/2022), merupakan hari ulang tahun (HUT) DKI Jakarta yang ke-495. Jakarta yang menjadi ibu kota negara dan menjadi pusat pemerintahan semenjak era kolonial Belanda kini hampir berusia lima abad. Kendati demikian, sejatinya penetapan tanggal ulang tahun Jakarta baru diresmikan sekitar tahun 1956 oleh Wali Kota Jakarta Sudiro yang mengemban jabatan tersebut pada 1953-1960.

Baca juga: HUT Jakarta 2022, Pemprov DKI Gratiskan Tarif MRT, Transjakarta, dan LRT Sejarawan dari Universitas Indonesia (UI) Bondan Kanumoyoso mengungkap, berdasarkan catatan, ada dua pakar yang mengusulkan tanggal ulang tahun Jakarta. Mereka adalah Hoesein Djajadiningrat, yang mengusulkan tanggal 17 Desember, dan Soekanto, yang mengusulkan tanggal 22 Juni, menjadi hari jadi Ibu Kota.

Pilihan akhirnya jatuh pada 22 Juni. Tanggal 22 Juni dipilih sebab beberapa catatan sejarah menyebutkan pada 22 Juni 1527 merupakan tanggal istimewa karena waktu itu pasukan Fatahillah berhasil mengusir Portugis dari daratan Sunda Kelapa (Jakarta dulu).

Di saat yang bersamaan dirayakan pula hari besar kegamaan umat Islam, yakni Maulid Nabi Muhammad. Hanya saja, menurut Bondan, penetapan tanggal oleh Soekanto merupakan interpretasi atau perkiraan karena tidak ditemukan dokumen yang memuat hal tersebut secara pasti. Baca juga: Rayakan HUT Jakarta, Masuk Museum Besok Gratis! Jakarta pun mengalami banyak pergantian nama sejak era pra-kolonialisme hingga merdeka seperti sekarang.

Berikut sejumlah nama kota Jakarta sejak sebelum Indonesia merdeka.1. Sunda Kelapa (Abad ke-14) Sunda Kelapa dulunya adalah pelabuhan besar milik kerajaan Pajajaran yang ramai dikunjungi oleh para pedagang dari berbagai belahan dunia untuk saling bertukar komoditas.2.

  • Jayakarta (22 Juni 1527) Setelah mengalahkan Kerajaan Sunda dan membatalkan pembangunan benteng Portugis, nama Sunda Kelapa diganti menjadi Jayakarta oleh Fatahillah dan Syarif Hidayatullah dari Kerajaan Demak.3.
  • Batavia (1621) Bertahan hingga 1942, nama Batavia disematkan oleh Belanda dengan pemerintahan bernama Stad Batavia.4.
See also:  Kapan magrib di jakarta?

Jakarta Tokubetsu Shi (1942) Dalam rangka menghilangkan semua jejak Belanda, Jepang mengganti nama Batavia dengan nama Jakarta Tokubetsu Shi 5. Djakarta/Jakarta (1949) Memasuki masa Indonesia merdeka, Menteri Penerangan Republik Indonesia Serikat (RIS), Arnoldus Mononutu menegaskan bahwa nama Ibu Kota adalah Jakarta dan menghapus nama Batavia.6.

  • Daerah Khusus Ibukota Jakarta (1961) Sebelum menjadi DKI Jakarta, posisi Jakarta masih menjadi bagian dari Provinsi Jawa Barat.
  • Status Jakarta kemudian ditingkatkan menjadi Daerah Tingkat Satu yang dipimpin gubernur.
  • Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com.
  • Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join.

Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

HUT Jakarta 495 kapan?

Peringatan hari lahir Jakarta ke- 495 pada 22 Juni 2022 ditandai upacara HUT di Lapangan Selatan Monumen Nasional (Monas), juga diselenggarakan untuk pertama kalinya dalam dua tahun terakhir karena pandemi Covid-19.

Apa simbol dari kota Jakarta?

Jakarta, CNN Indonesia – Sebentar lagi ulang tahun DKI Jakarta. Sebagai Ibukota negara Republik Indonesia, kita harus mengenal Jakarta di usianya yang telah 489 tahun. Ini adalah bentuk identitas diri biasanya daerah menuangkannya ke dalam sebuah lambang daerah.

Lambang DKI Jakarta adalah perisai persegi lima dengan lukisan gerbang terbuka bertuliskan “Jaya Raya”. Di dalamnya terdapat tugu nasional serta dilingkari oleh untaian padi dan kapas. Warnanya biru tua dengan pinggiran perisai bewarna kuning. Logo tersebut merupakan hasil guratan sketsa dari Hendrik Hermanus Joel Ngantung atau yang sering dikenal dengan sebutan Henk Ngantung.

Ia adalah seorang seniman besar yang juga pernah menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta. Logo tersebut diciptakan dengan lambang berupa gerbang yang terbuka menggambarkan ibu kota yang besar. Gambaran tugu nasional adalah ikon kota Jakarta dan tempat berlangsungnya proklamasi kemerdekaan.

  1. Tugu nasional juga melambangkan kegagahan, daya juang dan semangat yang tidak pernah padam.
  2. Padi dan kapas memiliki arti cita­cita yaitu keadilan dan kemakmuran yang dapat mempersatukan masyarakat.
  3. Di bagian bawahnya terdapat gelombang laut, melambangkan identitas Jakarta yang dahulu menjadi pelabuhan perdagangan besar, serta mencerminkan negara Indonesia yang maritim.
See also:  Tuliskan potensi sumber daya alam yang ada di jakarta?

Keseluruhan lambang tersebut dilukis di atas warna dasar biru, melambangkan cinta kebebasan dan cinta damai bangsa Indonesia. Terakhir, tergurat slogan bewarna merah bertuliskan “Jaya Raya” yang berarti Jaya, besar, agung menggambarkan posisinya sebagai kota yang besar.

Jakarta hajatan sampai kapan?

Puncak rangkaian acara HUT DKI Jakarta ke-495 yang bertema ‘ Jakarta Hajatan ‘, akan dilaksanakan Sabtu (25/6/2022). Sebagai informasi, rangkaian acara HUT Jakarta ‘ Jakarta Hajatan ‘ telah berlangsung sejak 24 Mei 2022 dan berakhir dengan puncaknya pada esok malam.