Suku bangsa yang berasal dari daerah dki jakarta adalah?

suku bangsa yang berasal dari daerah dki jakarta adalah
JAKARTA, KOMPAS.com – Berbagai macam suku dan budaya telah hidup berdampingan selama bertahun-tahun di DKI Jakarta. Namun, penduduk asli Jakarta adalah orang Betawi. Dilansir dari laman Jakarta Tourism, masyarakat Betawi adalah orang-orang keturunan campuran dari ras dan suku yang berbeda-beda.

  • Mereka kemudian menjadikan Jakarta sebagai rumah.
  • Sementara itu, bahasa Betawi merupakan campuran dari bahasa Malay asli dengan pemakaian beberapa kata-kata dari bahasa Sunda, Jawa, Cina, India, Arab, hingga Belanda.
  • Baca juga: Kilas Balik Sejarah Jakarta: Asal-usul Nama Kampung Bali di Tanah Abang Masyarakat Betawi terbiasa bicara terang-terangan dan demokratis, sekaligus menerima dan memahami perbedaan budaya.

Perbedaan budaya itu kemudian tumbuh menjadi seni, musik, dan tradisi Betawi. Jakarta diketahui telah berdiri sejak 1527. Hari kelahiran Jakarta ditetapkan tanggal 22 Juni 1527 berdasarkan surat keputusan Dewan Perwakilan Kota Sementara Djakarta Raja pada 23 Februari 1956.

  1. DKI Jakarta kemudian ditetapkan sebagai Ibu Kota Negara Republik Indonesia melalui Undang-Undang Nomor 10 Tahun 1964 pada 31 Agustus 1964.
  2. Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com.
  3. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join.

Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

DKI singkatan dari apa?

DKI dapat mengacu pada beberapa hal berikut: Daerah Khusus Ibukota Jakarta.

Jakarta Apa yang paling luas?

Budaya dan Kekhasan Provinsi DKI Jakarta – Seri Budaya Indonesia

Luas Daerah Menurut Wilayah Administrasi di DKI Jakarta (2021)

A Font Kecil A Font Sedang A Font Besar

Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan, Jakarta Timur merupakan wilayah terluas di Jakarta pada 2021. Luas wilayah ini mencapai 182,7 km 2 atau menyumbangkan 27,51% dari total luas ibu kota. Wilayah terluas selanjutnya adalah Jakarta Selatan. Luas wilayah Jakarta Selatan mencapai 154,32 km 2 atau setara dengan 23,24% dari total luas wilayah Jakarta.

See also:  Gunung yang kelihatan dari jakarta?

Emudian, Jakarta Utara memiliki luas 139,99 km 2, Jakarta Utara menyumbangkan 21,08% dari total luas wilyah Jakarta. Kemudian disusul Jakarta Barat dengan luas wilayah 124,44 km 2 atau setara dengan 18,74%. Jakarta Pusat memiliki luas 52,38 atau menyumbangkan 7,89% dari total luas wilayah Jakarta. Terakhir, Kepulauan Seribu tercatat memiliki luas 10,18 km 2,

Wilayah ini hanya menyumbangkan 1,53% dari total luas Jakarta. (Baca: Jawa Tengah Provinsi Termiskin di Pulau Jawa pada 2021 )