Sumber daya alam apa yang dihasilkan di wilayah jakarta?

sumber daya alam apa yang dihasilkan di wilayah jakarta
Sebagai kota pelabuhan, Jakarta pada mulanya bernama Sunda Kelapa. Kemudian, pada 22 Juni 1527, Pangeran Fatahillah datang dan mendirikan kota Jayakarta untuk mengganti Sunda Kelapa. Tanggal inilah yang kemudian ditetapkan sebagai saat berdiri kota Jakarta.

  • Ota Jayakarta berkembang sebagai kota pelabuhan yang sibuk, di mana para pedagang dari Cina, India, Arab, Eropa, serta negara-negara lain saling bertukar komoditas.
  • Pada 1619, VOC Belanda yang dipimpin Jan PieterszoonCoen menghancurkan Jayakarta, lalu membangun kota baru di bagian barat sungai Ciliwung yang dinamakan Batavia, diambil dari Batavieren, nenek moyang bangsa Belanda Batavia direncanakan dan dibangun nyaris mirip dengan kota-kota di Belanda, yaitu dalam bentuk blok yang masing-masing dipisahkan oleh kanal, dilindungi oleh dinding sebagai benteng, serta parit.

Selesai dibangun pada 1650, Batavia adalah tempat tinggal bangsa Eropa. Sementara bangsa Cina, Jawa, dan penduduk pribumi lainnya disingkirkan ke tempat lain. Batavia digunakan untuk menyebut nama kota ini selama tiga abad lebih. Setidaknya bermula pada 1619, atau sumber lain mengatakan tahun 1621, hingga 1942.

Sejalan dengan kebijakan de-Nederlandisasi oleh Pemerintah Jepang, nama kota sengaja diganti dengan bahasa Indonesia atau Jepang. Walhasil, pada 1942, nama Batavia berubah menjadi Djakarta sebagai akronim Djajakarta. Menurut Lasmijah Hardi dalam Jakartaku, Jakartamu, Jakarta Kita (1987), pergantian nama itu bertepatan dengan perayaan Hari Perang Asia Timur Raya, pada 8 Desember 1942.

Nama lengkap kota itu ialah Jakarta Tokubetsu Shi, Setelah Jepang kalah pada Perang Dunia II dan Indonesia merdeka pada 17 Agustus 1945, nama Jakarta tetap dipakai dengan meninggalkan nama Jepang-nya. Memasuki zaman Indonesia merdeka, Menteri Penerangan Republik Indonesia Serikat (RIS) saat itu, Arnoldus Isaac Zacharias Mononutu, menegaskan, sejak 30 Desember 1949 tak ada lagi sebutan Batavia bagi kota ini.

  1. Sejak saat itu, nama Ibu Kota Republik Indonesia adalah Jakarta.
  2. Pemberian nama Jakarta ini kembali dikukuhkan pada 22 Juni 1956 oleh Wali Kota Jakarta Sudiro (1953-1960).
  3. Saat itu, sebelum 1959, posisi Jakarta masih merupakan bagian dari Provinsi Jawa Barat.
  4. Pada 1959, status Jakarta diubah, dari sebuah kotapraja di bawah wali kota ditingkatkan menjadi Daerah Tingkat Satu yang dipimpin gubernur.

Gubernur pertama ialah Soemarno Sosroatmodjo. Pada 1961, status Jakarta diubah kembali, dari Daerah Tingkat Satu menjadi Daerah Khusus Ibu Kota (DKI). Sedangkan penetapan tanggal lahir Jakarta didasarkan pada momen peristiwa kemenangan Fatahillah mengusir Portugis dari Sunda Kelapa pada 22 Juni 1527.

  1. Seperti diketahui, untuk memperingati momen itu, nama Sunda Kelapa kemudian diubah menjadi Jayakarta.
  2. Hingga kini, setiap 22 Juni diperingati sebagai HUT Ibu Kota Republik Indonesia.
  3. Jakarta dengan kondisi geografis lautan yang lebih luas daripada daratan memiliki potensi sumber daya laut yang cukup besar, yakni berupa sumber daya mineral dan hasil laut.

Sumber daya mineral yang dihasilkan, tepatnya di Pulau Pabelokan, Kepulauan Seribu, berupa minyak bumi dan gas mulai dieksploitasi sejak 2000, dengan rata-rata kapasitas produksi sekitar 4 juta barel per tahun.

Sumber daya alam apakah yang sangat potensi bagi Indonesia?

KOMPAS.com – Potensi sumber daya alam Indonesia adalah hutan, laut, minyak bumi, gas alam dan batu bara. Dilakukan upaya pemanfaatan potensi SDA Indonesia untuk menjadi negara maju.

See also:  Eyelash extension yang bagus di jakarta?

Apa sumber daya alam Indonesia brainly?

Jawaban: Sumber daya alam di Indonesia tidak terbatas pada kekayaan hayatinya saja. Berbagai daerah di Indonesia juga dikenal sebagai penghasil berbagai jenis bahan tambang, seperti petroleum, timah, gas alam, nikel, tembaga, bauksit, timah, batu bara, emas, dan perak.

Apa sumber daya alam yang ada di Sulawesi Utara?

MinselHasil utama Sulawesi Utara bersumber dari tanaman perkebunan yang memegangperanan dan melibatkan hajat hidup sebagian besar masyarakat di daerah ini. Sekitar 70 % mata pencaharian dan pendapatan masyarakat berasal dari tanamanperkebunan seperti Kelapa, Cengkeh, Pala, Vanili, Coklat dan lainnya.

Apa saja sumber daya alam di Sulawesi?

Iklim investasi di Sultra sangat menggembirakan. Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM PTSP) Sultra mencatat realisasi investasi di Sultra mencapai Rp 11 triliun tahun 2017. Ini sebuah capaian besar karena melampaui target secara nasional yang hanya berada pada level Rp 10 triliun.

  • Eberhasilan tersebut diungkapkan Kepala DPM PTSP Sultra, Masmuddin.
  • Capaian nilai investasi hingga Rp 11 triliun itu tak lepas dari potensi Sultra dari berbagai sektor.
  • Diantaranya, sumber daya alam (SDA) yang begitu melimpah di Bumi Anoa ini baik nikel, aspal, emas dan hasil tambang lainnya.
  • Bidang lainnya adalah sektor pertanian, industri jasa, peternakan, perikanan, pariwisata dan budaya.

Potensi itu tersebar di 16 kabupaten dan kota di Sultra. “Rp 11 triliun kita peroleh. Dan itu belum dengan hasil investasi triwulan keempat tahun ini sehingga bisa lebih lagi,” ujar Masmuddin di ruang kerjanya, Selasa (19/12). Capaian itu, kata Masmuddin mengindikasikan bahwa investasi atau penanaman modal sangat membantu pertumbuhan ekonomi Sultra.

Laju pertumbuhan ekonomi suatu daerah ditentukan dari empat poin yakni belanja pemerintah daerah, belanja konsumsi masyarakat atau rumah tangga, ekspor dan impor serta pertumbuhan investasi. “Nah, bidang keempat ini bisa memberikan sumbangsih perekonomian daerah,” ungkap mantan Wakil Bupati Konawe itu.

Melihat prestasi itu, pemerintah pusat kembali menargetkan nilai investasi yang harus dicapai Pemporv Sultra tahun 2018. Angka targetnya cukup fantastis, yakni sebesar Rp 27 triliun atau sekira 170 persen dari target tahun 2017. DPM PTSP Sultra menerima tantangan pemerintah pusat itu dan berkomitmen akan merealisasikan target tersebut.

Untuk mencapai target investasi Rp 27 triliun itu, Masmuddin mengaku sudah menyiapkan berbagai langkah-langkah strategis. Diantaranya, menggiatkan promosi akan potensi daerah kepada pemilik modal agar tertarik berinvestasi di Sultra. Selain itu, membenahi pelayanan perizinan untuk kemudahan dalam berinvestasi sesuai peraturan dari pemerintah pusat yang harus diterapkan pemda.

“Memberikan iklim kenyamanan kepada pemilik modal yang sudah berinvestasi saat ini untuk selalu nyaman dalam investasi. Terakhir, masyarakat yang berada diwilayah potensi investasi agar bisa welcome kepada investor. Sehingga, kita sangat optimis bisa meraih target Rp 27 triliun tahun 2018 nanti,” jelas Masmuddin.

Sumber daya alam apa yang ada di Kalimantan?

Kalimantan Timur adalah sebuah provinsi Indonesia di Pulau Kalimantan bagian ujung timur yang berbatasan dengan malaysia, Kalimantan Utara Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Barat dan Sulawesi. Luas total Kalimantan Timur adalah 127, 446,92 k dengan populasi sebesar 3.575.449 Jiwa pada tahun 2017.

Kalimantan Timur merupakan wilayah dengan kepadatan penduduk terendah keempat di Indonesia. Ibu Kota Provinsi ini adalah Kota Samarinda. – Provinsi Kalimantan Timur sebelum proses pemekaran menjadi Kalimantan Utara merupakan provinsi terluas kedua di Indonesia setelah Papua dengan luas 194, 489 Km yang hampir sama dengan ruas Pulau Jawa.

Provinsi Kalimantan Timur terbagi menjadi 7 Kabupaten dan 3 Kota dengan 107 kecamatan dan 1.032. Tujuh Kabupaten antara lain adalah Penajam Paser, Kutai Barat, Kutai Kartanegara, Penajam Paser Utara, Berau dan Mahakam Ulu. Sedangkan Kota besar ada pada Kota Samarinda, Kota Balikpapan dan Kota Bontang.

Kalimantan Timur merupakan pintu gerbang utama Wilayah Indonesia Timur. Daerah yang terkenal sebagai gudang kayu dan hasil tambang ini mempunyai ratusan sungai yang tersebar pada hampir seluruh kabupaten atau kota dan merupakan sarana angkutan Utama selain angkatan darat, dengan sungai yang terpanjang adalah Sungai Mahakam.

Kalimantan Timur memiliki beberapa tujuan wisata seperti kepulauan Derawan Berau, Taman Nasional Kayan Mentarang dan Batu Lamampu, Nunukan. Peternakan buaya di balikpapan, peternakan Rusa di Penajam, Kampung Dayak Samarinda dan lain-lain. Hasil utama provinsi Kalimantan adalah Minyak, Gas, Alam dan Batu Bara.

Sektor lainnya bergerak dalam bidang Agrikultur, Pariwisata dan Industri pengolahan. Daerah Balikpapan dan Bontang mulai mengembangkan kawasan industri dalam bermacam bidang dengan tujuan untuk mempercepat roda pertumbuhan ekonomi. Sementara kabupaten kini membuka wilayahnya untuk digunakan sebagai perkebunan seperti kelapa sawit dan lain-lain.

Hasil sumber daya alam sebagian besar telah diekspor keluar negeri, sehingga kaltim merupakan penghasil devisa utama bagi Indonesia khususnya dari sektor pertambangan dan kehutanan. Berikut adalah Potensi Sumber Daya yang terdapat di Kalimantan Timur.

See also:  Apa perbedaan rumusan dasar negara dalam piagam jakarta dengan pembentukan?

Apakah pertanian termasuk sumber daya alam?

Pertanian termasuk sumber daya alam yang dapat diperbaharui, artinya pertanian dapat pulih kembali baik secara alami maupun budidaya. SDA yang dapat diperbarui merupakan sumber daya alam bernilai ekonomi yang jumlahnya dapat diisi ulang dalam jumlah waktu yang sama atau kurang dari yang diperlukan untuk menurunkan keseluruhan pasokannya.

Apa saja sumber daya alam perkebunan?

Pemanfaatan sumber daya alam telah dilakukan dalam berbagai bentuk aktivitas yang disesuaikan dengan sumber daya alam yang dimiliki. Aktivitas pemanfaatan sumber daya alam dapat dibagi ke dalam beberapa bentuk, antara lain :

Aktivitas pertanian. Aktivitas perkebunan. Aktivitas peternakan. Aktivitas pertambangan. Aktivitas perikanan. Aktivitas kehutanan.

Untuk memperjelas uraian materi pada materi 2 simak penjelasan berikut

Aktivitas Pertanian

Negara kita adalah negara agraris. Berbagai jenis tanaman dapat tumbuh. Secara umum pertanian di Indonesia dibagi menjadi dua, yaitu pertanian lahan basah dan pertanian lahan kering. Hasil pertanian di Indonesia antara lain padi, jagung, ubi kayu, kedelai, kacang tanah, sayuran, bunga dan buah-buahan,

Pekebunan

Perkebunan merupakan usaha penanaman lahan dengan tanaman-tanaman keras. Ada dua macam perkebunan, yaitu: perkebunan rakyat dan perkebunan besar. Perkebunan rakyat adalah perkebunan yang dikelola oleh rakyat. Perkebunan besar biasanya dikelola oleh pemerintah atau perusahaan perkebunan.

Peternakan

Peternakan adalah usaha memelihara binatang peliharaan yang diambil manfaatnya. Usaha peternakan dapat digolongkan menjadi tiga, yaitu peternakan hewan besar, peternakan hewan kecil, dan peternakan unggas. Contoh peternakan hewan besar adalah peternakan sapi, kerbau, dan kuda. Usaha perikanan dibedakan menjadi perikanan darat dan perikanan laut. Perikanan darat adalah usaha memelihara dan menangkap ikan di perairan darat. perikanan darat meliputi perikanan air tawar dan perikanan air payau. Perikanan air tawar diusahakan di sungai, danau, rawa, waduk, atau bendungan di lembah-lembah sungai dan empang, serta sawah yang digenangi air selama tanaman padi masih muda. Perikanan air payau diusahakan di tambak-tambak yang terdapat di tepi pantai. Komoditas perikanan payau contohnya udang dan bandeng.

See also:  Jelaskan mengapa dalam sila pertama piagam jakarta perlu mengalami perubahan?

Dimana letak sumber daya alam dan berikan contohnya?

BAGI A N DARI SUMBER DAYA ALAM : – Sumber Daya Alam terletak di Bumi. Sumber daya alam ekonomis, contohnya seertiemas, perak, minyak bumi, batu bara aln timah Sumber daya alam non-ekonomis, contohnya sinar matahari, udara, dan air. klo sumber daya alam yang dapat diperbaharui : M a t a h a r i, air, minyak goreng, tumbuhan, hewan, dll SDA yg tidak diperbaharui : Logam mulia, Minyak bumi, Gas alam, Batu bara, dll Semoga membantu ya jadikan aku jawaban yang tercedas

Apa yang dimaksud dengan sumber daya alam dan contohnya?

Sumber daya alam merupakan semua kekayaan alam, baik berupa benda mati maupun makhluk hiudp, yang berada dalam suatu tempat yang dapat dipergunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia. Contohnya air, batu bara, dan minyak bumi. Jadi, jawaban yang tepat adalah kekayaan alam, baik berupa benda mati maupun makhluk hiudp, yang berada dalam suatu tempat yang dapat dipergunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia.

Contohnya air, batu bara, dan minyak bumi. – Sumber daya alam merupakan semua kekayaan alam, baik berupa benda mati maupun makhluk hiudp, yang berada dalam suatu tempat yang dapat dipergunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia. Contohnya air, batu bara, dan minyak bumi. Jadi, jawaban yang tepat adalah kekayaan alam, baik berupa benda mati maupun makhluk hiudp, yang berada dalam suatu tempat yang dapat dipergunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia.

Contohnya air, batu bara, dan minyak bumi.

Apa saja jenis sumber daya alam berdasarkan asalnya?

Berdasarkan asalnya sumber daya alam dapat dibedakan menjadi dua yaitu sumber daya alam biotik (organik) dan sumber daya alam abiotik (anorganik). Sumber daya alam biotik (organik) adalah sumber daya alam yang berasal dari mahluk hidup seperti hewan dan tumbuhan sedangkan sumber daya alam abiotik (anorganik) adalah sumber daya alam yang berasal dari benda mati seperti matahari, air, angin, panas bumi, dll.

  • Jadi, jawaban yang tepat adalah B – Berdasarkan asalnya sumber daya alam dapat dibedakan menjadi dua yaitu sumber daya alam biotik (organik) dan sumber daya alam abiotik (anorganik).
  • Sumber daya alam biotik (organik) adalah sumber daya alam yang berasal dari mahluk hidup seperti hewan dan tumbuhan sedangkan sumber daya alam abiotik (anorganik) adalah sumber daya alam yang berasal dari benda mati seperti matahari, air, angin, panas bumi, dll.

Jadi, jawaban yang tepat adalah B

Adblock
detector