Sumber daya alam yang dihasilkan di provinsi dki jakarta adalah?

sumber daya alam yang dihasilkan di provinsi dki jakarta adalah
Sebagai kota pelabuhan, Jakarta pada mulanya bernama Sunda Kelapa. Kemudian, pada 22 Juni 1527, Pangeran Fatahillah datang dan mendirikan kota Jayakarta untuk mengganti Sunda Kelapa. Tanggal inilah yang kemudian ditetapkan sebagai saat berdiri kota Jakarta.

Ota Jayakarta berkembang sebagai kota pelabuhan yang sibuk, di mana para pedagang dari Cina, India, Arab, Eropa, serta negara-negara lain saling bertukar komoditas. Pada 1619, VOC Belanda yang dipimpin Jan PieterszoonCoen menghancurkan Jayakarta, lalu membangun kota baru di bagian barat sungai Ciliwung yang dinamakan Batavia, diambil dari Batavieren, nenek moyang bangsa Belanda Batavia direncanakan dan dibangun nyaris mirip dengan kota-kota di Belanda, yaitu dalam bentuk blok yang masing-masing dipisahkan oleh kanal, dilindungi oleh dinding sebagai benteng, serta parit.

Selesai dibangun pada 1650, Batavia adalah tempat tinggal bangsa Eropa. Sementara bangsa Cina, Jawa, dan penduduk pribumi lainnya disingkirkan ke tempat lain. Batavia digunakan untuk menyebut nama kota ini selama tiga abad lebih. Setidaknya bermula pada 1619, atau sumber lain mengatakan tahun 1621, hingga 1942.

Sejalan dengan kebijakan de-Nederlandisasi oleh Pemerintah Jepang, nama kota sengaja diganti dengan bahasa Indonesia atau Jepang. Walhasil, pada 1942, nama Batavia berubah menjadi Djakarta sebagai akronim Djajakarta. Menurut Lasmijah Hardi dalam Jakartaku, Jakartamu, Jakarta Kita (1987), pergantian nama itu bertepatan dengan perayaan Hari Perang Asia Timur Raya, pada 8 Desember 1942.

Nama lengkap kota itu ialah Jakarta Tokubetsu Shi, Setelah Jepang kalah pada Perang Dunia II dan Indonesia merdeka pada 17 Agustus 1945, nama Jakarta tetap dipakai dengan meninggalkan nama Jepang-nya. Memasuki zaman Indonesia merdeka, Menteri Penerangan Republik Indonesia Serikat (RIS) saat itu, Arnoldus Isaac Zacharias Mononutu, menegaskan, sejak 30 Desember 1949 tak ada lagi sebutan Batavia bagi kota ini.

Sejak saat itu, nama Ibu Kota Republik Indonesia adalah Jakarta. Pemberian nama Jakarta ini kembali dikukuhkan pada 22 Juni 1956 oleh Wali Kota Jakarta Sudiro (1953-1960). Saat itu, sebelum 1959, posisi Jakarta masih merupakan bagian dari Provinsi Jawa Barat. Pada 1959, status Jakarta diubah, dari sebuah kotapraja di bawah wali kota ditingkatkan menjadi Daerah Tingkat Satu yang dipimpin gubernur.

See also:  Contoh angkutan umum yang ada di jakarta adalah?

Gubernur pertama ialah Soemarno Sosroatmodjo. Pada 1961, status Jakarta diubah kembali, dari Daerah Tingkat Satu menjadi Daerah Khusus Ibu Kota (DKI). Sedangkan penetapan tanggal lahir Jakarta didasarkan pada momen peristiwa kemenangan Fatahillah mengusir Portugis dari Sunda Kelapa pada 22 Juni 1527.

  1. Seperti diketahui, untuk memperingati momen itu, nama Sunda Kelapa kemudian diubah menjadi Jayakarta.
  2. Hingga kini, setiap 22 Juni diperingati sebagai HUT Ibu Kota Republik Indonesia.
  3. Jakarta dengan kondisi geografis lautan yang lebih luas daripada daratan memiliki potensi sumber daya laut yang cukup besar, yakni berupa sumber daya mineral dan hasil laut.

Sumber daya mineral yang dihasilkan, tepatnya di Pulau Pabelokan, Kepulauan Seribu, berupa minyak bumi dan gas mulai dieksploitasi sejak 2000, dengan rata-rata kapasitas produksi sekitar 4 juta barel per tahun.

Pulau Jawa menghasilkan apa saja?

Kekayaan sumber daya alam di Jawa ‘> Pulau Jawa lainnya, dicatat adalah komoditas perkebunan karet, kina, kopi, tebu berikut pabrik gula, dll, yang menyerap banyak tenaga kerja.

Apa sumber daya alam di Jawa Tengah?

Berikut adalah sumber daya alam yang terdapat di daerah jawa tengah.

Kapur, Jogja.Granit, Jawa tengah.Fosfat, Purwokerto.Pasir besi, Cilacap.Marmer, Jogja.Mangaan, Jogja.Pasir kuarsa, Jawa tengah.Tembaga, Tirtamaya.Tras, gunung muria.Yodium, semarang.

Apa saja sumber daya alam yang ada di Kota Tangerang?

Kabar6-Mad Romli memaparkan saat ini Kabupaten Tangerang masih memiliki potensi sumber daya alam, dan bisa untuk dikembangkan. Potensi sumber daya pertanian menunjukkan, produksi sumber daya alam Kabupaten Tangerang tahun 2018 yakni Komoditi padi mencapai 316.152 ton.

Tidak cukup hanya di situ, sektor lain juga seperti Ubi kayu mencapai 3.704 ton, ubi jalar 388 ton, jagung 219 ton, daging sapi 7804 ton, ayam 36.850 ton, telur ayam 37.520 ton, ikan 53.837 ton, udang 2.012 ton, dan rumput laut 851 ton. Hal itu diungkapkan Mad Romli saat membuka Rapat Koordinasi Dewan ketahanan pangan Kabupaten Tangerang, di Hotel Nelayan Jatiuwung Tangerang.

Selasa, (19/11/2019). Melalui rapat koordinasi Ini, dirinya berharap bisa memberikan solusi nyata untuk meningkatkan akses mutu dan pemerataan pangan di Kabupaten Tangerang, yang menjadi kebutuhan masyarakat kita terjamin dengan baik dan mampu menunjang kualitas kehidupan sosial masyarakat kita di masa mendatang secara berkelanjutan.

See also:  Bagaimana cara melestarikan tanaman khas jakarta?

Baca juga : Jambore Perpusda Jadi Ajang Transformasi Pelayanan Perpustakaan. Menurutnya, permasalahan keamanan pangan atau potensi risiko dapat terjadi di setiap rantai pangan untuk itu upaya agar pangan tetap aman dan bermutu hendaknya dilakukan secara komprehensif dan terstruktur. “Pertemuan ini sangat penting.

Berbicara masalah pangan, pangan kita harus kuat dan stabil, karenanya pertemuan ini harus terus digelar secara berkelanjutan agar mampu merumuskan kebijakan pangan yang baik,” pungkas Mad Romli. (Ris)

Sumber daya alam di Indonesia ada berapa?

Sumber daya alam di Indonesia – Indonesia merupakan negara dengan tingkat biodiversitas tertinggi kedua di dunia setelah Brasil, Fakta tersebut menunjukkan tingginya keanekaragaman sumber daya alam hayati yang dimiliki Indonesia dan hal ini, berdasarkan Protokol Nagoya, akan menjadi tulang punggung perkembangan ekonomi yang berkelanjutan.

  • Dilihat dari sisi astronomi, Indonesia terletak pada daerah tropis yang memiliki curah hujan yang tinggi sehingga banyak jenis tumbuhan yang dapat hidup dan tumbuh dengan cepat.
  • Dilihat dari sisi geologi, Indonesia terletak pada titik pergerakan lempeng tektonik sehingga banyak terbentuk pegunungan yang kaya akan mineral,
  • Daerah perairan di Indonesia kaya sumber makanan bagi berbagai jenis tanaman dan hewan laut, serta mengandung juga berbagai jenis sumber mineral.

Tingginya tingkat biodiversitas Indonesia ditunjukkan dengan adanya 10% dari tanaman ber bunga yang dikenal di dunia dapat ditemukan di Indonesia, 12% dari mamalia, 16% dari hewan reptil, 17% dari burung, 18% dari jenis terumbu karang, dan 25% dari hewan laut.

Di bidang agrikultur, Indonesia juga terkenal atas kekayaan tanaman perkebunannya, seperti biji coklat, karet, kelapa sawit, cengkeh, dan bahkan kayu yang banyak diantaranya menempati urutan atas dari segi produksinya di dunia. Sumber daya alam di Indonesia tidak terbatas pada kekayaan hayatinya saja.

Berbagai daerah di Indonesia juga dikenal sebagai penghasil berbagai jenis bahan tambang, seperti petroleum, timah, gas alam, nikel, tembaga, bauksit, timah, batu bara, emas, dan perak, Di samping itu, Indonesia juga memiliki tanah yang subur dan baik digunakan untuk berbagai jenis tanaman.

  • Wilayah perairan yang terbentang luas
  • Lahan pertanian yang subur
See also:  Tuliskan suku yang berasal dari daerah jakarta?

Apa itu potensi dan sumber daya alam?

Jakarta – Sumber daya alam Indonesia berdasarkan materi pembentukannya dibedakan atas sumber daya alam organik dan anorganik. Sumber daya alam potensial adalah sumber daya alam yang masih berada di tempat aslinya. Potensi sumber daya alam Indonesia berdasarkan pembentukannya terdiri dari sumber daya alam yang dapat diperbaharui dan tidak dapat diperbaharui, seperti dikutip dari buku Hafal Mahir Materi Geografi SMA/MA Kelas 10, 11, 12 oleh Santi Sari Dewi, M.Pd.

  1. Contoh sumber daya alam (SDA) yang dapat diperbaharui adalah air, udara, dan tanah.
  2. Sumber daya alam yang dapat diperbaharui adalah SDA yang dapat dibentuk kembali oleh alam dengan siklus yang relatif cepat.
  3. Apa saja yang termasuk sumber daya alam? Jenis-jenis sumber daya alam berdasarkan pemanfaatannya yaitu sumber daya materi, sumber daya hayati, sumber daya energi, sumber daya ruang, dan sumber daya waktu.

Sumber daya materi adalah sumber daya alam yang berbentuk materi. Contoh sumber daya materi adalah mineral magnetit, limonit, dan siderit. Mineral tersebut dapat dilebur jadi baja. Sumber daya hayati adalah sumber daya alam yang berbentuk makhluk hidup.

  • Contoh sumber daya hayati adalah hewan dan tumbuhan.
  • Sumber daya energi adalah sumber daya alam yang berguna untuk menghasilkan energi.
  • Contoh sumber daya energi adalah bahan bakar fosil, gas alam, dan batu bara.
  • Sumber daya ruang yaitu ruang atau tempat manusia untuk beraktivitas.
  • Sementara itu, sumber daya waktu adalah keterkaitan waktu dengan pemanfaatan sumber daya alam lainnya.

Contohnya adalah musim hujan yang membantu perkembangan tanaman pertanian. Nah, sumber daya alam apa saja yang dimiliki Indonesia? Potensi sumber daya alam Indonesia mencakup kekayaan sumber daya hayati, sumber daya materi, sumber daya energi, sumber daya ruang, dan sumber daya waktu.

Adblock
detector