Sumber energi masa depan yang tepat untuk kota jakarta adalah?

sumber energi masa depan yang tepat untuk kota jakarta adalah
Masa Depan Energi Terbarukan di Jakarta – Abra Talattov – Manajer Pilar Pembangunan Ekonomi, Sekretariat SDGs Provinsi DKI Jakarta Upaya Provinsi DKI Jakarta dalam mendorong pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) pada Tujuan 7 Energi Bersih dan Terjangkau menjadi tidak mudah di tengah tantangan pandemi.

Namun, asa untuk mewujudkan pemanfaatan sumber energi yang lebih bersih dan terjangkau bagi masyarakat masih menjadi agenda utama pembangunan di Jakarta. Mengacu pada Rencana Aksi Daerah (RAD) SDGs Provinsi DKI Jakarta Tahun 2017-2022, dalam rangka mencapai tujuan mewujudkan energi bersih dan terjangkau pada tahun 2030, ditetapkan 2 target yang diukur melalui 3 indikator yang relevan dengan DKI Jakarta.

Target tersebut terdiri dari (1) pada tahun 2030, menjamin akses universal layanan energi yang terjangkau, andal dan modern, (2) pada tahun 2030, meningkat secara substansial pangsa energi terbarukan dalam bauran energi global. Kemudian tiga indikator yang digunakan untuk menggambarkan pencapaian Tujuan 7 di Provinsi DKI Jakarta antaralain (1) rasio elektrifikasi, (2) konsumsi listrik per kapita, dan (3) bauran energi terbarukan.

Pada indikator rasio elektrifikasi, Provinsi DKI Jakarta sudah mencapai target 100% sejak tahun 2018. Namun demikian, tantangan pada aspek elektrifikasi ini masih sedikit ditemui pada wilayah di Kepulauan Seribu dimana pada beberapa Pulau yang belum teraliri listrik PLN masih memanfaatkan sumber listrik dengan mesin genset berbahan baku solar.

Sementara pada indikator konsumsi listrik per kapita, sejak tahun 2016 hingga 2019 sebetulnya mengalami tren kenaikan konsumsi listrik per kapita dari sebesar 2.997 kWh pada tahun 2019 terus meningkat menjadi 3.256 kWh pada tahun 2019. Namun, pandemi COVID-19 yang menyebabkan terbatasnya mobilitas dan aktivitas masyarakat terutama di sektor bisnis dan industri.

Menurut data PLN, konsumsi listrik di Jakarta turun secara total sebesar 3,83% sejak awal COVID-19 sampai 13 Agustus 2020. Konsumsi listrik di Jakarta dari sektor industri turun sekitar 30% sejak awal Maret hingga 22 Mei 2020. Begitu pun dengan konsumsi listrik di sektor bisnis yang turun 40% di periode yang sama.

Sektor industri berpengaruh besar karena memiliki porsi 58% dari total konsumsi listrik di Jakarta. Kondisi tersebut pada gilirannya mengakibatkan penurunan konsumsi listrik per kapita di Jakarta menjadi 3.021 kWh sepanjang tahun 2020. Menariknya, komitmen Provinsi DKI Jakarta dalam menggenjot pencapaian indikator bauran energi terbarukan tidak terlalu terpengaruh adanya pandemi.

  • Terbukti bahwa proporsi bauran energi terbarukan konsisten meningkat dari 0,04% pada tahun 2019 menjadi 0,12% pada tahun 2020.
  • Salah satu gebrakan yang dilakukan Provinsi DKI Jakarta dalam mengakselerasi bauran energi terbarukan yaitu dengan berkolaborasi bersama PLN Unit Induk Distribusi Jakarta Raya (UID Jaya) yang pada 25 November 2020 telah meresmikan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di Pulau Sebira Kepulauan Seribu.

PLTS tersebut berkapasitas daya sebesar 400 Kilo Watt peak (KWp).

Apa saja energi baru dan terbarukan yang dapat dikembangkan di Indonesia saat ini?

Indonesia memiliki Potensi Energi Baru Terbarukan (EBT) yang cukup besar diantaranya, mini/micro hydro sebesar 450 MW, Biomass 50 GW, energi surya 4,80 kWh/m2/hari, energi angin 3-6 m/det dan energi nuklir 3 GW. Data potensi EBT terbaru disampaikan Direktur Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi dalam acara Focus Group Discussion tentang Supply-Demand Energi Baru Terbarukan yang belum lama ini diselenggarakan Pusdatin ESDM.

Saat ini pengembangan EBT mengacu kepada Perpres No.5 tahun 2006 tentang Kebijakan Energi Nasional. Dalam Perpres disebutkan kontribusi EBT dalam bauran energi primer nasional pada tahun 2025 adalah sebesar 17% dengan komposisi Bahan Bakar Nabati sebesar 5%, Panas Bumi 5%, Biomasa, Nuklir, Air, Surya, dan Angin 5%, serta batubara yang dicairkan sebesar 2%.

Untuk itu langkah-langkah yang akan diambil Pemerintah adalah menambah kapasitas terpasang Pembangkit Listrik Mikro Hidro menjadi 2,846 MW pada tahun 2025, kapasitas terpasang Biomasa 180 MW pada tahun 2020, kapasitas terpasang angin (PLT Bayu) sebesar 0,97 GW pada tahun 2025, surya 0,87 GW pada tahun 2024, dan nuklir 4,2 GW pada tahun 2024.

  1. Total investasi yang diserap pengembangan EBT sampai tahun 2025 diproyeksikan sebesar 13,197 juta USD.
  2. Upaya yang dilakukan untuk mengembangkan biomasa adalah mendorong pemanfaatan limbah industri pertanian dan kehutanan sebagai sumber energi secara terintegrasi dengan industrinya, mengintegrasikan pengembangan biomassa dengan kegiatan ekonomi masyarakat, mendorong pabrikasi teknologi konversi energi biomassa dan usaha penunjang, dan meningkatkan penelitian dan pengembangan pemanfaatan limbah termasuk sampah kota untuk energi.

Upaya untuk mengembangkan energi angin mencakup pengembangan energi angin untuk listrik dan non listrik (pemompaan air untuk irigasi dan air bersih), pengembangkan teknologi energi angin yang sederhana untuk skala kecil (10 kW) dan skala menengah (50 – 100 kW) dan mendorong pabrikan memproduksi SKEA skala kecil dan menengah secara massal.

  • Pengembangan energi surya mencakup pemanfaatan PLTS di perdesaan dan perkotaan, mendorong komersialisasi PLTS dengan memaksimalkan keterlibatan swasta, mengembangkan industri PLTS dalam negeri, dan mendorong terciptanya sistem dan pola pendanaan yang efisien dengan melibatkan dunia perbankan.
  • Untuk mengembangkan energi nuklir, langkah-langkah yang dambil pemerintah adalah melakukan sosialisasi untuk mendapatkan dukungan masyarakat dan melakukan kerjasama dengan berbagai negara untuk meningkatkan penguasaan teknologi.
See also:  Tanaman khas jakarta yang dijadikan bagian maskot kota jakarta adalah?

Sedang langkah-langkah yang dilakukan untuk pengebangan mikrohidro adalah dengan mengintegrasikan program pengembangan PLTMH dengan kegiatan ekonomi masyarakat, memaksimalkan potensi saluran irigasi untuk PLTMH, mendorong industri mikrohidro dalam negeri, dan mengembangkan berbagai pola kemitraan dan pendanaan yang efektif.

Energi alternatif apa yang paling baik?

PENUTUP – Itulah 7 macam energi alternatif yang mesti Anda ketahui. Contoh sumber energi yang dapat diperbarui yang mesti Anda ketahui ada 7. Mulai dari energi biomassa, energi air, energi angin, energi panas bumi, etanol, energi gelombang dan energi matahari.

  1. Dari semua energi tersebut, energi matahari adalah energi alternatif terbaik yang dapat Anda pilih.
  2. Energi alternatif sinar matahari memiliki banyak manfaat dan menguntungkan.
  3. Selain dapat menghemat tagihan listrik bulanan, energi matahari juga sangat ramah lingkungan.
  4. Anda dapat menghubungi SUN Energy untuk mendapatkan solusi penghematan biaya listrik menggunakan energi baru dan terbarukan.

Hemat biaya listrik sejak hari pertama dengan menggunakan panel surya. Hubungi SUN Energy sekarang untuk mengetahui lebih lanjut DP 0% panel surya untuk kebutuhan dan bisnis Anda. Klik disini untuk berkonsultasi dengan SUN Energy : https://sunenergy.id/id/kontak/

Energi baru apakah yang paling banyak digunakan di Indonesia saat ini?

KOMPAS.com – Program Belajar dari Rumah TVRI pada Rabu, 12 Agustus 2020 membahas Vokasi Kini: Anak Muda Mengawal Energi terbarukan untuk siswa SMA dan sederajat. Dalam tayangan tersebut, terdapat tiga pertanyaan. Berikut soal ketiga dan jawabannya: Soal: Sumber daya apa saja yang bisa menjadi energi terbarukan paling banyak di Indonesia? Lalu bagaimana pemanfaatannya di Indonesia dalam kehidupan sehari-hari? Jawaban: Sumber daya energi terbarukan yang paling banyak di Indonesia, yaitu:

Tenaga air ( hydropower )

Indonesia memiliki sumber air yang berlimpah, baik sungai hingga laut yang luas. Dengan air yang mengalir tersebut digunakan untuk memutar kincir. Putaran kincir tersebut menjadi energi mekanis industri. Aliran air juga bisa menghasilkan listrik melalui turbin dan generator. Di Indonesia tenaga air biasanya digunakan sebagai Pembangkut Listrik Tenaga Air.

Energi matahari (solar power)

Matahari adalah sumber energi terbesar. Sinar matahari atau tenaga surya dapat memanaskan, memberi penerangan, dan menghasilkan listrik. Di Indonesia banyak sekali teknologi yang memanfaatkan energi matahari cukup banyak, salah satunya kendaraan listrik. Kendaraan listrik ini bisa menggunakan panel surya atau solar panel yang diubah menjadi tenaga listrik.

Energi angin (wind power)

Angin adalah udara yang bergerak dan bisa dimanfaatkan sebagai sumber energi. Angin mampu menghasilkan listrik dengan menggunakan turbin. Turnin ini menggerakkan generator pembangkit listrik. Karakteristik angin di Indonesia memang tidak sekencang di negara-negara subtropis, terlebih Indonesia berada di garis khatulistiwa.

  • Namun, sebenarnya tetap bisa dimanfaatkan.
  • Salah satunya di daerah Sumba terdapat lebih dari 100 unit kincir angin dengan masing-masing berkapasita 50 watt dan tetap bisa mengalirkan listrik ke permukinan selama 5 tahun berjalan.
  • Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com.

Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber energi apa yang paling banyak digunakan oleh masyarakat?

Listrik, Sumber Energi Paling Banyak Digunakan Rumah Tangga Indonesia.

Mengapa energi terbarukan penting untuk masa depan?

Kelebihan Energi Terbarukan Dilansir dari Kelas Pintar, energi terbarukan merupakan sebuah sumber energi alternatif yang dikenal atas keramahannya terhadap lingkungan karena tidak menghasilkan limbah dan emisi yang berbahaya bagi keberlangsungan makhluk hidup lainnya.

Apa saja yang menjadi sumber energi?

Makhluk hidup membutuhkan energi yang didapatkan dari sumber energi untuk melaksanakan berbagai aktivitas. Sumber energi adalah segala sesuatu yang dapat menghasilkan energi, baik secara langsung maupun melalui proses konversi atau transformasi. Definisi ini tercantum dalam Peraturan Pemerintah (PP) No.79 Tahun 2014 tentang Kebijakan Energi Nasional.

  • Sumber energi dibagi menjadi dua, yaitu sumber energi yang dapat diperbaharui dan sumber energi yang tidak dapat diperbaharui.
  • Sumber energi yang dapat diperbaharui antara lain matahari, ombak, angin, dan air.
  • Sumber energi yang tidak dapat diperbaharui antara lain minyak bumi, gas alam, batu bara, dan nuklir.

Sumber energi terbesar di bumi adalah matahari. Energi matahari berupa cahaya dan panas yang bermanfaat untuk kehidupan di bumi. Tanpa matahari, kehidupan di bumi tidak akan ada. Matahari juga berperan sebagai pusat tata surya yang dikelilingi oleh delapan planet, termasuk bumi.

Mengapa energi terbarukan menjadi sangat penting untuk energi masa depan?

sumber energi masa depan yang tepat untuk kota jakarta adalah unsplash.com Sejak ditemukannya mesin uap sebagai ciri revolusi industri pertama pada tahun 1750, bumi terus mengalami kenaikan temperatur. Kenaikan temperatur ini disebabkan oleh peningkatan emisi karbon yang dilepaskan ke udara. Jika fenomena ini terus dibiarkan maka perubahan iklim akan semakin membabi buta.

  • Perubahan iklim akan membawa banyak dampak buruk seperti kebakaran hutan, kenaikan level air di permukaan laut, hujan asam dan bencana alam lainnya.
  • Oleh karena itu, perubahan iklim harus dapat dikendalikan.
  • Negara-negara di dunia kini tengah melakukan berbagai upaya untuk mengendalikan perubahan iklim.
See also:  Pelabuhan tertua yang ada di jakarta utara yaitu?

Maroko misalnya, mereka menargetkan 42 persen sumber energi mereka berasal dari energi terbarukan. Terbukti, saat ini Maroko memiliki pembangkit concentrated solar power terbesar di dunia. Negara-negara di dunia juga telah bersepakat melalui perjanjian paris untuk mencegah kenaikan suhu bumi lebih dari 1,5 derajat celcius.

  • Etika bumi mengalami kenaikan temperatur lebih dari 1,5 derajat celcius maka kondisi bumi akan semakin buruk, bencana-bencana baru yang belum terbayangkan sebelumnya sangat berpeluang terjadi.
  • Sektor energi berkontribusi besar dalam perubahan iklim Energi fosil merupakan peyumbang kedua terbesar emisi karbon yang dilepas ke udara.

Oleh karena itu, sektor energi merupakan salah satu sasaran yang tepat untuk diperhatikan guna mengendalikan perubahan iklim. Salah satu solusi yang sangat mungkin kita lakukan adalah shifting atau berpindah ke energi baru terbarukan. Secara operasional, energi baru terbarukan menghasilkan emisi karbon yang sangat minim bahkan tidak sama sekali.

Hal ini dapat menyelesaikan permasalahan terkait perubahan iklim yang telah disebutkan sebelumnya. Energi fosil sangat terbatas, dunia hanya mampu bergantung pada energi fosil sekitar 50 hingga 100 tahun ke depan. Jika tidak segera shifting ke energi baru terbarukan maka dunia harus siap menghadapi krisis energi sekaligus perubahan iklim yang membabi buta di masa depan.

Sesuatu yang terbatas, ketika jumlahnya semakin sedikit maka harganya akan semakin tinggi. Artinya, suatu saat harga dari energi fosil akan melambung tinggi yang berimbas pada tidak mampunya masyarakat untuk menjangkau harga tersebut.

Manakah sumber energi yang lebih ramah lingkungan?

KOMPAS.com – Sumber energi yang paling aman bagi lingkungan adalah matahari, Dikutip dari DNR Lousiana, energi matahari adalah energi yang bisa ditemukan di hampir seluruh belahan bumi. Selain melimpah, energi matahari juga tidak menghasilkan polusi dan mulai jadi tren sebagai energi alternatif.

  • Panas dari matahari banyak digunakan untuk pembangkit listrik tenaga surya.
  • Panas ditangkap dengan menggunakan panel surya untuk kemudian diubah menjadi listrik.
  • Seiring meningkatnya tren energi bersih, pembangkit listrik tenaga surya semakin banyak dibangun di berbagai negara.
  • Dikutip dari National Geographic, selain matahari, energi alternatif lainnya yang ramah lingkungan adalah angin dan geothermal atau panas bumi.

Baca juga: Pengertian Sumber Daya Alam, Jenis, dan Contohnya Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join.

Apakah sumber energi utama di bumi?

Matahari – Definisi matahari menurut California Institute of Technology adalah bintang yang terdiri dari gas panas yang besar, berputar, dan bersinar. Matahari sama seperti bintang-bintang yang terlihat di langit malam. Matahari disebut sebagai sumber energi terbesar pertama di bumi.

  1. Hal tersebut tak lain karena matahari mampu menghasilkan cahaya dan panas dalam jumlah yang amat besar.
  2. Bahkan, permukaan matahari diketahui memiliki suhu sekitar 5.500 derajat celcius.
  3. Bukan hanya di bumi, mengutip buku “Fisika SMP/MTs Kls IX (2005)” oleh Budi Suryatin, sebagai pusat tata surya, matahari merupakan sumber energi terbesar di Galaksi Bima Sakti.

Energi panas matahari dapat berguna untuk berbagai hal, di antaranya menghasilkan energi listrik melalui sistem panel surya, membantu berlangsungnya proses fotosintesis, hingga memengaruhi cuaca. Ada beberapa alasan mengapa matahari disebut sebagai sumber energi terbesar di bumi, di antaranya:

Produsen utama di bumi, tumbuhan, berfotosinteisi dengan bantuan matahari. Dengan begitu, dapat membentuk dasar rantai makanan yang menyediakan makanan untuk seluruh komponen biotik. Matahari dapat menghangatkan permukaan bumi beserta udara di atasnya sehingga menyebabkan angin yang dapat dimanfaatkan sebagai sumber energi baru yang lebih ramah lingkungan. Matahari dapat menguapkan air dan menghasilkan hujan yang dapat dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan.

Energi panas matahari bisa dimanfaatkan sebagai pembangkit listrik melalui sistem solar panel, sehingga bermanfaat untuk mengurangi pemanasan global dan penggunaan batu bara, serta menghemat tagihan listrik dalam jangka panjang. Di Indonesia, pemanfaatan panas matahari sebagai pembangkit listrik sudah mulai diterapkan, yaitu dengan Pembangkit Listrik Tenaga Surya Badak 4 MW di Bontang, Kalimantan Timur.

Bahan bakar biogas berasal dari apa?

Beranda Aksi Mitigasi Implementasi Pengelolaan Limbah Ternak Menjadi Biogas

Salah satu sumber energi alternatif adalah biogas. Gas ini berasal dari berbagai macam limbah organik seperti sampah biomassa, kotoran manusia dan kotoran hewan. Biogas merupakan gas yang dihasilkan oleh bakteri metanogenik anaerobik (bakteri penghasil gas metan yang hanya dapat hidup dalam kondisi bebas oksigen) dari proses perombakan bahan-bahan organik.

  • Arena sifat gas metan yang mudah terbakar, biogas dapat dipakai sebagai sumber energi alternatif bagi masyarakat.
  • Ementerian Pertanian melaksanakan program pengelolaan limbah ternak, yaitu Biogas Asal Ternak Bersama Masyarakat.
  • Egiatan ini adalah pemanfaatan hasil samping peternakan berupa kotoran ternak segar (KTS) mennjadi biogas dan pupuk organik.
See also:  Jakarta timur ada apa aja?

Beberapa contoh nyata dari kegiatan ini adalah kegiatan yang dilakukan oleh warga di Desa Paya Tungel. Dengan bimbingan teknis dari Balai Pengkajian dan Penerapan Teknologi, kelompok ternak Cinta Maju mengembangkan proyek biogas skala terbatas. Biogas yang mereka buat berasal dari bahan baku kotoran ternak yang diolah dalam suatu instalasi biogas sederhana.

Caranya dengan membuat tangki penampungan limbah dari batu bata dan semen, kemudian membuat jaringan pipa dari instalasi biogas ke rumah-rumah warga. Aksi serupa juga sudah dilakukan oleh warga di Desa Cabbeng, Bone, Sulawesi Selatan sejak tahun 2013 dan warga Desa Mundu, Klaten sejak tahun 2014. Pasokan kotoran bahan baku biogas berupa limbah sapi berasal dari ternak warga.

Karena pada umumnya warga dari tiga desa ini adalah peternak. Biogas yang dihasilkan dimanfaatkan oleh warga sebagai sumber energi pengganti listrik dan gas elpiji. Tujuan penggunaan teknologi sederhana ini adalah mengantisipasi kelangkaan bahan bakar minyak dan sebagai aksi pengendalian pencemaran lingkungan.

Biogas memang merupakan energi alternatif yang sangat dianjurkan untuk mengantisipasi perubahan iklim. Karena pengelolaan limbah ternak menjadi biogas terbukti menurunkan emisi GRK. Berdasarkan laporan RAN GRK Kementerian Pertanian, pada tahun 2012, setelah program ini dilaksanakan terjadi serapan karbon sebesar 2.044.395 CO2-e.

Hal ini dapat dipastikan karena penggunaan biogas mencegah pelepasan gas CH4 yang dihasilakan oleh limbah ternak ke atmosfer. Selain itu, biogas tidak menghasilkan asap seperti pada pembakaran bahan bakar fosil. Dan karena biogas berasal dari limbah, maka sangat membantu pengelolaan limbah dan sampah untuk mewujudkan lingkungan yang bersih.

Laporan RAN GRK Kementerian Pertanian 2014 http://majalahenergi.com/forum/energi-baru-dan-terbarukan/bioenergy/potensi-biogas-untuk-masyarakat-indonesia http://www.biru.or.id/index.php/news/2017/01/01/264/5-desa-di-indonesia-ini-bukti-nyata-transisi-energi-biogas.html http://www.kompasiana.com/novi.ardiani/biogas-sumber-energi-terbarukan-untuk-indonesia-mandiri-dan-mendunia_5683bbe0c2afbd2209d9e0ff http://www.kompasiana.com/masfathan66/memasak-dan-memanaskan-air-tanpa-listrik-dan-elpiji_591be3821297731a26f96ce9 http://mediaindonesia.com/news/read/94971/menuju-mandiri-energi-desa-mundu-arisan-biogas/2017-03-05

Sumber energi ada berapa?

Makhluk hidup membutuhkan energi yang didapatkan dari sumber energi untuk melaksanakan berbagai aktivitas. Sumber energi adalah segala sesuatu yang dapat menghasilkan energi, baik secara langsung maupun melalui proses konversi atau transformasi. Definisi ini tercantum dalam Peraturan Pemerintah (PP) No.79 Tahun 2014 tentang Kebijakan Energi Nasional.

Sumber energi dibagi menjadi dua, yaitu sumber energi yang dapat diperbaharui dan sumber energi yang tidak dapat diperbaharui. Sumber energi yang dapat diperbaharui antara lain matahari, ombak, angin, dan air. Sumber energi yang tidak dapat diperbaharui antara lain minyak bumi, gas alam, batu bara, dan nuklir.

Sumber energi terbesar di bumi adalah matahari. Energi matahari berupa cahaya dan panas yang bermanfaat untuk kehidupan di bumi. Tanpa matahari, kehidupan di bumi tidak akan ada. Matahari juga berperan sebagai pusat tata surya yang dikelilingi oleh delapan planet, termasuk bumi.

Apa saja contoh sumber energi itu?

Sumber Energi yang Tidak Dapat Diperbarui – Sumber energi tidak terbaharui atau non-renewable adalah sumber energi yang tidak dapat diisi atau dibuat kembali oleh alam dalam waktu yang singkat. Artinya sumber energi ini bukan proses berkelanjutan. Apa saja sumber energi yang akan habis? Sumber energi yang tidak dapat diperbarui adalah sumber energi yang akan habis.

Contoh sumber energi tak terbaharui diantaranya adalah minyak bumi, gas alam, propane, batubara, dan uranium. Saat ini, minyak bumi adalah satu-satunya bahan bakar fosil bentuk cair yang diperjual belikan. Bahan bakar fosil yang berbentuk gas adalah gas alam dan propane, sementara yang berbentuk padat adalah batubara.

Batubara, minyak bumi, gas alam, dan propane disebut bahan bakar fosil karena dibentuk dari sisa-sisa binatang dan tumbuhan yang hidup jutaan tahun yang lalu. Uranium adalah bahan bakar berbentuk padat, tetapi uranium tidak termasuk bahan bakar fosil.

Apa yang kamu ketahui tentang sumber energi sebutkan contohnya?

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas Sumber Energi adalah segala sesuatu di sekitar kita yang mampu menghasilkan suatu energi baik yang kecil maupun besar. Ada berbagai macam sumber energi yang bisa menghasilkan Dalam hal pembagian-nya, Sumber energi secara garis besar dapat dibedakan menjadi dua kelompok, yaitu sumber energi yang dapat diperbaharui dan sumber energi yang tidak dapat diperbaharui.Sumber energi yang dapat diperbaharui antara lain matahari, ombak, angin, dan air.

Apa saja sumber daya alam energi?

Apa Contoh-contoh SDA? – Secara umum, sumber daya alam dibagi menjadi 2 yaitu biotik/hayati dan abiotik/non-hayati. Beberapa contoh SDA biotik yaitu tumbuhan, hewan dan mikroorganisme. Sedangkan contoh SDA abiotik seperti air, logam, sinar matahari, tanah, batuan, minyak bumi dan semisalnya.

Adblock
detector