Teater yang berasal dari jakarta adalah . . .?

teater yang berasal dari jakarta adalah,,,
Lenong, Teater Tradisional Jakarta.

Apa nama teater yang berasal dari Banten?

Mengenal Kesenian Ubrug melalui Grup Cantel Oleh: Ria Intani T. (BPNB Jabar) Tatalu Dok: BPNB Jabar Ubrug adalah teater tradisional yang berkembang di daerah Banten, Kesenian ini merupakan perpaduan antara unsur komedi, gerak, musik, dan sastra (lakon). Persebaran kesenian ubrug dimulai dari Leuwi Damar-Cikeusal-Pagelaran Pandeglang -Panimbang.

Di Serang, ubrug berkembang dari Kampung Prisen, Desa Kiara, Kecamatan Walantaka. Grup Cantel merupakan grup tertua dan tersohor di Kota Serang, Grup Cantel pentas dari kampung ke kampung dalam hajat pernikahan atau sunatan. Pementasan dimulai pukul 24.00 hingga 03.00 WIB dinihari. Pementasannya terdiri atas lima babak.

Babak pertama tatalu, babak kedua jaipongan, babak ketiga organ tunggal, babak keempat bodoran, dan babak kelima lalakon, Seiring perkembangan zaman, Grup Cantel memang menyisipkan alat musik modern demi memenuhi keinginan penonton. Mang Cantel Dok: BPNB Jabar Tatalu adalah permainan musik gamelan secara instrumentalia, dibawakan untuk “mengumpulkan” penonton.

Kapan randai dimainkan?

Nama Lain Randai – Di Sumatera barat, kesenian/tarian randai memiliki nama-nama yang berbeda tergantung cerita yang dimainkan, tokoh utama dan asal randai tersebut. Berikut nama-nama randai yang diketahui: Randai Maalah Kapa Tujuah, merupakan Randai yang berasal dari kacamatan Harau, Kabupaten Lima Puluh Kota.

Cerita diambil dari Kisah Anggun Nan Tungga Magek Si Jabang, yang bertema pahlawanan. Randai dimainkan selama 4-5 jam dengan pemain laki-laki dan perempuan yang berjumlah kurang dari 15. Randai ini biasanya dipentaskan pada malam hari di lapangan luas, sebagai hiburan masyarakat dengan diiringi alat musik tradisional seperti talempong, pupuik batang padi, rebab, bansi dan saluang.

See also:  Bagaimana kegagalan serangan pemberontak apra ke jakarta?

Sedangkan lagu yang mengiringinya adalah mudiak arau, banda sapuluh dan palayaran.