Topeng yang berasal dari jakarta disebut juga topeng?

topeng yang berasal dari jakarta disebut juga topeng
Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas Topeng Cisalak adalah kesenian teater khas Betawi yang berasal dari Kampung Cisalak, Depok, Jawa Barat, Nama Topeng Cisalak diambil dari sejarah kesenian ini di mana pada awalnya pemainnya tampil dengan topeng meski saat kini tidak semua pemain menggunakannya.

Sementara itu, Cisalak merujuk pada tempat kesenian ini tumbuh dan berkembang dari bentuk asalnya. Topeng Cisalak dipengaruhi oleh unsur-unsur seni dari berbagai daerah baik itu Jawa Barat sendiri maupun luar Jawa Barat seperti Bali dan Cina. Selain itu, Topeng Cisalak juga menginspirasi tumbuhnya seni pertunjukkan tradisional Topeng Betawi di Jakarta.

Meski berasal dari Depok, Topeng Cisalak lebih banyak mendapatkan perhatian dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Hal ini terbukti dari lebih seringnya Topeng Cisalak mendapat kesempatan tampil di berbagai acara yang didukung oleh Pemprov DKI seperti acara malam puncak Abang None Jakarta 2017.

Tidak hanya di dalam negeri, Topeng Cisalak juga beberapa kali tampil di luar negeri seperti Festival International Folklorique di Qatar pada tahun 2011 dan Dalian International Youth Arts Festival pada 2016. Sementara itu dari Pemerintah Kota Depok, apresiasi yang diberikan terhadap kesenian ini di antaranya dijadikannya Topeng Cisalak sebagai salah satu motif batik khas Depok.

Saat ini, kesenian Topeng Cisalak digerakkan oleh Sanggar Tari dan Musik Topeng Kinang yang berlokasi di Jalan Gadog Raya, Gang Melati No 51, RT 03 RW 07, Cisalak. Sanggar ini telah melahirkan sejumlah seniman terkenal Tanah Air seperti Bokir, Mandra, Mastur, dan Omas.

Apa keunikan tari topeng Cirebon?

Keunikan Tari Topeng – Tarian topeng adalah tari tradisional asli Cirebon, Jawa Barat. Tarian ini memiliki keunikan yaitu adanya 5 jenis topeng yang mewakili watak manusia berbeda, seperti topeng panjing, topeng samba, topeng rumyang, topeng tumenggung dan topeng kelana.

Tari topeng termasuk jenis tarian apa?

Penjelasan: Tarian Klana Topeng merupakan jenis tarian tunggal putra gagah.

Siapa penemu tari topeng?

Seni Tari Topeng Losari Cirebon dipercaya sudah ada sejak 400 tahun silam, manifestasi seni yang berasal dari refleksi diri terhadap alam dan sang pencipta. Uniknya ia ditarikan hanya oleh perempuan. Kesenian ini diwariskan dari generasi ke generasi berikutnya, Noor Anani Maman Irman (44) adalah penggerak sekaligus pewaris kesenian ini. Dia garis generasi ketujuh. Tari Topeng Losari memainkan beberapa babak tarian seperti, Panji, Pamindo (Samba), Rumyang, Tumenggung, dan Klana. Setiap topeng menceritakan perjalanan hidup dan watak manusia. Meski tak mendapat keuntungan finansial, Nani menyebut berkesenian bukan semata-mata mencari rupiah, tapi merupakan ekspresi jiwa.

See also:  Bst tahap 4 kapan cair dki jakarta?

Bumi kerap direpresentasikan amat dekat dengan sosok perempuan. Dan untuk itu, perempuan memegang peranan penting dalam kehidupan. Termasuk dalam seni tradisi menari. Tarian Topeng asal Losari Cirebon adalah manifestasi budaya itu. Merunut sejarah, kesenian ini lahir lebih kurang 400 tahun lalu dengan Pangeran Angkawijaya dipercaya sebagai pencipta tarian ini.

  1. Beliau konon terinspirasi dari alam Sungai Cisanggarung.
  2. Cisanggarung waktu itu ibarat permata hijau dimana sungai nan permai mengalir.
  3. Setidaknya sampai abad ke-19 ia ditumbuhi rimbunan bakau, sebelah selatannya ada hutan lebat, lansekap pegunungan dengan sawah menguning siap panen.
  4. Deskripsi itu tergambar dalam catatan Thomas Stamford Raffles dalam The History of Java, (Oxford University Press, 1978).

Noor Anani Maman Irman (44), mempercayai sepenuhnya jika kesenian ini lahir ketika Tuhan Sang Pencipta sedang tersenyum. Tentang kenapa perempuan memainkannya, ia tak begitu paham. Tapi pada hakikatnya, perempuan adalah salah satu bentuk lokus manifestasi Tuhan yang sempurna. topeng yang berasal dari jakarta disebut juga topeng Sejumlah anak didik Noor Anani Maska Irman (44), latihan menari di Sanggar Purwa Kencana, Desa Astanalanggar, Losari, Kabupaten Cirebon. Foto: Donny Iqbal/Mongabay Indonesia Separuh usianya dibaktikan untuk menjaga keajekan kesenian ini dari terpaan kesenian modern.

Memiliki kegalauan mendalam pada budayanya sendiri yang seakan tergusur waktu, Nani hanya mencoba patuh pada pesan buyutnya. Senantiasa menari dalam keadaan apapun. Nani biasa melatih menari di Sanggar Purwa Kencana, Desa Astanalanggar, Kecamatan Losari, Kabupaten Cirebon. Sanggar yang kini dia teruskan sebagai generasi ke tujuh.

Riuh celotehan anak-anak belajar menari menjadi pemandangan unik. Tentu saja, karena mereka berbeda. Punya ketertarikan pada penciptaan dari leluhur melalui seni menari adalah hal langka bagi anak-anak masa kini.

Siapakah sosok kinang dalam seni tari Topeng?

TOPENG Cisalak, kesenian yang memadukan tari, musik, komedi itu masih bertahan di Kota Depok, Kesenian rakyat yang lahir di Kampung Cisalak, Depok tersebut telah melahirkan seniman terkenal seperti Bokir, Mandra, Mastur, Omas. Namun, penampilan grup seni di tepian Jawa Barat yang berbatasan langsung dengan Jakarta itu justru minim perhatian dari Pemerintah Kota Depok,

  1. Buktinya, grup Topeng Cisalak lebih banyak tampil dan diundang pentas di Jakarta ketimbang wilayah Jawa Barat.
  2. Pikiran Rakyat mencoba menelusuri eksistensi grup kesenian yang telah lahir pada 1918 dan menjadi cikal bakal kesenian Topeng Betawi.
  3. Papan kecil bertuliskan Sanggar Tari & Musik Topeng Kinang menempel di sisi kanan rumah yang berlokasi di Jalan Gadog Raya, Gang Melati No 51, RT 03 RW 07, Kampung Cisalak, Kelurahan Cisalak Pasar, Kecamatan Cimanggis, Minggu 16 September 2018.
See also:  Klinik bpjs jakarta timur yang bagus?

Rumah tersebut terkepung bangunan-bangunan pemukiman padat warga. Di sisi kiri bagian belakang rumah terlihat panggung mini dengan berbagai kain warna warni bergelantungan pada tiang-tiangnya. Beberapa topeng juga tergeletak di sana. Aroma kesenian begitu lekat di rumah yang berfungsi sebagai sanggar Topeng Kinang.

Selain beragam atribut pertunjukan, deretan foto saat pegiat sanggar mentas turut terlihat. Topeng Kinang menjadi grup kesenian tua yang masih bertahan di Kota Depok, Warga lebih mengenalnya dengan nama Topeng Cisalak. Penamaan tersebut muncul karena Topeng Kinang lahir di Kampung Cisalak. Andi Supardi (58), pegiat Topeng Cisalak menuturkan, grup kesenian itu lahir pada 1918.

Andi adalah generasi ketiga keturunan pendiri Topeng Cisalak. Kakek neneknya, masing-masing Dji’un bin Dorak dan Kinang merupakan pendiri grup kesenian rakyat tersebut. Kinang adalah perempuan asal Kalisari, Cijantung, Jakarta Timur yang menikah dengan Djiun, pria dari Klender, Jakarta Timur.

  • Pasangan seniman itu menikah pada sekitar 1915.
  • Djiun dikenal sebagai seniman petualang di Pasar Banten.
  • Sedangkan Kinang memiliki darah seni dari orang tuanya yang merupakan seniman kesenian Ubrug di Kalisari.
  • Andi menuturkan, pernikahan tersebut melahirkan putra dan putri yakni Bokir Dji’un, Dalih Dji’un, Naih Dji’un, Limah dan Lipah binti Dji’un.

Keluarga Dji’un kemudian mendirikan Tari Topeng Kinang setelah pindah ke Cisalak. Pada 1922, anak-anak keluarga Dji’un mulai beranjak dewasa dan turut dalam pementasan Topeng Cisalak. “Sampai 1933-1945 di zaman pendiri, mereka sudah main kampung ke kampung,” ucapnya.

  • Grup tersebut tersohor di pinggiran Jakarta.
  • Andi mengatakan, Topeng Cisalak kebanjiran undangan manggung saat warga panen, syawalan atau sehabis Lebaran, hajatan sunatan atau nikahan.
  • Terkadang, mereka juga manggung dari pintu ke pintu rumah warga di momen hari besar Tionghoa.
  • Bila tak sepi undangan manggung, keluarga Dji’un kembali turun bertani di Cisalak yang saat itu masih berupa hutan.
See also:  Tari yang berasal dari jakarta adalah?

Andi mengungkapkan, Topeng Cisalak memiliki sentuhan unsur seni Jawa Barat kendati kental budaya Betawi. Seperti dalam tarian yang lebih dominan pada gerak bahu khas kesenian Jabar.

Kapan Tari Yapong pertama kali dipentaskan?

Jakarta – Tari Yapong berasal dari daerah Jakarta, tepatnya Betawi. Tari Yapong dikenal dengan penari yang menggunakan busana terang serta hiasan di kepala menyerupai mahkota. Tari Yapong awalnya dipentaskan pada ulang tahun Jakarta tahun 1977. Tarian Khas Betawi ini punya beragam keunikan. Apa saja? Simak informasinya di bawah ini.

Bagaimana gerakan dari tari topeng?

RONA BUDAYA – Selasa, 21 Sep 2021 12:15 WIB Tari Topeng Betawi merupakan salah satu pertunjukan kesenian tradisional yang berasal dari masyarakat Betawi. (Erwin saleh Kurniawan via Wikimedia Commons (CC-BY-SA-4.0)) Pola gerakan pada tarian Topeng Betawi mengandalkan ketahanan kaki. Para penari menurunkan badan mereka sehingga beban tubuh akan bertumpu pada kaki.

  • Selain ketahanan kaki, penari juga harus memiliki keluwesan karena terdapat gerakan memutar tangan dan pinggul.
  • Ada tiga syarat yang harus dipenuhi untuk menjadi penari Topeng Betawi, yaitu (1) gandes yang berarti lemah gemulai, (2) ajer alias ceria atau riang, maksudnya apapun yang terjadi sang ronggeng (penari) tidak boleh terlihat sedih atau murung, (3) penari harus bisa menari lepas, lincah tanpa beban.

Kostum dalam dari Topeng Betawi tergantung pada tema yang akan dipentaskan, namun tidak lepas dari busana khas Betawi. Penari lelaki biasanya menggunakan pakaian hitam, mulai dari kaos oblong, celana panjang, sarung, dan dilengkapi peci atau ikat kepala.

Sementara penari perempuan menggunakan kebaya dan kain batik Betawi yang dilengkapi dengan penutup dada (toka-toka), ikat pinggang logam (pending), selendang (kewer), penutup perut (amprang), dan penutup panggul (andong). Sebagai tambahan, penari Lipet Gandes dilengkapi kipas besar untuk menutupi wajah saat berdialog dengan “bodor” (pelawak) atau saat menyanyi.

Penari Topeng Tunggal dilengkapi tiga buah topeng yang dikenakan dengan menggigit pegangan topeng di bagian belakang agar topeng menempel di wajah. Saat ini, tari Topeng Betawi bisa dibawakan terpisah dari pertunjukan Topeng Betawi. Tarian ini pun telah memiliki beragam variasi, di antaranya Lipet Gandes, Topeng Tunggal, Enjot-enjotan, Gegot, Topeng Cantik, Topeng Putri, Topeng Ekspresi, dan Kang Aji.