Tuliskan 3 cerita daerah yang berasal dari jakarta?

tuliskan 3 cerita daerah yang berasal dari jakarta
Jawaban

  • 1.Si Pitung. Warga betawi dari Rawa Belong.
  • 2.Si Jampang. dan Pangeran Sarief.
  • Asal usul mula Nama Ragunan.

Apa saja cerita rakyat dari berbagai macam daerah di Indonesia?

Lutung Kasarung – tuliskan 3 cerita daerah yang berasal dari jakarta Cerita Rakyat Lutung Kasarung Cerita lutung kasarung bisa ditemui di daerah Pasundan, Di daerah tersebut tinggal seorang raja yang sangat bijaksana bernama Prabu Tapak Agung. Raja ini mempunyai dua orang anak yang bernama Purbasari dan Purbararang. Di akhir hidup sang ayah, ia berpesan kepada kedua anaknya bahwa ia ingin turun tahta.

Ia meminta Purbasari agar menggantikan kedudukannya sebagai seorang pemimpin di kerajaannya. Kakaknya merasa tidak terima mendengar pesan tersebut karena ia merasa lebih pantas menggantikan ayahnya. Purbararang akhirnya ingin mencelakai adiknya dengan menemui seorang nenek sihir. Akibat dari nenek sihir tersebut kulit adiknya kini penuh dengan totol-totol berwarna hitam.

Keadaan tersebut ia pakai untuk mengasingkan Purbasari ke dalam hutan. Purbasari mempunyai teman yaitu dari hewan-hewan yang tinggal di sana sehingga ia tidak merasa kesepian. Salah satu hewan yang menemaninya adalah seekor kera yang selalu membawakan buah serta bunga untuk menghiburnya.

  1. Era tersebut pada suatu malam bersemedi.
  2. Emudian secara tiba-tiba muncul air yang membentuk sebuah telaga dengan air yang jernih dan wangi.
  3. Lalu Purbasari diminta mandi di telaga tersebut oleh sang kera.
  4. Tubuhnya seketika berubah menjadi seorang putri yang cantik seperti semula.
  5. Purbararang pada suatu ketika menjenguk Purbasari,

Melihat adiknya sudah kembali cantik membuatnya terkejut. Ia kemudian meminta untuk adu panjang rambut kepada sang adik. Hasilnya adalah rambut Purbasari ternyata adalah yang lebih panjang. Purbararang juga meminta Purbasari agar mau adu tampan dengan tunangannya.

See also:  Sman yang ada di jakarta timur?

Purbasari kala itu menggandeng seekor kera yang sudah menemaninya hidup di hutan selama ini. Keajaiban terjadi pada kera yang tiba-tiba berubah menjadi seorang laki-laki yang sangat tampan. Bahkan ia lebih tampan dibandingkan dengan tunangan Purbararang sehingga adu tampan tunangan dimenangkan oleh Purbasari.

Kemudian Purbararang meminta maaf kepada Purbasari dan mengakui kesalahannya. Setelah itu Purbasari akhirnya menjadi seorang pemimpin kerajaan warisan dari ayahnya yang bijaksana bersama lutung tersebut. Kakaknya juga sudah dimaafkan oleh Purbasari. Ia tidak berniat untuk memberikan hukuman kepada kakaknya tersebut.

Apa cerita rakyat yang berasal dari kalimantanselatan?

Cerita Rakyat Putri Junjung Buih – tuliskan 3 cerita daerah yang berasal dari jakarta Cerita Rakyat Putri Junjung Buih Salah satu cerita rakyat yang berasal dari Kalimantan Selatan yaitu tentang Putri Junjung Buih. Kisahnya terjadi di sebuah kerajaan Amuntai di Pulau Kalimantan yang pemimpinnya merupakan dua orang bersaudara. Kedua saudara tersebut bisa membagi tugas mereka dengan sangat baik.

Jadi, diantara keduanya tidak pernah terjadi suatu perselisihan. Namun, mereka berdua belum memiliki anak. s uatu ketika sang permaisuri kerajaan sudah mengandung serta melahirkan bayi kembar. Kabar baik tersebut membuat kakaknya menjadi semangat untuk mempunyai anak. Kala itu seorang bayi yang berada di sebuah sungai ia temukan dan diberi nama Putri Junjung Buih.

Bayi tersebut bisa berbicara. Ia mempunyai sebuah permintaan yaitu ia menginginkan selembar kain serta selimut yang ditenun dalam jangka waktu pembuatan setengah hari. Pada akhirnya sang raja memutuskan untuk membuat sebuah sayembara. Bagi siapa saja yang bisa melakukannya nantinya akan diangkat menjadi pengasuhnya.

Ada seorang perempuan yang bernama Ratu Kuripan berhasil memenangkan sayembara yang dibuat oleh raja tersebut. Ratu Kuripan tidak hanya pandai menenun, tetapi juga mempunyai kekuatan gaib. Kemudian ratu tersebut pada akhirnya diangkat menjadi pengasuh dari Putri Junjung Buih. Baca juga cerita cinta Itulah kumpulan beberapa cerita rakyat yang bisa Anda jadikan referensi bacaan.

Setiap cerita rakyat tersebut tentunya mempunyai pesan moral yang berbeda-beda dan bisa Anda jadikan pelajaran hidup.

See also:  Apartemen yang bisa disewa harian di jakarta?

Mengapa tiap daerah memiliki cerita rakyat sendiri?

Sebagai negara kepulauan Indonesia memiliki ragam suku yang luar biasa banyak. Hal ini membentuk budaya dan kepercayaan yang berbeda-beda juga. Tiap daerah memiliki cerita rakyatnya sendiri di mana tiap cerita tersebut memiliki pesan moral yang sesuai dengan adat dan kepercayaan budaya masing-masing. Ini cerita rakyat dari Tanah Air yang kisahnya dikenal di berbagai wilayah.

Apa saja cerita rakyat yang terkenal di Pulau Jawa?

6. Bawang Merah dan Bawang Putih, Yogyakarta – Image: Bacaanceritadongenanak.com Bawang putih kehilangan ibunya yang meninggal karena sakit keras. Mengetahui hal tersebut, seorang janda dan putrinya yang bernama bawang merah sering mengunjungi mereka. Melihat janda tersebut mau mengurusi rumah dan anaknya, ayah bawang putih pun memutuskan menikahi janda itu.

  1. Awalnya bawang merah dan ibunya sangat baik terhadap bawang putih.
  2. Tapi tanpa sepengetahuan ayahnya, bawang putih dipaksa mengerjakan seluruh pekerjaan rumah.
  3. Hingga kemudian suatu hari ayah bawang putih meninggal.
  4. Dalam satu waktu, tanpa sengaja bawang putih menghanyutkan baju kesayangan ibu tirinya.
  5. Ibunya begitu marah dan menyuruh ia mencari baju itu sampai ketemu.

Dalam perjalanan, bawang putih bertemu seorang nenek yang menemukan baju ibunya. Si nenek mau mengembalikan baju tersebut dengan syarat bawang putih mau menemaninya selama seminggu. Bawang putih setuju. Setelah seminggu, si nenek memberinya sebuah labu.

  1. Setelah dibuka isinya ternyata emas.
  2. Bawang merah yang mengetahui hal tersebut kemudian ingin melakukan hal serupa.
  3. Saat ingin pulang ia meminta labu dari si nenek dan memilih yang paling besar.
  4. Setibanya di rumah, ternyata isi dari labu tersebut adalah hewan-hewan berbahaya.
  5. Hewan-hewan itu kemudian mematuknya dan ibunya hingga meninggal.
See also:  Bagaimana dasar negara kita menurut piagam jakarta?

Kisah daerah lainnya dari Yogyakarta ada Roro Jongrang,