Tuliskan rancangan dasar negara yang tercantum dalam piagam jakarta?

tuliskan rancangan dasar negara yang tercantum dalam piagam jakarta
Jakarta – Rumusan dasar negara dalam Piagam Jakarta yang telah disepakati dan ditandatangi bersama anggota Panitia Sembilan mengalami revisi. Hasil revisi yang sah dan benar tercantum dalam pembukaan UUD 1945. Seperti apa perbedaan rumusan dasar negara dalam piagam Jakarta dengan pembukaan UUD 1945 ? Perumusan dasar negara menjadi salah satu agenda pembicaraan sidang Badan Penyelidik Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI).

  1. Bahkan BPUPKI membentuk sebuah panitia kecil untuk menyiapkan rumusan dasar negara.
  2. Panitia kecil tersebut beranggotakan sembilan orang, sehingga dikenal dengan nama Panita Sembilan yang diketuai oleh Ir. Soekarno.
  3. Pada tanggal 22 Juni 1945, pertemuan antara BPUPKI dan Panitia Sembilan akhirnya menghasilkan sebuah rumusan dasar negara.

Dikutip dari buku Bahas Tuntas 1001 Soal IPS karya Forum Tentor, rumusan tersebut menggambarkan maksud dan tujuan pembentukan negara Indonesia dan diberi nama Jakarta Charter atau Piagam Jakarta. Bunyi dari rumusan dasar negara dalam Piagam Jakarta adalah sebagai berikut: 1.

Bagaimana rumusan dasar negara yang terdapat pada Piagam Jakarta brainly?

Rumusan Dasar Negara dalam Naskah Piagam Jakarta – Rumusan Dasar Negara yang terdapat dalam Piagam Jakarta yaitu:

Ketuhanan dengan kewajiban menjalankan syariat Islam bagi pemeluk-pemeluknya. Kemanusiaan yang adil dan beradab. Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

Bagaimana rumusan dasar negara yang dikemukakan oleh Ir Soekarno?

Ir. Sukarno adalah tokoh terakhir yang menyampaikan pemikirannya dalam sidang pertama BPUPKI. Setelah Moh Yamin, Supomo, dan perdebatan sengit soal dasar negara, Ir. Sukarno menyampaikan pemikirannya pada 1 Juni 1945. Ir. Sukarno menolak keinginan golongan Islam untuk menjadikan Indonesia negara Islam yang berdasar pada syariat Islam.

See also:  Pelabuhan besar yang ada di jakarta?

Kebangsaan Indonesia. Internasionalisme atau perikemanusiaan. Mufakat atau demokrasi. Kesejahteraan sosial. Ketuhanan yang Maha Esa.

Ir. Sukarno menamai prinsip-prinsip ini sebagai Pancasila. Nama ini diajukannya setelah berkonsultasi dengan temannya yang ahli bahasa. Pancasila berasal dari bahasa Sanskrit (Sansekerta) panca yang berarti lima dan syila yang berarti asas atau dasar. Dengan demikian, rumusan dasar negara yang di ungkapkan oleh Ir. Sukarno pada sidang BPUPKI antara lain kebangsaan Indonesia, Internasionalisme atau perikemanusiaan, mufakat atau demokrasi, kesejahteraan sosial, dan Ketuhanan yang Maha Esa.

Apa usulan dasar negara yang disampaikan oleh Soekarno?

Usulan dasar negara dari Muh Yamin – Baca juga: BPIP Dorong Lembaga Pendidikan Narasikan Nilai-nilai Pancasila di Lingkungan Sekolah dan Kampus Usulan dasar negara dari Muh Yamin disampaikan pada sidang pertama BPUPKI, 29 Mei 1945, dengan isi usulan berikut;

Ketuhanan Yang Maha Esa Kebangsaan persatuan Indonesia Rasa kemanusiaan yang adil dan beradab Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia

Adblock
detector