Tulislah 4 monumen sejarah yang ada di jakarta?

tulislah 4 monumen sejarah yang ada di jakarta
6. Galangan Vereenigde Oost Indische Compagnie (VOC) – Id.wikipedia.org Pusat Kebudayaan Tionghoa Galangan Vereenigde Oost Indische Compagnie (VOC) di Jakarta Utara, adalah salah satu tempat yang mengingatkan sejarah tragedi Mei 1998. Bangunan ini didirikan pada 1628 sebagai kantor pusat kegiatan perusahaan Hindia Belanda, VOC.

Anak Harus Tahu! Ini 7 Museum Tertua Bersejarah yang Ada di Indonesia Yuk Melihat Dalam Museum Studio Ghibli dengan Virtual Tour Tidak Hanya Menyenangkan, Ini Manfaat Wisata Museum bagi Anak

Apakah nama monumen yang terletak di Jakarta Timur?

Monumen Perjuangan Jatinegara, Simbol Perjuangan 16 Daerah di Jakarta Timur.

Apa saja yang ada di Monumen Pancasila Sakti?

Gerakan 30 September dimulai ketika sekelompok gabungan pasukan pimpinan Letkol Untung memanggil paksa para jenderal-jenderal TNI AD. Para tokoh jenderal TNI AD yang diculik ini menurut Partai Komunis Indonesia adalah tokoh-tokoh yang termasuk ke dalam Dewan Jenderal yang akan merebut kekuasaan pemerintah yang sah dari presiden Soekarno.1 Oktober 1965 dini hari, pasukan-pasukan ini mulai bergerak menuju kediaman Men/Pangad Letjen A.

Yani, Deputi II/Pangad Mayjen TNI Suprapto, Asisten I/Pangad Mayjen TNI S. Parman, Deputi III Men/Pangad Mayjen TNI M.T. Hartono, Oditur Jenderal Militer/Inspektur Kehakiman AD Brigjen TNI Sutoyo, Asisten II/Pangad Brigjen TNI D.I. Panjaitan, dan Menko Hankam/Kasab TNI A.H. Nasution. Dari tujuh target, pasukan pimpinan Letkol Untung hanya berhasil mendapatkan enam.

Satu target, Menko Hankam/Kasab TNI A.H. Nasution berhasil meloloskan diri. Namun, ajudannya Lettu Piere Tendean ikut berhasil dibawa oleh pasukan Letkol Untung dan putri Jenderal A.H. Nasution tertembak dan meninggal dunia. Dalam peristiwa itu, gugur pula Aipda Karel Satsuit Tubun, pengawal Wakil Perdana Menteri II Dr.J.

  1. Leimena yang rumahnya berdekatan dengan rumah Jenderal A.H. Nasution.
  2. Para jenderal ini kemudian dibawa menuju ke Lubang Buaya yang dijadikan markas komando Gerakan 30 September 1965.
  3. Di Lubang Buaya, tiga orang jenderal yang masih hidup kemudian dibunuh.
  4. Enam jenazah perwira tinggi TNI AD itu bersama dengan jenazah Lettu Piere Tendean oleh para pembunuh dimasukkan ke dalam sumur tua untuk menghilangkan jejak.
See also:  Dokumen yang terdapat dalam piagam jakarta adalah?

Daerah ini sebelumnya merupakan perkebunan karet yang berbatasan dengan lapangan udara Halim Perdana Kusuma. Sumur ini berhasil ditemukan pada 3 Oktober 1965 berkat informasi dari seorang polisi bernama Sukitman yang ikut diculik dan dibawa ke Lubang Buaya namun berhasil melarikan diri.

Sumur kemudian digali dan jenazah ketujuh anggota TNI AD itu ditemukan untuk kemudian diangkat dan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Kalibata. Monumen Pancasila Sakti atau yang dikenala dengan lubang buaya ini terdiri dari dua area yaitu area outdoor dan area indoor. Area outdoor terdiri dari pameran taman sedangkan area indoor berupa museum & paseban.

Di area outdoor, tempat yang pertama yang dapat dikunjungi adalah sebuah cungkup yang didalamnya terdapat Sumur tua yang dikenal dengan nama Sumur Maut. Di sumur inilah tempat dimana Jenazah para Pahlawan Revolusi dikuburkan. Sebelum menjadi sebuah museum sejarah, tempat ini merupakan tanah atau kebun kosong yang dijadikan sebagai tempat pembuangan terakhir para korban Gerakan 30 September 1965 (G30S).

Monas itu warna apa?

Bisnis.com, JAKARTA – Apa jadinya kalau Tugu Monumen Nasional (Monas) dicat biru? Bukan sulap bukan sihir, Tugu Monas akan berganti warna biru di malam. Kalau tidak percaya, luangkan waktu melintasi Tugu Monas di malam hari saat pulang kerja. Tampilan biru Tugu Monas itu adalah dalam rangka peringatan Hari Peduli Autis Dunia, yang jatuh pada tanggal 2 April hari ini dan tema tahun ini adalah Light It Up Blue,

Itulah yang melatarbelakangi mengapa Tugu Monas berubah warna biru setiap malam dan itu akan berlangsung sebulan sejak 1 April hingga 30 April. Yayasan Autis Indonesia (YAI) menginisiasi itu tersebut dengan teknik menembakkan lampu biru ke sekujur tubuh Tugu Monas. Itulah sebabnya, nuansa warna biru Tugu Monas hanya dapat disaksikan pada malam hari, karena itu adalah permainan lampu.

Siaran pers YAI yang dikutip Antara menyebutkan “Monumen Nasuional disinari dengan lampu biru mulai Minggu (1/4/2018) hingga Senin (30/4/2018),” tulis pernyataan resmi YAI seperti dikutip Antara, Senin (2/4/2018). Selain Monumen Nasional, beberapa monumen dan tengara Kota Jakarta lainnya juga akan diselimuti warna biru melalui sinar lampu, antara lain Patung Selamat Datang di Bundaran Hotel Indonesia dan Simpang Susun Semanggi.

  1. Penyinaran sejumlah tengara kota dengan lampu biru itu merupakan bagian dari gerakan global untuk mengirimkan pesan, harapan dan penyertaan kepada individu dengan autisme.
  2. Masyarakat global telah menjadikan 2 April sebagai hari untuk menyuarakan kepedulian bagi individu dengan autisme.
  3. Salah satu kampanye yang menarik perhatian dunia adalah Light It Up Blue yang digagas organisasi Autism Speak.
See also:  Mengapa jakarta cukup aman dari gempa tektonik?

Warna biru menjadi simbol masyarakat menerima dengan tangan terbuka semua individu dengan autisme, serta siap berinteraksi dengan mereka tanpa diskriminasi. Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News Simak Video Pilihan di Bawah Ini : Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini : monas Konten Premium Nikmati Konten Premium Untuk Informasi Yang Lebih Dalam

Adblock
detector