Universitas swasta yang bagus di jakarta?

universitas swasta yang bagus di jakarta
Berikut 7 Universitas Swasta terbaik di Jabodetabek versi Webometrics 2022

  1. Universitas Bina Nusantara.
  2. Universitas Mercu Buana.
  3. Universitas Gunadarma.
  4. 4. Universitas Trisakti.
  5. Universitas Katolik Atma Jaya.
  6. 6. Universitas Muhammadiyah Prof. Dr Hamka.
  7. 7. Universitas Terbuka.

Berapa jumlah universitas swasta terbaik di Jakarta?

Jakarta – Direktorat Jenderal Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi mengeluarkan klasterisasi perguruan tinggi pada Agustus 2020 lalu. Sebanyak 18 universitas swasta terbaik termasuk dari DKI Jakarta masuk dalam klaster 2. Klasterisasi yang dirilis tersebut merupakan hasil analisis terhadap data-data dari 2.136 perguruan tinggi yang tersedia.

  • Hasil pengelompokan perguruan tinggi tahun 2020 terdiri dari 5 klaster perguruan tinggi.
  • Ampus dengan skor tertinggi masuk dalam klaster 1, dan seterusnya.
  • Omposisi klaster 1 berjumlah 15 perguruan tinggi, klaster 2 berjumlah 34 perguruan tinggi, klaster 3 berjumlah 97 perguruan tinggi, klaster 4 berjumlah 400 perguruan tinggi, dan klaster 5 berjumlah 1.590 perguruan tinggi.

Klaster 1 diisi PTN dengan urutan skor terbesar diantaranya Institut Pertanian Bogor, Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada, Universitas Airlangga, dan Institut Teknologi Bandung. Tak ada universitas swasta yang masuk dalam klaster ini. PTS terbaik di Indonesia baru masuk pada klaster 2.

Walaupun ada penilaian dengan skor, namun Direktur Jenderal Dikti Nizam menyatakan klasterisasi tersebut bukan pemeringkatan, tapi pemetaan atas kinerja perguruan tinggi akademik Indonesia. “Ini pengelompokan perguruan tinggi sesuai dengan level perkembangannya. Klasterisasi ini jangan disalah maknai sebagai pemeringkatan,” ujarnya, Kinerja perguruan tinggi Indonesia ini diidentifikasi berdasarkan empat aspek utama antara lain mutu sumber daya manusia dan mahasiswa (input), pengelolaan kelembagaan perguruan tinggi (proses), capaian kinerja jangka pendek yang dicapai oleh perguruan tinggi (output), dan capaian kinerja jangka panjang perguruan tinggi (outcome).

Input dengan bobot 20% -Persentase dosen berpendidikan S3 35% -Persentase dosen jabatan Lektor Kepala dan Guru Besar 30% -Rasio jumlah mahasiswa terhadap dosen 25% -Jumlah mahasiswa asing 8% -Jumlah dosen bekerja sebagai praktisi di industri minimal 6 bulan 2% Proses 25% -Akreditasi Institusi BAN-PT 25% -Akreditasi program studi BAN-PT 40% -Pembelajaran Daring 10% -Kerjasama perguruan tinggi 9% -Kelengkapan Laporan PDDIKTI 10% -Jumlah PRODI bekerja sama dengan DUDI, NGO atau QS Top 100 WCU 2% -Jumlah PRODI melaksanakan program merdeka belajar 2% -Jumlah mahasiswa mengikuti kegiatan Merdeka Belajar 2% Output 25% -Jumlah artikel ilmiah terindeks per dosen 30% -Kinerja penelitian 40% -Kinerja kemahasiswaan 20% -Jumlah prodi yang telah mendapatkan Akreditasi dan Sertifikasi Internasional 10% Outcome 30% -Kinerja Inovasi 25% -Kinerja pengabdian masyarakat 25% -Jumlah sitasi per dosen 20% -Jumlah patent per dosen 15% -Persentase lulusan yang memperoleh pekerjaan dalam waktu 6 bulan 15%

See also:  Tuliskan perubahan sila pertama yang terjadi dalam piagam jakarta?

Apa nama universitas swasta di Indonesia?

7. Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya – Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya adalah universitas yang dan juga bergengsi di Jakarta. Bahkan, menurut versi Majalah Globe Asia di tahun 2008, Unika Atmajaya mendapatkan peringkat 3 sebagai top universitas swasta di Indonesia. Tidak sampai situ, di 2011 Unika Atma Jaya juga masuk ke dalam lima besar swasta terbaik di Indonesia.

Apakah ada universitas swasta diJakarta?

13. Universitas AI Azhar Indonesia – Universitas Al Azhar Indonesia berdiri sejak Agustus tahun 2000. Universitas ini sekarang telah memiliki 6 fakultas, 19 program studi dan juga program pascasarjana. Fakultas yang ada di Universitas Al Azhar Indonesia yakni Fakultas Sains dan Teknologi, Fakultas Ekonomi & Bisnis, Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya, Fakultas Psikologi dan Pendidikan, Fakultas Hukum, dan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

Apakah Universitas YARSI swasta?

Universitas Yarsi Universitas swasta di Jakarta ini berlokasi di kawasan Cempaka Putih, Jakarta Pusat. Universitas swasta ini sedang membangun Rumah Sakit Gigi dan Mulut Pendidikan Universitas Yarsi dan Rumah Sakit Pendidikan Universitas Yarsi.14. Universitas Muhammadiyah Prof.Dr.Hamka