Unsur ruang gerak yang digunakan tari yapong dari jakarta yaitu?

unsur ruang gerak yang digunakan tari yapong dari jakarta yaitu
2. Gerakan Tari Yapong – Tari Yapong tersusun dari beberapa ragam gerak, di antaranya gerak jalan megol lembehan kanan, enjer loncat, singgetan ngigel, dan gerak yapong.

  1. Gerak jalan megol lembehan kanan adalah posisi jalan ditempat dengan tangan kiri diletakkan di dada dengan ibu jari diletakkan di pinggul (untuk penari putra) dan menempel di dada (untuk penari putri).
  2. Enjer loncat adalah gerakan salah satu tangan dibengkokan dan tangan lain lurus, penari loncat kecil ke aras tangan yang dibengkokan.
  3. Singgetan ngigel adalah posisi tangan berada di depan mata, lalu melakukan ngigel (berputar)
  4. Yapong adalah gerakan tangan diletakkan di atas kepala, telapak tangan dibuka, lalu bergerak seperti menyapu angin ke kiri dan kanan.

Selain ragam gerak tersebut, tari Yapong masih tersusun dari banyak sekali ragam gerak lainnya. Untuk mempelajarinya, silakan simak video tari Yapong yang telah kami sematkan berikut ini.

Bagaimana gerak tari Yapong dari Jakarta?

Pola Lantai Tari Yapong – Tarian Yapong termasuk tari kontemporer dari rakyat Betawi dicampur unsur tari pop dan Sumatera. Contoh gerakan tari Yapong yaitu gerak megol lembehan kanan, enjer loncat, singgetan, ngigel, dan gerak yapong. Tari Yapong bertumpu pada gerakan kaki, tangan, dan pinggul.

  1. Penari akan memainkan gerak kaki dan tangan secara bergantian.
  2. Etika perpindahan satu titik ke titik lain, ada bagian tertentu yang memperlihatkan gerakan pinggul eksotis.
  3. Pola lantai tari Yapong memiliki garis imajinatif yang dilewati sekelompok menari.
  4. Pola tarian ini ada 2 yaitu garis lurus dan melengkung.

Berikut penjelasannya:

Gerak Megol Lembehan Gerakan ini posisi kaki jalan di tempat dengan tangan kiri diletakkan di dada. Sedangkan ibu jari diletakkan di pinggul untuk penari laki-laki dan ibu jari menempel di dada untuk penari perempuan. Enejer Loncat Ketika menari salah satu tangan dibengkokkan sedangkan tangan yang lain lurus. Penari lalu melompat ke arah tangan yang dibengkokkan Singgetan Ngigel Gerakan tarian ini ketika posisi tangan berada di depan mata lalu melakukan putaran (ngigel) Gerak Yapong Gerakan terakhir ini tangan diletakkan di atas kepala. Kemudian telapak tangan membuka lagu bergerak seperti menyapu angin dari kiri ke kanan.

Bagaimana gerak tari yang berasal dari daerah tari Yapong?

Tari Yapong Memiliki Pola Lantai Dinamis – Tari Yapong bertumpu pada kaki, tangan dan pinggul. Para penari menggerakkan tangan dan kaki secara bergantian, kemudian pinggul mengikuti gerakan keduanya. Pola lantai tari Yapong berupa perpindahan dari satu titik ke titik lainnya. Berikut beberapa gerakan tari Yapong:

Gerak Megol Lembehan: Posisi penari berjalan di tempat dengan tangan kiri diletakkan di dada.Enjer Loncat: Gerakan salah satu tangan dibengkokkan sedangkan tangan lainnya lurus, penari kemudian melompat ke arah tangan yang dibengkokkan.Singgetan Ngigel: Posisi tangan berada di depan mata lalu melakukan ngigel (berputar).Gerak Yapong: Gerakan tangan diletakkan di atas kepala, lalu telapak tangan dibuka. Kemudian, bergerak seperti menyapu angin ke kiri dan kanan.

Bagaimana gerak tari Yapong dan keunikannya?

Keunikan Tari Yapong – Keunikan tari yapong terletak pada gerakan sederhana namun dinamis yang melibatkan kaki, tangan, dan pinggul penarinya. Selain itu, secara keseluruhan kostum serta properti tari yapong terinspirasi dari unsur-unsur pada budaya suku Betawi.

Pada umumnya, kostum yang dikenakan penari tari yapong hampir mirip dengan busana pada tari topeng Betawi. Mereka akan mengenakan pakaian berwarna terang dan ditambahkan kain khas Betawi. Selain itu, sebuah mahkota bunga dan selempang akan dikenakan para penari sebagai hiasan pelengkap. Selempang ini disebut toka-toka.

Diletakan di bagian dada, yang kemudian diikat dengan perhiasan di bagian perut. Sementara untuk musik pengiringnya, akan diiringi alat musik khas Betawi contohnya seperti rebana hadroh, rebana biang, dan rebana ketimpring. Bahkan, dalam perkembangannya alat musik gamelan ikut disertakan agar irama yang diciptakan lebih bersemangat.

Apa jenis gerakan tangan tari Yapong?

Gerak tari Yapong – Beberapa gerakan tari Yapong di antaranya adalah:

See also:  Cafe di jakarta pusat yang murah?

Gerak megol lembehan, adalah posisi jalan di tempat denga tangan kiri diletakkan di dada. Enjer loncat, yaitu gerakan salah satu tangan dibengkokkan sedangan tangan lainnya lurus. Kemudian penari melompat ke arah kanan atau kiri. Singgetan ngigel, merupakan posisi tangan berada di depan mata lalu melakukan ngigel (berputar). Gerak yapong, adalah gerakan tangan diletakkan di atas kepala, telapak tangan dibuka lalu bergerak seperti menyapu angin ke kiri dan kanan.

Baca juga: Tari Kecak, Tari Tradisional Bali dengan 50 Penari Pengiring

Apa unsur utama dalam tarian?

Wirama (irama) – Unsur utama dalam tari adalah wirama. Menurut Arina Restian dalam buku Pembelajaran Seni Tari di Indonesia dan Mancanegara (2017), wirama merupakan irama gending, irama gerak, dan ritme gerak. Seluruh gerak (wiraga) harus dilakukan selaras dengan iramanya. Sebagai contoh, keselarasan ketukan tari dengan kecepatan lagu.

Apa penjelasan singkat tentang tari Yapong?

Perkembangan Tari Yapong – Tarian yapong merupakan jenis sendratari pada awal kemunculannya. Sendratari adalah pertunjukan kesenian yang menggabungkan antara tarian dan drama yang tidak memiliki dialog dalam satu kesatuan saat pementasan. Dalam sendratari ini, para penari wanita diceritakan bersuka cita menyambut kedatangan Pangeran Jayakarta.

  1. Para penonton memberikan apresiasi dan respon positif terhadap bagian ini karena gerakannya sangat menarik.
  2. Emudian bagian ini sengaja dipisahkan dari rangkaian sendratari dan dipentasikan dalam bentuk tarian sendiri.
  3. Selanjutnya tugas ini diamanatkan kepada sutradara pementasan, bernama Bagon Kussudiarjo yang menjadikan bagian tersebut layak dipentaskan secara mandiri.

Berawal dari itulah tarian yapong banyak dipentaskan dalam acara adat, pagelaran kesenian, serta pesta rakyar sebagai salah satu warisan budaya betawi. Pemberian nama tari yapong berasal dari kombinasi suara penari dan musik pengiring. Saat melakukan tarian para penari akan berterika “yayaya” dan suara gamelan terdengar “pongpongpong”.

Apa fungsi dari tari kreasi Yapong?

Jawaban: Tari Yapong merupakan suatu bentuk tarian dari Jakarta yang diciptakan untuk sebuah pertunjukan. Namun dalam perkembangannya, tarian ini sering dijadikan sebagai tari pergaulan untuk mengisi sebuah acara sesuai dengan permintaan karena tarian ini penuh dengan variasi di dalamnya.

Apakah tari Jaipong dan tari Yapong sama?

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas Tari Yapong merupakan suatu bentuk tarian dari Jakarta yang diciptakan untuk sebuah pertunjukan. Tarian ini bukan jenis tarian pergaulan seperti tari daerah kebanyakan, misalnya tari Jaipong dari Jawa Barat,

Apa nama iring iringan dari tari Yapong?

TRIBUNNEWSWIKI.COM – Tari yapong merupakan tarian masyarakat Betawi di Jakarta. Sekilas tari yapong mempunyai nama yang mirip dengan tari jaipong yang berasal dari Jawa Barat. Namun hal tersebut tidaklah sama, sebab tari yapong sendiri berasal dari Betawi dan gerakannya pun juga berbeda.

Tari Yapong sering di tampilkan di berbagai acara atau pesta rakyat di kota Jakarta. Tari yapong adalah tarian kontemporer yang melambangkan suka cita dan pergaulan masyarakat. Baca: Tari Pendet Asal mula Tari Yapong di mulai pada 1977 ketika acara ulang tahun kota Jakarta ke 450. Pada saat itu acara yang di selenggarakan mengangkat tema tentang perjuangan Pangeran Jayakarta dan mempercayakan kepada seniman besar bernama Bagong Kussudiarjo sebagai penyelenggara acara tersebut.

Untuk menyiapkan acara tersebut Bagong melakukan sebuah penelitian mengenai kehidupan masyarakat Betawi, Dalam penelitian tersebut bagong melakukan observasi langsung kepada masyarakat Betawi dan melakukan penelitian melalui perpustakaan, slide dan juga film tentang masyarakat Betawi,

Hingga akhirnya menjadi sebuah sendatari yang di pentaskan di Balai sidang senyan, Jakarta pada tanggal 20 juni 1977. Tari Yapong sendiri merupakan suatu adegan dalam sendratari tersebut, dimana para penari menari dengan riang gembira menyambut kedatangan Pangeran Jayakarta. Nama Tari Yapong di ambil dari lagu yang mengiring penari berbunyi “ya.ya.ya” dan suara musik pengiring yang terdengar “pong.pong.pong”.

Tarian ini di anggap masyarakat merupakan tarian yang menarik, sehingga di jadikan tarian lepas dan di kenal sebagai Tari Yapong. Baca: Tari Zapin Gerakan dalam Tari Yapong ini merupakan gerakan yang sederhana namun sangat dinamis. Dengan bertumpu pada gerakan kaki, tangan dan pinggul.

  1. Penari menari dengan ekspresi gembira dengan memainkan tangan dan kaki secara bergantian, dan pinggul yang mengikuti gerakan tersebut.
  2. Gerakan dalam tarian ini sangat bervariatif, Karena Tari Yapong merupakan tarian kontemporer.
  3. Sehingga banyak kreasi gerakan di setiap pertunjukannya agar terlihat menarik.
See also:  Kereta cepat jakarta-bandung kapan beroperasi?

Baca: Tari Piring Busana yang digunakan oleh penari yapong adalah bersumber pada penembangan tari topeng Betawi, Penari yapong biasanya menggunakan busana berewarna terang dengan tambahan kain batik Betawi pada bagian bawahnya. Selain itu busana yang digunakan juga dihiasi penutup kepala yang kerap di sebut dengan mahkota bunga dan selempang yang dikenakan di dada yang disebut dengan toka-toka.

Percampuran budaya Tionghoa juga terlihat di dalam kostum tari yapong, yakni dengan adanya motif naga berwarna merah pada kostumnya. Motif ini juga sering dipakai untuk motif pada pakaian pertunjukan opera Tionghoa. Baca: Tari Ronggeng Blantek Tari Yapong ini di iringi oleh iringan musik tradisional Betawi seperti rebana biang, rebana hadroh dan rebana ketempring.

Seiring perkembangannya, tari yapong diiringi dengan irama musik yang berasal dari gamelan. Gamelan betawi, gamlean Jawa Tengah, dan gamelan Jawa barat menjadi pengiring tarian tradisional ini.

Bagaimana ciri khas dan perkembangan iringan musik tari tari Yapong?

Tari Yapong ini di iringi oleh iringan music tradisional Betawi seperti rebana biang, rebana hadroh dan rebana ketempring. Namun seiring dengan perkembangannya, Tari Yapong juga di iringi oleh alat music gamelan yang menghasilkan irama yang bersemangat, sehingga sesuai dengan gerakan dari Tari Yapong.

Apa properti yang digunakan tari Yapong?

3. Penghias kepala – Properti tari yapong adalah adanya Penghias kepala dengan dihiasi bunga mawar merah yang menambah keanggunan serta kecantikan penari wanita tersebut. Sebagai mana penari lainnya, penari yapong pun harus cantik dan luwes dalam membawakan gerakan tarian.

  • Ecantikan penari yapong semakin bertambah dengan adanya Penghias kepala tersebut.
  • Ciri khas wanita Betawi serta beberapa tarian Betawi pada umumnya, memiliki ciri khas dengan rambut yang dicepol.
  • Husus untuk penari yapong akan tampak biasa jika membiarkan rambut tersebut polos.
  • Oleh karenanya, adanya Penghias kepala sebagai salah satu properti tari yapong yang wajib digunakan untuk menambah kecantikan penari.

Penghias kepala akan menghiasi kepala penari wanita dalam tarian yapong dan memberikan keselarasan kostum penari yang dikenakan. Adanya bunga mawar warna merah yang menambah kecantikan penari wanita pada tarian yapong. Bunga warna mawar merah tersebut menjadi simbol akan keanggunan dan kecantikan wanita Betawi.

Seiring berjalannya waktu, penari yapong memiliki metamorfosis, tidak hanya pada gerakan termasuk pada kostum serta riasan wajah dan penghias kepala. Penghias kepala yang saat ini digunakan seperti bentuk mahkota dari rambut yang dicepol tersebut. Terkesan lebih praktis, tanpa menghilangkan unsur budaya Betawi itu sendiri.

Dengan Penghias kepala yang lebih praktis, penari dapat dengan mudah melakukan gerakan tarian.

Apa saja yang dapat dilihat dari keunikan gerak dalam tari?

Indonesia memiliki beragam tradisi dan budaya yang diwariskan secara turun temurun salah satunya kesenian tari. Dimana, setiap tari tradisional di Indonesia memiliki keunikannya masing-masing sesuai dengan kondisi alam, sosial, adat, dan kebudayaan tempat tarian tersebut berkembang.

  1. Adapun keunikan dari gerak tari tradisional di Indonesia dapat dilihat pada keberagaman dan motif gerakan yang dilakukan oleh penari tersebut.
  2. Ragam gerak merupakan kumpulan-kumpulan motif gerakan yang berupa kombinasi gerakan antara kaki, tangan, kepala, jari-jari, gerakan mata dan ekspresi penari.
  3. Ombinasi gerakan ini dapat digunakan untuk menambah estetika dan memperjelas makna dari sebuah tarian.

Apalagi setiap gerakan yang dilakukan oleh penari pada tarian tradisional memiliki artinya tersendiri. Selain itu setiap gerakan tari tradisional pada suatu daerah memiliki perbedaan dengan daerah lainnya.

See also:  Bagaimana cara melestarikan tanaman khas jakarta?

Gerak Kaki

Keunikan motif gerak tari pada kaki ditunjukan oleh tarian asal Papua dan Sulawesi Selatan. Dari daerah Papua keunikan gerakan tariannya ditunjukan melalui gerakan kaki yang ritmis dan dinamis. Hal ini berbeda dengan daerah Sulawesi Selatan yang keunikannya terdapat pada gerakan kaki yang tertahan pada lantai.

Gerak Tangan

Sedangkan keunikan motif untuj gerakan tangan ditunjukan oleh tari-tarian asal minang. Motif gerakan pada tari-tarian Minang banyak dipengaruhi oleh gerakan pencak silat yang kuat dan variatief. Terkadang gerakan tangan tarian tradisional Minang terlihat patah-patah, kadang juga mengalun dan melambai.

Gerak Jari

Gerakan jari ditunjukan oleh tarian Gending Sriwijaya asal Palembang. Pada tarian ini, gerakan jari yang lentik menjadi kekuatan untuk menyukseskan tarian Gending Sriwijaya. Selain itu ada pula tari Tradisional asal Dayak, dimana jari-jari penari diberi selipan bulu-bulu burung enggang untuk menambah keindahan tarian.

Kepala/ Ekspresi

Bagian kepala juga menjadi salah satu rangkaian gerakan tari tradisional yang memiliki keunikan sendiri. Pada bagian kepala keunikan dapat ditemukan melalui ekspresi penari. Senyum yang anggun untuk menunjukan kebahagiaan serta kharisma penari, ekspresi tegang untuk menunjukan kekhawatiran, ketakutan, serta kemarahan.

Gerak Bola Mata

Gerakan bola mata juga dapat menjadi keunikan tarian tradisional seperti yang ditunjukan tari-tarian asal Bali yang menggunakan gerakan bola mata untuk menunjukan karakter tarian yang dibawakan. Keunikan dari sebuah gerakan tari tradisional juga dapat dilihat dari keberagaman gerak tari yang dibawakan. Please follow and like us:

Apa saja yang dapat dilihat dari keunikan gerak dalam tari?

Indonesia memiliki beragam tradisi dan budaya yang diwariskan secara turun temurun salah satunya kesenian tari. Dimana, setiap tari tradisional di Indonesia memiliki keunikannya masing-masing sesuai dengan kondisi alam, sosial, adat, dan kebudayaan tempat tarian tersebut berkembang.

  1. Adapun keunikan dari gerak tari tradisional di Indonesia dapat dilihat pada keberagaman dan motif gerakan yang dilakukan oleh penari tersebut.
  2. Ragam gerak merupakan kumpulan-kumpulan motif gerakan yang berupa kombinasi gerakan antara kaki, tangan, kepala, jari-jari, gerakan mata dan ekspresi penari.
  3. Ombinasi gerakan ini dapat digunakan untuk menambah estetika dan memperjelas makna dari sebuah tarian.

Apalagi setiap gerakan yang dilakukan oleh penari pada tarian tradisional memiliki artinya tersendiri. Selain itu setiap gerakan tari tradisional pada suatu daerah memiliki perbedaan dengan daerah lainnya.

Gerak Kaki

Keunikan motif gerak tari pada kaki ditunjukan oleh tarian asal Papua dan Sulawesi Selatan. Dari daerah Papua keunikan gerakan tariannya ditunjukan melalui gerakan kaki yang ritmis dan dinamis. Hal ini berbeda dengan daerah Sulawesi Selatan yang keunikannya terdapat pada gerakan kaki yang tertahan pada lantai.

Gerak Tangan

Sedangkan keunikan motif untuj gerakan tangan ditunjukan oleh tari-tarian asal minang. Motif gerakan pada tari-tarian Minang banyak dipengaruhi oleh gerakan pencak silat yang kuat dan variatief. Terkadang gerakan tangan tarian tradisional Minang terlihat patah-patah, kadang juga mengalun dan melambai.

Gerak Jari

Gerakan jari ditunjukan oleh tarian Gending Sriwijaya asal Palembang. Pada tarian ini, gerakan jari yang lentik menjadi kekuatan untuk menyukseskan tarian Gending Sriwijaya. Selain itu ada pula tari Tradisional asal Dayak, dimana jari-jari penari diberi selipan bulu-bulu burung enggang untuk menambah keindahan tarian.

Kepala/ Ekspresi

Bagian kepala juga menjadi salah satu rangkaian gerakan tari tradisional yang memiliki keunikan sendiri. Pada bagian kepala keunikan dapat ditemukan melalui ekspresi penari. Senyum yang anggun untuk menunjukan kebahagiaan serta kharisma penari, ekspresi tegang untuk menunjukan kekhawatiran, ketakutan, serta kemarahan.

Gerak Bola Mata

Gerakan bola mata juga dapat menjadi keunikan tarian tradisional seperti yang ditunjukan tari-tarian asal Bali yang menggunakan gerakan bola mata untuk menunjukan karakter tarian yang dibawakan. Keunikan dari sebuah gerakan tari tradisional juga dapat dilihat dari keberagaman gerak tari yang dibawakan. Please follow and like us:

Adblock
detector