Nikmatnya Makan Malam di Kampung Nasi Kuning Samarinda

Kampung Nasi Kuning Samarinda Kalimantan Timur - ramahtraveler.com - Yopie Pangkey
Warung Nasi Kuning Ijay, di Jalan Lambung Mangkurat, Samarinda Ilir, Kota Samarinda. (Foto: dok. ramahtraveler.com / Yopie Pangkey)

Ramahtraveler.com – Saat traveling ke Kota Samarinda Kalimantan Timur, ada wisata kuliner yang saya rindukan sampai saat ini. Yaitu menikmati makan malam di Kampung Nasi Kuning Samarinda. Rasanya gurih, maknyos, enak banget.

Kampung Nasi Kuning Samarinda adalah sebutan untuk kawasan di Jalan Lambung Mangkurat di ibukota Provinsi Kalimantan Timur. Berada di jalan ini, kami melihat banyak sekali penjual nasi kuning. Tidak tahu mana yang paling enak. Seorang kawan komunitas yang giat mengangkat pariwisata Kaltim memberi saran salah satunya.

Baca juga:
* Nasi Kuning Enak di Warkop Harapan Cemerlang Palu

Gambar Nasi Kuning Samarinda Kalimantan Timur - ramahtraveler.com - Yopie Pangkey - 3
Nasi Kuning Khas Samarinda. (Foto: dok. ramahtraveler.com / Yopie Pangkey)

Kampung Nasi Kuning ini mulai terkenal sebagai salah satu tujuan wisata kuliner sejak tahun 2013. Saat itu Walikota Samarinda yang meresmikannya.

Bagi kamu yang suka banget mencicipi kuliner lokal setiap bepergian, saat ke Samarinda wajib coba yang satu ini.

Lokasi Kampung Nasi Kuning Samarinda

Lokasi alamat Kampung NasiKuning - ramahtraveler.com - Yopie Pangkey
(Foto: dok. ramahtraveler.com / Yopie Pangkey)

Berada di sepanjang Jalan Lambung Mangkurat, Samarinda Ilir, Kota Samarinda.

Sebagian berupa warung pinggir jalan dan sebagian berupa kios kecil.

Disini kamu bisa makan di Warung Nasi Kuning Ijay, Nasi Kuning Bumbu Rahmadu, Nasi Kuning Acil Kintul, Warung Nasi Kuning Melati Pinrang, Warung Nasi Kuning Aura, dan lainnya.

Peta Kampung Nasi Kuning

Kamu bisa melihat lokasinya di peta Google di bawah ini.

Jam Buka

Kalau mau mencoba makan disini, kita bisa datang setelah lepas waktu magrib. Tidak perlu kawatir kalau ingin makan tengah malam atau bahkan menjelang subuh. Karena mereka buka dalam waktu yang cukup lama.

Jam Buka: 19:00 – 05:00 WITA

Pada hari-hari tertentu, misal Minggu, mungkin bukanya hanya sampai tengah malam saja.

Warung Nasi Kuning Ijay

Lauk Nasi Kuning Ijay - ramahtraveler.com - Yopie Pangkey
Beragam lauk di Warung Nasi Kuning Ijay. (Foto: dok. ramahtraveler.com / Yopie Pangkey)

Saya bertanya ke kawan lokal, mana nasi kuning yang enak diantara yang lain. Kawan tersebut menyebutkan beberapa. Dan salah satunya adalah Nasi Kuning Ijay.

Dia bilang, dirinya dan kawan-kawan kantor dan kawan main, sering makan malam disitu. Menurut mereka, Nasi Kuning Ijay adalah salah satu yang terenak di Samarinda.

Lokasinya berada di pinggir jalan. Untuk parkir mobil, kami harus mencari lahan kosong disekitar. Kalau kamu membawa motor, bisa parkir di dekat etalase hidangan.

Hidangan tersajikan dalam etalase yang terbuat dari aluminium. Dari sisi jalan raya, etalase ditutupi dengan kaca lebar yang melindungi makanan dari debu. Nasi kuning tersimpan didalam termos nasi besar. Sehingga tetap hangat saat dihidangkan ke pengunjung.

Menu

Kampung NasiKuning Ijay Samarinda Kalimantan Timur - ramahtraveler.com - Yopie Pangkey - 4
Warung Nasi Kuning Ijay. (Foto: dok. ramahtraveler.com / Yopie Pangkey)

Saat nasi kuning sudah dituangkan kedalam piring, kita bisa mengambil sendiri menu lauk yang ada. Atau bisa juga meminta untuk diambilkan.

Tersedia sayur telur ayam, sayur telur puyuh, perkedel, sate cumi, bakwan jagung, ikan teri kacang goreng, sambal kentang, telur goreng, rendang daging sapi, rendang jengkol, dan sebagainya.

Untuk minuman, kamu bisa memesan teh panas/dingin dan jeruk panas/dingin.

Yang unik dari kuliner nasi kuning Samarinda adalah adanya lauk ikan haruan/ikan gabus. Terkenal di Samarinda, ikan gabus disini dimasak dengan bumbu merah. Rasanya gurih dan nikmat.

Harga

Nasi kuning di sini, harganya dibanderol antara Rp. 10.000 – 18.000. Tergantung dari lauk yang kita ambil. Semakin banyak tentunya akan semakin banyak yang harus kamu bayar.

Rasa

Kampung Nasi Kuning Samarinda Kalimantan Timur - ramahtraveler.com - Yopie Pangkey - 1
Rasanya gurih banget. (Foto: dok. ramahtraveler.com / Yopie Pangkey)

Untuk rasa, saya sangat suka sekali rasa nasi kuning dan rasa lauknya. Benar-benar gurih dan nikmat.

Apalagi saya jarang sekali konsumsi nasi kuning di kota tempat saya tinggal. Kalaupun memakannya, rasanya jauh berbeda dengan yang di Samarinda.

Menginap 2 malam di Samarinda, 2 kali pula saya dan kawan-kawan makan malam disini. Cocok banget rasanya di lidah kami.

Recommended

Mencoba kuliner khas di suatu daerah merupakan suatu keasyikan tersendiri. Termasuk saat mencoba nasi kuning di Samarinda.

Baca juga:
* Kenikmatan Sop Konro di Gang Sempit Samping BCA Balikpapan

Kampung Nasi Kuning Samarinda di Jalan Lambung Mangkurat, bisa menjadi pilihan. Kita bisa menikmati makan malam yang nikmat dan lezat. Tak perlu kawatir kehabisan. Karena rata-rata warung nasi kuning disini buka hingga subuh. Ada yang sudah pernah makan disini? Bagaimana menurutmu?