Nikmati Kesejukan Kebun Teh Kabawetan di Kepahiang Bengkulu

Kebun Teh Kabawetan Kepahiang Bengkulu - ramahtraveler.com - yopie pangkey - 3

Berwisata ke kebun teh menjadi salah satu keinginan kami selama ini. Menunggu kesempatan, kapan bisa berwisata ke kebun teh. Akhirnya ada kesempatan jalan-jalan ke Kebun Teh Kabawetan di Kepahiang, Bengkulu.

Selama ini hanya bisa melihat keindahan kebun teh dari foto-foto yang ada media sosial. Banyak sekali yang ‘memamerkan’ keindahan khas pegunungan dengan kebun teh di latar depannya.

Baca juga:
* Rafflesia Arnoldii, Bunga Terbesar di Dunia yang Ada di Bengkulu

Tadinya sih berharap bisa ke kebun teh di Jawa Barat. Namun rejeki saya dan suami untuk menikmati keindahan kebun teh justru saat jalan-jalan menyaksikan Festival Tabut di Bengkulu 2 tahun lalu.

Disela-sela kegiatan, kami menyempatkan untuk menikmati suasana Kebun teh Kabawetan di Kabupaten Kepahiang, Provinsi Bengkulu.

Rute Menuju Kepahiang

Kebun Teh di Bengkulu - ramahtraveler.com - yopie pangkey - 1

Pada hari kedua kami di Bengkulu, setelah sarapan kami berangkat menuju Kepahiang. Sepanjang jalan, jalanannya mulus dan tidak terlalu ramai. Banyak pemandangan bagus di kiri kanan jalan.

Jalan mulai berkelok-kelok dan naik turun saat menjelang sampai di Kepahiang. Sampai Kepahiang, mobil berbelok ke kiri di Taman Kota Kepahiang. Lalu tidak jauh dari taman kota, sekitar 40 meter, langsung berbelok ke kanan memasuki area pasar Kepahiang.

Setelah itu ketemu jalan Kabawetan. Kita tinggal ikuti saja jalan Kabawetan ke arah atas, sampai bertemu kebun teh.

Dari Kota Bengkulu ke Kebun Teh Kabawetan jaraknya sekitar 60 kilometer total. Bengkulu-Kepahiang 54 kilometer dan Kepahiang-kebun teh 6 kilometer

Kebun teh Kabawetan ini berada diatas ketinggian antara 600-1000 mdpl dengan luas sekitar 1.911,7 hektar. Perkebunan teh ini adalah warisan kolonial Belanda yang dibuka pada tahun 1930-an.

Begitu kita tiba rasa letih dan mual di perjalanan langsung hilang. Merasakan kesegaran dan kesejukan udara pegunungan. Pemandangannya indah, namun jangan berharap ada fasilitas bagus pariwisata di sini.

Harga Tiket Masuk

Kebun Teh Kabawetan Kepahiang Bengkulu - ramahtraveler.com - yopie pangkey - 2

Tidak ada tiket masuk yang harus dibayar. Karena memang area kebun teh adalah area umum. Bukan khusus daerah wisata yang harus bayar retribusi.

Menyaksikan Kehidupan Sehari-hari Petani Teh

Kebun Teh Kabawetan Kepahiang Bengkulu ramahtraveler.com - yopie pangkey

Saya tidak menjumpai resto dan cafe yang biasanya ada di tempat-tempat wisata terkenal. Jadi baiknya kalau kemari bawa bekal sendiri agar tidak kelaparan dan kehausan di atas.

Warung-warung kecil sih ada kalau mau membeli beberapa makanan ringan dan air minum kemasan.

Yang ada hanya kehidupan sehari-hari warga sekitar kebun teh. Di tepi jalan kami melihat ibu-ibu pemetik teh yang sedang beristirahat ditepi jalan. Terlihat nikmat sekali mereka makan siang di pinggir kebn teh di tepi jalan.

Foto-foto Sepuasnya

Kebun Teh Kepahiang Bengkulu - 6

Turun dari mobil, tanpa diaba-aba kami langsung mengeluarkan kamera untuk foto-foto. Memotret pemandangan dan tentu saja foto selfie. Tidak ketinggalan foto ala-ala ibu pemetik tehnya, hehehe.

Sekitar 1 jam kami menikmati suasana sejuk dan segar. Bosan di satu titik, pindah ke titik lain untuk mencari spot foto yang sesuai keinginan sambil berjalan kaki.

Sudah puas foto-foto baru kami memutuskan untuk kembali. Apalagi perut sudah terasa lapar minta diisi. Kembali ke mobil, lalu mencari makanan di Kepahiang. Ada pindang enak di Kepahiang 🙂

Recommended

Kebun Teh Kabawetan Kepahiang Bengkulu - ramahtraveler.com - yopie pangkey - 6

Berwisata ke Kebun teh Kabawetan ini bisa jadi alternatif wisata kalau bosan berwisata di pantai-pantai yang ada di Bengkulu.

Baca juga:
* 10 Oleh-oleh Khas Bengkulu yang Paling Disukai Wisatawan

Sesekali merasakan kesejukan udara pegunungan yang tidak terlalu jauh dari Kota Bengkulu. 60an kilometer dan 2 jam perjalanan dengan kendaraan.