10 Kuliner Wajib Saat Berkunjung ke Pasar Lama Tangerang

Kawasan Kuliner Pasar Lama Kota Tangerang - ramahtraveler.com - Yopie Pangkey
Kawasan kuliner Pasar Lama di Jalan Kisamaun, Kota Tangerang. Selalu ramai oleh warga kota dan wisatawan. (Foto. dok. ramahtraveler.com/Yopie Pangkey)

Ramahtraveler.com – Kota Tangerang ini juara banget soal memanjakan lidah para pecinta wisata kuliner. Keberagaman suku bangsa yang sudah tinggal lama, juga turut memengaruhinya. Ada citarasa manis kecap, pedas, asam, gurih di Kota Tangerang. Semua bisa kita temui di kawasan kuliner Pasar Lama Kota Tangerang.

Kawasan wisata kuliner Pasar Lama Tangerang adalah sebuah sajian kuliner khas Kota Tangerang. Disitu ada sate ayam terkenal, es podeng legend, serabi, bubur ayam, olahan seafood, martabak, bakso, sop kikil, tongseng, gulai, es duren, mie Aceh, dan sebagainya. Dijamin bisa bikin ketagihan.

Baca juga ya:
* Kuliner Laksa Tangerang, Kaya Bumbu dan Kaya Rasa

Kali ini kita ulas/review tempat makan asyik di Kota Tangerang ini ya.

Wisata Kuliner Pasar Lama Tangerang

Wisata Kuliner Kota Tangerang - yopiefranz - ramahtraveler
Wisata kuliner Kota Tangerang yang seru dan mengasyikkan. (Gambar: yopiefranz/ramahtraveler.com)

Pasar Lama Kota Tangerang sudah menjadi incaran para pemburu kuliner Nusantara. Ramai dengan kesibukan pertokoan dari pagi hingga sore. Dan ramai dengan sajian kuliner dari sore hingga tengah malam.

Banyak tenda pedagang berjejer di depan ruko-ruko yang tutup di malam hari. Kita bisa menjumpai ragam makanan/masakan yang unik disini. Ada makanan berbagai usia seperti sate dan bubur. Juga ada makanan kekinian.

Lokasi Pasar Lama Kota Tangerang

Kawasan kuliner Pasar Lama ini sejajar dengan Sungai Cisadane yang membelah Kota Tangerang. Memanjang sekitar 300an meter dari Utara ke Selatan di Jalan Kisamaun.

Puluhan, mungkin seratusan, pedagang berjajar di sepanjang Jalan Kisamaun. Di sisi kanan dan kiri jalan. Sehingga kalau kamu mengendarai mobil, harus bergerak perlahan. Karena selain banyaknya pedagang, ada banyak orang yang lalu lalang.

Sedangkan secara administratif, masuk wilayah Kelurahan Sukasari, Kecamatan Tangerang, Kota Tangerang.

Benteng Heritage Museum dan Kelenteng Boen Tek Bio juga berada di kawasan ini. Berada di tengah, di antara Jalan Kisamaun dan Sungai Cisadane di sebelah Timur.

Peta Pasar Lama

Lokasinya bisa kamu lihat di Peta Google di bawah ini.

Kuliner Pasar Lama

Pertama kali masuk ke kawasan ini, saya benar-benar senang sekaligus bingung. Belum tahu harus makan apa. Menariknya, hampir semua penjual yang ada disini selalu ramai pembeli. Boleh dibilang, tidak ada yang sepi pembeli.

Ada kawan yang tinggal di Kota Tangerang, jadi sudah tahu harus mengajak kami makan apa.

1. Sate Ayam H. Ishak

Sate Ayam H. Ishak Pasar Lama Tangerang Kota - yopie pangkey - ramahtraveler
Sate Ayam H. Ishak Pasar Lama Tangerang Kota. (Foto: Yopie Pangkey /ramahtraveler)

Berjalan kaki dari Yellow Bee Hotel, atau Robinson Plaza, sekitar 450 meter. Hanya butuh sekitar 10 menit kami sudah sampai di gerbang kawasan Kuliner Pasar Lama.

Berjalan dari arah Utara, memasuki gerbang, Sate Ayam H. Ishak ada di sisi kanan.

Mau makan sate enak di Kota Tangerang ini, kita harus sabar antri. Karena banyak sekali penggemar sate ayam yang rasa bumbunya gurih dan nikmat ini.

Saat kami memesan saja, sudah laku sekitar 5.000 tusuk. Dan biasanya dari sore sampai tengah malam bisa habis 8.000 tusuk.

Salah satu rahasia resep bumbu kacang Sate Ayam H. Ishak adalah, Kecap Benteng merek HS. Rasa kecapnya hanya saya rasakan selama di Kota Tangerang saja. Termasuk di sate ayam legend ini.

Buka dari pukul 15:00 sampai 23:00 WIB. Harga satu porsi isi 10 tusuk, Rp. 20.000. Dengan lontong Rp. 25.000.

2. Es Podeng

Es Podeng Tangerang - @kardiovskuliner
(Gambar: Instagram @kardiovskuliner)

Kami menemukan pedagang es podeng tidak jauh berjalan dari gapura tadi. Tepatnya berada di depan toko kosmetik Toko Varia, sehingga pelanggan menyebutnya es podeng Varia. Kami memerhatikan es podeng ini, selelau dipenuhi pelanggan yang mengantri dan memesan.

Dalam satu gelas es podeng, berisi campuran serutan es dari bahan santan. Lalu ditambah potongan roti tawar, potongan kelapa muda, kacang hijau, cendol, alpukat. Dan terarkhir dilumuri susu kental manis cokelat diatasnya.

Rasanya?? enak banget. Mau nambah, tapi masih ingin mencicipi kuliner yang lain.

  • Harga : Rp 10.000 / gelas.
  • Buka : Pukul 10.00 WIB – sehabisnya.

3. Serabi Hijau

Serabi Hijau - Kuliner Pasar Lama Tangerang - ramahtraveler.com - Yopie Pangkey - 3
Serabi Hijau. (Gambar: ramahtraveler.com – Yopie Pangkey)

Di pasar lama ini juga banyak dijual beragam jajanan tradisional. Salah satu yang kami coba adalah serabi hijau.

Serabi dibuat diatas cetakan dari tanah liat dan dimasak menggunakan bakaran arang. Warna hijau serabi juga alami, dari air daun pandan. Tercium banget wangi daun pandannya ketika serabi sudah matang.

Memakan serabi ini dengan lumuran saus. Ada dua pilihan rasa saus, yaitu pandan dan saus duren. Kami malam itu memilih saus durian.

Enak banget, serabi lembut beraroma daun pandan dengan manisnya saus durian dengan rasa yang khas. Mantab pokoknya.

Harga:

  • 5 buah serabi : Rp 15.000
  • 10 buah serabi : Rp 25.000
  • Buka : Pukul 17.00 WIB – 23.00 WIB

4. Bubur Ayam Ko Iyo

Kuliner pasar lama kota tangerang - Bubur Ayam Ko Iyo - @franciscapelangi
Bubur Ayam Ko Iyo. (Gambar: Instagram @franciscapelangi)

Selain Sate Ayam H. Ishak, ada kuliner lain yang sama-sama legendaris disini. Yaitu Bubur Ayam Ko Iyo. Kalau liburan di Kota Tangerang selama beberapa hari, bisa setiap malam mampir, mencoba beragam sajiannya.

Sejak berdiri tahun 1966 sampai sekarang, Bubur Ayam Ko Iyo masih erjualan di tenda kaki lima. Makan bubur ini bakal biiin kenyang, karena porsinya yang lumayan banyak.

Dalam satu porsi bubur, kita akan merasakan rasa enak dan gurih. Campurannya antara lain; suwiran daging ayam dan cakwe. Ada tambahan lauk lain, seperti; telur, tong cai atau sawi asin, potongan ati ampela, dan kecap asin.

5. Bubur dan Bakmi Kepiting Hokie

Bubur dan Bakmi Kepiting Hokie - @kepitinghokie
Bubur dan Bakmi Kepiting Hokie. (Gambar: Instagram @kepitinghokie)

Kuliner favorit lain di Pasar Lama Tangerang adalah Bubur dan Mie Kepiting Hokie. Makan disini akan memberikan pengalaman kuliner yang mengesankan, apalagi bagi yang suka banget dengan kepiting.

Bayangkan saja, dalam seporsi mie yang lembut, ada potongan kepiting didalamnya. Daging kepiting segarnya terasa manis. Plus kaldu kepiting yang terasa kental di lidah dan mulut.

Tersedia pilihan ukuran kepiting. Mau yang kecil, sedang, besar, atau yang istimewa. Bisa disantap bersama mie atau bubur.

6. Roti Canai India

Ingin cemilan yang mengenyangkan perut, kita bisa mencoba roti canai India. Saat memesannya, kita harus sabar mengantri. Karena pelanggannya cukup banyak.

Rasanya tidak perlu diragukan lagi. Apalagi, penjualnya asli dari India. Tersedia beberapa varian rasa. Antara lain; kari ayam, kuah kari kambing, telur, gula, stroberi, hingga nanas.

Selaian canai, kita bisa memesan sajian khas India lainnya. Seperti Nasi Kebuli, Mie Rebus India, dan Martabak India.

Buka dari pukul 17.00 WIB Roti Canai India ini hadir dengan beberapa varian rasa, seperti kuah kari kambing, kari ayam, manis, gula, telur, nanas, hingga stroberi yang siap menggoyang lidah dan yang pasti menggugah selera makan Anda.

7. Berbagai Jajanan Ringan

Kawasan Kuliner Pasar Lama Tangerang - ramahtraveler.com - Yopie Pangkey
Kawasan Kuliner ini banyak dikunjungi berbagai kalangan dan usia. (Foto: dok. ramahtraveler.com/Yopie Pangkey)

Bukan hanya tersedia makanan berat, di kawasan ini kita bisa menjumpai penjual berbagai makanan ringan.

Kita bisa coba beberapa diantararanya. Seperti telur gulung, bola ubi, sempol ayam, cilok, sampai seblak pedas.

Juga berbagai jajanan tradisional seperti; surabi pandan, kue pukis, dan harum manis.

Harganya beragam. Mulai dari Rp. 1.000, Rp. 5.000, Rp. 10.000, Rp. 20.000.

8. Beragam Sate

Selain sate legendaris diatas, juga ada berbagai macam sate yang bisa kita nikmati. Sate ini lebih kekinian yang banyak disukai anak muda, dan tentu juga orang tua ya.

Mulai dari sate bakso, sate seafood, dan sate lainnya. Ada pilihan mengolahnya; bakar, rebus, goreng. Dan asyiknya, ada pilihan saus dan kuah yang enak dan nikmat.

  • Harga antara Rp. 5.000 – Rp. 15.000

9. Beragam Minuman

Kawasan Kuliner Pasar Lama Kota Tangerang - ramahtraveler.com - Yopie Pangkey - 2
(Foto: dok. ramahtraveler.com/Yopie Pangkey)

Selain makanan tentu saja banyak juga sajian minuman dari beberapa pedagang. Bisa menjadi selingan saat lelah berjalan dari ujung ke ujung kawasan kuliner Pasar Lama Kota Tangerang.

Selain es podeng, kita bisa menjumpai penjual teh poci, es sari kacang hijau, thai tea, jeruk peras, es susu kedelai.

  • Harganya rata-rata Rp 5.000 – Rp 7.000.

10. Kopi Kong Djie Belitung

Lokasi Kong Djie Coffee Pasar Lama Kota Tangerang - ramahtraveler.com - Yopie Pangkey - 4
Menempati sebuah ruko kecil. (Foto: dok. ramahtraveler.com / Yopie Pangkey)

Kami, suami istri, hampir selalu menutup wisata kulineran dengan mampir di warung kopi. Dan syukurnya kami menemukan warung kopi Kong Djie khas Belitung di di Pasar Lama Tangerang.

Kopi Kong Djie ini termasuk kopi legend . Sudah ada dari tahun 1943, didirikan oleh Hong Kong Djie seorang perantau warga Tionghoa dari Bangka.

Sekarang sudah ada beberapa cabang, salah satunya ada di pasar lama Kota Tangerang ini. Dari bagian depan terlihat sekali kalau itu adalah warung kopi Belitung. Ada 3 ceret kopi khas berukuran besar yang menghias meja depan. Serta juga beberapa pernak-pernik vintage lainnya.

Malam itu kami memesan kopi hitam dan kopi susu khas kopi melayu. Kopi hitamnya terasa pekat. Kopi susunya pas, ada terasa pahit bercampur manis susu.

Ada beberapa makanan ringan sebagai pendamping minum kopi. Salah satunya yang kami pesan adalah roti bakar srikaya.

Harga:

  • Kopi Hitam : Rp 15.000
  • Kopi Susu :Rp 20.000
  • Roti Bakar: Rp 15.000

Buka : Pukul 07.00 WIB – 21.00 WIB

Recommended

Makan ramean genpi kota tangerang - yopie pangkey - ramahtraveler
Makan ramean.

Berwisata ke suatu kota, akan semakin lengkap dengan selingan wisata kulinernya. Berkesempatan menyambangi kota Tangerang untuk menyaksikan Festival Cisadane, kami tidak menyia-nyiakan kesempatan. Mencoba banyak tempat makan.

Sesuai juga dengan anjuran salah seorang kawan blogger yang tinggal di Tangerang Selatan. Jangan sampai kelewatan makan di Pasar Lama Tangerang. Coba Sate Ayam H. Ishak dan Es Podeng.

Baca juga:
* Nasi Uduk Encim Sukaria, Tempat Sarapan Enak di Tangerang

Dan memang kawasan Kuliner Pasar Lama Kota Tangerang ini benar-benar memanjakan wisatawan. Bagi yang suka makan akan dimanjakan dengan berbagai cita rasa khas kulinernya. Jadi kalau kamu sedang berada di Kota Tangerang, jangan sampai terlewat untuk datang waktu sore hingga malam hari. Cicipi aneka sajian kulinernya.