Pengalaman Pesan Tiket di Redbus

pengalaman pesan tiket redbus
Perjalan saya dengan bus di tanggal 27 Februari 2020. Ramah Traveler akan berbagi informasi pengalaman pesan tiket Redbus kali ini.

Ramahtraveler.om – Berkali-kali cari info cara pesan tiket bus online di google, banyak menemukan link yang mengarah ke RedBus – Online Bus Ticket Booking. Ada berbagai rute bus yang bisa kita temukan disini. Ada beberapa review pengalaman positif dan review negatif juga yang saya temukan. Namun itu yang menjadikan saya penasaran, ingin mencoba.

Pengalaman pesan tiket di RedBus akan saya share disini. Cara pesan tiket RedBus sangat mudah. Kalau sudah memiliki aplikasinya tinggal pilih rute dan tanggal keberangkatan. Melalui laptop pemesanan tiket bus bisa kita lakukan melalui laman resmi RedBus juga.

Baca kisah perjalanan saya setelah memesan tiket di RedBus:
* Pengalaman Naik Bus Sinar Jaya Lampung Solo Kelas Eksekutif

Aplikasi RedBus

Aplikasi RedBus di Google PlayStore

Aplikasi yang dirilis 4 Februari 2013 ini ternyata sudah 10juta lebih didownload. Ukurannya pun termasuk kecil saat ini. Hanya sekitar 22 MB saja.

Selesai download dan instal, saya langsung sign up untuk memiliki akun di RedBus. Ada 2 (dua) pilihan. Menggunakan akun Facebook atau akun Google. Saya memilih menggunakan akun google.

Cara Memesan Tiket di RedBus

Setelah menginstal aplikasi ini melalui Google Playstore, kita bisa langsung melakukan pembelian tiket bus. Simak caranya di bawah ini.

1. Pilih Rute

Langkah berikutnya, di aplikasi RedBus, kita bisa memilih kota asal dan kota tujuan. Baik itu di terminal maupun agen yang bekerjasama dengan pihak bus.

Beberapa rute akan memberikan pilihan banyak bus atau travel. Tinggal kita cari PO Bus mana yang biasa kita naiki atau yang kita percaya.

2. Pilih Tempat Duduk

Pesan pilih tempat duduk seat di redbus

Begitu memilih salah satu rute bus, kita langsung masuk ke halaman berikutnya. Muncul komposisi tempat duduk/seat di dalam bus.

Seat bewarna putih adalah yang masih kosong yang bisa kita pilih. Yang bewarna abu-abu adalah tempat duduk yang sudah dipesan oleh traveler lain.

3. Customer Info

Setelah itu, masuk ke laman berikutnya. Yaitu mengisi informasi kita, contact information. Karena sudah membuat akun di RedBus, langsung muncul email ID dan nomor telepon.

Tinggal mengisi nama kita, umur, jenis kartu pengenal (KTP), dan nomor KTP. Klik Continue Booking.

4. Pembayaran

Di laman pembayaran, detail perjalanan kita akan muncul. Untuk memastikan bus, rute, dan jadwal yang kita pilih sudah benar.

Diskon Tiket Pertama

Discount Tiket Pertama RedBus
Discount tiket pertama di RedBus.

Yang menariknya adalah, kita bisa mendapat diskon/potongan harga sebesar 25 persen plus cashback Rp. 50.000 untuk tiket pertama kita.

Caranya adalah dengan mengetikkan “NEW” di kolom ‘Enter offer code’ lalu klik apply.

Cashback Rp 50ribu, masuk ke RedBus Wallet Balance. Bisa kita gunakan untuk pembelian tiket berikutnya. Berlaku dalam masa tertentu.

Diskon Local Guide Google

Kalau kamu aktif di Local Guide Google, biasanya akan mendapat penawaran diskon setelah mencapai target tertentu.

Bisa lihat di email, dan masukkan kode yang diberikan google kedalam kolom ‘Enter offer code’.

Saya lupa pernah mendapatkan bonus ini dari Local Guide, jadi tidak memasukkannya kedalam pilihan pembayaran.

Saya kembali ingat saat seorang petugas loket di Terminal Solo memberitahukan saya. Kita bisa pakai

kode Local Guide di RedBus. Pihak bus ga rugi kok, tetap mendapat pembayaran dari pihak aplikasi.

5. Pilihan Pembayaran

Cara Pembayaran di Redbus

Untuk membayar biaya yang ditagihkan dari RedBus, kita bisa memilih beberapa pilihan.

Ada virtual account transfer, bank transfer (manual), GoPay, OVO, Indomaret, Alfamart, Credit Card, dan Debit Card.

Untuk virtual account transfer tersedia bank BCA, BNI, BRI, dan Mandiri.

Untuk bank transfer (Manual) tersedia Bank BNI, BRI, dan Mandiri.

Saya memilih menggunakan bank transfer. Bisa saya lakukan dari Aplikasi Mobile Banking Mandiri Online saya.

Setelah klik tombol get voucher code di bagian bawah kita akan masuk ke laman berikutnya. Ada perintah untuk melakukan pembayaran ke nomor rekening atas nama PT IBIBO Group Indonesia.

Kita bisa copy nomor rekening dan jumlah tagihan dari aplikasi RedBus.

Sebaiknya segera lakukan pembarayan. Karena ada batas waktu transfer 55 menit. Lewat dari itu, pemesanan akan dibatalkan oleh RedBus.

Setelah melakukan pembayaran melalui transfer Bank Mandiri saya klik ‘I Have Completed My Payment’ di RedBus. Maka pihak RedBus akan mengeluarkan tiket.

Ada Masalah di Pemesanan Tiket Kedua

Pengalaman Pesan Tiket di Redbus
Pengalaman pesan tiket kedua di Redbus. Ada sedikit masalah.

Memiliki pengalaman lancar saat memesan tiket pertama, perjalanan saya berikutnya pun membeli tiket melalui aplikasi RedBus. Namun saat melakukan pembayaran ternyata ada masalah.

Berharap muncul informasi suksesnya pembeliannya tiket. Namun yang muncul adalah pemberitahuan bahwa tiket saya tidak berhasil dibooking, walau pembayaran telah berhasil.

Saat saya cek di email, dikatakan bahwa akan ada petugas yang menelepon dalam waktu 30 menit kedepan.

Tak lama, ada telepon masuk bernomor +62 21 3970 6060. Dengan nada sopan mengenalkan diri dan meminta maaf telah terjadi kesalahan dalam sistem.

Ada 2 solusi yang ditawarkan. Pengembalian dana atau mengubah seat/nomor kursi yang saya pesan. Saya memilih opsi kedua. Mengubah nomor tempat duduk. Pilihan dilakukan langsung dengan operator tersebut melalui telepon.

Sekitar 10 menit kemudian, ada masuk email memberiahukan informasi tiket bus yang saya pilih. Saya sudah memiliki tiket yang bisa ditukarkan dengan tiket fisik di loket bus bersangkutan.

Pengalaman Pesan Tiket di RedBus yang OK

Menggunakan aplikasi ini benar-benar memudahkan kita dalam membeli tiket. Sehingga tidak harus keluar rumah mencari agen bus di kota kita.

Baca juga:
* 7 Tips Naik Pesawat

Kita bisa melakukan pembelian tiket melalui aplikasi. Cara pesan tiket bus di RedBus ini sangat mudah dan prosesnya cepat. Pembayaran bisa dengan beberapa cara yang bisa kita pilih. Perjalanan saya berikutnya, akan mencoba berbagai bus yang tersedia di RedBus kembali. Semoga review ini bermanfaat bagi yang membutuhkan.