Lapas Kelas 1 Tangerang Untuk Kasus Apa?

JAKARTA, KOMPAS.com – Tiga petugas Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Kelas 1 Tangerang ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus kebakaran yang menewaskan puluhan tahanan pada Rabu (8/9/2021) lalu.

Apa itu Lapas Kelas 1?

Sebelum memahami Lapas Kelas 1 adalah apa, mari menyimak lebih dulu tentang pengertian ‘lapas’. Lapas atau lembaga permasyarakatan adalah tempat untuk melaksanakan pembinaan narapidana dan anak didik permasyarakatan. Sementara itu, balai permasyarakatan atau bapas adalah pranata untuk melaksanakan bimbingan klien permasyarakatan.

Berapa lama api di Lapas Tangerang dipadamkan?

Selanjutnya Kepala Lapas langsung menghubungi pemadam kebakaran setempat hingga 13 menit kemudian 12 unit pemadam kebakaran datang. Yasonna menyebutkan, kurang dari 1,5 jam api di Lapas Tangerang berhasil dipadamkan.

Apa Penyebab kebakaran di Lapas Kelas 1?

Terkait penyebab kejadian kebakaran tersebut, Yasonna mengatakan, dugaan sementara penyebab kebakaran di Lapas Kelas I Tangerang adalah persoalan instalasi listrik. ‘Dugaan sementara adalah karena persoalan listrik arus pendek.

Apa itu klasifikasi Lapas?

Lapas Kelas 1 adalah salah satu klasifikasi dari lapas. Selengkapnya, berikut 4 klasifikasi lapas: Klasifikasi tersebut berdasarkan kapasitas, tempat kedudukan, juga tempat kegiatan kerja. Permenkumham tersebut juga mengatur eselonisasi Lapas Kelas 1. Eselonisasi Lapas Kelas 1 terdiri dari:

Kalapas Kelas 1 Tangerang siapa?

Sementara itu, Kepala Lapas (Kalapas) Kelas 1 Tangerang, Asep Sunandar mengatakan, sejak awal penugasan pada pertengahan pada Desember 2021 lalu, beberapa langkah cepat dalam rangka pembenahan sudah dilakukan, yaitu pertama melakukan razia atau penggeledahan seluruh blok hunian warga binaan.

Kapan terjadi kebakaran Lapas Tangerang?

KOMPAS.com – Peristiwa kebakaran terjadi di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Tangerang, Banten, Rabu (8/9/2021) pagi. Sebanyak 41 orang meninggal dunia akibat kebakaran yang terkadi pada pukul 01.45 WIB tersebut.

See also:  Tempat Wisata Yang Bagus Di Tangerang?

Apa penyebab kebakaran lapas di Tangerang?

Jakarta, Gatra.com – Lembaga Pemasyarakatan Kelas 1 Tangerang mengalami kebakaran pada Rabu (08/09). Kebakaran ini disebabkan oleh korsleting listrik atau arus pendek listrik.

Kenapa Lapas Tangerang bisa kebakaran?

Kebakaran itu menyebabkan 41 narapidana (napi) tewas, 8 napi luka berat, dan 72 orang lainnya luka ringan. Polisi untuk sementara menduga bahwa kebakaran itu disebabkan hubungan pendek arus listrik alias korsleting dan ada dugaan terjadi tindak pidana.

Berapa jumlah korban kebakaran Lapas Tangerang?

Total korban meninggal dalam tragedi kebakaran Lapas Tangerang mencapai 48 orang. Sebanyak 40 orang meninggal di lokasi kejadian, satu orang meninggal dalam perjalanan menuju rumah sakit. Tujuh korban lain meninggal saat menjalani perawatan di RSUD Kabupaten Tangerang.

Apa yang menyebabkan kebakaran?

Faktor penyebab kebakaran yang umum terjadi berikutnya yaitu cairan bahan bakar. Mulai dari bensin, solar, minyak tanah, lem, dan parfum. Untuk bisa menghindari pemantik api dari cairan tersebut, ada baiknya simpan cairan di tempat yang aman.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Adblock
detector