Motif Batik Apakah Yang Berasal Dari Tangerang Selatan?

Hampir sebagian besar motif batik Tangerang Selatan bertemakan Flora dan Fauna dan diberi nama berdasarkan tempat-tempat penting di wilayah Tangerang Selatan, seperti Motif Situ Gintung, Motif Anggrek, karena di daerah Tangerang terdapat tempat pembudidayaan Anggrek, kemudian ada lagi Motif Kacang Kranggan atau kacang sangrai, dan masih banyak motif lainnya.

Apa itu batik Tangerang?

‘Dua batik ini memiliki filosofi yang erat kaitannya dengan kehidupan masyarakat yang menetap di Kabupaten Tangerang,’ tambahnya. Menurut Sri, kacang merupakan tanaman yang kerap kali ditemui pada tiap halaman rumah di Kabupaten Tangerang yang kebetulan memiliki jenis tanah yang gembur. Sedangkan wareng berarti galak.

Apa motif batik Indonesia yang sudah cukup dikenal di kalangan para pecinta batik?

Berikutnya, ada motif batik Indonesia yang sudah cukup dikenal di kalangan para pecinta batik yaitu Sudagaran. Batik Sudagaran adalah motif larangan dari kalangan keraton. Sehingga, para seniman yang membuatnya pun berusaha menciptakan motif baru sesuai selera masyarakat saudagar.

Apa saja motif batik di Pekalongan?

Kota Pekalongan termasuk salah satu daerah Indonesia yang banyak memproduksi batik dengan aneka ragam motif. Maka tak heran jika Pekalongan terkenal sebagai daerah pengrajin batik dan pusat batik Indonesia. Motif batik Pekalongan paling populer adalah tujuh rupa. Ciri khasnya didominasi dengan motif tumbuh-tumbuhan dan hewan.

Apa saja motif batik mega mendung?

Mega Mendung biasanya terdiri dari tujuh gradasi warna yang dianggap sebagai lambang Bumi dengan tujuh lapisan tanah. Beberapa warna khas motif batik Mega Mendung, seperti biru tua, merah tua, hijau tua, ungu, dan sebagainya. 2. Motif Batik Sekar Jagad Sekar Jagad merupakan salah satu motif batik di Indonesia khas Yogyakarta, Jawa Tengah.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Adblock
detector