5 Pesona Telaga Biru Cicerem di Kuningan, Bikin Hati Adem

Telaga Biru Cicerem Kuningan - yopie pangkey - ramahtraveler.com
Telaga Biru Cicerem Kuningan , suasananya asyik, tenang, teduh, dan adem. (Gambar: Yopie Pangkey/ ramahtraveler.com)

Ramahtraveler.com – Membahas pesona alam di Indonesia itu ga bakal ada abisnya. Termasuk di Kabupaten Kuningan, Provinsi Jawa Barat. Bentangan alamnya yang memiliki banyak perbukitan, menjadikannya banyak sekali destinasi wisata yang indah. Salah satu yang bisa kita kunjungi adalah Situ Cicerem, atau Telaga Biru Cicerem.

Telaga Biru Cicerem di Kabupaten Kuningan adalah sebuah telaga, atau situ, dengan air yang begitu jernih. Banyak ikan cantik bewarna-warni. Ada spot foto yang asyik, berupa ayunan di tepi telaga.

Penasaran dengan salah satu tempat wisata di Kuningan ini? Yuk simak, siapa tahu bisa kamu kunjungi saat liburan.

Baca juga:
* Liburan Asyik, Jelajahi 10 Tempat Wisata di Kuningan

Saat saya kemari, tempatnya asyik banget. Cocok jika ingin melarikan diri dan menyepi, jauh dari sumpeknya kehidupan kota besar.

Wisata Alam Telaga Biru Cicerem

Situ Cicerem Kuningan - ramahtraveler.com - yopie pangkey
(Gambar: Dok. ramahtraveler.com/Yopie Pangkey)

Ada kesempatan kemari saat menyaksikan Festival Angklung Internasional di Kuningan tahun 2018. Setelah selesai acara, sayang banget kalau tidak eksplorasi beberapa destinasi wisata Kuningan. Beberapa kawan di Kuningan serentak menganjurkan nyantai di Situ Cicerem, atau Telaga Biru Cicerem.

Lokasi Telaga Biru Cicerem

Situ Cicerem berjarak sekitar 28 kilometer dari pusat Kota Kuningan. Mengitari kaki Gunung Ciremai, melewati jalan masuk Gedung Perundingan Linggarjati. Kalau dengan berkendara, kurang lebih membutuhkan waktu sekitar 1 jam.

Sedangkan saya dan kawan-kawan, berangkat dari Gedung Linggarjati sore itu. selesai acara Festival Angklung, kami menjauh dari Kota Kuningan. Dari Linggarjati sekitar 18 kilometer dengan waktu tempuh sekitar 30 menit.

Secara administratif Telaga Biru Cicerem masuk wilayah Desa Kaduela, Kecamatan Pasawahan, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat.

Peta Situ Cicerem

Kamu bisa melihat lokasinya di peta Google di bawah ini.

Harga Tiket Masuk Telaga Biru Cicerem

Untuk masuk ke area wisata Situ Cicerem, kita harus membayar tiket masuk. Harga tiketnya murah terjangkau. Tidak perlu kawatir sampai menguras dompet.

Harga Tiket Masuk: Rp. 2.500

Pesona Situ Cicerem

Lalu apa daya tarik dari telaga ini yang menjadikannya layak untuk dikunjungi?

Coba baca perlahan-lahan review/ulasannya di bawah ini ya.

1. Air Telaga yang Jernih

Telaga Biru Cicerem Kuningan - yopie pangkey - ramahtraveler.com - 1
(Gambar: Dok. ramahtraveler.com/Yopie Pangkey)

Saat baru mendengar cerita kalau situ cicerem airnya jernih, saya masih biasa saja. Namun saat tiba dan melihat langsung, baru benar-benar percaya.

Melihat dengan mata kepala sendiri, air di Telaga Biru Cicerem ini begitu jernih. Begitu jernihnya, hingga terlihat bewarna biru kehijauan.

Kedalaman telaga di tepian, antara 1-2 meter. Sedangkan di tengah, bisa lebih dari 5 meter. Saat saya datang kemari, tidak nampak ada orang yang berenang disini.

2. Banyak Ikan

Telaga Biru Cicerem Kuningan - @sdverdana
(Gambar: Instagram @sdverdana)

Pesona Situ Cicerem berikutnya adalah, banyak ikan warna-warni yang hidup didalamnya. Dari yang kecil sampai yang seukuran betis orang dewasa.

Saat kita memasukkan jari kedalam air, ikan-ikan tersebut akan mengerbungi jari kita. Mungkin disangkanya kita akan memberi makanan.

Kalau kita tabur makanan, seperti taburan biskuit, ikan-ikan tersebut langsung berdatangan. Berenang cepat untuk rebutan remah-remah biskuit yang kita lempar.

Asyik juga foto-foto saat ada gerombolan ikan emas warna-warni ini di dekat kita.

3. Spot Foto Ayunan dan Pohon Besar

Foto Gambar Situ Telaga Biru Cicerem Kuningan - @assap
(Gambar: Instagram @assap)

Salah satu destinasi ngehits Kuningan ini banyak didatangi karena ada spot foto yang menarik. Yaitu berupa ayunan dan pohon besar.

Kita bisa duduk di ayunan dan meminta kawan untuk ambil gambar/foto kita berayun di tepian telaga. Bisa ambil sejajar atau ambil dari spot yang lebih tinggi.

Sedangkan pohon besar akan menghiasi foto kita. Menjadikannya framing yang indah dengan telagar bewarna biru menjadi latar belakang.

4. Santai di Tepian

Situ Cicerem Kuningan - ramahtraveler.com - yopie pangkey
(Gambar: Dok. ramahtraveler.com/Yopie Pangkey)

Namanya juga situ atau telaga. Hanya duduk-duduk santai di tepiannya sudah menjadi hiburan tersendiri. Apalagi bagi kamu yang biasa hidup di kota besar. Duduk-duduk di tepi Situ Cicerem sudah menjadi hiburan yang mengesankan.

Kita bisa santai dan memasukkan kaki kedalam air. Duduk di bawah pohon rindang, menyaksikan hilir mudik pengunjung lain.

Atau sambil makan mie kemasan, rujak, dan minum kopi di warungnya.

5. Mitos Telaga Biru Cicerem

Telaga Biru - Situ Cicerem - tempat wisata di kuningan - @thprilandika
(Foto: IG @thprilandika)

Wisata alam Cicerem ini dijaga dan dikelola oleh Kelompok Sadar Wisata setempat. Diceritakan oleh penjaga warung saat saya makan, ikan-ikan di Situ Cicerem dilarang untuk diambil. Wajar saja ya kalau jumlah ikan emas didalamnya terus bertambah.

Dituturkannya juga, bahwa dulunya, lokasi ini menjadi tempat berunding Wali Songo. Ada batu berbentuk seperti kotak didalam situ. Konon katanya, dulu menjadi tempat para wali berunding.

Mungkin dulunya tidak ada air disini. Lalu salah seorang wali mengetukkan tongkatnya ke tanah. Dan ada air yang menyembur keluar dan akhirnya membentuk telaga.

Setelah itu, para wali menjadikan telaga ini sebagai tempat mengambil air wudhu. Dan menurut cerita, air di telaga biru Cicerem ini tidak pernah surut, walau sedang kemarau panjang.

Saat saya cari di internet, tidak banyak yang membahas mengenai kisah/cerita ini. Apakah ini mitos, legenda, atau sejarah?

Recommended

Satu yang pasti dari tempat ini, yaitu indah. Ditambah lagi dengan suasananya yang terasa begitu rimbun dan udara sejuk.

Kamu bisa berkunjung ke Situ Cicerem saat sedang berada di Kuningan. Lokasinya juga tidak jauh daru Kota Cirebon lho. Kurang dari 20 kilometer.

Baca juga:
* Wisata Cirebon, Ayo Jelajahi 10 Destinasi Ini

Viewnya indah, teduh, dan alami. Akan susah menjumpai suasana yang sama di kota besar. Situ Cicerem yang cantik ngehits ini sangat menarik didatangi, karena ada berbagai daya tarik. Airnya jernih, banyak ikan mas warna-warni, bisa foto-foto, dan berudara sejuk. Yuk Ke Kuningan, berkunjung ke Telaga Biru Cicerem.