12 Rekomendasi Wisata Populer di JAKARTA

Wisata Jakarta – Namanya ibukota negara, sudah tentu Jakarta memiliki magnet tersendiri bagi banyak orang. Tidak lah mengherankan kalau kunjungan wisatawannya tinggi. Dan ada banyak tempat wisata di Jakarta yang semakin menambah daya tarik ibukota.

Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan, Jakarta selalu siap menyambut siapa pun yang datang. Sebagai ibukota negara, Jakarta memiliki banyak destinasi. Tentunya dengan jenis yang beraneka ragam juga. Destinasi-destinasi di Jakarta bisa menjadi pilihan saat libur sekolah, wiken, dan #PesonaMudik2019.

“Jangan tanyakan berapa destinasi yang ada di Jakarta. Sangat banyak. Dan semuanya memiliki kualitas. Jakarta adalah destinasi terbaik buat kalian yang ingin mengisi liburan di saat mudik,” papar Arief Yahya, Jumat (10/5).

Tempat Wisata di Jakarta

Di Jakarta, kamu bisa wisata belanja, wisata sejarah, wisata kuliner, wisata alam, staycation di hotel, dan lainnya.

Biar kamu tidak bingung, berikut ini ada 10 destinasi yang direkomendasikan untuk kamu kunjungi di Jakarta.

Grand Indonesia Mall - wwwgrand-indonesiacom
Grand Indonesia Mall. (Foto: grand-indonesia.com)

1. Grand Indonesia Mall

Grand Indonesia Mall diresmikan pada tahun 2007 lalu. Mall ini sangat lengkap. Di dalamnya ada sejumlah departement store besar, Seibu dan Central. Ada juga bioskop dengan teknologi terkini, CGV Blitz.

Selain itu, terdapat juga galeri budaya dengan nama Galeri Indonesia Kaya. Grand Indonesia Mall terdiri dari tiga bagian utama. Ada East Mall, West Mall, dan Sky Bridge sebagai penghubung.

Lokasi pusat perbelanjaan modern ini berada di Jalan MH Thamrin. Tempat wisata Jakarta Pusat ini bisa kamu kunjungi kapan saja, baik di hari kerja, akhir pekan, ataupun hari libur nasional.

dufan - dunia fantasi - ancolcom - tempat wisata di Jakarta Utara.jpg
Dunia Fantasi. (Sumber: ancol.com)

2. Dunia Fantasi

Dunia Fantasi alias Dufan, adalah destinasi wisata yang sangat family friendly. Dufan menjadi tujuan wisata idaman bagi banyak keluarga di penjuru Indonesia. Konsepnya outdoor park, dengan maskot Bekantan.

Rasa-rasanya tidak ada yang tidak mengenal Dufan. Lebih banyak yang mengetahuinya daripada yang tidak tahu.

Lokasi salah satu tempat wisata Jakarta Utara ini pun strategis. Karena berada di kawasan Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta Utara. Dufan adalah destinasi wajib dikunjungi bila kalian berada di Jakarta.

Harga Tiket Masuk Dunia Fantasi

Tiket Reguler:
Double Fun
Weekday : Rp 240,000
Weekend : Rp 340,000

Regular
Weekday : Rp 200,000
Weekend : Rp 295,000

Fastrack
Weekday : Rp 200,000
Weekend : Rp 200,000

Premium
Weekday : Rp 450,000
Weekend : Rp 550,000

Tiket Annual Pass
Weekday : Rp 299,000
Weekend : Rp 299,000

Taman Mini Indonesia Indah - tamanminicom
Taman Mini Indonesia Indah. (Sumber: tamanmini.com)

3. Taman Mini Indonesia Indah (TMII)

Apa kamu ingin berkeliling Indonesia namun tidak punya waktu dan dana yang cukup? Jalan saja ke Taman Mini Indonesia Indah (TMII).

Ada pulau berbentuk peta Indonesia yang bisa kamu nikmati sambil menaiki wahana kereta gantung.

TMII adalah kawasan wisata budaya. Anjungan dari seluruh provinsi plus adat dan budayanya juga ada. Ada wahana legendaris Keong Mas, Museum Transportasi, Koleksi ikan Air Tawar.

Sangat lengkap. TMII sangat direkomendasikan buat mengisi liburan keluarga.

Lokasinya di Jakarta Timur. Sangat mudah dijangkau. Karena dekat dari Terminal Kampung Rambutan dan Tol Jagorawi.

museum nasional indonesia - @museum_nasional_indonesia.jpg
Museum Nasional Indonesia. (Foto: IG @museum_nasional_indonesia)

4. Museum Nasional

Museum Nasional Republik Indonesia atau Museum Gajah, berisikan sejarah arkeologi, sejarah, etnografi, dan geografi. Museum ini merupakan museum pertama dan terbesar di Asia Tenggara.

Lokasi Museum Nasional terletak di Jakarta Pusat. Lebih tepatnya di Jalan Merdeka Barat 12.

Kamu bisa pantau informasi terkini Museum Nasional di akun instagram @museum_nasional_indonesia.

Monumen Nasional (Foto: Google Map/Iqbal Fanani)
Monumen Nasional (Foto: Google Map/Iqbal Fanani)

5. Monumen Nasional (Monas)

Tidak lengkap rasanya kalau ke Jakarta tapi tidak mengunjungi ikonnya, yaitu Monumen Nasional (Monas). Monas berbentuk tugu dengan emas di puncaknya. Karenanya, Monas sering disebut juga dengan Tugu Monas.

Monas adalah monumen peringatan setinggi 132 meter (433 kaki). Ia didirikan untuk mengenang perlawanan dan perjuangan rakyat Indonesia untuk merebut kemerdekaan dari pemerintahan kolonial Hindia Belanda.

Baca juga:
* Yello Hotel Harmoni yang Trendy, Dekat dengan Monas dan Stasiun Gambir

Di bagian bawah Monumen Nasional juga terdapat diorama perjuangan kemerdekaan Indonesia.

Pembangunan Monas dimulai pada tanggal 17 Agustus 1961. Namun, baru dibuka untuk umum pada tanggal 12 Juli 1975.

Monumen Nasional terletak tepat di tengah Lapangan Medan Merdeka, Jakarta Pusat.

Kota Tua - tempat wisata di jakarta - yopie pangkey - ramahtraveler.jpg
Kota Tua – salah satu tempat wisata di Jakarta.

6. Kota Tua

Kalau ingin melihat kehebatan Batavia di masa lampau, datanglah ke Kota Tua Jakarta. Sebuah wilayah seluas kurang lebih 1,3 kilometer persegi yang juga dikenal dengan sebutan Batavia Lama (Oud Batavia).

Para pelayar Eropa pada abad ke-16 menjulukinya dengan nama “Permata Asia” dan “Ratu dari Timur”.

Salah satu ciri khas Kota Tua adalah bekas Kantor Gubernur Jenderal VOC. Belakangan, kaum milenial kerap menyerbu Kota Tua. Maklum, destinasi ini sangat instagramable.

Lokasinya hanya beberapa ratus meter dari Stasiun Jakarta Kota. Bisa ditempuh dengan jalan kaki, atau naik moda tranportasi legendaris bajaj.

Di Kota Tua kamu bisa masuk atau foto-foto di Lapangan Fatahillah, Museum Sejarah Jakarta, Museum Wayang, Toko Merah, Gedung Dasaad Musin, Cafe Batavia, Cafe Historia, Bangi Kopi Kota Tua, dan lainnya.

Museum Bank Indonesia - @afriliaan - wisata jakarta
Museum Bank Indonesia. (Foto: IG @afriliaan)

7. Museum Bank Indonesia

Masih di kawasan Kota Tua, Museum Bank Indonesia menyajikan informasi peran Bank Indonesia dalam perjalanan sejarah bangsa. Dimulai dari sebelum kedatangan bangsa barat di Nusantara sampai terbentuknya Bank Indonesia di tahun 1953.

Gedungnya pertama kali dibangun pada tahun 1828, menempati area bekas gedung Bank Indonesia Kota. Statusnya adalah cagar budaya peninggalan De Javasche Bank yang beraliran neo-klasikal, dipadu dengan pengaruh lokal.

Lokasi Museum Bank Indonesia terletak di Jalan Pintu Besar Utara No.3, Jakarta Barat. Atau, depan Stasiun Jakarta Kota, alias Stasiun Beos.

Museum Bahari - tempat wisata di jakarta - yopie pangkey - ramah traveler
Museum Bahari .

8. Museum Bahari

Satu paket dengan wisata Kota Tua, kamu bisa sekalian mendatangi Museum Bahari. Jaraknya hanya sekitar 2,2 kilometer dari Kota Tua dengan waktu tempuh sekitar 1o menit saja.

Dari Kota Tua dengan bajaj, ongkosnya sekitar Rp. 20.000.

Museum Bahari memiliki berbagai koleksi yang berhubungan tentang bahari dan nelayan bangsa Indonesia dari Sabang sampai Merauke.

Kamu bisa melihat berbagai jenis perahu tradisional dengan aneka bentuk, gaya dan ragam hias, hingga kapal zaman VOC. Selain itu ada pula berbagai miniatur kapal modern dan perlengkapan penunjang kegiatan pelayaran.

Jangan lewatkan melihat berbagai peralatan pelaut pada zaman dulu. Seperti teropong, alat navigasi, jangkar, model mercusuar dan meriam.

Lokasi Museum Bahari berada di seberang Pelabuhan Sunda Kelapa. Buka Selasa-Minggu, pukul 09.00 – 15.00 WIB. Hari libur sekolah, museum tetap dibuka.

Buka di: Google Map.

Central Park Mall (Sumber: Google Map/Suryadi Hertanto)
Central Park Mall (Sumber: Google Map/Suryadi Hertanto)

9. Central Park

Kalau ingin menikmati suasana perkotaan modern, bisa berkunjung ke Central Park yang berada di Tanjung Duren Selatan, Grogol Petamburan, Jakarta Barat.

Central Park dikenal sebagai kawasan atau kompleks serbaguna. Karena, memiliki pusat perbelanjaan, satu menara perkantoran, sebuah resort, sebuah hotel, 3 apartemen, 2 theme park.

Central Park membuat wajah Jakarta semakin modern saja. Apalagi, posisinya berada di antara Mall Taman Anggrek dan Mall Ciputra.

Jakarta Aquarium. (Foto: IG @jakartaaquarium)
Jakarta Aquarium. (Foto: IG @jakartaaquarium)
Jakarta Aquarium. (Foto: IG @jakartaaquarium)
Jakarta Aquarium. (Foto: IG @jakartaaquarium)

10. Jakarta Aquarium

Jakarta Aquarium adalah salah satu destinasi yang sedang digemari di Jakarta Barat adalah Jakarta Aquarium. Lokasinya berada di dalam Mall Neo Soho, Jalan Letjen S. Parman, Jakarta Barat.

Di Jakarta Aquarium, terdapat lebih dari 600 jenis satwa laut maupun darat. Bisa menjadi wisata edukasi bagi anak-anak, namun tetap bisa dinikmati oleh orang dewasa.

Di Jakarta Aquarium, kamu bisa foto-foto seru di dinding kaca aquarium atau berfoto seolah-olah sedang berada di dalam air.

kebun binatang ragunan - taman margasatwa ragunan -  pratiska riadati
Kebun Binatang Ragunan (Google Map/pratiska riadati)

11. Kebun Binatang Ragunan

Selain ke Dufan, kalau dengan keluarga kamu bisa juga ke Kebun Binatang Ragunan yang sangat family friendly. Lokasinya di Pasar

Minggu Jakarta Selatan, dan sangat mudah untuk dijangkau.

Taman Margasatwa Ragunan memiliki koleksi satwa yang termasuk lengkap. Ada gajah, jerapah, komodo, gorilla, dan masih banyak lainnya.

Kebun Binatang ini juga sangat asri sejuk karena dipenuhi banyak pepohonan. Kalian juga bisa memilih lokasi untuk bersantai di taman-taman yang ada.

Pulau Tidung di Kepulauan Seribu. (Sumber: Googlemap/rahmad setiadi)

12. Kepulauan Seribu

Mau wisata yang sedikit berpetualang? Kamu bisa wisata bahari di Kepulauan Seribu di Jakarta Utara.

Meskipun namanya ‘seribu’, jumlahnya tidaklah segitu, Total hanya 342 pulau di gugusan Kepulauan Seribu. Sebagian besar pulau di Kepulauan Seribu tidak berpenghuni. Memiliki potensi luar biasa untuk pariwisata.

Untuk menyeberang bisa dari dermaga wisata Marina Ancol, Pelabuhan Muara Baru Muara Angke, dan Tanjung Pasir Tangerang.

Pulau-pulau yang bisa kamu kunjungi antara lain; Pulau Kahyangan, Pulau Kelapa, Pulau Pabelokan, Pulau Onrust, Pulau Bidadari, Pulau Ayer, Pulau Puteri, Pulau Papa Theo, Pulau Laki, Pulau Sepa, Pulau Peniki, Pulau Pantara, Pulau Semak Daun, dan lainnya.

Ayo Nikmati Wisata Jakarta

Demikianlah beberapa tempat wisata di Jakarta yang bisa kamu datangi saat cuti kerja, libur sekolah, libur/mudik lebaran, atau kapan saja kamu bisa.

Masih banyak tempat wisata di Jakarta yang tidak masuk kedalam daftar/list di artikel ini. Kamu bisa mencari dan eksplorasi sendiri sesuai keinginan dan selera.

Selamat menikmati wisata Jakarta yang ga ada abisnya.