Wisata Gua di Resort Akejawi TNAL Maluku Utara

By | April 5, 2021
Wisata Gua Resort Akejawi - Taman Nasional Aketajawe Lolobata - Maluku Utara
Asyiknya bisa wisata gua di Resort Akejawi di kawasan Taman Nasional Aketajawe Lolobata, Maluku Utara. (Foto: dok. TNAL)

Wisata Gua Resort Akejawi – Banyak sekali keindahan yang dimiliki oleh Pulau Halmahera Maluku Utara, khususnya yang ada di dalam kawasan Taman Nasional Aketajawe Lolobata (TNAL). Sudah menjadi destinasi para peneliti dan wisatawan yang suka dengan alam. Melihat, menikmati, dan meneliti keanekaragaman hayati di dalamnya.

Taman Nasional Aketajawe Lolobata (TNAL) juga terkenal akan bentang alam karst yang menawan. Menyimpan potensi wisata petualangan yang menyajikan keindahan dan pengalaman seru wisata gua.

Potensi geodeversity berupa bentang alam karst ini berada di kawasan resort Akejawi Taman Nasional Aketajawe Lolobata.

Baca juga:
* Pesona Pulau Tawale di Maluku Utara

Lokasi Wisata Gua Resort Akejawi

Lokasi Resort Akejawi - Taman Nasional Aketajawe Lolobata - Maluku Utara - 5
(Foto: dok. TNAL)

Resort Akejawi masuk dalam kawasan Taman Nasional Aketajawe Lolobata. Secara administratif, resort ini berada di wilayah Desa Akejawi, Kecamatan Wasilei Selatan, Kabupaten Halmahera Timur, Provinsi Maluku Utara.

Sedangkan Taman Nasional Aketajawe Lolobata (TNAL) berada di wilayah 3 (tiga) kabupaten. Yaitu Kota Tidore Kepulauan, Kabupaten Halmahera Timur, dan Halmahera Tengah.

TNAL memiliki luas sekitar 167.319,32 hektar. Selain dikenal sebagai surga burung yang dimiliki Indonesia, sepertinya akan dikenal luas sebagai destinasi wisata susur gua yang indah dan keren.

Rute

Kabar baik bagi kamu yang berminat untuk wisata susur gua di Resort Akejawi Taman Nasional Aketajawe Lolobata. Karena akses dan cara menuju lokasi termasuk mudah.

Sofifi Tidore Kepulauan menuju Resort Akejawi jaraknya sekitar 65 kilometer. Bisa ditempuh dalam waktu 1,5 jam (90 menit).

Untuk mudahnya, bisa gunakan Peta Google. Lalu ikuti saja rute yang disarankan menuju TNAL.

Peta Resort Akejawi TNAL

Biaya dan Kontak Wisata Gua Resort Akejawi

Tidak perlu pusing dengan biaya atau pengeluaran wisata susur gua. Karena tidak ada barang-barang yang akan kita belanjakan selama di hutan. Kalaupun ada pengeluaran, biasanya terkait izin dan sewa alat.

Tinggal hubungi kontak Taman Nasional Aketajawe Lolobata. Bisa tanyakan dan konsultasi mengenai peralatan atau perlengkapan khusus caving. Dan jangan lupa tanyakan guide caving profesional yang akan memandu kita menyusuri gua di kawasan karst Resort Akejawi.

Kontak:
Opan Jacky
Telepon: 0813-5644-4202

Potensi Wisata Susur Gua di Resort Akejawi

Foto Gambar Wisata Gua Resort Akejawi - Taman Nasional Aketajawe Lolobata - Maluku Utara - 1
(Foto: dok. TNAL)

Kamu yang suka melakukan perjalanan masuk hutan, bisa melirik keindahan di dalam rimbunnya hutan belantara TNAL. Apalagi destinasi ini termasuk yang sangat jarang dikunjungi. Selain trekking, kita bisa melakukan susur gua atau caving di sini.

Menikmati keunikan dan keindahan yang ada di dalam cerukan atau rongga di dalam bumi. Menjelajahi ruangan bawah tanah yang terbentuk secara alami. Menyusuri lorong-lorong gelap bawah tanah. Serta mengamati rongga-rongga berbagai ukuran.

Potensi wisata gua di Akejawi ini tinggi sekali. Sebaran karst-nya luas. Bahkan digadang-gadang menjadi area dengan sebaran karst terbesar serta sebaran gua terbanyak di Maluku Utara.

Sudah ada 51 gua yang ditemukan dan beberapa di antaranya sudah dipetakan dan diidentifikasi. Bisa menjadi surganya penikmat wisata gua nusantara.

Ramahtraveler.com mendapat informasi bahwa Balai Taman Nasional Aketajawe Lolobata terus berupaya memetakan dan identifikasi sebaran gua yang berada di kawasan karst di resort Akejawi Taman Nasional Aketajawe Lolobata.

Wisata Gua Resort Akejawi - Taman Nasional Aketajawe Lolobata - Maluku Utara - 4
(Foto: dok. TNAL)

Kepala Balai Taman Nasional Aketajawe Lolobata, T. Heri Wibowo pun berharap kawasan ini bisa dikembangkan menjadi destinasi wisata andalan Maluku Utara. Khususnya wisata alam minat khusus berupa wisata susur gua (caving).

Dipaparkan oleh Ketua Ikatan Ahli Geologi Indonesia (IAGI) Maluku Utara, Dedy Arief, area ini memiliki potensi wisata yang luar biasa. Berdasarkan hasil observasi dan inventarisasi yang sudah dilakukan.

Kawasan karst Resort Akejawi Taman Nasional Aketajawe Lolobata memiliki ragam morvologi endokarst. Yaitu stalakmit, stalaktit, pilar, tirai, jendela karst, flowstone, chamber, terowongan, sungai bawah tanah, serta jembatan alam.

Juga ada eksokarst berupa polje, menara karst dan uvala.

Oya, air tanah dari karst ini juga menjadi sumber air bersih bagi warga Desa Akejawi dan sekitarnya.

Baca juga:
* Danau Tolire di Ternate, Ada Cerita dan Lempar Batu yang Unik

Kesimpulan

Kesemuanya hal tersebut di atas menjadi daya tarik luar biasa yang dimiliki oleh Resort Akejawi Taman Nasional Aketajawe Lolobata. Bisa menjadi daya tarik wisata alam minat khusus. Juga menjadi bagian dari Geopark Nasional.

Untuk menikmati hal tersebut, tentu saja kamu harus masuk ke dalam rongga-rongga di dalam bumi. Menyusuri lorong, ruang, gua bawah tanah.

Tertarik untuk wisata gua di Resort Akejawi di Taman Nasional Aketajawe Lolobata, Maluku Utara? Melihat keindahan stalaktit, stalakmit di gua bawah tanah. Juga terowongan, jendela karst, sungai bawah tanah.