Liburan Asyik, Jelajahi 10 Tempat Wisata di Kuningan

Wisata Kuningan – Berada di wilayah Priangan timur, Kabupaten Kuningan Jawa Barat memiliki kekayaan seni budaya Sunda yang khas, ragam kuliner, dan tempat wisata yang bagus.

Wisata Kuningan keren-keren. Ada air terjun, bebukitan, taman nasional. Bentangan alamnya indah dan berudara sejuk. wisatawan jadi betah dan bahagia.

Daftar Isi:

Kabupaten Kuningan memiliki dataran rendah, dataran tinggi, perbukitan, lereng, lembah dan pegunungan. Sehingga menghasilkan bentang alam yang cukup indah dengan udara yang sejuk. Sangat potensial bagi pengembangan pariwisata Kuningan.

Asal muasal nama Kuningan, bisa baca wikipedia: Sejarah Nama Kuningan

Secara administratif Kuningan bertetangga langsung dengan; Kabupaten Cirebon, Kabupaten Brebes Jawa Tengah, Kabupaten Ciamis, Kabupaten Cilacap Jawa Tengah, dan Kabupaten Majalengka.

Untuk kamu ketahui, budaya Kuningan sudah dimulai dari masa pra sejarah, masa Hindu, masa Islam, dan masa Kemerdekaan RI.

Pasca kemerdekaan Indonesia, Kuningan menjadi tuan rumah Perundingan Linggarjati di bulan November 1946. Karena saat itu tidak memungkinkan dilakukan perundingan di Jakarta maupun di Yogyakarta. Sebagai jalan tengah, perjanjian diadakan di Linggarjati, Kuningan.

Daftar Tempat Wisata di Kuningan

Selama ini kita mungkin mengenal Kuningan dari Perundingan Linggarjati dan Gunung Ciremai. Padahal ada juga destinasi wisata lainnya di Kuningan yang tak kalah indahnya

Ingin jelas destinasi wisata keren di Kuningan. Simak uraian 10 detinasi wisata unggulannya.

1. Paralayang Paragliding Warujimun Citangtu

Lokasi Paralayang Warujimun Citangtu - @jhafar_jheff
Lokasi Paralayang Warujimun Citangtu. (Foto: IG @jhafar_jheff)

Kalau kamu penggemar olahraga paralayang dan paramotor (paragliding), pasti sudah pernah mendengar nama Warujimun di Citangtu, Kuningan.

Karena lokasi ini termasuk menjadi spot take off paralayang/paramotor yang ideal, berada di ketinggian 570 meter dpl. Sudah tentu memiliki kecepatan angin ideal pula yang dibutuhkan oleh para penerbang paralayang dan paramotor.

Meskipun kita bukan penerbang paralayang, kita tetap bisa menikmati keindahan alam di Warujimun Citangtu. Sekadar duduk-duduk atau foto-foto ditempat ini juga megasyikkan.

Iya, dari atas bukit ini kamu bisa melihat pemandangan ciamik. Indah dan memukau.

Wajar bila banyak pengunjung datang ke sini untuk ber-selfie ria. Terdapat jembatan bambu, khusus dibuat untuk wistawan yang gemar berpose dengan background bukit.

2. Taman Cisantana

Taman Cisantana - tempat wisata di kuningan - @rustini712
Taman Cisantana – tempat wisata di Kuningan terbaru yang kekinian. (Foto: IG @rustini712)

Taman Cisantana baru dibuka di awal bulan Januari 2017. Dari saat awal buka sampai saat ini, salah satu tempat wisata di Kuningan ini selalu ramai dikunjungi.

Yang disuguhkan oleh destinasi wisata ini adalah suguhan pemandangan yang sangat menawan dengan udara yang segar. Pas banget bagi kamu yang suka fotografi atau suka difoto.

Batu besar yang ada di Taman Cisantana menjadi salah satu yang kerap jadi background foto para pengunjung. Spot foto keren lainnya adalah area tanaman kaktus.

Lantaran hal ini, Taman Cisantana semakin dikenal banyak orang. Cocok untuk membawa rombongan yang mau gembira bersama dan berfoto ria.

Lokasi Taman Cisantana berada di Desa Cisantana, Kecamatan Cigugur, Kuningan.

3. Curug Sidomba

Curug Sidomba - ist
Curug Sidomba. (Foto: ist)

Jalan-jalan ke air terjun akan memberikan kita perasaan tenang, tentram, dan segar. Selain itu tentu saja karena alasan suguhan pemandangan yang indah dan asri.

Curug Sidomba pun menyuguhkan hal yang sama. Keindahan dan suasananya yang sangat sejuk, karena memang berada di kaki Gunung Ciremai.

Curug Sidomba tidak setinggi air terjun lain, hanya memiliki ketinggian sekitar 3 meter. Namun tetap terlihat memesona karena bentuknya yang imut dan terlihat indah berada di tengah hutan yang sejuk dan asri.

Sejarah dinamakan Curug Sidomba, menurut cerita di kalangan masyarakat sekitar adalah karena dulunya tempat ini sering digunakan untuk memandikan domba.

Selain keindahan curugnya, destinasi wisata Curug Sidomba memiliki beberapa wahana serta fasilitas yang cukup beragam. Pengelolanya menyiapkan kolam renang, karaoke box, ATV, children outbond, playground, kendaraan safari, dan camping ground.

Harga tiket masuk Curug Sidomba

Anak-anak Rp. 3.500
Dewasa Rp. 5000.

Untuk tarif parkir:
Motor Rp. 1.000
Mobil Rp. 1.500.

Lokasinya berada di kaki gunung Ciremai, Desa Peusing, Kecamatan Jalaksana, Kuningan.

4. Lembah Cilengkrang

Lembah Cilengkrang - @rikisusanto95
Lembah Cilengkrang. (Foto: IG @rikisusanto95)

Pohon-pohon besar siap sambut kamu ketika tiba di desatinasi wisata Lembah Cilengkrang. Hawa sejuk pengunungan bikin badan segar. Oksigen berlimpah.

Di Kawasan ini terdapat juga air terjun, Curug Sabuk. Tempat keren untuk pose dengan pemandangan air terjun dan batu alam yang memukau.

Tak hanya itu, di tempat ini Anda bisa berendam di kolam pemandian air hangat yang asoy untuk melepas penat. Lainnya, kamubisa jelajah lembah ini untuk mendapatkan foto yang keren.

Lantaran keindahannya, wajar bila banyak orang berkunjung ke tempat ini.

Untuk menuju ke sana, Anda cukup cari informasi menuju Desa Pejambon, Kecamatan Kramatmulya, Kabupaten Kuningan.

5. Palutungan

Palutungan di kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai - Yopie Pangkey - ramahtraveler
Palutungan di kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai. (Foto: ramahtraveler/Yopie Pangkey)

Asiknya wisata di Kuningan adalah, kita bisa merasakan keindahan dan sekaligus kesejukan. Apalagi kalau tempat wisata yang kita kunjungi memiliki deretan pohon pinus yang menjulang tinggi dan menawan. Tentu saja kita akan merasa betah berlama-lama di sana.

Di obyek wisata Palutungan kita juga bisa merasakan atmosfir ketenangan yang tidak kita dapatkan di kota besar.

Lokasi yang hanya berjarak sekitar 11 kilometer dari Kuningan kota atau waktu tempuh sekitar 30 menit. Wajar saja, kalau tempat ini selalu ramai dikunjungi saat liburan.

Palutungan merupakan wisata alam yang berada di kaki Gunung Ciremai, tepatnya berada pada ketinggian 1.100 meter dpl. Di kawasan ini terdapat bumi perkemahan, yang juga menjadi titik awal para pendaki yang ingin melakukan pendakian menuju puncak Ciremai.

Selain menikmati pemdangan pohon pinus, juga terdapat curug yang asyik buat background foto.

Dinamakan Palutungan, karena banyak sekali lutung, sejenis kera yang dahulu banyak di tempat ini.

Objek wisata Palutungan terletak di Desa Palutungan, Kecamatan Cigugur, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat.

6. Telaga Biru Situ Cicerem

Telaga Biru - Situ Cicerem - tempat wisata di kuningan - @thprilandika
Telaga Biru – Situ Cicerem. (Foto: IG @thprilandika)

Telaga Biru atau Situ Cicerem memiliki air yang jernih dan memiliki pancaran warna biru. Danau di kaki gunung Ciremai ini terlihat menawan lantaran dikelilingi banyak tumbuhan. Sejuk.

Mulai dikenal oleh umum sejak tahun 2006, Telaga Biru selalu ramai dikunjungi banyak orang karena keindahnnya.

Danau yang berada di Desa Kaduela, Pasawahan, Kuningan ini kerap dipakai pengunjung untuk berenang. Menariknya di tempat ini banyak terdapat ikan emas yang berenang bebas. Air bening dan ikan yang terlihat jelas membuat tempat ini menjadi ciamik ketika difoto.

Telaga Biru - Situ Cicerem - tempat wisata di kuningan - @tafakuralam
(Foto: IG @tafakuralam)

Ada cerita/kisah mengenai Telaga Biru ini. Dulunya telaga ini adalah salah satu patilasan para wali untuk mengambil air wudhu.

Menurut cerita yang berkembang di masyarakat sekitar, munculnya air dari dalam tanah adalah pada saat wali tersebut mengetukkan tongkatnya.

Kemudian munculah air yang sampai saat ini tidak pernah kering walaupun di musim kemarau.

Ada satu keunikan dari Telaga Biru, yaitu adanya kayu catang yang berada di dalam telaga. Meskipun kayu tersebut sudah berusia ratusan tahun dan terendam di dalam Talaga Biru, namun pohon tersebut masih tampak kokoh sampai saat ini.

Kamu juga bisa melihat 1 meja dan 4 kursi yang terbuat dari batu. Masyarakat sekitar meyakini kalau batu tersebut dulunya adalah tempat berkumpulnya para wali.

Sedangkan nama telaga biru, karena airnya yang jernih dan terlihat bewarna biru. Bagian terdalam telaga, diperkirakan mencapai 22 meter.

Harga tiket masuk Telaga Biru

Harga tiket masuk: Rp. 5000,-

7. Taman Nasional Gunung Ciremai

Senang dengan hawa sejuk alami? Datang saja ke Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC) yang berada di Kuningan. Ya, TNGC adalah hutan wisata yang dengan kontur tananh bergelombang.

Beragam pohon ada di sini. Siap memberikan oksigen bersih buat pengunjung.

Di tempat ini terdapat 119 koleksi tumbuhan. Rinciannya terdiri dari 40 koleksi anggrek dan 79 koleksi non-anggrek. Di dalamnya termasuk koleksi tanaman hias seperti Kantong semar (Nepenthaceae) dan Dadap Jingga (Erythrina SP).

Lokasi TNGC berada dalam wilayah administratif Kabupeten Kuningan dan Majalengka.

Luas Taman Nasional Gunung Ciremai mencapai 15.500 hektar

8. Waduk Darma

Waduk Darma - indonesiakayacom
Waduk Darma. (Foto: indonesiakaya.com)

Waduk Darma fungsi utamanya adalah sebagai penampungan air untuk pengairan dan perikanan. Selain itu juga dapat dijadikan sarana rekreasi dan olahraga.

View Waduknya sungguh memesona. Sehingga banyak warga dan wisatawan yang berkunjung untuk sekadar santai di sini.

Tempat sejuk dan sekelilingnya ditempati beragam pohon, membuat tempat ini terlihat ciamik. Pas buat Anda yang ingin mengisi liburan.

Waduk dengan luas 45 hektar ini berada di Desa Darma, Kabupaten Kuningan.

Harga tiket masuk Waduk Darma

Tiket masuk
Weekdays: Rp. 7.000
Weekend: Rp. 8.000

9. Sukageuri View

Sukageuri View - destinasi wisata kuningan
Sukageuri View – salah satu destinasi wisata Kuningan dengan vire indah. (Foto: ist)

Memandang alam dari ketinggian bisa menjadi sesuatu yang menyenangkan. Apalagi bagi kita yang terbiasa tinggal di dataran rendah dan kota besar.

Hal inilah yang ditawarkan oleh Sukageuri View, salah satu tempat wisata di Kuningan yang asyik buat dikunjungi.

Awalnya tempat ini adalah sebuah area galian tambang batu. Kemudian, karena semakin banyaknya wisata bukit di berbagai daerah di Indonesua,akhirnya masyarakat sekitar juga ikut mengubahnya menjadi spot wisata yang kekinian.

Di Sukageuri View, kamu bisa memuaskan hobi fotografimu. Apalagi kalau kamu tiba disini sebelum matahari terbit. Merekam momen sunrise tentu menjadi kegiatan yang menarik di sini.

Bagi yang suka difoto atau swafoto, Sukageuri View adalah spot ideal yang perlu dikunjungi. Ajak kawan dan keluargamu kemari.

Duduk santai, sambal ngeteh atau ngopi juga mengasyikkan di tempat ini.

Penasaran dan ingin kemari? Sukageuri View berada di Palutungan, Cisantana, Cigugur, Kabupaten Kuningan.

Fasilitas yang ada: musholla, toilet, kantin, homestay, area parkir, dan banyak spot foto.

Harga Tiket Masuk Sukageuri View

Tiket masuk: Rp.5000.

Tiket parkir: Rp.2000
Tiket camping: Rp.225.000/ tenda

Untuk camping:
Kamu harus reservasi terlebih dahulu 1 minggu sebelumnya.
1 tenda untuk 4 orang.
Sudah termasuk fasilitas & caterring makan sehari 2 kali.

10. Situ Walukut

Situ Walukut - tempat wisata di kuningan - @novian_altelucav
Situ Walukut – tempat wisata di kuningan. (Foto: @novian_altelucav)

Situ Wulukut adalah danau buatan yang dibangun pada tahun 2005. Dibuat untuk menyimpan ketersediaan air di Kabupaten Kuningan.

Lokasi Situ Walukut bisa dibilang terpencil. Walaupun berada tidak terlalu jauh dari pusat Kuningan kota, hanya berjarak sekitar 2 kilometer.

Lokasinya berada di dalam hutan, memberikan daya tarik utama berupa nuasa asri persawahan yang indah, hutan pinus, perbukitan, dan situ yang tenang.

Banyak yang ingin datang ke Situ Walukut karena ingin memiliki foto bagus. Foto disini akan terasa sama seperti berfoto di Ranu Kumbolo Semeru.

Karena kemiripannya itulah Situ Wulukut begitu cepat dikenal oleh para warga dan wisatawan.

Harga Tiket Masuk Situ Walukut: Rp. 5.000

Baca juga:
* Wisata Cirebon, Ayo Jelajahi 10 Destinasi Ini
* Wisata INDRAMAYU Ternyata KEREN, Ini Buktinya!

Wisata Kuningan yang Adem

Bagaimana menurutmu beberapa tempat wisata Kuningan ini? Kamu sudah pernah ke Kuningan?

Bagi yang belum pernah habiskan waktu liburan di Kuningan, daftar destinasi ini bisa kamu masukkan kedalam list kunjunganmu.

Coba rasakan asiknya trekking ke beberapa air terjun di Kuningan. Rasakan segar dan sejuknya udara di Taman Nasional Gunung Ciremai. Lalu mandi di aliran airnya yang sejuk.

Atau kunjungi Situ Walukut, Situ Cicerem, dan Waduk Darma. Kamu bisa foto-foto di tepian danau dan waduknya dengan latar belakang pemandangan indah.

Melihat Kuningan dari ketinggian di Sukageuri View dan Warujimun juga mengasikkan.

Jarak Jakarta Kuningan sekitar 250 kilometer, bisa ditempuh dalam waktu sekitar 4,5 jam. Aksesnya mudah lewat Tol Jakarta – Cikampek.

Selamat berlibur dan menikmati wisata Kuningan.

Mari berbagi