Bingung Kemana di Lamongan? Cek 12 Tempat Wisata Ini

Wisata Lamongan – Liburan di Lamongan mau kemana? Tempat wisata di Lamongan mana yang bisa dikunjungi? Bukan hanya kuliner Lamongan saja yang bisa kamu coba, ada beberapa destinasi wisata yang bisa kamu datangi saat liburan disini.

Potensi wisata Lamongan terdiri dari wisata alam, wisata sejarah, wisata religi, dan wisata buatan (man-made). Posisi Lamongan sebagai kawasan metropolitan Surabaya, yaitu Gerbangkertosusila. Tentu hal ini ini ada dampak positifnya juga bagi kunjungan wisatan.

Kabupaten Lamongan beribukota di Lamongan. Berbatasan dengan Laut Jawa, Kabupaten Jombang, Kabupaten Gresik, Kabupaten Mojokerto, Kabupaten Bojonegoro, dan Kabupaten Tuban. Pusat pemerintahan Kabupaten Lamongan berjarak 50 kilometer sebelah barat Kota Surabaya, ibu kota Provinsi Jawa Timur.

Baca juga:
* Kunjungi 10 Tempat Wisata di Kediri Ini Agar Liburanmu Asyik

Daftar Isi:

Daftar Tempat Wisata di Lamongan

Kalau lewat atau liburan di Lamongan, jangan hanya menikmati kulinernya saja yang memanjakan lidah. Kamu bisa lengkapi pengalaman traveling dengan mengunjungi destinasi-destinasi wisata ini.

Bagi yang belum tahu ada apa saja, berikut ini tempat wisata di Lamongan yang bisa menjadi pilihan.

1. Wisata Bahari Lamongan

Wisata Bahari Lamongan - tempat wisata di lamongan - wisatabaharilamongan.com
Wisata Bahari Lamongan. (Foto: wisatabaharilamongan.com)

Kalau ditanya tempat wisata terkenal di Lamongan, jawabannya sudah tentu Wisata Bahari Lamongan. Destinasi yang biasa disebut WBL ini merupakan ikon utama Kota Lamongan.

Kalau kamu berwisata bareng keluarga atau bersama kawan-kawan dekat, Wisata Bahari Lamongan bisa jadi pilihan pertamamu. Karena destinasi ini termasuk lengkap. Dengan berkunjung ke satu tempat, kamu sudah bisa mengunjungi pantai, kebun binatang, wahana bermain, kuliner, serta berbagai wahana lain yang sangat menghibur.

Perlu waktu setengah hari, bahkan sehari, untuk bisa mencoba semua wahana yang ada. Tersedia kolam renang, Playground remaja, permainan air, panggung gembira, aqua shuttle boat, gokart, flying fox, 3D movie, Maharani Zoo, speed flip, kano, sepeda air, king donat boat, drop zone, istana boneka, crazy car, dan masih banyak lagi.

Sebagian wahana tersebut berbayar dan sebagian gratis. Tinggal pilih sesuai keinginan saja.

Yang menjadi unggulannya yaitu; space shuttle, paus dangdut, istana bawah laut, gua insectarium, anjungan wali songo, Texas City, rumah kaca, tembak ikan, dan istana bajak laut.

Selaian wahana yang sangat mengihibur diatas, pengelola WBL juga menyiapkan berbagai fasilitas pendukung yang juga memanjakan pengunjung. Seperti pasar hidangan, pasar wisata, pasar buah, dan pasar ikan. Juga tersedia fasilitas umum lain seperti musholla, ATM, klinik, toilet, dan area parkir yang luas.

Beberapa wahana unggulan tempat wisata ini antara lain Istana Bawah Laut, Gua Insectarium, Space Shuttle, Anjungan Wali Songo, Texas City, Paus Dangdut, Tembak Ikan, Rumah Kaca, serta Istana Bajak Laut.

Tertarik? Wisata Bahari Lamongan (WBL) berada Jalan Raya Paciran (Ex Tanjung Kodok), Kecamatan Paciran, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur.

Harga Tiket Masuk Wisata Bahari Lamongan

Berikut ini harga tiket masuknya;

WISATA BAHARI LAMONGAN
Weekday : Rp.70.000
Weekend : Rp 100.000

Maharani Zoo & Goa
Weekday : Rp.49.000
Weekend : Rp 70.000

WBL + Maharani Zoo & Goa
Weekday : Rp.91.000
Weekend : Rp 130.000

Museum Islam Indonesia
Weekday : Rp.15.000
Weekend : Rp 20.000

Reservasi

Silakan hubungi Team Marketing WBL di nomor:

Telpon: 087776360111
Whatsapp: 0087776360111

Website: wisatabaharilamongan.com

2. Maharani Zoo & Goa

Maharani Zoo & Goa - tempat wisata di lamongan - maharanizoo.com
Maharani Zoo & Goa. (Foto: maharanizoo.com)

Masih di satu kawasan dengan Wisata Bahari Lamongan, kamu bisa mengunjungi Maharani Zoo & Goa.

Destinasi di Jalan Daendels, Paciran, sangat populer di Lamongan. Karena sudah ada sejak tahun 1994. Dahulu, namanya Goa Istana Maharani. Andalannya adalah keindahan stalaktit dan stalagmit.

Namun, sejak 2008 nama destinasi berganti menjadi Maharani Zoo. Yang disajikan pun lebih beragam. Ada wahana konservasi dan edukasi serta budaya yang terangkum dalam nuansa etnik Afrika.

Fasilitas yang ditawarkan meliputi taman satwa atau kebun binatang. Koleksinya seperti jerapah, beruang madu, orang utan, wallaby, singa putih, harimau putih, dan masih banyak lagi.

Kamu bisa merasakan sensasi duduk di atas punggung gajah Sumatera, melihat pertunjukan burung, memberi makan satwa, playground di Mayan village, mewarnai topeng, di rumah 1000 wajah.

Dan tentu saja menjelajahi Goa Maharani sepanjang sekitar 350 meter dengan ornament stalaktit stalakmit yang masih aktif dengan pertumbuhan sekitar 1 centimeter per 10 tahun.

Harga Tiket Masuk Maharani Zoo & Goa bisa dilihat di WBL di atas.

Website: www.maharanizoo.com

3. Tlogo Sadang

Tlogo Sadang - @bendottetapsemangat
Tlogo Sadang. (Foto: IG @bendottetapsemangat)

Kekuatan media sosial ini memang tidak bisa dipungkiri ya. Banyak tempat wisat baru muncul belakangan ini karena foto-foto di instagram. Termasuk salah satunya adalah Tlogosadang.

Telaga Sadang ini aslinya bukanlah merupakan tempat wisata, namun tadinya sebuah tambang batu kapur. Karena lokasinya fotogenik, bagus difoto, akhirnya membuat banyak orang datang untuk berfoto-foto.

Bentukan bebatuan bekas galian tambang batu kapur dan genangan mata air yang berwarna hijau memang hasilnya begitu indah saat difoto.

Kalau tertarik, baiknya datang di pagi hari saat sinar matahari belum begitu terik.

4. Wisata Edukasi Gondang Outbond

Wisata Edukasi Gondang Outbond - wisata lamongan - @titoadichandra
Wisata Edukasi Gondang Outbond. (Foto: IG @titoadichandra)

Mengajak anak-anak liburan ke Lamongan? Coba Wisata Edukasi Gondang Outbond (WEGO), sebuah tempat wisata alam yang memadukan konsep wisata/rekreasi dan konsep pendidikan (Edu-toursm).

Jadi anak-anak kita bisa berekreasi sambil belajar, sekaligus memberikan tantangan dan inspirasi.

Anak-anak bisa camping di area perkemahan, mengenali berbagai jenis tumbuhan tropis, mengenali alam lahan pegunungan, sawah, waduk, dan lainnya.

WeGO OUTBOND juga menyediakan berbagai permainan yang bisa disesuaikan. Tersedia sarana outbond dengan Hard-Game, antara lain; Fliyingfox, berjalan diatas jembatan atau tali antar pohon, dan lainnya.

Di Wisata Edukasi Gondang Outbond juga bisa belajar cara bertanam Hydroponik, penangkaran Burung/Unggas, budidaya kelinci, kambing, jamur, kelor-moringga.

Harga Tiket Masuk Wisata Edukasi Gondang Outbond

Harga Tiket Masuk: Rp. 25.000

Kano/ Sepeda air: Rp. 10.000
Flyingfox: Rp. 15.000
Playground: Rp. 10.000
ATV, TRAIL Motocross Adventure: Rp. 17.000 – 75.000

Website: http://wegolamongan.com/

5. Istana Gunung Mas 27 Mantup

Istana Gunung Mas 27 Mantup - ardhi wtxhell
Istana Gunung Mas 27 Mantup. (Foto: ardhi wtxhell)

Sebelumnya bekas tambang ini tandus, gersang, dan panas. Siapa yang menyangka bisa disulap menjadi salah satu lokasi wisata di Lamongan.

Itulah hebatnya pariwisata. Lokasi yang tadinya tandus dan gersang ini sekarang sudah berubah menjadi ramai. Apalagi setelah bekas tambang kapur itu dikenal sebagai destinasi wisata Gunung Mas.

Di Istana Gunung Mas terdapat rumah-rumah bernuansa Jawa dan Cina. Warna merah menjadi ciri khas setiap bangunan yang ada di kawasan ini.

Juga ada rumah panggung, kantin, kolam ikan, juga kandang hewan seperti ayam, kalkun, burung dara, dan kelinci.

Kalian yang ingin membuktikan keindahan tempat ini, datang saja ke selatan Lamongan. Tepatnya, di Desa Tugu, Kecamatan Mantup.

Buka setiap hari pukul 07.00 – 16.00 WIB, dan selalu ramai di akhir pekan.

Harga Tiket Masuk Istana Gunung Mas

Motor: Rp. 5.000
Mobil: Rp. 10.000

6. Pemandian Air Panas Brumbung

Pemandian Air Panas Brumbung - diary didik_cerdik
Pemandian Air Panas Brumbung. (Foto: diary didik_cerdik)

Wisata Lamongan semakin lengkap dengan hadirnya wisata alam pemandian Air Panas Brumbung. Atau, yang dikenal dengan sebutan Air Panas Brumbun.

Destinasi ini memang tidak begitu terkenal, namun kamu layak mencoba datang untuk merasakan suasana asri dan juga karena sejarahnya.

Menurut cerita, Sendang Brumbung ini sudah ada sejak zaman Walisongo. Konon pemandian Sunan Drajat sering datang kemari untuk berdiam diri.

Pemandian air panas Brumbung dipercaya memiliki khasiat menyembuhkan sejumlah penyakit, termasuk menyembuhkan penyakit kulit.

Pemandiannya tidak terlalu luas, hanya berukuran 5 × 10 meter. Dan ada pemisahan, 1 kolam untuk wisatawan laki-laki dan 1 kolam untuk perempuan.

Pemandian Air Panas Brumbung ini berada di Dusun Tepanas, Desa Kranji, Kecamatan Paciran.

Baca juga:
* Liburan? Ayo Nikmati 11 Wisata Alam di Banyuwangi

7. Waduk Gondang Lamongan

Waduk Gondang Lamongan - Mashofi Maulana
Waduk Gondang Lamongan. (Foto: Mashofi Maulana)

Ingin bersantai sejenak dengan suasana yang adem. Bisa datang ke Waduk Gondang yang memiliki luas sekitar 6,6 hektar. Kamu bisa duduk-duduk di bawah pepohonannya yang rindang. Menikmati pemandangan dan angin sepoi-sepoi.

Kamu bisa mengitari waduk dengan perahu motor, bermain sepeda air. Apalagi kalau perginya berdua pasangan. Asik juga menikmati alam disini.

Oya, meskipun airnya tenang dan segar, tidak disarankan untuk berenang disini. Kedalaman air di Waduk Gondang mencapai 29 meter.

Waduk Gondang dibangun dengan membendung Sungai Gondang. Masuk wilayah administraif Kecamatan Sugio meliputi Desa Gondang Lor, Desa Daliwangun, Desa Kalitengah, Desa Deketagung, dan sebagian kecil Desa Sidorejo.

8. Pantai Kutang

Pantai Kutang - @novia_ptrf26
Pantai Kutang. (Foto: IG @novia_ptrf26)

Ada beberapa tempat wisata alam di Lamongan yang menawan, salah satunya adalah Pantai Kutang. Iya, namannya terdengar unik dan lucu ya. Bisa buat kamu senyum-senyum sendiri saat menyebutnya.

Pantai Kutang lumayan populer di kalangan warga Lamongan. Ada beberapa daya tariknya yang membuat pengunjung berdatangan. Selain karena namanya yang menggelitik, Pantai Kutang menyajikan pantai berpasir putih.

Kita bisa berjalan di jembatan sepanjang sekitar 500 meter yang mengelilingi hutan mangrove. Juga ada ayunan yang disediakan untuk foto-foto.

Karena pasir putih dan hutan mangrove inilah Pantai Kutang menjadi populer. Ombaknya yang relatif tenang aman untuk anak-anak bermain di pantainya.

Pantai Kutang berlokasi di Kentong, Labuhan, Brondong, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur.

Harga tiket masuk Pantau Kutang: Rp. 2.000.

9. Pantai Klayar

Pantai Klayar Lamongan - flickr - Rizal Dby
Pantai Klayar Lamongan. (Foto: flickr/Rizal Dby)

Ternyata ada juga ya nama Pantai Klayar selain di Pacitan. Pantai Klayar Lamongan ini tidak seramai pantai lain di Lamongan. Namun bisa masuk kedalam list destinasimu.

Asyik juga jalan-jalan dan berburu foto di Pantai Klayar Lamongan. Pantainya memiliki pasir bewarna kecoklatan dan di beberapa bagian ditumbuhi bunga warna-warni.

Pantainya semakin menarik karena ada banyak batu karang yang mengelilingi pohon bakau. Bagus buat yang suka fotografi lanskap.

Lokasinya berada di Desa Klayarmas, Paciran, Lamongan.

10. Pantai Brondong

Pantai Brondong - dnusantara
Pantai Brondong. (Foto: dnusantara)

Pantai berpasir putih lainnya di Lamongan adalah Pantai Brondong.

Kamu bisa menikmati pemandangan yang sangat indah terutama saat sore ketika matahari akan terbenam. Jika kamu ingin mencari ikan segar, tempat ini pun menyediakan beberapa kios penjual hasil laut tangkapan nelayan.

Kamu yang ingin ke pantai ini, bisa datang ke pelabuhan Paciran di Desa Brondong, Kecamatan Brondong, Kabupaten Lamongan.

11. Makam Sunan Drajat

Makam Sunan Drajat - lamongantourism.com
Makam Sunan Drajat. (Foto: lamongantourism.com)

Selain wisata alam dan wisata buatannya, Lamongan juga menjadi destinasi wisata ziarah/religi. Ada makam Sunan Drajat di Lamongan, salah satu walisongo yang berjasa dalam menyiarkan agama Islam di Pulau Jawa.

Sudah terasa lebih nyaman berziarah ke Makam Sunan Drajat saat ini. Karena sudah dilakukan pemugaran di tahun 1992-1994.

Pada masa hidupnya Sunan Drajat dikenal sebagai sosok yang sangat ramah, sehingga masyarakat pun nyaman dibuatnya. Sehinga saat berdakwah pun, Sunan Drajat bisa diterima dengan baik oleh masyarakat.

Nama lain dari Sunan Drajat adalah Sunan Mahmud, Sunan Mayang Madu, Raden Qasim, Maulana Hasyim, Pangeran Syarifuddin, dan pangeran Kadrajat.

Adik kandung dari Sunan Bonang ini adalah putra dari pasangan Sunan Ampel dan Nyai Ageng manila. Nyai Ageng Manila lebih populer dengan nama Dewi Condrowati.

Di kawasan makam Sunan Drajat juga terdapat Museum Sunan. Kamu bisa mengetahui sejarah perkembangan Islam, khususnya di Lamongan.
Kamu bisa melihat-lihat beberapa koleksi peninggalan Sunan Drajat, seperti kitab dan barang-barang lainnya.

12. Monumen Van Der Wijck

Monumen Van Der Wijck - @imlubis
Monumen Van Der Wijck. (Foto: IG @imlubis)

Monumen Van Der Wijck berada di kantor pelabuhan Brondong, Lamongan. Sebuah monumen yang dibangun pada masa pemerintahan Hindia-Belanda.

Bukan keindahan yang ditawarkan dari monumen ini, namun sejarah dan kisah tenggelamnya kapal Van Der Wijck.

Kapal Van der Wijk adalah kapal uap milik Koninklijke Paketvaart Maatschappij (KPM), cikal bakal PT. Pelayaran Nasional Indonesia (PELNI) saat ini.

Kapal Van der Wijk dibuat di Rotterdam tahun 1921 oleh Maatschappij Fijenoord. Berat tonase-nya 2.596 ton, dengan lebar kapal 13,5 meter.

Pelayaran terakhir kapal Van der Wijk adalah pada hari selasa, 20 Oktober 1936. Rute Bali-Semarang, dengan singgah di Surabaya. Tenggelam di perairan Lamongan dengan membawa 187 warga pribumi dan 39 warga Eropa. Korban tenggelamnya, ada 4 meninggal dan 49 hilang.

Baca juga:
* Unik dan Lezat, Coba Deh 10 Kuliner Lamongan Ini!

Selamat Menikmati Wisata Lamongan

Demikian ulasan singkat mengenai beberapa tempat wisata di Lamongan yang layak kamu kunjungi saat liburan.

Kamu bisa pilih wisata mana yang sesuai dengan keinginanmu atau keinginan bersama keluarga dan kawan. Selain Ke Wisata Bahari Lamongan atau WBL, kamu bisa ke Wisata Edukasi Gondang Outbond, Istana Gunung Mas, Pantai Kutang, dan lainnya.

Selamat berlibur dan menikmati wisata Lamongan.

Mari berbagi