Pesona Suoh Lampung Barat, Ada 7 Spot Foto Keren!

Ramahtraveler.com – Lampung menyimpan begitu banyak potensi wisata alam. Keindahan alamnya selalu membuat rindu bagi traveler yang berkunjung. Salah satu tempat wisata yang sedang ramai dibicarakan adalah Kecamatan Suoh Lampung Barat. Mau tahu dimana itu Suoh, bagaimana cara kesana? Dan tempat wisata apa saja yang ada di Suoh? Baca terus sampai selesai ya.

Kecamatan Suoh Lampung Barat adalah daerah yang dikelilingi oleh bukit-bukit memanjang. Berudara sejuk dan segar. Ada tiga danau dan banyak kawah kecil geothermal yang menarik untuk dikunjungi.

Suoh, daerah yang dulunya susah dijangkau. Perlahan namun pasti, mulai terkuak pesonanya ke permukaan.

Baca juga:
* Pesona Repong Damar di Pahmungan Krui Pesisir Barat

Lokasi Suoh Lampung Barat

Danau Asam Suoh Lampung - ramahtraveler.com - Yopie Pangkey
Banyak spot foto di Suoh. Salah satunya di Danau Asam. (Foto: dok. ramahtraveler.com/yopiefranz)

Kecamatan Suoh masuk wilayah administrasi Kabupaten Lampung Barat. Posisinya berada di tengah-tengah antara Kotaagung dan Liwa, kalau kita tarik garis lurus. Kalau kita lihat di peta, lebih dekat ke Kotaagung daripada ke Liwa.

Berbatasan langsung dengan Taman Nasional Bukit Barisan Selatan di sebelah barat. Dan dengan Kabupaten Tanggamus di sebelah Tenggara dan Selatan.

Dari pusat Kota Bandar Lampung berjarak sekitar 165 kilometer via Kotaagung, waktu tempuh 5 jam. Atau sekitar 268 kilometer via Liwa, waktu tempuh sekitar 7 jam.

Peta Suoh Lampung Barat

Berikut ini peta Suoh dari Google Map

Rute Menuju Suoh

Kalau kamu dari Bandara Radin Inten II atau dari Kota Bandar Lampung, saran kami sih lewat Kotaagung saja. Karena rute jalan ke Suoh Lampung Barat dari Kotaagung jauh lebih dekat.

Kecuali kalau kamu mau berputar jauh lewat Liwa dan ingin mampir ke beberapa tempat sekitar Liwa.

Rute: Bandara Radin Inten II / Kota Bandar Lampung – Gedongtataan – Pringsewu – Gisting – Kotaagung. Dari Taman Kotaagung masih terus lagi sekitar 21 kilometer – belok kanan masuk ke Jalan Raya Gn. Doh.

Dari pertigaan tersebut sampai ke danau Suoh, masih harus menempuh 45 kilometer dalam waktu 2 jam.

Rute ini aksesnya sudah lumayan bagus. Masih ada jalan yang kurang bagus. Namun daripada mutar terlalu jauh, lebih enak lewat sini.

Tempat Wisata di Suoh Lampung Barat

Tempat Wisata di Suoh - ramahtraveler.com - Yopie Pangkey
Berada dekat atau bahkan diatas geothermal ini, memberikan sensasi tersendiri. Memberikan pengalaman unik mengesankan. (Foto: dok. ramahtraveler.com/@yopiefranz)

Ada beberapa tempat wisata di Suoh yang bisa kita datangi. Ada 3 danau indah yang mudah dijangkau. Yaitu Danau Asam, Danau Minyak, dan Danau Lebar.

Dan menurut kami, yang paling menakjubkan dan sensasional adalah wisata geothermal/panas buminya. Yaitu Kawah Keramikan dan wisata air panas Nirwana.

1. Danau Asam

Danau Asam - Suoh Lampung Barat - ramahtraveler.com - Yopie Pangkey
Danau Asam. (Foto: dok. ramahtraveler.com/Yopie Pangkey)

Kalau mas Yopie sudah beberapa kali ke Suoh. Kali pertama saya ini, langsung menuju Danau Asam. Dari sini kami naik perahu menyusuri tepian danau. Perahu sewa ini bisa memuat 12 orang, untuk menuju Keramikan dan Nirwana.

Tepian Danau Asam didominasi padang rumput. Kami juga melewati sumber air panas yang keluar dari dasar Danau Asam. Berperahu hanya memerlukan waktu sekitar 5 menit, tidak lama.

Luas Danau Asam sekitar 85 hektar. Dinamakan Danau Asam karena airnya memang terasa asam.

2. Pasir Kuning

Perahu berhenti di Pasir Kuning. Dari sini kami berjalan kaki melewati pasir kuning. Sebuah hamparan berpasir yang warnanya agak kekuningan.

Baiknya kamu menyiapkan topi atau tutup kepala yang memadai kalau lewat sini saat siang terik. Karena di Pasir Kuning tidak ada pepohonan yang tinggi. Panas matahari dan panas pasir lumayan membuat kami ingin cepat sampai di Keramikan.

3. Kawah Keramikan

Kawah Keramikan - Suoh Lampung Barat - ramahtraveler.com - Yopie Pangkey
Kawah Keramikan. (Foto: dok. ramahtraveler.com/Yopie Pangkey)

Menjelang sampai, kami sudah bisa melihat kepulan uap air yang berasal dari Kawah Keramikan.

Kawah keramikan ini asalnya dari lahar yang mengeras. Sehingga membentuk lempengan semen dan terlihat seperti keramik berwarna kekuningan. Uap air dan aroma belerang /sulfur begitu terasa.
Kalau berjalan di atas Keramikan, kita harus berhati-hati. Perhatikan garis batas berupa pagar kayu dan tali yang membentang yang dibuat oleh Pokdarwis setempat.

Patuhi apa yang diberitahu oleh pemandu/guide dari Pokdarwis Suoh. Ini bertujuan untuk keselamatan kita.

4. Wisata Air Panas Nirwana

Gambar Wisata Air panas Nirwana - Suoh Lampung Barat - ramahtraveler.com - Yopie Pangkey
Wisata Air panas Nirwana. (Foto: dok. ramahtraveler.com/Yopie Pangkey)

Saat memasuki area Nirwana, saya dibuat lebih takjub lagi akan keindahannya. Bentangan bebatuan yang membentuk sepert bukit kecil yang berlekuk-lekuk.

Di beberapa titik tampak air panas keluar dari sela-sela bebatuan. Melihatnya saja, kita bisa tahu kalau airnya mendidih. Menurut pemandu kami, suhunya bisa lebih dari 100’c.

Sama seperti di Keramikan, di Nirwana kita juga harus mengikuti anjuran pemandu. Jangan melewati garis batas. Jangan sampai kaki kita melepuh tekena air mendidih disini.

Selain berendam di kolam yang dibuat khusus, kita juga bisa berendam di aliran air di sisi bebatuan Nirwana. Aliran airnya terasa hangat.

5. Danau Minyak

Danau Minyak Suoh - ramahtraveler.com - Yopie Pangkey
Danau Minyak Suoh. (Gambar: ramahtraveler.com / Yopie Pangkey)

Luas Danau Minyak sekitar 15 hektar. Dinamakan demikian karena kalau kita perhatikan dari dekat, seperti ada minyak yang mengambang.

6. Danau Lebar

Danau Lebar Suoh Lambar- ramahtraveler.com - Yopie Pangkey
Danau Lebar Suoh. (Gambar: ramahtraveler.com / Yopie Pangkey)

Walaupun masih lebih luas Danau Asam, danau ini dinamakan Danau Lebar oleh masyarakat Suoh. Luas Danau Lebar sekitar 65 hektar.

Saya belum pernah melihat langsung. Namun pemandu kami bilang, ada pulau ditengah danau. Masyarakat setempat menyeebutnya dengan pulau lebar.

7. Padang Rumput

padang rumput Suoh Lampung Barat - ramahtraveler.com - Yopie Pangkey
padang rumput Suoh. (Foto: ramahtraveler.com / Yopie Pangkey)

Ada banyak hamparan rumput di Suoh. Jangan kawatir kehabisan spot foto. Karena hampir di semya tempat diatas, ada padang rumputnya. Tinggal pilih saja mana yang menurutmu bagus.

Ada banyak spot dengan variasi pohon. Kalau orang bilang pohon jomblo. Karena seakan tumbuh sendirian ditengah rerumputan yang luas.

Suoh Penuh Pesona

Perjalanan saya ke tempat-tempat wisata yang ada di Suoh sangat mengesankan. Suoh memang menyimpan ribuan keindahan.

Baca juga:
* Teluk Hantu di Pesawaran, Pantainya Cantik dan Alami!

Di Suoh Lampung Barat ini, ada beberapa tempat indah yang bisa kita nikmati suasananya. Fenomena alam berupa danau dan geothermal adalah daya tarik utama Suoh. Sangat jarang ada kawasan yang memiliki panas bumi begitu luas di Lampung. Traveling ke Suoh akan memberikan kita pengalaman dan pengetahuan yang luar biasa. Selain foto-foto indah yang bisa kita share di media sosial.